Etika Berkomunikasi Dalam Menulis Email Bisnis. Penggunaan email dalam pekerjaanb sudah menjadi hal umum. Email kini menjadi bagian penting dalam dunia sehari-hari. Anda akan berurusan dengan membaca dan menjawab berbagai email kerja yang masuk, baik itu ketika hari kerja maupun saat akhir pekan sekalipun.

Etika Berkomunikasi Dalam Menulis Email Bisnis

Etika Berkomunikasi Dalam Menulis Email Bisnis

Sementara urusan pekerjaan akan terus bertambah setiap hari. Anda tentu ingin menyelesaikan setiap pekerjaan dengan cepat, begitu pula ketika menulis email.

Namun, agar tetap terlihat profesional, anda jangan sampai tidak memperhatikan penggunaan tata bahasa yang baik dan benar. Jangan samapai penerima emai merasa anda tidak sopan dan profesional.

Berikut beberapa hal yang anda harus perhatikan mengenai etika berkomunikasi dalam menulis email bisnis.

  • Gunakan Salam Yang Formal

Tidak peduli seberapa dekat anda dengan si penerima emal, sebaiknya anda tetap menggunakan salam yang formal agar tatap profesional.

  • Tidak Menyingkat Nama Orang

Tulis nama lengkap seseorang dengan benar. Kurang tepat jika anda menyingkat nama orang tersebut. Kecuali orang itu sudah akrab dengan anda dan anda sudah dimintanya untuk memanggilnya demikian.

  • Tidak Menyingkat kalimat

Penulisan email tidak sama dengan penulisan melalui SMS atau Whasapp yang sering disingkat-singkat. Anda harus menulis kata dengan ejaan yang benar agar anda dianggap serius dan pesan anda tersampaikan dengan baik.

  • Jangan Bertele-tele

Jangan bertele-tele dalam menjelaskan maksud dan tujuan emal anda. Email anda akan terlihat sangat kacau. Lebih baik anda menyampaikan maksud dan tujuan anda secara singkat dan jelas dengan tata bahasa yang baik. Ini akan membuat orang yakin dengan kemampuan kerja anda.

  • Hindari Humor

Hindari penggunaan humor. Kalimat lucu yang anda tulis dalam email bisa saja disalahartikan dengan dianggap serius atau sarkasme. Jika anda ragu, lebih baik gunakan kalimat biasa dalam menyampaikan pesan anda melalui email.

  • Jangan Banyak Tanda Seru

Tanda seru digunakan untuk berinteraksi penegasan. Namun, penggunaan tanda seru jangan berlebihan seperti ini “!!!!”. Orang yang membacanya aklan menganggap anda sedang mengirim, pesan dengan kemarahan dan perintag yang kasar.

Set your Twitter account name in your settings to use the TwitterBar Section.