Strategi Pemasaran 4P Dan Cara Penerapannya Dalam Bisnis – Salah satu tujuan dari marketing adalah memastikan agar produk atau jasa yang dibuat oleh perusahaan dikenal masyarakat sehingga nantinya perusahaan dapat mendapatkan laba dari penjualannya.

Maka tidak aneh saat sebuah perusahaan rela mengeluarkan banyak biaya untuk membuat strategi pemasaran. Strategi pemasaran sebenarnya tidak hanya untuk perusahaan besar, perusahaan kecil juga harus memilikinya, contohnya seperti strategi pemasaran 4P.

Namun, masalahnya beberapa usaha seperti UKM masih bingung dalam menerapkan atau mengaplikasikan konsep dari strategi marketing. Padahal jika saja mereka mau menerapkan dan mengaplikasikan dengan baik akan membantu bisnis mereka menjadi lebih berkembang dan maju.

Strategi pemasaran 4P merupakan kumpulan alat pemasaran taktis yang terdiri dari product (produk), price (harga), place (tepat) dan promotion (promosi) yang dipadukan agar menghasilkan respon yang diinginkan di pasar. Lalu bagaimana cara mengaplikasikannya secara langsung pada suatu usaha? Simak ulasan berikut.

Product

Sebagai pelaku usaha, anda harus bisa membuat produk atau jasa yang diterima oleh masyarakat. Beberapa dari anda mungkin bingung, bagaimana caranya? atau produk apa yang harus dibuat? anda dapat memulainya dengan cara mengembangkan produk atau jasa yang dimiliki menjadi lebih baik. Mintalah kritik dan saran dari konsumen anda, kemudian tampung semua saran dan kritik tersebut sebagai bahan pertimbangan dan perbaikan.

Baca juga: 6 Masalah Dalam Bisnis Yang Sering Terjadi

Selain itu, anda juga dapat membuat produk atau jasa apapun yang kualitasnya baik. Kualitas produk atau jasa yang baik tentu saja akan memberikan kepuasan yang tinggi dari konsumen. Sebaliknya, kualitas produk atau jasa yang buruk juga akan membuat konsumen kecewa dan mereka tidak mau untuk membeli atau menggunakan produk atau jasa anda yang kedua kalinya.

Price

Harga merupakan salah satu hal yang sensitif dalam sebuah bisnis. Umumnya, konsumen akan menjadikan harga sebagai patokan untuk membandingkan anda dengan kompetitor. Sehingga, penting untuk anda menentukan harga yang baik, karena harga akan berpengaruh terhadap penjualan. Jangan sampai anda salah menentukan harga yang membuat konsumen menjadi tidak tertarik untuk membeli produk atau jasa anda.

Lalu bagaimana menentukan harga yang baik? Untuk menentukan harga sebenarnya mudah, anda dapat melihat harga pasar atau dengan menghitung HPP dan profit yang diinginkan dan sebagainya. Intinya, harga yang anda tawarkan atau tetapkan sebaiknya adalah harga yang masuk akal.

Place

lace atau tempat merupakan salah satu unsur P dari strategi pemasaran 4P. Tempat atau lokasi merupakan salah satu faktor penentu bisnis anda. karenanya pilihlah lokasi yang tepat atau yang pas. Maksudnya pilihlah lokasi yang strategis dan benar. Lokasi yang strategis merupakan lokasi yang ramai, dilalui oleh banyak orang. Sehingga calon konsumen dan konsumen tertarik serta mudah untuk menemukan tempat jualan anda. Namun, strategi saja tidak cukup, perlu ada kata tempat yang pas atau tepat. Mengapa demikian? Karena tempat yang strategi jika tidak tepat atau pas juga tidak memiliki efek apapun.

Baca juga: Memanfaatkan Kartu Kredit Untuk Bisnis Online

Perhatikan ilustrasi berikut: Jika anda menjual jilbab atau peralatan muslim maka jualan lah di daerah masyarakat yang beragama Islam, dekat masjid-masjid besar atau apapun tetapi jangan menjualnya di daerah kawasan non-muslim. Jika anda menjual di kawasan non-muslim tentu penjualan tidak akan sebanyak saat anda menjual di daerah dekat masjid-masjid besar bukan? untuk itulah memilih tempat juga perlu anda perhatikan dengan baik.

Promotion

Promosi merupakan ujung tombak untuk memperkenalkan produk atau jasa anda kepada masyarakat. Dengan strategi pemasaran yang baik, maka diharapkan penjualan juga akan meningkat. Kini kegiatan pemasaran atau promosi lebih mudah dilakukan, anda dapat memanfaatkan media sosial seperti Facebook, Instagram, memasang iklan, kerja sama sponsorship, mengikuti bazar dan banyak lagi.

Itulah pengertian dan cara menerapkan strategi pemasaran 4P. Mudah bukan? Sekarang saatnya, anda mencoba melakukan strategi pemasaran 4P tersebut.

Set your Twitter account name in your settings to use the TwitterBar Section.