6 Cara Menyembuhkan Penyakit Batu Ginjal. Batu ginjal endapan keras dari mineral dan garam yang terbentuk dalam ginjal. Terlansir dari Urology Health, batu ginjal bisa terbentuk ketika terlalu banyak mineral dan garam dalam tubuh. Batu ginjal yang terbentuk bisa berukuran kecil, besar sampai menyumpal salah satu celah pada bagian dalam ginjal.

Penyakit batu ginjal yang berukuran kecil yang berada pada ginjal ini umumnya live22 tidak menimbulkan masalah. Namun, batu yang mengalir ke saluran antara ginjal dan kandung kemih dapat menyumbat aliran urine sampai memicu rasa sakit.

Penderita penyakit batu ginjal umumnya merasakan gejalan sakit perut pada bagian samping. Nyerinya tajam terkadang sampai ke tubuh bagian belakang. Rasa sakitnya datang tiba-tiba dan tidak menetap.

Baca Juga : 5 Menu Sarapan Memperlancar Buang Air Besar

Selain itu, gejala batu ginjal lainna antara lain:

  • Sering ingin kencing
  • Kencing terasa panas atau nyeri
  • Ada darah dalam urine
  • Mual dan muntah
  • Bagi pria, ujung penis terkadang sakit.

Penyebab batu ginjal bisa berasal dari kebiasaan kurang minum, konsumsi garam dan gula berlebihan, pola makan tinggi protein hewani, gangguan pencernaan kelebihan berat badan, sampai efek samping obat tertentu. Penyakit batu ginjal dapat terdeteksi lewat pemeriksaan kesehatan rutin dengan tes urine, ultrasonografi (USG), atau CT Scan.

6 Cara Menyembuhkan Penyakit Batu Ginjal

Sedangkan cara menyembuhkan batu ginjal tersesuikan dengan jenis dan tingkat keparahan penyakit. Berikut beberapa diantaranya.

1. Terapi agar batu ginjal bisa keluar dengan sendirinya

Melansir Mayo Clinic joker388, untuk menunjang proses penyembuhan penyakit ini, Anda perlu minum air putih setidaknya dua sampai tiga liter per hari.

Jika proses pengeluaran batu ginjal saat melewati saluran kencing terasa menyakitkan, Anda perlu meminta resep obat pereda nyeri dari dokter.

2. Terapi obat batu ginjal

Terdapat beberapa jenis obat batu ginjal sesuai jenis penyakit yang terberikan dokter. Ada jenis obat batu ginjal yang dapat mengontrol mineral dan garam dalam urine penyebab batu ginjal. Selain itu, terdapat beberapa jenis obat yang berguna menghancurkan batu ginjal sehingga mudah dikeluarkan tubuh.

3. Terapi gelombang suara untuk menghancurkan batu ginjal

Cara menyembuhkan batu ginjal berukuran cukup besar jenis tertentu dapat memanfaatkan terapi gelombang suara atau extracorporeal shock wave lithotripsy (ESWL).

ESWL memenafaatkan gelombang suara untuk menciptakan getaran yang dapat menhancurkan batu ginjal menjadi potongan kecil. Batu ang ukutannya sudah kecil bisa keluar lewat urine.

Baca Juga : 5 Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan

4. Operasi pengangkatan batu ginjal

Operasi bedah ini mengangkat batu ginjal menggunakan teleskop dan alat kecil yang dimasukkan lewat sayatan kecil pada punggung.

Penderita akan terbius total selama operasi pengangkatan batu ginjal. Jenis perawatan ini ter-rekomendasikan bagi penderita yang tidak bisa tertangani dengan ESWL.

5. Operasi dengan ureteroscope

Alat berupa tabung tipis berlampu ini akan dimasukkan ke ureter atau saluran kencing bagian dalam. Setelah letak penyakit ditemukan, alat khusus ini akan menghancurkan batu ginjal menjadi berapa begian.

Setelah itu, batu ginjal yang ukurannya sudah mengecil akan keluar melalui urine.

6. Operasi kelenjar paratiroid

Kelenjar paratiroid terlalu aktif bisa terjadi karena ada tumor jinak pada salah satu kelenjar ini. Cara menyembuhkan batu ginjal kasus ini memerlukan prediksi togel operasi kelenjar paratiroid.

Set your Twitter account name in your settings to use the TwitterBar Section.