Kesehatan – 5 menu sarapan memperlancar buang air besar. Buang air besar tidak hanya berfungsi untuk mengeluarkan kotoran dari dalam tubuh live22, tapi juga membantu perut legan dan bebas begah.

Direktur Gastrointestinal Motility Center pada Mount Sinai Hospital, Gina Sam, berkata bahwa pagi hari memang waktu terbaik untuk buang air besar. “Kontraksi usus besar tubuh Anda bekerja pada tingkat tertinggi pada pagi hari. Saat itulah tubuh Anda ter-rancang untuk buang air besar,” kata Sam terkutip dari Health.

Bila mengacu pemaparan Sam, buang air besar memang sebaiknya terlakukan secara rutin pada pagi hari. Hanya saja, masih ada orang-orang yang mengalami kesulitan untuk itu. Jika Anda salah satunya, Anda bisa mencoba untuk mengonsumsi sarapan yang mendukung kinerja sistem pencernaan sehingga buang air besar jadi lancar.

Berikut menu sarapan yang membantu memperlancar buang air besar.

Baca Juga : 5 Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan

5 Menu Sarapan Memperlancar Buang Air Besar

1. Oatmeal

5 Menu Sarapan Memperlancar Buang Air Besar

Oatmeal merupakan sumber serat larut air maupun serat tidak larut air. Kedua jenis serat joker388 ini akan mencegah konstipasi atau sembelit.

Terlansir Livestrong, serat larut air akan menyerap air sehingga feses menjadi besar, lunak dan mudah dikeluarkan. Sedangkan serat tidak larut bergerak cepat melalui saluran pencernaan sehingga mencegah sembelit. Oat juga bermanfaat sebagai prebiotik untuk bahan bakar probiotik usus.

2. Yogurt

Sesekali ada baiknya mengganti susu pada jus atau smoothie dengan yogurt. Produk yogurt pada pasaran biasanya terkemas dengan probiotik yang baik buat usus. Sebagaimana terlansir My Recipes, studi pada 2014 menyebut probiotik dapat meningkatkan waktu transit pada usus, frekuensi feses dan konsistensi feses.

Selain yogurt, Anda juga bisa mengonsumsi kefir. Sebuah studi yang diterbitkan pada Turkish Journal of Gastroenterology menemukan konsumsi kefir tiap hari selama empat minggu meningkatkan frekuensi dan konsistensi feses.

3. Kopi

5 Menu Sarapan Memperlancar Buang Air Besar

Ada sebagian orang menggemari kopi sebagai sarapan karena membuat tubuh dan mata lebih segar. Rupanya kopi pun membawa manfaat buat usus. Hasrat ingin buang air besar setelah minum kopi memang nyata ada. Kopi yang mengandung kafein ini akan memberikan sinyal pada lambung untuk memproduksi lebih banyak asam dan meningkatkan pergerakan usus.

Dalam tinjauan yang diterbitkan pada World Journal of Gastroenterology, hal ini pun menimbulkan efek laksatif pada beberapa orang. Tidak hanya kopi berkafein, konsumsi kopi tanpa kafein pun akan membawa dampak serupa.

Baca Juga : 5 Manfaat Penting Daun Mint untuk Kesehatanmu

4. Buah-buahan

Serat jadi kunci nutrisi untuk pencernaan sehat dan buang air besar lancar. Selain avocado toast atau bubur ayam, coba selingi buah-buahan dalam menu sarapan Anda. Kandungan serat dan air jadi perpaduan sempurna untuk membantu membuang air besar.

Semua buah baik terkonsumsi dan mengandung banyak serat. Namun, Anda mesri mengistimewakan pisang karena memiliki inulin atau serat yang membantu mengatasi konsipasi.

5. Roti dari biji-bijian

Tidak ada sarapan yang lebih baik daripada sarapan cukup dengan menyantap roti. Pilih prediksi togel roti yang benar-benar baik untuk pencernaan termasuk roti biji-bijian (whole grain). Whole grain membuat roti lebih banyak serat daripada roti putih biasa.

Set your Twitter account name in your settings to use the TwitterBar Section.