4 Fungsi Pajak Yang Penting Dan Perlu Anda Ketahui – Kesal karena harus membayar pajak? Belanja, perusahaan, kendaraan, makan di restoran atau apapun kita diharuskan untuk membayar pajak. Ya hal ini karena pajak merupakan kewajiban anda dan kita semua sebagai warga negara.

Sayangnya banyak dari masyarakat yang masih merasa kesal atau malas untuk membayar pajak. Padahal, jika memahami fungsi pajak, anda akan menyadari pentinya pajak bagi pembagunan bangsa dan Negara. Oleh karena itu, artikel kali ini akan membahas mengenai pajak semua mengapa harus melaksanakan kewajiban perpajakan.

Pengertian Pajak

Menurut UU No. 28 tahun 2007 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan (KUP). Pajak adalah kontribusi wajib kepada negara yang terutang oleh orang pribadi atau badan yang bersifat memaksa berdasarkan undang-undang, dengan tidak mendapatkan imbalan secara langsung dan digunakan untuk keperluan negara bagi sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.

Sejalan dengan pengertian tersebut, Prof. Dr. Rochmat Soemitro, SH. mendefinisikan pajak sebagai uang iuran rakyat kepada kas negara berdasarkan undang-undang (yang dapat dipaksakan) dengan tidak mendapat jasa timbal balik (kontraprestasi) yang langsung dapat ditunjukkan dan yang dapat digunakan untuk membayar pengeluaran umum.

1. Iuran Dari Rakyat Kepada Negara

Yang berhak memungut pajak adalah negara. Selain itu, iuran yang diberikan dalam bentuk uang bukan barang.

2. Berdasarkan Undang-Undang

Pajak dipungut berdasarkan atau dengan kekuatan undang-undang serta aturan pelaksanaannya.

3. Kontraprestasi Tidak Langsung

Jasa timbal balik atau kontraprestasi dari negara tidak dapat ditunjukkan secara langsung. Jadi dalam pembayaran pajak tidak dapat ditunjukkan adanya kontraprestasi individual oleh pemerintah.

4. Pembiayaan Negara

Pajak digunakan untuk membiayai rumah tangga negara, yakni pengeluaran-pengeluaran yang bermanfaat bagi masyarakat luas.

Fungsi Pajak

Setelah memahami pengertian pajak, kini saatnya membahas fungsi pajak. Ada 4 (empat) fungsi pajak, yakni:

1. Anggaran atau Budgeting

Hal ini berkaitan dengan tugas utama negara melakukan pembangunan seperti menyediakan fasilitas pendidikan, kesehatan, infrastruktur, dan pelayanan publik lainnya.

Coba anda pikirkan darimana pemerintah mendapatkan dananya? Tentu dari pajak. Pajak sebagai sumber dana bagi pemerintah untuk membiayai pengeluaran-pengeluran tersebut sehingga fungsi pajak sebagai anggaran atau budgetair.

Baca juga: Mengenal 3 Komponen Utama Dari Laporan Keuangan

Di Indonesia sendiri pajak merupakan penyumbang pendapatan negara terbesar. Jika dilihat dalam APBN tahun 2017, kontribusi pajak sebesar Rp 1.283,6 triliun atau setara 83 persen.

2. Mengatur

Pajak sebagai alat untuk mengatur atau melaksanakan kebijakan pemerintah dalam bidang sosial ekonomi. Contohnya, seperti pajak dengan tarif tinggi dikenakan untuk minuman keras hal ini berfungsi untuk mengurangi konsumsi minuman keras. Contoh lainnya, misal, tarif pajak untuk ekspor sebesar 0 persen yang bertujuan untuk mendorong ekspor produk Indonesia di pasar dunia atau internasional.

3. Stabilitas

Pajak juga memiliki fungsi stabilitas di mana ia memiliki peranan penting dalam menentukan kestabilan ekonomi suatu negara. Misalnya, pajak dapat digunakan oleh pemerintah untuk mengatasi inflasi atau deflasi. Caranya pemerintah dapat membuat atau mengeluarkan kebijakan perpajakan yang sesuai untuk mengatasi permasalah yang ada.

4. Redistribusi Pendapatan

Fungsi redistribusi pendapatan yakni membuat pendapatan masyarakat merata. Pemerintah dapat memanfaatkan pajak untuk membuka lapangan pekerjaaan. Dengan begitu akan banyak terserap tenaga kerja sehingga pendapatan masyarakat merata.

Baca juga: Ini Dia 4 Rahasia Mendapatkan Uang Dari Menulis

Selain itu, pemerintah juga dapat menerapkan tarif pajak yang tinggi untuk barang-barang mewah, jadi tidak hanya menekan hanya hidup konsumtif pajak dapat berfungsi sebagai redistribusi pendapatan.

Demikian penjelasan singat tentang pajak dan fungsinya yang sangat penting untuk pembangunan dan negara. Sebagai pemilik perusahaan, anda tentu juga sangat diuntungkan dengan adanya pajak. Meski harus mengeluarkan pajak, bisnis anda akan memiliki banyak keuntungan dengan membayar pajak tepat waktu.

Set your Twitter account name in your settings to use the TwitterBar Section.