TUTORIAL MEMBUAT TOKO ON-LINE DENGAN MENGGUNAKAN JOOMLA, Os-COMMERCE, DAN WORDPRES

21 May 2010
Comments Off on TUTORIAL MEMBUAT TOKO ON-LINE DENGAN MENGGUNAKAN JOOMLA, Os-COMMERCE, DAN WORDPRES

Saat ini jika akan membuka sebuah usaha harus didukung dengan kemampuan teknologi informasi agar dapat bersaing dengan yang lain. Tidak bisa sebuah usaha eksis dan bahkan berkembang dengan baik di tengah era informasi digital seperti saat ini tanpa melibatkan faktor Informasi dan Teknologi. Usaha tersebut mungkin bisa eksis tetapi mau sampai kapan mereka berusaha bertahan dari gempuran serangan dan penetrasi pesaing di pasar yang mengikutsertakan faktor IT dalam usaha mereka. Oleh karena itu, apabila anda memiliki sebuah usaha entah itu bergerak di bidang jasa atau dagang (khususnya dagang), ada baiknya anda mulai melibatkan faktor teknologi dalam usaha anda tersebut dengan tujuan bukan cuma sekedar agar perusahaan tersebut bisa bertahan, namun juga agar usaha anda dapat semakin berkembang.

Kali ini, kita akan membahas sedikit tentang bagaimana membuat sebuah toko online secara singkat. Melalui fasilitas yang ada di AnekaHost, Fantastico, anda bisa menciptakan toko online anda dalam waktu hitungan jam. Toko online anda bisa anda bangun melalui beberapa cara. Disini kita akan belajar membuat toko online melalui 2 cara (ada banyak cara yang bisa digunakan sebenarnya), yaitu menggunakaan Joomla dan OsCommerce.

Persiapan awal membuat toko online :

  1. Baik menggunakan Joomla atau OsCommerce, semuanya bisa anda lakukan melalui fitur Fantastico. Oleh karena itu anda harus masuk terlebih dahulu ke cpanel hosting anda, kemudian memilih fitur Fantastico yang tersedia di sana.
  2. Setelah itu, anda akan dibawa pada halaman Fantastico, dimana disana terdapat berbagai macam platform pembangun situs yang dapat digunakan, salah satunya adalah Joomla dan OsCommerce.

Untuk situs E-Commerce dengan menggunakan OsCommerce sebagai basisnya :

  1. Pilih platform OsCommerce, install pada direktori yang anda inginkan. Bisa diinstall pada subdirektori apabila anda ingin melakukannya.
  2. Lakukan setting pada toko online anda seperti menentukan username dan password, nama toko, nama pemilik, email pengirim dan sebagainya.
  3. Setelah selesai, tinggal klik finish maka jadilah toko online anda. Untuk melakukan setting lebih lanjut dan menginput data-data produk, anda bisa masuk ke menu administrator yang ada.

Untuk situs E-Commerce dengan menggunakan Joomla sebagai basisnya :

  1. Pilih platform Joomla (disarankan menggunakan versi terbaru yaitu 1.5) dan kemudian install pada direktori yang anda inginkan.
  2. Lakukan setting username dan password, kemudian install.
  3. Situs anda sudah selesai, tetapi belum berupa sebuah toko online karena Joomla adalah CMS standard. Yang anda harus lakukan adalah mencari sebuah plugin yang bernama VirtueMart (bisa anda cari di Google atau langsung ke situsnya di VirtueMart.net). Download dan install pada Joomla anda melalui menu Administrator.
  4. Setelah itu lakukan setting pada toko online anda dan jadilah sebuah toko online anda.

Itu tadi sepintas tentang bagaimana cara membuat toko online secara singkat dan cepat. Dan bila anda praktekkan, maka tidak butuh waktu lama untuk membuat sebuah toko online bagi usaha anda yang berarti bahwa anda sudah membawa usaha anda pada level Informasi dan Teknologi. Karena keterbatasan ruang dan waktu, maka penjelasan yang diberikan mungkin hanya berupa tutorial singkat. Apabila ada yang kurang jelas atau ada yang ingin ditanyakan seputar bagaimana membuat toko online, dapat menghubungi customer support service AnekaHost.

WORDPRESS

Kita akan mencoba membuat sebuah toko online dengan WordPress tanpa modal sedikit pun kecuali modal untuk akses internet. Sebenarnya jika kita ingin membuat sebuah toko online, yang paling cocok adalah menggunakan Joomla. Tetapi tidak ada salahnya jika kita mencoba membuatnya dengan WordPress jika kita tidak biasa menggunakan Joomla. Toko Online yang akan kita buat ini sangat simple sekali dan cukup mudah digunakan. Daripada membeli script-script toko online yang banyak dijual di pasaran internet.

Membuat toko online dengan platform WordPress ini ternyata mudah. Hanya saja ada beberapa keterbatasan tentunya, misalnya cara pembayaran dan konfirmasi.

Untuk cara pembayaran, hanya bisa menggunakan Paypal. Karena kita bakal menggunakan plugin WordPress Simple Paypal Shopping Cart. Ini bisa disebut kekurangan, bisa juga disebut keunggulan. Kekurangannya adalah tidak semua orang sudah memiliki akun Paypal. Sementara keunggulannya adalah transaksi (pembayaran) bisa dilakukan dengan cepat. Oke deh, langkah pertama kita download dulu pluginnya, klik link diatas aja. Kalau sudah lalu aktifkan plugin tersebut via Dashboard Admin kita.

Langkah kedua, masuk ke menu Settings, nanti ada pilihan WP Shopping Cart. Klik lalu atur opsi-opsi yang ada. Seperti Email Paypal kita, Shipping Cost, URL konfirmasi, dll.

Pilihan Products Page URL bisa dikosongkan dulu.

Langkah ketiga baru deh kita bikin halaman khusus untuk menampilkan produk-produk yang mau kita tawarkan. Contohnya bisa dilihat di halaman Produk PLR yang ada di blog ini.

Langkah selanjutnya pasti sudah bisa sendiri. Tinggal menyimpan widget Shopping Cart di Sidebar untuk nampilin Keranjang Belanja.

Sederhana bukan? Kalau mau bikin toko online WordPress yang lebih dashyat lagi, bisa pake Themes Shopperpress dari Mark Fail. Atau menggnakan Plugin E-Store dari Tipsandtricks-hq. Tapi dua-duanya adalah Themes dan Plugin Premium, alias berbayar.

OS-COMMERCE

osCommerce termasuk salah satu perangkat lunak eCommerce yang sudah ada sejak era web 1.0. Keberadaannya yang sudah cukup lama membuat osCommerce memiliki fitur yang cukup lengkap untuk ber-jualan online. osCommerce juga tergolong cukup mudah digunakan dan dipahami, serta ‘ringan’ untuk di-instal dalam web hosting kebanyakan. Oleh karena itu, osCommerce layak dipertimbangkan sebagai salah satu paket yang bisa digunakan oleh para pedagang online untuk menggelar dagangannya di internet.

Gambar berikut ini tampilan halaman beranda toko demo osCommerce versi 3.0a5:

osCommerce termasuk perangkat lunak open source yang bisa kita gunakan secara gratis. Kita bisa mengunduhnya, memasangnya untuk digunakan secara lokal dalam komputer sendiri, dan memasangnya dalam server untuk kita gunakan ber-jualan online. Kita bisa mengunduh osCommerce dari alamat berikut ini: http://www.oscommerce.com/solutions/downloads.

Kalau ditilik dari tampilan standarnya, osCommerce sampai versi 3.0a5 memang tampak masih seperti dalam era web 1.0, hampir tidak berubah sejak pertama kali osCommerce diterbitkan. Namun tampilan tersebut bisa diubah dengan menerapkan tema atau template yang berbeda sehingga kesan web 2.0 bisa ditampilkan dalam osCommerce. Kita bisa mencari tema osCommerce di internet baik yang gratis maupun berbayar. Dalam beberapa menit, tampilan standar osCommerce yang kurang menarik bisa diubah menjadi sangat menarik dengan tema yang tepat.

Fitur-Fitur osCommerce

Dari sisi fitur, osCommerce saat ini sudah cukup lengkap. Fitur-fitur dasar sebuah web eCommerce seperti halaman penampil produk, shopping cart, proses checkout, modul pengiriman, dan modul pembayaran semuanya ada. Modul CMS (content management system) dalam osCommerce diimplementasikan secara sederhana, cukup untuk bisa menyampaikan informasi yang berkaitan dengan toko online ke pelanggan.

Sekarang kita akan melihat secara sepintas fitur-fitur osCommerce ini dari sisi pelanggan dan pemilik toko online.

osCommerce dari Sisi Pelanggan

osCommerce menyediakan berbagai cara navigasi yang bisa dilakukan pelanggan terhadap toko online. Pelanggan bisa melakukan browsing terhadap toko online berdasarkan Kategori, dan Pabrikan. Pelanggan juga bisa menggunakan fitur Pencarian untuk mencari produk berdasarkan kata kunci tertentu. osCommerce juga bisa menampilkan kotak atau webpart yang bisa diisi dengan produk terbaru atau produk pilihan.

Halaman penampil produk osCommerce bisa dikonfigurasi dengan SEF (search engine friendly) URL. Dalam kaitannya dengan pemasaran web kita, SEF URL ini penting karena bisa membantu produk kita lebih cepat ditemukan oleh calon pelanggan yang mencari produk dengan kata kunci tertentu melalui mesin pencari seperti Google dan Bing. Berikut ini contoh-contoh SEF URL dalam osCommerce:

  • http://oscommerce.local/products.php/pro_php_security
  • http://oscommerce.local/products.php/labelwriter_400_turbo
  • http://oscommerce.local/products.php/oscommerce-tshirt

Halaman tampilan detil produk dalam osCommerce menyediakan informasi vital tentang produk bagi pelanggan. Informasi ini meliputi penjelasan produk, harga, pabrikan, model, dan lain-lain. Atribut produk seperti warna juga bisa dipilih sehingga sebagai pelanggan kita memiliki kebebasan untuk memilih produk berdasarkan atribut tertentu. Halaman tampilan produk juga menyediakan fungsi untuk menambahkan review terhadap produk.

Sebagai salah satu paket perangkat lunak eCommerce, osCommerce juga menyediakan shopping cart. Fungsi shopping cart dalam osCommerce ini kurang lebih sama dengan kereta belanja yang kita pakai pada saat ber-belanja di swalayan. Produk-produk yang kita beli terlebih dahulu ditampung dalam shopping cart sebelum kita menuju kasir untuk melakukan pembayaran.

osCommerce dimulai pada saat pelanggan meng-klik tombol ‘Checkout’ pada shopping cart. Dalam osCommerce, proses checkout memerlukan registrasi pelanggan ke toko online dimana pelanggan berbelanja. Setelah registrasi, proses checkout akan dilanjutkan dengan pengisian alamat pengiriman, metode pengiriman (kurir), dan metode pembayaran. Setelah pelanggan meng-klik tombol ‘Konfirmasi’, proses checkout pun selesai.

osCommerce menyediakan menu ‘My Account’. Menu ini bisa digunakan oleh pelanggan untuk mengubah informasi registrasi, melacak order, dan konfigurasi notifikasi. Menu ‘My Account’ ini tersedia hanya setelah pelanggan melakukan registrasi ke toko online.

Dengan fitur-fitur yang cukup lengkap, pelanggan akan cukup mudah berbelanja di toko online yang dijalankan dengan osCommerce. Proses checkout yang mudah dan cepat juga membantu pelanggan menyelesaikan belanjanya. ‘My Account’ memudahkan pelanggan untuk melacak order yang pernah dilakukannya di toko online osCommerce.

osCommerce dari Sisi Pemilik Toko Online

osCommerce menyediakan layar administrasi yang terintegrasi untuk melakukan fungsi-fungsi pemilik toko online (admin). Admin bisa melakukan tugas-tugasnya dari mulai mengubah konfigurasi toko online, meng-update katalog, menambah modul pengiriman/pembayaran, mengubah bahasa, menambahkan plug-in, sampai melihat statistik penjualan.

Sama halnya dengan halaman depan (front-end) osCommerce, tampilan halaman administrasi (back-end) osCommerce juga tergolong sangat sederhana. Namun untuk back-end, aspek tampilan ini tidak terlalu penting mengingat yang akan mengakses sehari-hari adalah pemilik toko online, bukan pelanggan.

Salah satu tugas sehari-hari yang mesti dilakukan oleh pemilik toko online adalah update katalog, meliputi administrasi produk dan kategori. Misalnya apabila ada produk baru atau perubahan harga produk, admin akan membuka halaman administrasi untuk melakukan hal tersebut. Dalam osCommerce layar administrasi untuk menambah atau mengubah informasi produk tergolong cukup sederhana, sehingga memudahkan tugas admin.

osCommerce juga menyediakan fungsi-fungsi statistik buat pemilik toko online untuk mendukung jualan-nya. Misalnya statistik yang memberikan informasi produk-produk yang ketersediannya sudah menipis, informasi pelanggan terbaik, dan informasi produk terbaik. Walaupun informasi statistik yang disediakan oleh osCommerce belum terlalu banyak dan tidak didukung oleh fitur grafis, namun informasi tersebut cukup informatif bagi pemilik toko online dalam mendukung kegiatan ber-jualan sehari-hari.

Gambar berikut menunjukkan layar administrasi dimana pemilik toko online bisa mengakses layar statistik:

DAFTAR PUSTAKA:

http://www.anekahost.com/membuat-toko-online.html

http://www.bloggerceria.org/membuat-toko-online-wordpress-sederhana.html

http://www.suhanto.com/category/e-commerce/

Ujian tengah semester

26 April 2010
Comments Off on Ujian tengah semester

1. Jelaskan bagaimana hubungan E-Commerce terhadap supply chain management?

Hubungan E-Commerce terhadap Supply Chain Management. Di dalam konsep bisnis terpadu sebuah perusahaan berusaha melakukan integrasi ke arah dua sisi: supply dan demand. Integrasi ke arah hulu atau yang kerap dikenal dengan istilah upstream integration bertujuan untuk meningkatkan kinerja proses yang berhubungan dengan pasokan bahan-bahan mentah ataupun setengah jadi (atau sumber daya-sumber daya lain yang dibutuhkan dalam produksi), terutama di dalam hal efisiensi dan optimisasi. Sementara di sisi lain, perusahaan berusaha untuk menjalin hubungan langsung dengan konsumennya melalui pengintegrasian proses ke arah hilir atau yang biasa dikenal dengan downstream integration agar tercipta suatu relasi dengan target final kepuasan pada pihak konsumen. Kedua arah pengintegrasian inilah yang melahirkan dua konsep manajemen modern yang kerap dikenal dengan istilah Supply Chain Management dan Customer Relationship Management. Kerja sama yang dijalin antar perusahaan tersebut (dalam mekanisme transaksi jual beli) di dalam dunia maya sering digolongkan sebagai jenis perdagangan elektronik (e-commerce) bertipe Business-to-Business atau B2B.

Dengan adanya E-commerce ini perusahaan memperoleh manfaat salah satunya adalah peningkatan dalam rantai pasokan. Sebelum adanya E-commerce, supply chain dilakukan secara sederhana atau tradisional, dan terakhir Retailer , yaitu dari Supplier adalah Konsumen. Namun dengan adanya E-commerce rantai tersebut dapat dihilangkan oleh E-commerce, dengna begitu, penyampaian barang pada konsumen bisa lebih cepat. Manfaat dari e commerce bagi supply chain antara lain:

– Dapat meningkatkan hubungan atau relasinya dengan konsumen secara langsung,
– Mengurangi biaya dalam pengiriman atau penyaluran barang dari produsen konsumen.
– Mengurangi waktu menunggu (idle time) karena baik barang baku maupun barang jadi memiliki waktu lebih cepat.
– Mengurangi biaya-biaya lain, seperti biaya komunikasi.

Dalam e- supply-chain menegement ada 3 prinsip dasar yang harus diperhatikan yaitu:memperlakukan informasi sama persis dengan menejemen inventory, Perhatian terhadap aspek online dan real time, Menjaga kepercayaan dan sikap profesionalisme untuk tetap menjaga hubungan dengan para mitra bisnis.

2. Jelaskan bagaimana E-Commece dapat mengurangi siklus waktu, meningkatkan kinerja karyawan dan memberikan dukungan terhadap fasilitisasi pelanggan !

Karena E-commerce dilakukan melalui jaringan internet, waktu dan tempat (jarak) bukan lagi menjadi halangan dalam melakukan perdagangan. Gerakan perusahaan men jadi lebih leluasa dan seolah tanpa batas. Jika dahulu dalam melakukan proses persiapan produksi (mulai dari pemesanan barang baku ke supplier) dan proses memasarkan produk jadinya suatu Perusahaan menggunakan jasa perantara yang cukup beragam yang tentunya dapat memperlama kegiatan perusahaan dan tentunya dapat mengurangi keuntungan perusahaan tapi sekarang dengan kemunculan E-Commerce semua masalah yang berkaitan dengan waktu dan jarak dapat diminimalir maka selain mengurangi siklus waktu kehadiran E-Commerce juga secara tidak langsung dapat meningkatkan keuntungan perusahaan. E-Commerce juga memberikan dampak yang positif terhadap kinereja karyawan, Dengan E-Commerce seorang pekerja (terutama tim yang berada di bagian pemasaran dan beberapa bagian lain yang berhubungan dengan proses produksi) memiliki kesempatan lebih banyak dalam memanfaatkan waktu dan tenaganya, artinya seorang pekerja tidak hanya diam dalam satyu tempat tertentu saja karena dengan E-Commerce seorang pekerja dapat melakukan pekerjaannya di luar kantor sambil melakukan kegiatan lain dan jika dulu seorang pekerja harus datang pagi-pagi dan pulang hingga larut malam, dengan kegiatan yang itu-itu saja, membuat perancangan keperluan bahan mentah,survei ke tempat supplier, cek barang, proses transaksi yang berbelit-belit dan proses menunggu kirima barang (yang mana kegiatan rutin tersebut dapat menurunkan motivasi kerja karyawan), dengan E-Commerce kegiatan-kegiatan tersebut dapat diminimalisir sehingga karyawan dapat menyelesaikan tugasnya lebih cepat dan dapat mengerjakan tugas yang lain (akan tetapi proses ini tentunya harus sudah sesuai dengan kesepakatan dengan pihak perusahaan), Bagi pelanggan, adanya E-commerce sangat membantu mereka di mana di tengah-tengah kesibukan akitivitasnya, pelanggan masih dapat melakukan kegiatan shopinguntuk memenuhi kebutuhannya, baik itu untuk keperluan sehari-hari atau keperluan untuk hiburan, mereka tidak perlu repot-repot mendatangi langsung toko,supermarket atau mall yang menyediakan kebutuhannya. Cukup memesan di Internet, semua dapat terpenuhi. Mulai dari makanan, pakaian, mainan anak, keperluan rumah tangga, sarana-sarna hiburan seperti VCD,DVD, , gadget, hingga pemilihan paket liburan

3. Bandingkan antara “marketplaces” dengan “marketspaces”. Apa keunggulan dan keterbatasan masing-masing

Marketplace adalah tempat bertemunya pembeli dan penjual untuk bertukar barang dan jasa dengan uang atau dengan barang dan jasa lain, secara nyata (pasar fisik : terlihat dan dapat dirasakan keberadaanya) Kelebihan:

1) Tingginya tingkat kepercayaan antara pihak yang bertransaksi (rendahnya rasa curiga) dikarenakan pembeli dan penjual bertemu langsung dan bertransaksi secara langsung.

2) Tidak perlu menggunakan alat bantu dalam berhubungan seperti jaringan atau koneksi internet dalam melakukan transaksi.

3) Pembeli menerima barang dan penjual menerima uang pembayaran secara langsung. ketika transaksi sedang berlangsung, jadi tidak ada proses mununggu

4) Mengurangi risiko terjadinya tindak kejahatan baik yang dilakukan pembeli ataupun penjual.

Kelemahan:

1) Tidak efisien karena menghabiskan cukup banyak waktu, biaya dan tempat..

2) Tidak fleksibel, karena pembeli dan penjual wajib bertemu di tempat yang disebut sebagai pasar.

3) Membuka peluang untuk terjadinya kejahatan dari pihak ke tiga (perampok, penjambret dan lainn-lain) apabila transaksinya bernilai besar

Marketspace adalah tempat bertemunya pembeli dan penjual untuk bertukar barang dan jasa dengan uang atau dengan barang dan jasa lain, melalui media elektronik. Media elektronik yang dipakai adalah komputer yang dilengkapi dengan jaringan internet. Dengan demikian pasar dalam arti ini adalah pasar maya, yaitu pasar yang dirasakan ada keberadaannya tetapi tidak dapat dilihat secara kasat mata.

Kelebihan:

1) fleksibel karena pembeli dan penjual tidak saling bertemu secara langsung Jadi pembeli dan penjual dapat bertransaksi dimanapun mereka berada (tidak harus bertemu).

2) Efisien karena berkaitan dengan penghematan jarak/ tempat dan waktu

3) Produk yang dibeli merupakan barang atau jasa dengan standar kualitas yang pasti baik

4) Lebih mudah untuk mendapatkan informasi berkaitan dengan produk secara lengkap serta informasi berkaitan dengan produk pesaing

4. Bandingkan harga Sony digital Camera pada: shopping.com, mysimon.com, bottomdollar.com, bizrate.com, dan pricescan.com. Situs mana yang memberikan harga terbaik? Dimana anda mendapatkan informasi terbaik?

Situs yang memberikan harga terbaiknya tergantung pada seri Sony digital camera dan specifikasinya. Akan tetapi saya membandingkan harga Sony Cyber-shot DSC-T700 dimasing-masing situs diatas. Ternyata situs yang memberikan harga terbaik yaitu pada situs pricescan.com. Situs ini menawarkan harga yang menarik dan bagus diantara situs-situs yang lain.

Informasi terbaik juga terletak pada pricescan.com mengenai update harga yang meraka tawarkan. Apabila informasi ini meliputi informasi lebih lengkap mengenai rentang harga Sony digital camera lebih condong di situs shopping.com yang memberikan informasi rentang harga lebih lengkap diantara yang lain.

Kesimpulan dari kedua analisis diatas lebih tergantung pada konten dan fleksibilitas harga yang ditawarkan. Masing-masing tipe sony digital camera berbeda perlakuannya di masing-masing situs tersebut.

5. Jelaskan bagaimana trust, kepuasan, loyalitas konsumen pada E-Commerce.

Trust, kepuasan, loyalitas konsumen pada e-commerce yaitu:

Kepercayaan

Kepercayaan dalam hal ini dalam arti dimana sebuah perasaan dimana seorang pelanggan akan merasa percaya untuk melakukan aktivitas dengan vendor yang dikehendakinya. Berikut ini cara meningkatkan kepercayaan di e-commerce.

? Bundel merk yang berkualitas dan terjamin.

? Pengaturan sistem keamanan vendor yang terjamin. Sehingga pelanggan merasa nyaman ketika melakukan transaksi.

? Meningkatkan interaksi antara penjual dan pembeli dengan harapan dapat meningkatkan kepercayaan diantara keduanya.

Kepuasan

Kepuasan konsumen dapat diukur dari tingkat penjualan yang mengarah pada pembelian kembali oleh konsumen. Kepuasan dalam e-commerce adalah salah satu yang paling penting dari reaksi konsumen dalam lingkungan online B2C. Dalam e-commerce kepuasan dapat diukur dari statistik berikut:

? 80% dari kepuasan tertinggi konsumen online menginginkan untuk berbelanja kembali dalam 2 bulan.

? 90% menginginkan untuk memberikan rekomendasi vendor kepada yang lain.

? Bagaimanapun, 87% pelanggan yang tidak puas akan meninggalkan vendor mereka secara permanen tanpa memberikan komplain mereka.

Loyalitas

Loyalitas yaitu suatu tingkat dimana seorang pelanggan setia dengan suatu penyedia atau vendor dan merk tertentu dan pelanggan tersebut melakukan pembelian kembali. Dimana loyalitas pelanggan ini tentunya akan meningkatkan penjualan dan meningkatkan keuntungan perusahaan. Sehingga apabila dihubungkan dengan e-commerce, maka dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa bagaimana pelanggan yang telah menggunakan fasilitas e-commerce pada vendor tertentu akan setia melakukan aktivitas online mereka pada vendor tertentu.

6. Jelaskan bagaimana penerapan segmentasi pada E-Commerce.

Dalam segmentasi bila diterapkan melalui e-commerce meliputi beberapa hal baik segmentasi produk,segmentasi pasar, segmentasi pelanggan dan lainnya. Proses segmentasi yang disain oleh vendor online pada pinsipnya sama dengan vendor offline yang telah ada. Tetapi dalam e-commerce ini dituntut untuk melakukan inovasi layanan mengenai kemudahan online yang ditawarkan oleh vendor online tersebut. Segmentasi pada e-commerce akan memudahkan para vendor online untuk bisa melakukan bidikan secara tepat dalam aktivitas B2B dan B2C yang telah mereka terapkan. Sehingga vendor tersebut bisa mempertahankan bisnis mereka secara terus menerus.

7. Cari contoh 3 situs yang menerapkan B2B menggunakan E-Commerce. Berikan gambaran tentang situs-situs tersebut.

? www.alibaba.com

dalam situs tersebut memberikan penawaran baik untuk aktivitas sell or buy, serta untuk supplier yang akan bergabung. Kita bisa melakukan join secara free dan bisa melakukan cek barang yang tersedia dengan memasukkan barang yang akan kita cari dengan juga menentukan tempat barang tersebut tersedia. Baik secara region maupun semua negara. Dalam situs ini menawarkan berbagai keperluan, mulai keperluan agriculture, teknologi dan sebagainya.

? www.eceurope.com

ECeurope dalam profilnya menyatakan bahwa mereka adalah sumber terbesar the international trade lead. Dimana lebih dari 560.000 bisnis telah terdaftar untuk meningkatkan penjualan mereka, menurunkan biaya supplier, dan menemukan kontak bisnis baru. Kategori Trade lead yang mereka tawarkan mulai aerospace sampai utilities. Berbeda dengan www.alibaba.com, situs ini dalam search engine mereka juga bisa mencari berdasarkan rating, public atau private sectore dan lain sebagainya. Sehingga informasi yang kita dapatkan lebih fokus dan terarah.

? www.ecplaza.net

Dalam situs ini dasarnya sama dengan kedua situs diatas. Mereka menawarkan konsep B2B di site mereka. Tetapi dalam disain dan fitur webnya cukup sederhana dibandingkan dengan kedua site diatas. Akan tetapi dalam site ini memperlihatkan history dalam kegiatan B2B yang telah dilakukan dan dilengkapi dengan hot keywords yang tentunya memudahkan para pengunjung site ini. Kategori yang ditawarkan yaitu mulai dari animal&vegetables sampai services.

E-MALL

18 March 2010
Comments Off on E-MALL

CONTOH E-MALL

Bhinneka.com
Merupakan salah satu webstore Indonesia. Webstore ini merupakan webstore yang menyediakan beragam jenis produk elektronik seperti komputer, gadget, software, networking, CAD&CAM, dan beragam produk IT lainnya. Dalam profilnya, bhinneka.com menyebutkan bahwa missi mereka adalah menjadi webstore nomor 1 dalam hal penyediaan produk IT di Indonesia. Produk yang dijual oleh Bhinneka.com, berdasarkan nilai dollar saat ini, sehingga harga yang tercantum dapat berubah sewaktu-waktu. Dan untuk memudahkan kita dalam melihat harga saat ini, bhinneka menyediakan fasilitas, yaitu berupa sistem penetapan harga dollar saat ini yang dapat dikalikan dengan harga produk yang tercantum dalam dollar, sehingga memudahkan kita untuk mengetahui harga produk untuk saat ini.
Cara berbelanja bhinneka.com untuk online mereka menyediakan fasilitas shopping card, dan untuk langkah – langkah dapat langsung menekan tombol beli dan selanjutnya barang yang telah dibeli akan masuk ke dalam shopping card. Untuk lebih jelasnya dapat membaca panduan shopping card. Untuk pembayaran dapat dilakukan dengan :
Mizan.com
Selama lebih dari dua dekade keberadaannya di Indonesia, Mizan telah menunjukkan komitmen yang meningkat dalam ikut serta menciptakan masyarakat modern, terbuka, dan, pada saat yang sama, religius. Komitmen ini diwujudkan melalui pengembangan perusahaan yang berjalan berlandaskan pengetahuan, yang mampu merespon tantangan dan permintaan seiring perubahan lingkungan yang cepat dan mengglobal akibat kemajuan teknologi dan informasi.
Mizan -dalam bahasa Arab berarti seimbang- didirikan pada tahun 1983 oleh tiga mahasiswa beserta dua senior mereka. Pada awalnya mereka bertujuan membangun aras baru karya-karya ke-Islaman di Indonesia. Dimulai hanya menerbitkan buku-buku terjemahan penulis terkemuka dari luar negeri, secara bertahap karakter Mizan menemukan bentuknya melalui karya-karya ke-Islaman yang mewakili berbagai sudut pandang, secara serius dan modern.
Untuk menjawab kebutuhan perkembangan bisnis yang berkembang pesat, Mizan membentuk Mizan Publika sebagai perusahaan induk (holding company) pada tahun 1999, dan meluncurkan program rekayasa ulang (reengineering) di tahun 2001. Sejak saat itu, Mizan terbagi dalam unit-unit yang otonom dan dinamis sehingga dapat beradaptasi terhadap cepatnya perubahan lingkungan bisnis. Program rekayasa-ulang melahirkan beragam unit bisnis strategis yang terbagi dalam lini penerbitan, distribusi, penjualan, galeri buku online, percetakan, dan learning center untuk pelatihan-pelatihan.
Dari hanya menerbitkan tiga buku sebulan di tahun pertamanya, Kelompok Mizan telah mampu memproduksi lebih dari 600 judul buku per tahunnya dan sukses menghasilkan karya-karya best-seller. Mizan saat ini dikenal sebagai salah satu perusahaan penerbitan terbesar di Indonesia.
Tidak puas hanya memenuhi kebutuhan pasar domestik, Mizan memperluas jangkauan bisnisnya ke luar negeri melalui unit bisnis strategis khusus yang diberi nama Mizan International dengan tiga bidang kegiatan. Pertama, mendistribusikan buku-buku Mizan berbahasa Indonesia dan Melayu kepada masyarakat Indonesia dan Melayu yang tinggal di negeri jiran; kedua, menerjemahkan buku-buku berbahasa Indonesia ke dalam bahasa asing untuk pasar internasional; dan ketiga menangani urusan hak cipta (copyright) melalui lembaga bentukannya, yaitu Mizan Literary Agency (MLA).
Mizan kini telah mulai merintis pembukaan jaringan pusat kegiatan buku di Indonesia, termasuk toko buku dan pusat kegiatan Komunitas Mizan sebagai wadah penulis, penerbit, sastrawan, dan pihak-pihak lain dalam komunitas baca (reading society) di kalangan masyarakat Indonesia. Selanjutnya jaringan pusat perbukuan ini akan dikembangkan di Jakarta dan kota besar lainnya.
Di masa mendatang Mizan juga berencana untuk go public melalui Bursa Efek Indonesia setelah memperbesar asetnya melalui private placement.
AMAZONE.COM
Amazone.com menyediakan beragam produk seperti: buku, elektronik, film, musik, komputer, dan peralayan kantor, bvarang-barang elektronika, perlengkapan bayi dan mainan anak-anak, alat kesehatan dan kecanmtikan, aksesoris seprti anting, perlengkapan industri, olahraga dan outbond dan masih banyak lagi. Amazone.com termasuk e-mall yang bersifat general karena amazone.com menyediakan beragam produk.
Barners&noble.com
Barners&noble.com dimiliki oleh oleh perusahaan Barners&noble. Barnes&noble merupakan internet terbesar yang menyediakan buku. Tetapi barner&noble tidak hanya menyediakan buku, mereka juga menyediakan DVD, musik, video game, majalah, kartu ucapan dan perlengkapan rumah tangga. Keuntungan dari Barnes&noble mneyediakan layanan pengiriman cepat dan gratis dalam waktu tiga hari atau kurang untuk pesanan $25.

E-MALL

Mall elektronik atau biasa disebut e-mall, hampir sama dengan mall-mall di dunia nyata. Mall elektronik juga menampilkan produk-produk dari berbagai toko. Seperti mall pada umumnya, apabila para pengunjung di mall elektronik tersebut tertarik untuk membeli produk, maka pembeli bisa melakukan transaksi untuk barang yang diinginkan. Dan biasanya pembayaran dilakukan dengan kartu kredit serta pengiriman barang melalui pos atau jasa kurir.
E-Mall General/Umum
e-mall General adalah e-mall yang menjual berbagai macam produk dalam webnya. contoh dari e-mall umum adalah amazon.com yang menjual berbagai barang elerktronik, komputer, buku dan DVD. Sedangkan ebay.com menjual lukisan, buku, kamera, mobil, komputer, mainan, DVD, perhiasan, video game, barang-barang olang raga dll. Contoh e-mall yang lain, yaitu emall.com, GlodokShop.com.
E-Mall Khusus
Kebalikan dari e-mall umum, e-mall khusus hanya menjual satu macam produk saja. Contoh e-mall khusus, yaitu baju-anak.com, yang khusus menjual baju anak-anak,baju-anak.com sendiri beroperasi di Indonesia. Situs gamezone.com yang menjual produk-produk game.
Berikut ini beberapa keuntungan e-mall :
1.Jaringan dari e-mall mendunia. Misalnya amazon. Com yang diakses oleh orang indonesia.
2.Tidak mengenal tutup,maksudnya adalah e-mall buka 24 jam penuh.
3.Bisa menghemat banyak waktu dan tenaga karena hanya dengan duduk di meja kerja dan go online, kita sudah bisa membeli sebuah produk.
4.Hampir semua jenis barang tersedia dalam e-mall.
5.Pilihan produk yang sangat banyak. Disini kita bisa membandingkan baik dari segi harga, kualitas maupun testimonial dari orang2 yang membeli produk tersebut, sebelum memutuskan untuk membeli produk yang kita inginkan.
6.Tidak diperlukannya ruangan atau toko.
Meskipun mempunyai banyak keuntungan,e-mall juga memiliki beberapa kelemahan, diantaranya :
a.Sebagai calon pembeli, kita tidak bisa memegang atau mencoba produk.
b.Produk yang kita beli menjadi lebih mahal karena adanya ongkos kirim.
c.Di Indonesia, masyarakat belum terbiasa berbelanja menggunakan katalog, kepercayaan kepada pembayaran elektronik juga masih kurang, penggunaan kartu kredit masih terbatas pada orang-orang tertentu.
Dalam berbelanja online kita tetap harus berhati-hati, berikut ini beberapa tipsnya :
· Jangan tergoda dengan harga murah, beberapa situs adalah hanya tampilan muka saja, ia akan mengambil uang Anda kemudian melarikan diri. Periksa kembali perusahaan tersebut, lihatlah pendapat orang lain mengenai perusahaan tersebut. Cari tahu alamat dan telepon lengkap yang konkrit.
· Baca persyaratan dengan cermat terlebih dahulu sebelum meneruskan transaksi.
· Jika sebuah perusahaan tidak mengantarkan barang pesanan kita, atau barang tersebut cacat atau salah dalam pengantaran, Anda juga bisa meminta uang kembali via bank Anda dan proses pengembaliannya menjadi beban konsumen.
· Sebelum memberikan data kartu kredit Anda, pastikan forlmulir pengisian adalah dalam bentuk SSL (Secure Socket Layer) yang dilindungi. SSL meng-encrypt data selama pengiriman, untuk menghalangi siapa saja dari pencurian data. Anda dapat mengetahui bila halaman itu memiliki proteksi SSL atau tidak dengan melalui web address dari halaman formulir checkout tersebut yang akan dimulai dengan https:// dan bukannya http:// dan periksalah apakah lambang pengaman yang kecil (tanda padlock) muncul di sebelah kanan bawah dari web browser Anda..
· Jika Anda harus membuat account pada toko online, pastikan untuk menggunakan kata sandi /pass-word yang baik; paling tidak terdiri dari 8 karakter dan jangan memakai kata atau nama yang umum.
Sumber :
www.emall.com
www.decoramericana.com
www.maubelionline.com
www.glodok88.com
www.shoping.com
www.sierratradingpost.com
Amazon.com
Ebay.com
Baju-Anak.com
http://daemors.web.id/
htttp://www.epochtimes.co.id/keluarga.php?id=72

DEFINISI E-COMMERCE

9 March 2010
Comments Off on DEFINISI E-COMMERCE

DEFINISI E-COMMERCE

Electronic Commerce (E-Commerce) adalah proses pembelian dan penjualan produk, jasa dan informasi yang dilakukan secara elektronik dengan memanfaatkan jaringan computer. E-commerce juga mengandung pengertian sebagai penyebaran, pemasaran jasa, melalui system elektronik seperti internet atau jaringan computer lainnya. E-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik,system manajemen inventory otomatis dan system pengumpulan data otomatis.

Sementara itu Kalakota dan Whinston mendefinisikan E-Commerce dari beberapa perspektif, yaitu:

  1. Dari perspektif komunikasi, E-Commerce adalah pengiriman informasi, produk/jasa, atau pembayaran melalui jaringan telepon, atau jalur komunikasi lainnya;

  2. Dari perspektif proses bisnis, E-Commerce adalah aplikasi teknologi menuju otomatisasi transaksi bisnis dan work flow;

  3. Dari perspektif pelayanan, E-Commerce adalah alat yang digunakan untuk mengurangi biaya dalam pemesanan dan pengiriman barang; dan

  4. Dari perspektif online, E-Commerce menyediakan kemampuan untuk menjual dan membeli produk serta informasi melalui internet dan jaringan jasa online lainnya.

Selanjutnya Yuan Gao dalam Encyclopedia of Information Science and Technology (2005), menyatakan E-Commerce adalah penggunaan jaringan komputer untuk melakukan komunikasi bisnis dan transksaksi komersial. Kemudian di website E-Commerce Net, E-Commerce didefinisikan sebagai kegiatan menjual barang dagangan dan/atau jasa melalui internet. Seluruh komponen yang terlibat dalam bisnis praktis diaplikasikan disini, seperti customer service, produk yang tersedia, cara pembayaran, jaminan atas produk yang dijual, cara promosi dan sebagainya.

Seluruh definisi yang dijelaskan di atas pada dasarnya memiliki kesamaan yang mencakup komponen transaksi (pembeli, penjual, barang, jasa dan informasi), subyek dan obyek yang terlibat, serta media yang digunakan (dalam hal ini adalah internet).

Perkembangan teknologi informasi terutama internet, merupakan faktor pendorong perkembangan e-commerce. Internet merupakan jaringan global yang menyatukan jaringan komputer di seluruh dunia, sehingga memungkinkan terjalinnya komunikasi dan interaksi antara satu dengan yang lain diseluruh dunia. Dengan menghubungkan jaringan komputer perusahaan dengan internet, perusahaan dapat menjalin hubungan bisnis dengan rekan bisnis atau konsumen secara lebih efisien. Sampai saat ini internet merupakan infrastruktur yang ideal untuk menjalankan e-commerce, sehingga istilah E-Commerce pun menjadi identik dengan menjalankan bisnis di internet.


Pertukaran informasi dalam E-Commerce dilakukan dalam format digital sehingga kebutuhan akan pengiriman data dalam bentuk cetak dapat dihilangkan. Dengan menggunakan sistem komputer yang saling terhubung melalui jaringan telekomunikasi, transaksi bisnis dapat dilakukan secara otomatis dan dalam waktu yang singkat. Akibatnya informasi yang dibutuhkan untuk keperluan transaksi bisnis tersedia pada saat diperlukan. Dengan melakukan bisnis secara elektronik, perusahaan dapat menekan biaya yang harus dikeluarkan untuk keperluan pengiriman informasi. Proses transaksi yang berlangsung secara cepat juga mengakibatkan meningkatnya produktifitas perusahaan.


Dengan menggunakan teknologi informasi, E-Commerce dapat dijadikan sebagai solusi untuk membantu perusahaan dalam mengembangkan perusahaan dan menghadapi tekanan bisnis. Tingginya tekanan bisnis yang muncul akibat tingginya tingkat persaingan mengharuskan perusahaan untuk dapat memberikan respon. Penggunaan E-Commerce dapat meningkatkan efisiensi biaya dan produktifitas perusahaan, sehingga dapat meningkatkan kemampuan perusahaan dalam bersaing.


Adapun proses yang terdapat dalam E-Commerce meliputi sebagai berikut :

1. Presentasi electronis (Pembuatan Website) untuk produk dan layanan.

2. Pemesanan secara langsung dan tersedianya tagihan.

3. Secara otomatis account pelanggan dapat secara aman (baik nomor rekening maupun

nomor kartu kredit).

4. Pembayaran yang dilakukan secara langsung (online) dan penanganan transaksi.


Adapun keuntungan yang diperoleh dengan menggunakan transaksi melalui E-Commerce bagi suatu perusahaan adalah sebagai berikut :

1. Meningkatkan pendapatan dengan menggunakan online channel yang biayanya lebih

murah.

2. Mengurangi biaya-biaya yang berhubungan dengan kertas, seperti biaya pos surat,

pencetakan, report, dan sebagainya.

3. Mengurangi keterlambatan dengan menggunakan transfer elektronik/pembayaran yang

tepat waktu dan dapat langsung dicek.

4. Mempercepat pelayanan ke pelanggan, dan pelayanan lebih responsif.

Contoh E-Commerce.

Banyak sekali yang dapat kita lakukan melalui E-Commerce yaitu :

1. Pembelian buku melalui online.

2. Pembelian elektronik melalui online.

3. Pembelian kendaraan melalui online.

4. Pembelian pakaian melalui online, dll.

Dampak Positif dan Negatif E-Commerce.

Didalam dunia E-Commerce pasti terdapat dampak positif dan negativenya.

Dampak positifnya, yaitu :

1. Revenue Stream (aliran pendapatan) baru yang mungkin lebih menjanjikan yang tidak bisa ditemui di sistem transaksi tradisional.

2. Dapat meningkatkan market exposure (pangsa pasar).

3. Menurunkan biaya operasional(operating cost).

4. Melebarkan jangkauan (global reach).

5. Meningkatkan customer loyality.

6. Meningkatkan supplier management.

7. Memperpendek waktu produksi.

8. Meningkatkan value chain (mata rantai pendapatan).

Dampak negativenya, yaitu :

1. Kehilangan segi finansial secara langsung karena kecurangan. Seorang penipu mentransfer uang dari rekening satu ke rekening lainnya atau dia telah mengganti semua data finansial

yang ada.

2. Pencurian informasi rahasia yang berharga. Gangguan yang timbul bisa menyingkap semua informasi rahasia tersebut kepada pihak-pihak yang tidak berhak dan dapat mengakibatkan kerugian yang besar bagi si korban.

3. Kehilangan kesempatan bisnis karena gangguan pelayanan. Kesalahan ini bersifat kesalahan non-teknis seperti aliran listrik tiba-tiba padam.

4. Penggunaan akses ke sumber oleh pihak yang tidak berhak. Misalkan seorang hacker yang berhasil membobol sebuah sistem perbankan. Setelah itu dia memindahkan sejumlah rekening orang lain ke rekeningnya sendiri.

5. Kehilangan kepercayaan dari para konsumen. Ini karena berbagai macam faktor seperti usaha yang dilakukan dengan sengaja oleh pihak lain yang berusaha menjatuhkan reputasi perusahaan tersebut.

6. Kerugian yang tidak terduga. Disebabkan oleh gangguan yang dilakukan dengan sengaja, ketidakjujuran, praktek bisnis yang tidak benar, kesalahan faktor manusia, kesalahan faktor manusia atau kesalahan sistem elektronik.

PELUANG E-COMMERS DI INDONESIA

Perkembangan e-commerce di Indonesia sendiri telah ada sejak tahun 1996, dengan berdirinya Dyviacom Intrabumi atau D-Net (www.dnet.net.id) sebagai perintis transaksi online. Wahana transaksi berupa mal online yang disebut D-Mall (diakses lewat D-Net) ini telah menampung sekitar 33 toko online/merchant. Produk yang dijual bermacam-macam, mulai dari makanan, aksesori, pakaian, produk perkantoran sampai furniture. Selain itu, berdiri pula http://www.ecommerce-indonesia.com/, tempat penjualan online berbasis internet yang memiliki fasilitas lengkap seperti adanya bagian depan toko (storefront) dan shopping cart (keranjang belanja). Selain itu, ada juga Commerce Net Indonesia – yang beralamat di http://isp.commerce.net.id/. Sebagai Commerce Service Provider (CSP) pertama di Indonesia, Commerce Net Indonesia menawarkan kemudahan dalam melakukan jual beli di internet. Commerce Net

Indonesia sendiri telah bekerjasama dengan lembaga-lembaga yang membutuhkan e-commerce, untuk melayani konsumen seperti PT Telkom dan Bank International Indonesia. Selain itu, terdapat pula tujuh situs yang menjadi anggota Commerce Net Indonesia, yaitu Plasa.com, Interactive Mall 2000, Officeland, Kompas Cyber Media, Mizan Online Telecommunication Mall dan Trikomsel.

Kehadiran e-commerce sebagai media transaksi baru ini tentunya menguntungkan banyak pihak, baik pihak konsumen, maupun pihak produsen dan penjual (retailer). Dengan menggunakan internet, proses perniagaan dapat dilakukan dengan menghemat biaya dan waktu.

Perkembangan e-Commerce di Indonesia pada tahun-tahun mendatang.

E-commerce sebetulnya dapat menjadi suatu bisnis yang menjanjikan di Indonesia. Hal ini tak lepas dari potensi berupa jumlah masyarakat yang besar dan adanya jarak fisik yang jauh sehingga e-commerce dapat dimanfaatkan dengan maksimal. Sayangnya, daya beli masyarakat yang masih rendah dan infrastruktur telekomunikasi yang tidak merata di daerah-daerah lainnya membuat e-commerce tidak begitu populer. Hal ini tak lepas dari jumlah pengguna internet di Indonesia yang hanya sekitar 8 juta orang dari 215 juta penduduk. Selain itu, e-commerce juga belum banyak dimanfaatkan oleh perusahaan-perusahaan di Indonesia.

Meskipun relatif banyak perusahaan yang sudah memasang homepage, hanya sedikit yang memfungsikannya sebagai sarana perniagaan/perdagangan online. Sebagian besar homepage itu lebih difungsikan sebagai media informasi dan pengenalan produk. Menurut Adji Gunawan, Associate Partner dan Technology Competency Group Head Andersen Consulting, secara umum ada tiga tahapan menuju e-commerce, yakni: presence (kehadiran), interaktivitas dan transaksi. Saat ini, kebanyakan homepage yang dimiliki perusahaan Indonesia hanya mencapai tahap presence, belum pada tahap transaksi. Pada akhirnya, perkembangan teknologi dan peningkatan pengguna internet di Indonesia akan membuat e-commerce menjadi suatu bisnis yang menjanjikan. Referensi

DAFTAR PUSTAKA

Saputro, w hendra. “ Pengertian e commerce”, http://www.baliorange.web.id/pengertian-ecommerce/

Anggraeni,srihartati. “perkembangan e commerce di Indonesia” www.cert.or.id/~budi/presentations/e-commerce-indonesia.ppt

Purnax blog. “pengertian e commercehttp://www.jabato bali.com

Pengertiam e commers, dasril. http://dasril.wordpress.com/