7 Cara Dan Tips Memulai Bisnis Startup Yang Bertahan Lama – Sebenarnya startup itu apa, sih? Secara singkatnya adalah bisnis yang usianya belum lama dan masih dalam pengembangan. Startup kebanyakan sekarang berciri khas yang berkaitan dengan teknologi seperti aplikasi, web dan sebagainya. Tapi, sebenarnya lebih dari itu, startup tidak cuman digital atau online saja.

Dan sekarang ini, banyak kaum muda di Indonesia berlomba-lomba membuat bisnis startup. Bisnis ini memang tidak menantang daripada bisnis lain. Membangun dan memelihara startup tidak semudah yang dipikirkan. Karena, ada beberapa aspek yang perlu diketahui selain kualitas, yaitu aspek pemasaran untuk memperkenalkan suatu bisnis kepada masyarakat.

Baca juga: 8 Langkah Mudah Mencoba Bisnis Buat Para Milenial

Nah, bagi yang bingung tentang bagaimana cara memulai bisnis startup, beberapa hal dasar berikut akan sangat membantu ketika membangunnya. Simak dan pahami baik-baik, ya.

1. Mulai dari ide sederhana, jangan mengikuti tren

Untuk membangun bisnis startup, harus memiliki produk untuk dijual. Produk yang dijual jangan mengikuti tren, apalagi mengikuti tren negara lain. Mulailah dari ide sederhana yang kreatif, menarik dan unik.

2. Tentukan tujuan yang jelas

Bisnis tentunya harus mempunyai tujuan. Maka dari itu, pastikan arah serta tujuan startup yang ingin dibangun dengan baik dan meringkasnya menjadi satu kalimat yang jelas.

3. Tentukan dan analisis target pasar

Sebelum melanjutkan bisnis, identifikasi target pasaran yang akan ditargetkan untuk menjual produk. Hal itu bertujuan untuk mengetahui kondisi masyarakat, khususnya sosial ekonomi. Apakah mereka bersedia atau tidak mengeluarkan sejumlah uang untuk membeli produk yang dijual.

4. Susun baris waktu untuk tujuan dan target yang ingin dicapai

Tidak mungkin membangun bisnis startup tanpa tujuan-target, maka dari itu buatlah garis waktu atau timeline. Hal itu akan membantu startup berproses dengan terencana dan memiliki tujuan-target jelas yang harus dicapai. Sehingga, ketika suatu tujuan-target tercapai, bisa mengembangkan startup untuk mencapai tujuan lain dengan target yang lebih tinggi.

5. Memiliki tim yang kuat dan positif

Sesuatu yang ada di dunia dengan kapasistas besar, butuh orang lain untuk melakukannya dan tidak bisa dilakukan sendirian. Meskipun bisa, tidak akan maksimal. Maka, masukanlah orang lain untuk terlibat ke dalamnya (startup yang sedang dibangun). Namun, orang-orangnya juga harus memiliki visi yang sama, sehingga tujuan yang diimpikan tercapai.

6. Bentuk dan pelihara budaya bisnis perusahaan sejak hari pertama

Perusahaan atau bisnis harus memiliki budaya yang kuat di dalamnya. Maka dari itu, bentuklah budaya yang terbaik menurut dan untuk semua orang yang ada di dalam bisnis startup yang sedang berjalan. Hal itu diperlukan, supaya terbentuk karakter yang baik.

7. Jangan setengah-setengah, harus fokus!

Dalam bisnis tidak boleh melakukannya setengah-setengah. Berarti, harus benar-benar sungguh-sungguh terlibat dalam mengembangkan bisnsi startup secara konsisten. Dalam prosesnya pasti akan menemukan rintangan. Jadi, ketekunan dan konsistensi akan membantu menghadapi rintangan-rintangan yang ada dan startup akan bergerak maju.

Baca juga: Suka Ambil Foto Selfie di Lokasi Bencana Pertanda Adanya Gangguan Kejiwaan

Bekerja dengan setengah-setengah tidak akan memberikan hasil yang diinginkan. Selamat mencoba! Semoga, startup yang akan tau sedang dibangun bisa berkembang dan terus berlanjut.

Set your Twitter account name in your settings to use the TwitterBar Section.