Kesalahan Yang Biasa Dilakukan Saat Berinvestasi

Dikutip dari Wikipedia, investasi adalah suatu tindakan mengeluarkan uang dengan harapan untuk mendapatkan keuntungan. Atau hasil material dengan memasukkannya ke dalam saham, properti atau menggunakannya untuk mengembangkan suatu usaha komersial.

Biasanya banyak orang akan merasa tertarik untuk berinvestasi dalam jumlah yang besar jika suatu investasi tersebut dapat memberikan keuntungan dalam bersinggungan dengan risiko yang juga tinggi.

Lihat juga: Tips Membuka Usaha Barbershop

Namun, Anthony Robbins dalam bukunya mengatakan sebagian besar investor justru mengalami kegagalan dalam mendapatkan keuntungan.

Hal itu biasanya disebabkan karena kurangnya pengetahuan dan informasi yang dimiliki oleh para investor. Bahkan beberapa orang terkadang melakukan investor dengan mengikuti trend, tanpa adanya research yang dilakukan terlebih dahulu.

Tentunya, Anda sebagai investor muda tidak ingin membuat kesalahan-kesalahan investasi dalam berinvestasi bukan. Simak ulasan lengkapnya, hal-hal apa sajakah yang harus Anda hindari saat berinvestasi.

Lihat juga: Ide Bisnis Ini Bisa Dilakukan Millennials

Beli tinggi, jual rendah

Hal satu ini tentunya sudah jelas akan membuat Anda merugi. Akan tetapi, banyak orang tetap melakukan hal ini dengan alasan harga saham sudah terlalu rendah atau telah terlambat untuk menjual sahamnya. Dalam hal ini, sebagai investor Anda harus mampu mengambil sebuah keputusan yang bijak.

Jangan membeli disaat berada di tinggi hanya karena mendengar suatu kabar baik akan suatu saham. Sebaliknya, tetaplah fokus pada analisa Anda akan penilaian saham suatu perusahaan atau tetap pada dana indeks.

Waktu investasi yang terlalu pendek

Jika tujuan investasi Anda adalah menggunakannya pada masa pensiun 30 tahun mendatang. Maka apapun yang terjadi di pasasr saham pada tahun ini atau beberapa tahun kedepan seharusnya tidak menjadi suatu masalah yang besar.

Lihat juga: Mengintip Kecanggihan Kabin BMW

Jika tujuan investasi Anda adalah masa pensiun, maka Anda mungkin memiliki beberapa puluh tahun lagi hingga Anda benar-benar pensiun.

Sedangkan, jika tujuan investasi yang Anda lakukan adalah untuk membiayai biaya pendidikan anak-anak di perguruan tinggi maka Anda juga mempunyai waktu yang cukup lama hingga ia menginjak perguruan tinggi.

Set your Twitter account name in your settings to use the TwitterBar Section.