Apa Kabar Pemulihan Lombok Setelah Gempa Palu?

October 8th, 2018

“Yang sangat terlihat ya dari kegiatan di pasar. Jika dahulu tidak ada yang jualan, saat ini telah mulai ramai.”

Demikianlah info Bambang Suprayogi, masyarakat Lombok, Nusa Tenggara Barat masalah keadaan terbaru di Lombok. Tidak cuma pasar, dia menyebutkan ladang serta sawah memulai dikerjakan masyarakat.

Walau gempa berkekuatan 3 taraf Richter (sR) masih tetap sering berlangsung, tetapi Bambang menyampaikan masyarakat Lombok sekarang ini berangsur tinggalkan pengungsian. Mereka mulai tempati rumah sesaat yang terbuat dari bambu atau tripleks.

“Pembangunan memang setahap. Untuk sisa-sisa puing-puing bangunan ikut masih tetap selalu dibikin bersih,” kata pria yang setiap harinya profesinya di bagian layanan travel itu pada Tirto, Rabu (3/10/2018).

Baca juga : villa gardenia lempasing lampung dan harga penginapan villa gardenia lampung

Walau telah mulai sembuh, Bambang mengatakan, gempa serta tsunami di Palu serta Donggala, Sulawesi Tengah, pada Jumat (28/9/2018), membuat masyarakat kembali kuatir.

Tuturnya, beberapa orang belumlah seutuhnya sembuh dari trauma karena gempa berkekuatan 7 sR pada 5 Agustus 2018. Mereka cemas gempa kembali berlangsung.

Dengan keadaan demikian, apa pemerintah kesusahan mengatasi pemulihan pasca-bencana sekaligus juga?

Tidak Ada Pengurangan Perhatian

Kepala Pusat Data, Info, serta Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho menjawab “tidak” dengan tegas. Musibah di Palu serta Donggala tidak membuat konsentrasi pemerintah terpecah. Dia mengklaim, team BNPB sekarang ini masih tetap ada yang bekerja di Lombok. Mereka masih bersiaga serta tidak dipindah.

Baca juga : fasilitas villa gardenia lampung dan lokasi villa gardenia bandar lampung

“Di Lombok saat ini dalam perlakuan perubahan darurat ke pemulihan. Ground breaking rumah serta pertolongan untuk korban selekasnya dicairkan,” kata Sutopo di Kementerian Komunikasi serta Informatika, Jakarta, Selasa (2/10/2018) tempo hari.

Sutopo menyebutkan dana darurat siap gunakan untuk pemulihan musibah alam di Lombok sudah diidentifikasi untuk dipakai pada step rehabilitasi serta rekonstruksi. Banyaknya sampai Rp16,6 triliun.

“Menjadi tidak ada pengurangan perhatian serta intensitas dalam percepat rehabilitasi serta rekonstruksi,” tegasnya.

Baca juga : harga villa gardenia lampung dan alamat villa gardenia lampung

Staf Pakar Menteri Sosial Syahabuddin ikut memberikan info sama. Menurut dia, perihal ini bisa saja sebab perlakuan kondisi pasca-bencana tidak hanya dilakukan pemerintah pusat. Dalam keadaan semacam ini malah peranan pemerintah daerah, lebih persisnya Dinas Sosial, semakin besar.
Peranan Dinas Sosial ditempat begitu menolong pemerintah pusat dalam mengatasi musibah di dua daerah yang berlainan.

“Dinas Sosial di kabupaten/kota itu ‘tangan kanan’ Kementerian Sosial. Mereka yang tetap memantau perubahan rehabilitasi. Akan tidak mungkin turun pertolongan jika tidak ada info atau referensi dari Dinas Sosial,” jelas Syahabuddin di kesempatan yang sama.

Tidak hanya BNPB serta Dinas Sosial, kepolisian ikut miliki terlibat dalam perlakuan musibah di dua daerah itu. Polisi tidak lalu mengubah perhatian dari Lombok ke Palu-Donggala sebab mereka ada juga di setiap daerah.

Kadiv Humas Polri Irjen Pol Setyo Wasisto menyampaikan polisi makin gampang menolong sebab keadaan di dua lokasi itu telah berlainan.

“Yang [berdinas] di Palu ialah team tanggap musibah seperti DVI [Disaster Victim Identification] sebab tetap harus mengidentifikasi mayat, sedang di Lombok telah lebih pada rehabilitasi serta rekonstruksi, mulai bangun serta merehabilitasi pengungsi,” kata Setyo.

Perempuan Melancong Sendirian, Siapa Takut?

August 26th, 2018

Tiap-tiap bulan, Aninda Putri (24) tetap meluangkan melancong keluar kota untuk menghilangkan kejenuhan dari kegiatan rutin bekerja keseharian. Wanita yang akrab dipanggil Anin ini bercerita ia lebih senang melancong sendiri dibanding beramai-ramai.

“Kalau direncanakan itu umumnya tidak jalan, hanya sebatas gagasan. Gagasan masak, tetapi waktu pengerjaannya repot sendiri-sendiri,” tuturnya.

Buat Anin, membawa sangat beberapa orang untuk melancong ialah perihal yang tidak gampang, karena mesti menjadikan satu pemikiran dari beberapa orang.

Baca juga : villa gardenia lempasing lampung dan harga penginapan villa gardenia lampung

“Karakteristik orang beda-beda, ada yang sukanya wisata alam, ada yang sukanya wisata kuliner, ada yang senang wisata berbelanja. Sempat satu waktu aku salah pilih mitra, orangnya malesan. Menjadi, waktu dibawa jalan, telah capek,” tuturnya.

Dahulu, bukan perihal umum wanita bepergian sendirian. Saat ini juga masih tetap ada yang memandang wanita yang melancong sendiri menjadi perihal yang sangat berani alias nekat. Akan tetapi, Anin tidak sempat mengambil pusing. Buat dia, yang penting dia penelitian tempat arah dahulu sebelum pergi.

Baca juga : harga villa gardenia lampung dan alamat villa gardenia lampung

“Untuk penentuan tempat, tidak ada persyaratan spesifik, jika nemu ada kota yang menarik, ya aku kesana. Tetapi aku lebih senang mencari kota yang banyak wisata alamnya,” tutur Anin.

Untuk perjalanan ke kota arah, sebetulnya Anin lebih senang memakai transportasi publik seperti bus dibanding memakai kendaraan pribadi. Akan tetapi, ada saatnya ia memakai sepeda motor bila medan wisata yang jadi arah tidak dijangkau transportasi publik.

Baca juga : fasilitas villa gardenia lampung dan lokasi villa gardenia bandar lampung

Masalah tempat penginapan, ia kadang pilih bermalam ditempat partnernya yang ada di kota arah. Jika tidak , Anin akan mencari tempat penginapan yang tidak jauh dari beberapa lokasi arah wisatanya.

“Aku juga umumnya ngajak bercakap pengelola obyek wisata. Menjadi jika ada suatu sama kita, mereka dapat bantu. Terkadang jika lagi di warung, ngajak bercakap pemilik warung. Obrolan-obrolan mudah,” papar Anin.

Seperti Anin, Dwi Reinjani (25) juga lebih senang bertualang seseorang diri. Rei tidak sempat cemas walau dianya tidak mempunyai kerabat di kota arah, karena sebelum pergi, ia akan pastikan semua persiapannya saat disana.

“Kalau aku umumnya tetapkan dahulu tujuanku ingin ke manakah. Jika telah, mencari penginapan. Umumnya mencari penginapan untuk traveler, selalu simak testimoni penginapan itu juga,” kata Rei.

Wanita yang bekerja dalam suatu perusahaan media di Jakarta ini juga menceritakan, sebelum ke tempat arah, ia akan pikirkan alat transportasi yang akan ia pakai. Umumnya, Rei pilih menyewa sepeda motor untuk mengirit pengeluaran.

Di kota arah, Rei juga akan merajut komunikasi dengan petugas penginapan waktu akan melancong, dan memohon nomer darurat hotel tempat ia menginap.

Ini Wisata Religi dari Ciamis

August 20th, 2018

Ciamis – Kebiasaan pemungutan air dari 7 mata air suci di Ciomas, Ciamis diterima begitu ketertarikan oleh masyarakat menjadi kalender wisata di Jawa Barat.

Situasi juga tidak ubahnya Kebiasaan Nyepuh yang dilaku kan tiap-tiap awal Ramadan. Pekerjaan ini sekaligus juga memperkuat kemampuan wisata religi di Ciamis, Jawa Barat.

Situasi pemungutan air dari 7 mata air suci ini begitu menarik. Karena membalut kearifan lokal penduduk dengan eksotisnya alam. Pekerjaan ini diselenggarakan di Lokasi Rimba Lindung punya penduduk kebiasaan desa. Luasnya sampai 16 hektare.

Deputi Bagian Pemasaran I Kementerian Pariwisata I Gde Pitana menyampaikan, pekerjaan ini punya potensi jadi wisata religi favorit di Ciamis.

Ciamis mempunyai kemampuan pariwisata yang besar. Diantaranya lewat Wisata Religi berbentuk pemungutan air ini. Prosesinya unik serta menarik. Seperti Kebiasaan Nyepuh. Ditambah lagi tempatnya ada di rimba yang teduh serta sejuk, kata Pitana didampingi Kepala Bagian Pemasaran Ruang I Kemenpar Wawan Gunawan, Rabu (1/8) seperti mencuplik dari situs sah Kemenpar.

Baca juga: santasea waterpark sukabumi dan harga tiket masuk santa sea

Mengangkat topik besar Kembali ke Alam yang Lestari, pekerjaan ini menjadi branding Pesona Indonesia. Dukungan penuh dikasihkan Kementerian Pariwisata lewat kanal Wisata Religi.

7 Mata air suci yang diambil airnya ialah Gunung Tilu serta Cipanjalu. Ada pula Mata Air Cilimus, Geger Emas, Situ Lengkong, Kapunduhan, juga Pambuangan. Kemasannya begitu bagus. Lebih, disempurnakan melalui doa serta ritual kebiasaan.

Dengan filosofis, pekerjaan ini begitu kuat. Karena, ada nilai historis yang tetap dirawat dengan baik. Disana ada juga kegiatan pelestarian lingkungan dengan menjaga 7 mata air itu. Yang pasti, kebiasaan ini miliki kemampuan besar untuk di kembangkan. Tinggal kemasannya saja yang mesti selalu ditingkatkan, jelas Pitana lagi.

Pekerjaan ini memang di inspirasi dari Kebiasaan Nyepuh yang umumnya dilaku kan waktu menyongsong bulan Ramadan. Tetapi kesempatan ini, maksudnya adalah untuk promo wisata religi lewat prototipe upacara Nyepuh. Akan tetapi, penduduk begitu ketertarikan. Mereka begitu serius mereka melaku kan seperti aslinya, waktu upacara tahun an Nyepuh diselenggarakan. Ini yang begitu menarik, jelas Pitana.

Baca juga : alamat santa sea waterpark sukabumi dan harga tiket santa sea sukabumi

Tidak hanya wisatawan, ada juga beberapa latar belakang. Ada rombongan besar dari Kemenpar, Camat Panjalu Erwin Hermawan, Kepala desa Ciomas Yoyo Wahyono, juga Tetua Kebiasaan Ciomas Ema Haji Siti Mariyam. Ada juga Budayawan Mang Ganda Suhanda (Wayang Landung) serta Zoen Tenzho Pegiat Media Sosial Jawa barat.

Kolaborasi lintas bidang mesti dilaku kan supaya pekerjaan ini lebih berkembang. Sekarang ini saja telah ada beberapa ribu wisatawan yang hadir. Jumlahnya kunjungan wisatawan semakin besar terbuka jika moment ini dikemas lebih menarik serta dapat jadi Wisata Religi favorit di Ciamis, tegasnya lagi.

Pekerjaan ini jadi menarik dengan kedatangan siswa SDN I Ciomas. Situasi pagi Kebiasaan Nyepuh Ciomas jadi makin meriah saat Kesenian Wayang Landung Mang Ganda. Gemyung serta Genjing lantas diberikan selanjutnya. Selesai ritual lewat pengalungan kain putih ciri khas Kebiasaan Nyepuh Ciomas, serangkaian upacara ditabuh.

Dibarengi payung kebiasaan, rombongan lantas mengantarkan Pitana menuju rumah Kuncen Makam Kiyai Penghulu Gusti, Siti Mariyam, dengan disertai Shalawat Badar. Agenda lantas diteruskan menuju Mata Air Cigeugeur Emas. Selanjutnya, diteruskan prosesi Ritual Siraman Air Suci. Kemudian, baru saja berjalan menuju Puncak Ritual Makam Keramat Kyai Penghulu Gusti.

Serangkaian pekerjaan ini begitu panjang. Semua dilaku kan dengan khidmat serta sarat nilai yang mengagumkan. Kebiasaan ini mesti selalu dilestarikan. Tidak cuma itu, kebiasaan ini harus juga dikenalkan pada publik lebih luas, katanya.
Menurut Pitana, Wisata Religi ini dapat dimaksud juga wisata spiritual. Karena, penuh dengan spirit penghayatan yang lebih sakral.

Sedang Kabid Pemasaran Ruang I Kemenpar Wawan Gunawan, upacara ini ialah telah membumi serta jadi simbol Ciomas.

Baca juga : waterpark di sukabumi

Pekerjaan ini mewakili ketekunan penduduk kebiasaan, keterbukaan, keragaman serta penghormatan pada kebiasaan berbentuk pemulian pada alam seputar yang makin lestari, papar Wawan yang juga Dalang populer Wayang Ajen.

Ritual berlanjut ke Panglawungan Bojakrama. Yakni tempat yang didesain menjadi tempat makan bersamanya. Sesudah semua pelaku upacara Nyepuh tuntas melakukan serangkaian pekerjaan, acara disudahi makan bersamanya. Tempatnya bagus. Karena ada diatas bukit rimba lindung. Menariknya, pekerjaan mengawasi lingkungan juga dilaku kan. Yakni dengan penanaman pohon mahoni. Oleh Tetua Kebiasaan, pohon itu dinamakan Mahoni Brahmananda.

Dengar tanggapan besar publik, animo juga dikasihkan Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya. Menpar lantas menjelasakan, Kebiasaan ini dapat jadi simbol wisata baru Ciamis.

Serangkaian kebiasaan ini unik serta menarik. Luar umumnya dapat menarik kunjungan wisatawan dalam jumah besar. Moment ini memang mengagumkan karena jadi representasi dari penduduk kebiasaan, toleransi, serta penghormatan pada kebiasaan juga kearifan lokal. Tidak kalah terpenting, lingkungan ikut juga terbangun, papar Menpar.

Hello world!

July 29th, 2018

Selamat datang di Student Blogs. Ini adalah posting pertamaku!