TOP

Standar-Standar Taman Kota

Di masa sekarang, keberadaan taman kota sangat diperlukan dalam suatu kota di seluruh dunia. Taman merupakan suatu pencerminan hubungan antara manusia dengan alam dan dapat dilihat sebagai suatu penataan menurut citra sebuah dunia yang ideal. Pada dasarnya taman kota memiliki berbagai manfaat, baik dari segi social, ekonomi maupun ekologis. Umumnya, taman kota merupakan salah satu tempat terbuka yang menjadi tujuan pengunjung dari berbagai kalangan. Banyaknya pengunjung yang memilih tempat ini dikarenakan untuk mengunjungi tempat ini mereka tidak memerlukan banyak biaya. Sehingga seluruh lapisan masyarakat dapat menikmati keindahan dari suatu taman. Selain segi social dan ekonomi, taman kota ini juga berkaitan dengan fungsi ekologis. Adanya taman kota dapat dimanfaatkan sebagai ruang terbuka hijau kota, dimana dalam satu kawasan tersebut terdapat ditanami beberapa vegetasi. Vegetasi yang ditanami dapat berupa bunga maupun pepohonan. Karena taman apabila ditanami bunga semua, maka fungsi penyerapan air dan penghasil oksigen tidak akan berjalan optimal. Sebaliknya, jika berisi pohon keras saja, taman berkesan menyeramka dan tidak nyaman. Sehingga dengan terbentuknya lingkungan seperti ini, diharapkan dapat “meredam” tingkat polusi yang ada di kota.

Grand-Park-Chicago

Mirabell-Palace-Salzburg-Austria


Dalam membangun suatu taman kota, sangat diperlukan berbagai standar yang bertujuan untuk memberikan kenyamanan bagi para pengunjungnya. Menurut Buku Pengantar Kepada Arsitektur Pertamanan karangan Michael Laurie, terdapat beberapa standar yang harus dimiliki oleh suatu taman raya dan rekreasi. Satandar-satandar tersebut antara lain:

  1. Suatu taman senaiknya memiliki luasan yang lebar, terutama untuk Negara yang yang memiliki iklim hangat dianjurkan untuk memiliki luas yang lebih besar. Hal ini dimaksudkan agar dalam suatu taman tersebut dapat ditanami vegetasi maupu pepeohonan yang lebih luas
  2. Tersedianya fasilitas-fasilitas yang berfungsi dalam memberikan kenyamanan bagi para pengunjungnya. Fasilitas-fasilitas ini sebaiknya menyediakan serangkaian kemungkinan-kmungkinan rekreasi yang lebih banyak daripada yang terdapat pada tingkat lingkungan (neighborhood), meliputi kolam renang, lapangan besar, lapangan tennis, pusat seni dan kerajinan tangan serta pusat tempat diadakannya perkumpulan-perkumpulan dan kegiatan social.

Dari standar-standar di atas, dapat disimpulkan bahwa adanya taman kota atau wilayah-wilayah rekreasi di seluruh kota dapat harus dapat dimanfaatkan oleh seluruh penduduk yang ingin menjauhkan diri dari kebisingan suasana kota, hiruk pikuk lalu lintas kota dan lain-lain. Namun juga, keberadaan serta kelanjutan taman ini diperlukan juga berbagai perawatan yang dapat menunjang keindahan serta kenyamanan suatu taman. Dan untuk hal tersebut, maka diperlukan partisipasi dari pihak-pihak yang terkait yang ingin menjaga kelestarian taman.
Demikian postingan dari saya, semoga bermanfaat ya… 