Mint atau min merupakan nama beberapa jenis tumbuhan yang berasal dari genus Mentha, antara lain adalah pepermin dan spearmint yang sudah sangat terkenal. Mint sering tergunakan sebagai bahan campuran pada pasta gigi karena memiliki efek menyejukkan live22.

Daun mint sangat populer dipakai sebagai bahan pelengkap pada makanan dan minuman, seperti teh dan salad, karena rasanya yang menyegarkan.

Kita ketahui, mengonsumsi daun mint tak hanya membuat mulut segar, tapi juga berkhasiat dari segi kesehatan. Khasiat ini akan lebih besar ketika mint tergunakan pada kulit dalam bentuk minyak, menghirup aromanya, atau dengan minum kapsul yang berisi ekstrak mint daripada memakannya.

Baca Juga : Tips Kecantikan Wajah Secara Alami

5 Manfaat Penting Daun Mint untuk Kesehatanmu

1. Kaya Akan Nutrisi

Kaya Akan Nutrisi | Jurnal Widi

Melansir Healthline, daun mint kaya akan nutrisi. antara lain adalah serat, vitamin A, zat besi, mangan, serta folat. Agar bisa mendapatkan nutrisinya, sebaiknya konsumsi daun mint dalam jumlah signifikan, misalnya dengan joker388 menjadikannya bahan campuran salad. Jangan cuma menggunakannya sebagai hiasan pada makanan dan minuman saja, ya!

2. Meredakan gangguan pencernaan

Mint dikenal pula bisa mengatasi sakit perut atau gangguan pencernaan. Gangguan pencernaan ini timbul akibat makanan berada terlalu lama pada area perut atau lambung, sebelum masuk ke saluran pencernaan lainnya. Sebuah studi yang diterbitkan di Jornal of Gastroenterology menemukan, penambahan minyak pepermin dalam makanan terbukti mampu meningkatkan pengosongan lambung.

Baca Juga : 7 Manfaat Zat Besi Untuk Kesehatan

3. Meningkatkan fungsi otak

5 Manfaat Penting Daun Mint untuk Kesehatanmu

Selain dikonsumsi, manfaat daun mint juga bisa kamu dapatkan dengan menghirup aromanya sebuah penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Neuroscience melibatkan 144 orang dewasa yang masih muda. Hasilnya, mencium aroma minyak pepermin selama 5 menit terbukti mampu meningkatkan memori sevara signifikan.

4. Mengurangi rasa sakit saat menyusui

Melansir Healthline, berdasarkan beberapa hasil studi, mengoleskan daun mint pada area puting bisa mencegah serta mengurangi rasa sakit saat menyusui. Pengaplikasiannya bisa dengan mencampurkan daun mint dengan air atau gel, atau mengolekannya dalam bentuk minyak.

5. Mengatasi gejala flu

5 Manfaat Penting Daun Mint untuk Kesehatanmu

Mentol, komponen utama pada minyak pepermin, sejak lama telah teryakini bisa meredakan gejala flu. Menurut penelitian yang terbit dalam jurnal Pediatric Pulmonology, menghirup aroma mentol prediksi togel terbukti mampu melancarkan pernapasan hidung (Nasal Breathing), sehingga sangat membantu orang yang mengalami gejala flu.

Set your Twitter account name in your settings to use the TwitterBar Section.