Cara Bikin Bisnismu Tidak Kalah Bersaing. Membangun usaha dan mendapatkan keuntungan dari usaha tersebut merupakan keinginan banyak orang. Bukan hanya mereka yang memiliki modal besar dan dapat mendirikan usaha apa saja. Pegawai kantor pun searang ini sudah banyak yang menabung modal untuk membangun usaha kecil sebagai sampingan.

Cara Bikin Bisnismu Tidak Kalah Bersaing

Banyak orang yang berlomba-lomba mendirikan berbagai jenis usaha mulai dari kuliner, fashion, sampai menanam modal di berbagai perusahaan. Meningkatnya daya saing dan daya beli konsumen adalah salah satu faktor yang mendorong fenomena pendiri usaha menengah bawah ini menjamur dimana-mana.

Namun, tidak sedikit orang yang sesungguhnya memiliki modal tapi takut untuk memulai usaha. Mulai dari ragu karena takutnya usaha yang akan mereka dirikan yidak menarik cukup banyak konsumen, modal yang dimiliki tidak mencukupi, hingga ragu untuk bersaing dengan para pebisnis lainnya.

Buat Konsep Usaha

Cara Bikin Bisnismu Tidak kalah Bersaing

Apakah usaha yang ingin anda dirikan merupakan usaha penyedia jasa atau penyedia barang. Membuat konsep usaha sama dengan membangun pondasi pada sebuah rumah. Jika konsep tidak kuat, maka dalam perjalanan anda akan kehilangan arah.

Baca Juga: Ide Bisnis Berbasis Teknologi Yang Menjanjikan

Contohnya adalah ketika ingin memulai usaha, anda berpikir untuk membuat cafe yang menyediakan makanan Indonesia. Namun seiring perjalanan waktu.  Anda berpikir bahwa makanan jepang mungkin akan lebih populer dan memutuskan untuk membuat konsep awal.

Analisis SWOT

Cara Bikin Bisnismu Tidak kalah Bersaing

Konsep yang kuat mungkin sudah ada dan anda sudah sangat yakin. Namun, pendirian usaha tentu akan memiliki banyak faktor yang mempengaruhinya. Faktor-faktor ini dapat bersifat positif maupun negatif.

Biasakah faktor negatif itu dihindari? Jawabannya adalah tidak bisa. Namun, anda dapat mengantisipasi hal-hal tersebut dan meminimalisir dampak buruk bagi usaha anda. Buatlah analisis SWOT (Strengtht, Weaknesses, Opportunitis, Threats).

Strategi Mareketing Yang Tepat

Cara Bikin Bisnismu Tidak kalah Bersaing

Tentukan strategi marketing yang tepat bagi usaha anda. Memberikan promosi-promosi selama periode waktu tertentu adalah salah satu contohnya. Akan tetapi jangan berpikir bahwa promosi adalah strategi dewa yang akan membuat usaha anda sukses selamanya. Akan tetapi di imbangi juga dengan berdo’a serta berzikir kepada yang maha Tuhan yang maha ESA.

Baca Juga: Merajut Bisnis Dengan Teknologi Canggih

Jadi semua itu di imbangi dengan usaha dan ibadah, agar semua yang anda kerjakan itu merasa barokah serta berkah dalam menjalankannya. Maka dari itu jangan pernah melupakan salah satu hal seperti ini di dalam setiap usaha yang sedang kita dirikan.

Berikan Service Yang Baik

Cara Bikin Bisnismu Tidak kalah Bersaing

Service adalah pengalaman. Pengalaman adalah faktor utama yang membuat konsumen mau kembali ke tempay usaha anda. Service yang baik adalah pengalaman yang baik, begitu pula sebaliknya. Jika anda memiliki pegawai, latihlah pegawai tersebut untuk memberikan pelayanan yang baik pada konsumen yang datang.

Jangan pernah marah jika konsumen memberikan kritik dan saran. Selalu berpikir positif bahwa mereka menginginkan usaha anda menjadi jauh lebih baik lagi. sumber Janganlah.com.

Set your Twitter account name in your settings to use the TwitterBar Section.