Pengantar Bisnis dan Kewirausahaan

September 12th, 2018

Hallo Guys:)
Sebagian dari kita bahkan semua orang pasti menggunakan/memakai suatu barang yang bermerek atau memiliki brand.
kata merek/brand sendiri mungkin tidak asing lagi ditelinga kita karena merek menjadi salah satu pertimbangan penting ketika kita akan membeli suatu produk.
Nah.. apakah kalian tau apa arti dari brand/merek itu? Apakah manfaat dari brand/merek tersebut?
Kali ini saya akan membahas tentang pengertian merek/brand, manfaat merek/brand, dan merek/brand local apa saja yang memiliki cita rasa internasional.

Apa itu Merek atau Brand?

Brand bukan sekedar logo atau nama perusahaan Anda, melainkan image atau persepsi seseorang tentang produk atau perusahaan Anda. Brand adalah kombinasi lengkap dari asosiasi yang orang bayangkan ketika mendengar sebuah nama perusahaan atau produk.

Brand adalah adalah segala sesuatu yang terkait dengan perusahaan, produk, atau layanan – semua atribut, baik yang berwujud maupun tidak berwujud. Ini adalah apa yang harus Anda perjuangkan, apa yang harus Anda lakukan, katakan dan tampilkan ke depan publik.

Manfaat Merek atau Brand

Tanpa adanya merek perusahaan akan sulit dalam memasarkan barang yang berkualitas, berikut ini adalah manfaat branding bagi perusahaan

Dapat membuat produsen untuk menolong aktivitas dalam mengelompokan pasar

Artinya jika produk makanan maka akan ditaruh sejajar dengan makanan dengan merek yang dibuatnya, contohnya indomie, maka akan disejajarkan dengan supermi yang dijual pada pasar swalayan maupun modern

Dapat membuat pelanggan setia dalam mengkonsumsi produk kita

Inilah keuntungan produsen yang cukup positif, semakin bertambahnya pelanggan yang setia maka semakin bertambah benefit yang didapat oleh perusahaan tersebut

Dapat membuat Good will atau nama baik perusahaan bertumbuh dengan diimbangin produk yang berkualitas baik dan berenergi cukup baik pada pasar

Dapat mempermudah dalam mengenali barang dalam perdagangan

Dengan adanya merek produsen dapat mengetahui produknya sudah sejauh mana berkembang dipasaran, juga konsumen dapat dengan mudah mencari dan mendapatkan produk tersebut jika dalam membeli barang.

Memudahkan dalam proses pesanan bagi penjual yang dilakukan oleh konsumen, inilah yang diharapkan bagi seorang penjual atau perusahaan yang berorientasi pada konsumen.

Dapat juga mengidentifikasi kelebihan produk yang dimiliki dan dapat membedakan produk tersebut dari produk kompetitor, merek dapat memberikan ciri khas tersebut.

Merek juga bisa membuat rasa aman dalam hukum artinya kompetitor tidak bisa meniru ide atau gagasan yang dihasilkan perusahaan untuk disalurkan kemasyarakat karena adanya merek tersebut memudahkan hukum untuk melindungi produk yang diciptakan.

Contoh Produk Lokal Rasa Internasional

            Kali ini saya akan memberikan beberapa contoh produk dalam negri yang memiliki rasa ataupun kualitas yang setara dengan produk internasional.

1. Indomie

Ketika mi instan pertama kali diperkenalkan kepada masyarakat Indonesia di tahun 1969, banyak yang meragukan bahwa mi instan dapat dijadikan sebagai salah satu bahan pangan pokok.Akan tetapi, karena mi instan sendiri harganya relatif terjangkau, mudah disajikan dan awet, Indomie berkembang pesat seiring dengan diterimanya mi instan di Indonesia.

Produk Indomie yang pertama kali diperkenalkan adalah Indomie Kuah Rasa Kaldu Ayam yang saat itu sesuai dengan selera lidah masyarakat Indonesia. Kemudian pada tahun 1982, penjualan produk Indomie mengalami

peningkatan yang sangat signifikan dengan diluncurkannya varian Indomie Kuah Rasa Kari Ayam.
Puncaknya pada tahun 1983, Produk Indomie kembali semakin digemari oleh masyarakat Indonesia dengan diluncurkannya varian Indomie Mi Goreng.

Dengan 16 pabrik, sebanyak 15 miliar bungkus Indomie diproduksi setiap tahunnya. Tidak hanya di Indonesia, Indomie pun diekspor ke lebih dari 60 negara di seluurh dunia.

Pasar-pasar kunci ekspor Indomie antara lain Australia, Irak, Papua Nugini, Hong Kong, Timur Leste, Yordania, Arab Saudi, Amerika Serikat, Selandia Baru, Taiwan, dan negara-negara lainnya di Eropa, Afrika, Timur Tengah, dan Asia.

Banyaknya pilihan rasa yang disajikan oleh Indomie membuktikan bahwa produk ini sangat digemari oleh konsumen karena dengan begitu konsumen dapat bebas memilih rasa yang disukai, serta adanya ukuran mie jumbo yang disajikan oleh produk ini.

Selain Indomie dapat dibeli dalam 1 kardus, Indomie juga dapat dibeli dalam bentuk eceran dan harga yang terjangkau membuat produk ini digemari oleh konsumen.

 

2. Pepsodent

        Pepsodent adalah pasta gigi pertama di Indonesia yang kembali meluncurkan pasta gigi berflourida pada tahun 1980-an dan satu-satunya pasta gigi di Indonesia yang secara aktif mendidik dan mempromosikan kebiasaan menyikat gigi secara benar melalui program sekolah dan layanan pemeriksaan gigi gratis. Sejak itu Pepsodent telah melengkapi jajaran produknya mulai dari pembersihan dasar hingga pasta gigi dengan manfaat lengkap.
            Pepsodent telah menjadi market leader dan menguasai pangsa pasar untuk produk pasta gigi. Saat ini produk pasta gigi memiliki bermacam-macam varian yaitu klasik, herbal, whitening, complete care dan anak-anak.
Berikut keunggulan pasta gigi pepsodent yang membuat pepsodent mampu bersaing di pasar internasional.

KEUNGGULAN PEPSODENT PERLINDUNGAN 12 JAM UNTUK GIGI BERLUBANG:

–  Dapat mengurangi bakteri dimulut anak-anak hingga 2 kali lipat dibandingkan dengan sikat gigi pagi saja.

–  Mengandung Mikro Kalsium aktif dan fluoride yang membantu agar gigi lebih kuat dan nafas lebih segar

–  Formula terobosan barunya dengan Mikro Kalsium Aktif terbukti secara ilmiah memberikan kalsium 50% lebih banyak didalm mulut

–  Membantu memperbaiki titik rawan dengan cara mengganti kalsium yang hilang pada gigi

–  Memberikan perlindungan untuk mencegah gigi berlubang.

3. Kopi Kapal Api
Kapal api merupakan perusahaan kopi yang besar di Indonesia.
Kapal Api adalah merek kopi yang hingga saat ini masih menjadi Top of Mind peminum kopi di Indonesia. Merek yang telah dikenal masyarakat Indonesia sejak 1927 itu meraih penghargaan Indonesia Best Brand Award ke-14 kalinya pada tahun 2015.
Cita rasa kopi yang khas dan cocok dengan lidah orang Indonesia ini membuat Kopi Kapal Api mendapatkan tempat yang baik di hati masyarakat. Kopi Kapal Api baik dalam bungkus sachet maupun bungkus besar adalah hasil resep racikan sendiri dan turun-temurun.Pada tahun 1985, Kopi Kapal Api mulai memasuki pasar mancanegara. Mereka mengawalinya dengan menginvasi Arab Saudi. Dan tak berselang lama dari sana, dua tahun kemudian yaitu pada 1987, mereka memasuki pasar Hongkong, kemudian Malaysia dan menyusul Taiwan. Selain kopi, PT. Santos Jaya Abadi juga membuat produk lainnya. Yaitu permen Espresso Candy dan juga permen Relaxa. Kedua permen tersebut menjadi produk andalan mereka.

 

4. Aqua

Siapa yg gak kenal Aqua, Aqua adalah sebuah merek air minum dalam kemasan (AMDK) yang diproduksi oleh PT Aqua Golden Mississippi di Indonesia sejak tahun 1973. Selain di Indonesia, Aqua juga dijual di Singapura. Aqua adalah merek AMDK dengan penjualan terbesar di Indonesia dan merupakan salah satu merek AMDK yang paling terkenal di Indonesia, sehingga telah menjadi seperti merek generik untuk AMDK, yang mana setiap agan pergi ke warung-warung untuk beli air minum dalam kemasan pasti selalu bilangnya “bang beli aqua gelas/botol” yang belum tentu sama si abang warung di kasih yang merek Aqua. Saat ini, terdapat 14 pabrik yang memproduksi Aqua dengan kepemilikan berbeda-beda (10 pabrik dimiliki oleh PT Tirta Investama, 3 pabrik dimiliki oleh PT Aqua Golden Mississippi, dan pabrik di Brastagi, Sumatera Utara dimiliki oleh PT Tirta Sibayakindo).

Sejak tahun 1998, Aqua sudah dimiliki oleh perusahaan multinasional dalam bidang makanan dan minuman asal Perancis, Grup Danone, hasil dari penggabungan PT Aqua Golden Mississippi dengan Danone.

Berikut merupakan keunggulan dari produk Aqua:

1. Setiap sumber mata air pegunungan harus memenuhi 9 poin kriteria yang kemudian melewati 5 tahap proses seleksiyang ketat selama kurang lebih 1 tahun sebelum akhirnya dapat menjadi mata air AQUA. Tidak heran apabila kualitas AQUA merupakan yang terbaik

2. Setiap tetes AQUA mengandung mineral alami yang seimbang

3. Berasal dari sumber mata air terpilih dan terlindung

4. Menggunakan manajemen sumber daya air yang canggih

5. AQUA merupakan merek minuman yang sudah terpercaya hingga puluhan tahun sebagai merek terbaik.

 

5. Extra Joss

Ingatkah Anda dengan logo yang bergambar tangan dikepal ke atas? Ya, itu adalah salah satu merek minuman berenergi yang cukup populer di Indonesia, Extra Joss.

Extra Joss mulai diproduksi oleh PT Bintang Toedjoe sejak 14 Agustus 1994. Ide nama ‘Extra Joss’ diperoleh karena mudah diingat, sederhana, dan terkesan segar dengan dua huruf ‘S’ ganda yang menguatkan personalitinya. Kata ‘Joss’ berasal dari dialek pergaulan masyarakat Surabaya yang terkenal suka bersuara lantang dan blak-blakan.

‘Joss’ bermakna manjur atau oke. Tidak heran bila Bintang Toedjoe memilih Jawa Timur sebagai lokasi peluncuran perdana produk Extra Joss, khususnya di Malang dan Surabaya pada September 1994.

Setelah dipastikan semuanya berjalan lancar, akhirnya mereka pun melakukan grand launching pada April 1995 bersama Wicaksana Overseas Internasional (WOI) sebagai distributor resmi mereka.

Manfaat dan Kegunaan Extra Joss adalah untuk menyegarkan tubuh dan juga menguatkan tubuh kita dari rasa lelah. Produk suplemen seperti Extra Joss memang bisa membangkitkan gairah seseorang ketika bekerja ataupun beraktifitas.  Pastinya orang membutuhkan tenaga dan juga gairah yang tinggi untuk bisa beraktifitas oleh karena itu biasanya orang meminum suplemen extra joss untuk menambah gairah dalam beraktifitas.

Mungkin hanya itu yang bisa saya sampaikan mengenai pengertian, manfaat, dan contoh merek/brand.
Sekian dari saya, God bless you.