!0 Tips Makan Sehat Saat di Bulan Puasa. Sejumlah ahli kesehatan dunia membenarkan puasa dapat meningkatkan kesehatan seseorang. Namun, dengan catatan, selama puasa menerapkan pola makan sehat dan hidup teratur. Ahli kesehatan mencatat sedikitnya ada sepuluh pola makan yang benar ketika berpuasa saat Ramadan.

10 TIPS POLA MAKAN SEHAT DI BULAN PUASA

10 Tips Pola Makan Sehat Saat di Bulan Puasa

Berikut ini kami akan memberikan indormasi yang terbaik untuk anda mengenai 10 tips pola makan sehat saat di bulan puasa. Sebagai berikut ini :

1. Mulai makan dengan manis

Kurma merupakan sumber yang sangat penting untuk mengendalikan energi anda setelah berpuasa seharian. Kurma dikatakan kaya akan serat dam dapat mengatur pencernaan. Termaksuk kaya magnesium dan kalium.

2. Perbanyak minum

Saat berpuasa tingkat dehidrasi akan lebih tinggi dibadingkan dengan hari-hari biasa. Apalagi, saat ini telah memasuki masa puncak muslim kemarau dengan suhu mencapai 45 derajat Celsius. Ahli kesehatan menyarankan agar anda banya minum saat berbuka puasa.

3. Cegah kehausan

Untuk mencegah kehausan saat berpuasa, anda dapat menghindari beberapa makanan saat sahur. Diantaranya adalah makanan asin, makanan cepat saji, pedas dan acar. Karena makanan tersebut dapat meningkatkan dahaga di saat puasa.

4. Berbuka dengan perlahan

Untuk menghindari sakit perut saat berbuka, anda dapat membiasakan berbuka secara perlahan. Mulai dari air putih, diikuti makan sup dan buah kemudian menginjak makanan utama. Lakukan proses itudengan waktu berjarak agar perut siap untuk mencerna makanan tersebut.

5. Mengelompokan jenis makanan

Anda harus mengelompokan jenis makanan yang anda makan, mulai dari sumber biji-bijian, sayuran, Protein, buah-buahan dan minyak sehat.

6. Prioritaskan pilihan makan

Anda diharapkan menjauhi makanan yang mengandung minyak dan lemak. Saat berbuka, lebih disarankan untuk mengomsumsi makanan laya protein, susu, telur dan lain sebagainya. Hal ini penting bagi pertumbuhan sel tubuh anda.

7. Hindari asin dan manis

Makan permen setelah berbuka mengakibatkan kembung dan menyebabkan keterlambatan dalam pencernaan. Termaksuk dengan makanan asin, pedas membuat anda lebih sering haus saat puasa di hari berikutnya. Hal ini dapat merusak tubuh anda.

8. Hindari minum kopi

Jika anda peminum kopi cobalah mengurangi kopi saat ramadan. Hal ini karena kopi dapat menyebabkan anda sakit kepala saat puasa dan sering mengantuk.

9. Mebagi pola makan

Saat malam hari, anda harus membagi pola makan menjadi 3x dalam semalam, yakni waktu berbuka, tengah malam dan sahur. Kemudian anda dapat membagi porsi makanan anda yang terdiri atas karbohidrat, daging tanpa lemak, protein, sayuran dan buah-buahan.

10. Latihan olahraga

Seiap hari anda disarankan untuk mempertahankan berat badan dan gaya hidup sehat. Caranya dengan olah raga ringan.

Set your Twitter account name in your settings to use the TwitterBar Section.