Tips Mengevaluasi Ide Bisnis Yang Memiliki Potensi. Mencari ide bisnis yang terbaik pasti membutuhkan waktu yang panjang. Anda mungkin menghabiskan waktu berbulan-bulan atau bertahun-tahun untuk mencari ide bisnis terbaik menurut anda.

Tips Mengevaluasi Ide Bisnis Yang Memiliki Potensi

Tips Mengevaluasi Ide Bisnis Yang Memiliki Potensi

Kemudian, setelah anda akhirnya menmukan ide bisnis tersebut, anda pun merasa siap untuk mengembangkannya. Anda mulai berpikir untuk mengembangkanya, anda mulai berpikir untuk mengundurkan diri dari pekerjaan anda sebagai karyawan di suatu perusahaan dan mulai bisnis anda sendiri. Anda yakin bahwa sudah saatnya anda memulai hidup baru sebagai pebisnis.

Namun, sebelum anda bertindak terlalu jauh membuat suatu perubahanm, sebaiknya anda terlebih dahulu mengevaluasi ide bisnis anda. Pastinya apakah ide bisnis tersebut potensial dan menjanjikan untuk dikembangkan. Berikut beberapa tips mengevaluasi ide bisnis yang perlu anda lakukan.

Idetifikasi target pasar

Langkah paluing penting untuk menilai potensi dari ide bisnis anda ialah dengan mengindetifikasitarget pasar. Tentunya siapa yang akan membeli produk ayau menggunakan jasa anda. Anda harus menggambarkan siapa konsumen atau pelanggan ideal anda. Semakin baik jika anda bisa mempersempit target pasar anda. Perhatikan sejumlah faktor seperti usia, jenis kelamin, status pendidikan, tingkat pendapatan dan juga lokasi target pasar anda.

Kemudian, lakukan riset pasar ataupemasaran untuk menganalisis seberapa besar pasar anda dan untuk mengenal siapa dan bagaimana perilaku konsumen yang sebvenarnya. Riset dapat dilakukan melalui survei, wawancara langsung atau diskusi kelompok untuk menguji segmen pasar anda.

Kenali kompetitor

Jika anda sudah tahu konsumen ideal anda seperti apa, maka selanjutnya temukan kompetitor anda. Cari tahu apakah bisnis lain memiliki ide yang sama atau produk yang serupa. Anda harus mengenal siapa saja kompetitor anda sebelum anda melangkah lebih jauh dalam mengembangkan ide bisnis anda.

Tahu keunikan produk anda

Selama anda melakukan riset pasar, anda akan mengetahui apakah ide bisnis anda itu unik dan berbeda. Anda mungkin saja menemukan bisnis lain yang menawakan produk atau layanan yang serupa dan mirip dengan ide bisnis anda. Jika ada, ini berarti anda sudah memiliki pesaing.

Namun, bukan berarti anda tidak boleh mengembangkan ide bisnis tersebut dan meluncurkan bisnis anda. Sebab anda masih bisa mengatasinya dengan membuat bisnis anda berbeda. Temukan halyang tidak dimiliki oleh pesaing dan buat produk anda punya keunggulan. Dengan begitu, nantinya konsumen dapat tertarik dengan produk anda.

Set your Twitter account name in your settings to use the TwitterBar Section.