4 Cara Simpel Mengurangi Stres Di Saat Bekerja – Tuntutan pekerjaan dan rutinitas yang monoton dapat membuat pekerja kantoran rentan mengalami stres. Jika hal tersebut tak bisa diatasi, bisa berdampak buruk bagi kinerja anda.

Mengutip dari Fobres.com Senin, (22/4/2019), Margaret Price dan Mary Czerwinski, peneliti perilaku dari Microsoft membeberkan cara-cara proaktif untuk mengatasi stres.

Price, meneliti perilaku manusia berdasarkan hubungan manusia dengan teknologi, dan Czerwiski mempelajari emosi dan pengaruhnya terhadap kesehatan dan kesejahteraan.

Para ahli ini mengungkapkan empat cara sederhana untuk mengurangi stres dan mengatasi kelelahan dalam karier anda.

1. Fokus

Menurut data dari Microsoft, rata-rata dibutuhkan waktu sekitar tiga menit sebelum kita terganggu, dan rata-rata dibutuhkan sekitar 20 menit untuk kembali mengerjakan tugas.

Berdasarkan data tersebut, begitu anda kehilangan konsentrasi, akan sulit untuk kembali ke zona fokus anda.

Baca juga: 5 Cara Memperbaiki Kesalahan Umum Saat Mengirim Email Pekerjaan

Untuk menghindari hal tersebut, ada baiknya anda menginstall aplikasi di laptop yang berfungsi untuk mematikan notifikasi emal, media sosial, aplikasi, dan pemberitahuan lainnya.

Mematikan notifikasi akan membantu anda fokus pada tugas dan bisa membuat anda mengejar ketinggalan setelah benar-benar selesaikan pekerjaan.

2. Berjalan kaki

Data Microsoft menunjukkan bahwa berjalan kaki 20 menit di alam terbuka setalah makan siang dapat secara signifikan meningkatkan kreativitas.

Usahakan memilih tempat makan siang yang berdekatan dengan kantor. Dengan begitu anda mempunyai kesempata untuk berjalan kaki.

Siapa bilang rapat harus selalu di kantor? Beri saran untuk rapat di luar kantor, sehingga anda memiliki alasan untuk berjalan dan melakukan latihan ringan. Anda akan terkejut dengan ide-ide yang mungkin muncul setelah melakukan hal tersebut.

3. Tetapkan batasan

Terlihat tetap sibuk, disaat anda tidak produktif dianggap positif bagi sebagian orang, sementara melakukan istirahat dianggap sebagai bentuk kelemahan.

Padahal, jika bekerja dalam keadaan tak produktif dapat menyebabkan kelelahan yang justru berdampak buruk bagi kinerja kita. Mulailah tetapkan batasan anda. Putuskan bahwa anda tidak akan memeriksa emal anda setelah pukul 6 malam.

Baca juga: Pilihan Tersulit Yang Akan Anda Hadapi Dalam Dunia Bisnis

Dalam setiap peran atau di luar pekerjaan, jelaskan apa yang bersedia anda hadapi dan apa yang tidaka akan anda terima sama sekali. Mungkin yang terbaik adalah meninggalkan pekerjaan yang mengharuskan anda merespons email sebelum tidur.

Apapun itu, tetapkan batasan dan komunikasikan hal  tersebut. Aturan-aturan ini akan membantu anda menjadi lebih baik di lingkungan kerja bertekanan tinggi dan dapat membantu anda mencapai keseimbangan.

4. Meditasi

Meditasi adalah kunci untuk pikiran yang tenang dan fokus. Anda bisa melakukan meditasi di kelas yoga atau bisa juga dengan menghabiskan waktu di siang hari untuk membiarkan pikiran anda mengalir.

Biasakan lah bermeditasi, karena hal tersebut dikenal ampuh untuk mengurangi stres.

Misalnya, beri waktu pada pagi hari untuk merenungkan hari anda, sebelum bersiap-siap berangkat kerja. Melakukan hal ini tidak hanya akan membuat anda merasa siap untuk menghadapi tantangan, tetapi juga bisa meredakan kecemasan yang mungkin dialami dari hari-hari sebelumnya.

Set your Twitter account name in your settings to use the TwitterBar Section.