Review ACADEMIA.EDU dan LINKED IN

  1. Academia.edu

Academia.edu merupakan sebuat platform atau website yang digunakan untuk berbagi hasil research atau penelitian yang di lakukan oleh seorang peneliti. Academia.edu adalah situs jejaring sosial Amerika untuk akademisi yang diluncurkan pada bulan September 2008 dan didirikan oleh Richard Price. Akademisi menggunakan Academia.edu untuk berbagi penelitian mereka, memantau analisis yang mendalam di sekitar pengaruh penelitian mereka, dan melacak penelitian akademisi yang mereka ikuti. Academia.edu digunakan oleh akademisi di 11.991 Universitas. Misi Academia adalah untuk membuat setiap karya ilmiah tersedia secara gratis di internet dan untuk meningkatkan diskusi akademis dan kolaborasi.

Kita dapat membaca hasil-hasil penelitian yang di publish oleh peneliti di menu home website academia edu kita. Dan akan mendapatkan pemberitahuan jika peneliti mengupload hasil penelitiannya melalui email jika kita mendaftar melalui email. Selain membaca kita dapat juga mendownload paper. Kita dapat juga sharing informasi akademik di website ini. Academia.edu memiliki alat analisis khusus yang dapat memantau berapa banyak artikel kita di baca atau di download. Academia.edu merupakan jejaring sosial dimana kita bisa mengakses ilmu secara terbuka untuk akademisi diseluruh dunia. Kita dapat menemukan hasil penelitian dalam berbagai disiplin ilmu secara luas. TechCrunch dari Academia.edu memberi akses bagi akademisi secara penuh dan efisien untuk mendistribusikan hasil penelitian mereka, dan mengawasi berapa banyak orang yang membaca artikel mereka dengan alat analisis khusus, serta sangat frendly SEO/ mesin pencarian Google. Website ini akan memberikan pemberitahuan ketika akademisi lain menyebutkan Anda atau mengutip makalah Anda.

Berikut beberapa tampilan dari academia.edu setelah login:

Berikut merupakan tampilan adanya pemberitahuan upload an paper terbaru dari pengikut academia.edu

Berikut merupakan tampilan dari library dimana terdapat paper yang pernah saya download dan saya baca

  1. Linkedln

LinkedIn adalah situs web jaringan sosial yang berorientasi bisnis, terutama digunakan untuk jaringan profesional yang saat ini di ketuai oleh Dan Nye dan kantornya berlokasi di Mountain View, California. Sampai September2007 situs ini memiliki lebih dari 14 juta pengguna terdaftar, meliputi 150 industri dan lebih dari 400 bidang ekonomi yang diklasifikasi menurut jasanya. LinkedIn memberikan kesempatan kepada recruiters untuk mencari kandidat tenaga kerja yang mereka butuhkan dengan membayar sejumlah biaya tertentu. Selain mencari tenaga kerja baru, LinkedIn juga memberi kesempatan kepada perusahaan untuk memasang iklan secara online, memasang profil perusahaan, jajaran produk dan layanan yang ditawarkan, informasi lowongan kerja, dan kesempatan untuk direkomendasikan oleh para pengguna LinkedIn lainnya. LinkedIn dapat dibilang sebagai media untuk memasarkan diri kamu kepada perusahaan atau para profesional lain yang ada di sana. Beberapa manfaat yang bisa diberikan LinkedIn untuk membangun karir profesional seseorang;

  1. Membangun profil profesional

LinkedIn sebagai media sosial bagi profesional memberikan layanan untuk membangun profil profesional kamu. Seluruh data diri, foto, Curriculum Vitae, resume, dan lain-lain dapat kamu muat di LinkedIn. Tujuannya jelas, agar kamu mendapat kesan awal yang baik dari para profesional lain.

  1. Memperluas koneksi

Sebagai media sosial online, LinkedIn dapat membantu untuk berinteraksi dengan semua orang di seluruh dunia.

  1. Menjaga hubungan dengan teman lama

LinkedIn dapat membantu kamu dalam menemukan teman lama kamu yang mungkin ingin diajak kerjasama. Hal ini sangat berguna karena manusia cenderung akan lebih percaya kepada orang yang sudah dikenal sejak lama. Tentunya dengan bekerjasama berdasarkan rasa saling percaya yang tinggi akan membuahkan hasil yang tidak mengecewakan.

  1. Memudahkan kamu melamar pekerjaan

Dalam LinkedIn, ada fitur yang dapat digunakan untuk mencari pekerjaan dari perusahaan-perusahaan ternama. Hanya dengan satu kali klik, kamu dapat langsung melihat sederet lowongan pekerjaan dari berbagai perusahaan baik yang besar atau kecil. Dengan ini, kamu tidak perlu buang-buang waktu, tenaga, biaya print, transport, dan lainnya karena lamaran tersebut langsung tersambung dengan akun LinkedIn kamu yang sudah memiliki data diri lengkap.

  1. Mendapatkan informasi dan inspirasi terbaru tentang pekerjaanmu

LinkedIn menyediakan informasi dan inspirasi terbaru yang pastinya berguna untuk kamu ketahui agar pekerjaanmu menjadi lebih baik lagi. Dengan mengetahui hal ini, kamu dapat lebih mengembangkan diri dan menjadi orang yang lebih baik dalam bekerja.

  1. Memperlihatkan keahlian

Dalam LinkedIn, ada fitur yang membuat kita dapat berkomunikasi dengan orang lain. Melalui hal ini, kamu dapat menunjukkan keahlian kamu ketika mendapat pertanyaan terbuka dari orang lain. Cara kamu menjawab dan jawaban yang kamu berikan akan dapat membangun citra kamu menjadi lebih baik.

  1. Membuka kesempatan untuk direkrut oleh perusahaan

Banyak eksekutif perusahaan yang memiliki akun LinkedIn. Seperti halnya portfolio kehidupan profesional kamu, tentu LinkedIn cukup penting bagi para profesional. Karena akses yang mudah untuk mengetahui data profesional lainnya, maka tak heran bahwa banyak juga para eksekutif yang menggunakan LinkedIn untuk merekrut seseorang. Oleh karena itu, perbaharuilah akun kamu agar kamu dapat lebih dikenal oleh mereka.

 

Berikut beberapa tampilan dari Linked In setelah login:

Daftar Pustaka