Apakah Kamu Si Otak Bisnis? Kenalilah 5 Tanda Ini Pada Dirimu – Semua orang bisa belajar untuk berbisnis, namun tidak semua orang punya jiwa bisnis. Jiwa bisnis itu akan tumbuh dari si otak bisnis. Nah, buat kamu yang punya otak bisnis, artinya kamu sudah selangkah lebih maju loh. Kamu punya bakat dan modal penting untuk berbisnis. Berikut ini lima tandanya.

1. Kamu cukup kritis dalam mempertimbangkan segala sesuatu

Dalam menghadapi masalah, kamu cenderung kritis. Tidak gegabah dalam mengambil keputusan, kamu selalu menimbang-nimbang dulu beberapa hal yang menurutmu sangat potensial.

Bahkan kamu sudah memikirkan dampak baik dan buruk dari beberapa pertimbangan yang telah kamu buat. Ini modal penting untuk berbisnis. Kamu mampu berpikir jangka panjang dan menganalisis dampaknya.

2. Kamu punya sifat gak mau rugi, tapi kamu juga gak mau merugikan orang lain

Kamu mungkin terkesan egois karena tidak mau rugi. Namun kamu punya alasan kuat kenapa kamu tidak mau rugi. Bisa jadi kamu adalah si pekerja keras yang justru menggunakan kerugian sebagai motivasi. Namun di sisi lain, kamu tidak mau sampai merugikan orang lain.

Baca juga: 4 Fungsi Pajak Yang Penting Dan Perlu Anda Ketahui

Kamu punya empati yang tinggi dan rasa kemanusiaan pada sesama. Sehingga kamu akan mencari solusi agar setiap tindakanmu bisa memberikan manfaat untuk dirimu dan orang-orang di sekitarmu. Fix, si otak bisnis, kamulah orangnya.

3. Kamu selalu jeli dalam mencari peluang, bahkan dalam setiap masalahmu

Kamu selalu tahu mana saja pintu yang terbuka di antara semua pintu yang tertutup. Kamu menjadikan masalahmu untuk membuka peluangmu sendiri. Mungkin kamu mengeluh, tapi kamu jadi tahu apa kekuranganmu. Sehingga kamu mulai berusaha untuk memperbaikinya.

Saat itulah kamu selalu bisa menemukan celah yang berpotensi mengantarkanmu pada keberhasilan. Kamu lalu terpancing untuk terus kepo pada kesalahan-kesalahan yang terjadi. Dalam waktu singkat, kamu menemukan peluangnya. Korelasinya adalah si otak bisnis pintar banget cari-cari peluang.

4. Kamu sering kecewa, namun itu tidak membuatmu menyerah dengan mudah

Bagimu, menyerah adalah terlalu cepat mengakui kekalahan. Kamu yang selalu tidak mau rugi akan berusaha sebaik mungkin dalam setiap pencapaianmu. Sering kecewa, iya! Tapi sayang sekali jika sudah terlanjur bergelut dan berdarah namun tidak berhasil mencapai apapun.

Baca juga: Mengenal 3 Komponen Utama Dari Laporan Keuangan

Justru hal itu bagimu adalah sebuah kesalahan. Kesalahan besar malah. Lalu berhentu dan meratapi kekecewaan adalah kegagalan besar. Berbisnis butuh jiwa yang gak mudah menyerah. Kamu gak mudah menyerah, berarti kamu adalah si otak bisnis ulung.

5. Kamu selalu punya target dan mampu merencanakannya sebaik mungkin

Buat kamu, target adalah sebuah tujuan yang jelas dan layak dijadikan cambukan. Kamu yang menetapkan target, sudah pasti punya berbagai rencana penyelesaian. Kamu tidak mau sampai berhenti di tengah jalan.

Intinya kamu merasa bahwa kamu boleh gagal, tapi kamu akan mendapatkannya dengan cara yang berbeda karena rencanamu tidak hanya satu. Kamu selalu kreatif dalam menciptakan hal baru demi mendapatkan targetmu. Kamu yang berkutat dengan target, berarti kamu punya bakat bisnis.

Itulah lima tanda bahwa kamu adalah si otak bisnis. Si otak bisnis adalah mereka yang punya bakat bisnis secara alami. Kamu merasakan lima tandanya pada dirimu, selamat kamu adalah orangnya. Hey, si otak bisnis, jangan sia-siakan kesempatanmu ya.

Set your Twitter account name in your settings to use the TwitterBar Section.