Cara Menerapkan Analisis Kompetitif Untuk Bisnis Anda. Memonitor para kompetitor dapat membantu bisnis anda dalam mengantisipasi pergeseran persaingan di pasar.  Mendapatkan informasi mengenai tren bisnis terbaru dan bagaimana taktik yang tepat dalam memanfaatkannya serta dapat membantu anda untuk tetap bersaing.

Cara Menerapkan Analisis Kompetitif Untuk Bisnis Anda

Cara Menerapkan Analisis Kompetitif Untuk Bisnis Anda

Memonitor strategi kompetitor tidak hanya dilakukan dengan memantau media sosial mereka atau berlangganan pada email newsletter mereka.

Anda tentu harus memiliki strategi yang jelas di balik upaya anda dalam bersaing dengan mempelajari strategi. Serta perkembangan kompetitor demi memastikan bahwa upaya anda dalam memonitor para kompetiotor jadi lebih efektif.

Untuk memastikannya, anda harus menerapkan analisis kompetitif untuk bisnis anda sehingga upaya memonitor para kompetitor berjalan dengan baik dan berhasil. Mari mengenal analisis kompetitif lebih dalam..

Apa itu analisis kompetitif?

Analisis kompetitif adalah perbandingan strategi kompetitor anda yang juga dapat digunakan untuk mengevaluasi kekuatan dan kelemahan beragam.  Pendekatan kegiatan pemasaran dalam industri atau bidang bisnis.

Analisis kompetitf juga membantu sebuah bisnis dalam menentukan potensi keuntungan dan hambatan dalam pasar yang mengadug suatu peroduk. Atau layanan tertentu dan secara umum membantu sebuah bisnsi dalam memantau bagaimana metode komperirot langsung. Maupun mompetitor tidak langsung dalam mengeksekusi strategi mereka di berbagai bidang seperti pemasaran.

Bikin sebuah daftar berisi 5-10 kompetitor

Terlebih dahulu, anda tentu harus mencari tahu siapa saja kompetitor anda, baik kompetitor langsung maupun yang tidak. Mulai dari google atau mesin pencari lain dengan menggunakan kata kunci yang berkaitan dengan bisnis anda.

  • Bisnis yang menjual produk yang serupa dengan anda.
  • memiliki premis/ide dasar dengan anda.
  • Memiliki kesamaan dalam hal target pasar maupun demografis.
  • Bisnis baru maupun yang sudah berpengalaman yang serupa dengan bisnis anda.

Kumpulan dalam satu dolumen ms Excel

Hal ini akan membantu anda dalam mengorganisir data-data kompetitor yang telah anda kumpulkan. Setelah itu, katagorikan kompetitor yang sudah terkumpul berdasarkan hal-hal berikut.

  • Rentang Harga.
  • Penawaran produk.
  • Pengelolaan media sosial dan respon audiens di dalamnya.
  • Konten apa yang digunakan untuk menarik perhatian calon pembeli secara online.
  • Promo khusus  bagi pengguna baru.
  • Hal ini yang untuk dieksplor lebih lanjut.
Set your Twitter account name in your settings to use the TwitterBar Section.