Mengenal Pencatatan Jenis Transaksi Pada Perusahaan Dagang. Perusahaan dagang memiliki 9 jenis transaksi yang harus ditulis ke dalam masing-masing jurnal yang berbeda. Untuk memahami masing-masing jenis transaksi tersebut dan menghindari adanya kesalahan penulisan dalam kolom debit dan kredit, maka di bawah ini akan kita bahas satu persatu setiap jenis transaksi dlaam perusahaan tersebut dan cara penulisannya ke dalam jurnal akutansi.

Mengenal Pencatatan Jenis Transaksi Pada Perusahaan Dagang

Mengenal Pencatatan Jenis Transaksi Pada Perusahaan Dagang

Transaksi keuangan pembelian barang dagang

a. Pembelian barang dagang dengan cara tunai

Dalam transaksi pembelian batang dangan cara tunai berartiperusahaan mengeluarkan sejumlah uang tunai untuk membeli barang yang bakal diperdagangkan. Pembelian barang dengan cara tunai di Jurnal dengan mendebit pembelian serta mengkredit kas.

b. Pembelian barang dagangan dengan cara kredit

Pembelian barang dengan cara kredit perusahaan beutang untuk membeli barang dagangan yang bakal diperdagangkan. Pembelian barang dengan cara kredit di jurnal dengan mendebit pembelian serta mengkredit di jurnal dengan mendebit pembeli serta mengkredit utang dagang.

Transaksi keuangan penjualan barang dagang

a. Penjualan barang dengan cara tunai

Dalam penjualan barang dengan cara tunai berarti perusahaan menerima sejumlah uang tunai hasil dari penjualan batang dagang. Penjualan batang dagangan dengan cara tunai dijurnal dengan mendebit kas serta mengkredit penjualan.

b. Penjualan barang cara kredit

Penjualan barang dagangan cara kredit adalah transaksi penjualan yang memunculkan alias meningkatkan piutang dagang perusahaan sebagai pengganti dengan cara kredit dijual dengan cara kredit dijurnal dengan mendebit piutang dagang serta mengkredit penjual.

Set your Twitter account name in your settings to use the TwitterBar Section.