Empat Cara Simple Traveling dengan Satu Tas

January 20th, 2019

Ada cara-cara praktis untuk mengemas barang bawaan Anda saat traveling. Anda termasuk juga orang yang tidak mau repot? Nah, Anda dapat pergi dengan memakai satu koper saja.

Bagaimana triknya? Tentu saja dapat dikerjakan dengan beberapa trick. Mencuplik dari huffpost, Rabu, (09/01/2019), ada sebagian orang yang mempunyai trick dengan mencairkan deodoran ke wadah lip balm sisa supaya mengirit ruang serta berat.

Baca juga: wisata bukit mendelem pemalang dan tiket masuk bukit mendelem

Ada banyak panduan pengemasan yang bagus untuk kebanyakan orang dari komune satu tas.

1. Pakai kubus pengepakan, bahkan juga bila Anda terasa telah jadi pengepak yang terorganisir.

Mereka mengompres baju Anda dengan lembut, mengawasi tas Anda lebih teratur serta menolong meredam semua hal di tempatnya.

Baca juga: bukit mendelem dan lokasi bukit mendelem pemalang

2. Kecilkan deodoran

Tidak selamanya merekomendasikan cara lip balm yang dijelaskan diatas, tapi sekurang-kurangnya beli tongkat seukuran travel. Seperti yang diperlihatkan blogger Snarky Nomad, deodoran ialah salah satunya item peralatan mandi paling besar serta bahkan juga baru, wadah ini menaruh banyak hawa.

3. Pilih beberapa baju

Pilih beberapa atasan serta beberapa bawahan yang semua bisa dipertukarkan. Anda akan mempunyai gabungan baru sehari-hari serta masih fresh tiada bungkus berlebihan.

Baca juga: alamat bukit mendelem

4. Pindahkan camera, buku, serta peta ke telephone pandai Anda

Banyak buku panduan perjalanan serta peta yang ada berbentuk digital serta dapat Anda lihat dalam telephone genggam Anda.(tka)

Mengintip Pesona “Lava Pijar Menari” di Gunung Stromboli Italia

January 10th, 2019

Gunung berapi Stromboli, didapati tetap melepas asap serta fragmen lava tiap-tiap 20 sampai 40 menit. Gunung berjuluk Mercusuar dari Mediterania ini didapati tetap meletus dengan stabil saat lebih dari 20 000 tahun.

Mencuplik Volcano Discovery, dengan ketinggian 924 meter, Gunung Stromboli jadi salah satunya gunung berapi sangat aktif di Italia . Walau beresiko, Gunung Stromboli sering jadikan tujuan wisata sebab panorama lava yang tampak cantik saat dibaca dari terlalu jauh pada malam hari.

Baca juga: lokasi curug cikuluwung dan harga masuk curug cikuluwung

Atraksi lava ini mengisap perhatian banyak wisatawan dari semua seluruh dunia. Tidak bingung gunung ini dijuluki ‘Mercusuar Mediterania’, sang nyala api di laut terlepas Mediterania.

Beberapa wisatawan bisa memakai perahu menyisir lautan agar bisa memerhatikan lamat-lamat kemegahan Gunung Stromboli.

Baca juga: rute ke curug cikuluwung dan tiket masuk curug cikuluwung

Kita bahkan juga bisa nikmati pesona Stromboli sejauh 250 meter dari kawah aktifnya. Konon, titik ini cukuplah aman, walau harus tetap waspada dengan semua peluang terburuknya. Tidak bingung, gunung ini adalah salah satunya tujuan wisata favorite beberapa photografer lanskap alam.

Tidak cuma pesona lava, beberapa wisatawan dapat juga nikmati keindahan pantai serta vegetasi hijau di Stromboli.

Di seputar gunung ini menetap tiga desa, San Bartolo, San Vincenzo lantas Ginostra dengan keseluruhan masyarakat seputar 750 jiwa.

Baca juga: alamat curug cikuluwung

Nah, bila Anda tengah ke Italia, coba lihat sensasi lava pijar menari di gunung Stromboli.

Pantai-pantai ‘Bersahaja’ di Eropa

January 6th, 2019

Berkunjung ke benua Eropa ialah yang diimpikan buat sejumlah besar orang. Salju, musim semi, sampai kuliner ialah rincian harus beberapa wisatawan saat bertandang ke Eropa.

Akan tetapi sedikit yang tahu bila Eropa pun mempunyai banyak pantai menarik, dengan ombak yang cukuplah jinak.

Baca juga: air terjun lematang dan lokasi air terjun lematang indah

Papagayo (Spanyol)

Pantai yang terdapat di pulau Kenari atau samping barat Maroko ini, dianugerahi cahaya mentari berlimpah terutamanya pada musim panas serta dingin.

Sebetulnya banyak pantai-pantai menarik di sini, akan tetapi Papagayo ialah yang sangat eksotis.

Baca juga: air terjun lematang pagar alam dan alamat air terjun lematang indah

Suhu dalam tempat ini pada bulan-bulan spesifik seperti primadona buat yang mengincar kehangatan. Bahkan juga untuk bulan November dapat sampai 24 derajat celcius.

Zlatni Rat (Kroasia)

Pantai Zlatni Rat ada di pesisir selatan Pulau Brac, Propinsi Dalmantia. Pasir putih yang menghampar luas serta jernihnya air laut membuat tempat ini seperti permukiman golongan eksekutif Romawi kuno.

Baca juga: lematang indah

Suhu di Zlatni Rat cukuplah moderat selama tahun, akan tetapi musim dingin masih pantas diwaspadai sebab cuacanya tidak dapat diperkirakan.

Myrtos (Yunani)

Terdapat di pulau Kefalonia, Pantai Myrtos mempunyai iklim ciri khas lokasi Mediterania yang dapat sampai 30 derajat celcius waktu musim panas. Walau waktu musim dingin dapat menyentuh angka 13 derajat celcius.

Pantai yang ‘dikepung’ oleh tebing serta bertabur pasir putih ini, mendadak populer sebab film berjudul Captain Corelli’s Mandolina.

Mau ke Mana di Akhir Pekan Pertama 2019?

January 6th, 2019

Akhir minggu telah datang. Ingin ke manakah diakhir minggu pertama tahun 2019 ini? Bila belumlah mempunyai gagasan, ada banyak referensi tempat yang bisa didatangi untuk isi akhir minggu Anda yang pas untuk keluarga, pasangan sampai yang ingin sendiri.

Diantaranya yaitu dengan melihat film di bioskop. Pergi ke bioskop dapat dikerjakan sendiri, ramai-ramai bersama dengan rekan atau keluarga. Anda dapat pilih beberapa jenis film yang tengah tayang di loket pembelian ticket, atau mengeceknya di web sah bioskop.

Baca juga: lokasi muncak lampung dan muncak tirtayasa malam hari

Diluar itu Anda dapat juga pergi ke kafe untuk nikmati makan siang atau malam. Ditambah lagi sekarang ini telah banyak tersedia kafe yang tawarkan ide ruang yang bermacam. Ada indoor, outdoor, dan mempunyai topik spesifik.

Pilihan setelah itu, ke manakah kembali jika bukan ke pusat belanja. Tidak hanya dapat berbelanja Anda dapat juga lakukan dua perihal diatas. Beberapa mal sudah menyiapkan tempat bioskop serta tentu mempunyai tempat makan.

Baca juga: muncak lampung dan tiket masuk muncak tirtayasa

Beberapa referensi tempat untuk didatangi itu ada dalam aplikasi Grab lewat pilihan menu ‘Just For You’. Pemakai Grab tentunya akan memperoleh referensi pilihan bioskop atau mal yang berlainan, bergantung wilayahnya.

Sesaat untuk lihat rincian rekomendasinya di aplikasi Grab, triknya cukuplah gampang. Pertama membuka aplikasi Grab. Sesudah di menu penting, scroll ke bawah sampai temukan tab ‘Just For You’. Saat ini Anda dapat temukan beberapa referensi tempat yang dapat jadi arah akhir minggu pertama di tahun ini.

Baca juga: muncak tirtayasa

Wisata Baru dan Seru di Cirebon yang Wajib Dicoba

January 4th, 2019

Ke arah penghujung tahun kurang komplet rasa-rasanya bila tidak berisi berlibur ke tempat baru yang super menyenangkan. Akan tetapi, Anda jemu berkunjung ke tujuan wisata yang itu-itu saja?

Janganlah cemas, kesempatan ini Cirebon bisa jadi pilihan Anda untuk habiskan waktu berlibur dengan menelusuri keseruan disana. Ada banyak wisata baru yang viral serta jadi sorotan penduduk.

Baca juga: air terjun kedung kayang boyolali dan misteri air terjun kedung kayang

1. Trupark Museum

Museum sekarang sudah ada dengan pengembangan menarik serta sukses menarik banyak penduduk. Satu salah satunya ialah Trupark Museum, satu museum kontemporer batik pertama di Indonesia.

Museum ini pula ikut diperlengkapi dengan instalasi-instalasi sengit serta instagramable. Tidak hanya bisa nikmati instalasi serta foto-foto, Anda dapat juga kenal batik lewat cara yang tidak biasa.

Baca juga: air terjun kedung kayang wonolelo dan terowongan kedung kayang

2. Pintu Doraemon

Apakah yang terbersit di pikiran Anda saat dengar pintu Doraemon? Bukan masalah kartun, tetapi ada wisata menarik di Cirebon persisnya BT Batik Trusmi yang sekarang sudah ada wahana Pintu Doraemon.

Baca juga: ketep pass

Wisata pintu ini akan membawa Anda ke tempat yang jauh. Tidak cuma itu, Pintu Doraemon pun dibalut dengan sentuhan seni serta tehnologi. Ingin tahu bukan seperti apakah keseruannya disana?

Jakarta Tarik Minat Wisatawan dengan Sajian Kuliner

December 18th, 2018

Jakarta – Belum lama ini, Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya menggaungkan kuliner menjadi salah satu produk andalan pariwisata dalam mengejar target 20 juta wisatawan mancanegara (wisman). Hal ini mendapat dukungan dari berbagai daerah, salah satunya Pemprov DKI Jakarta.

Kepala Bidang Informasi dan Pengembangan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta, Alberto Ali mengatakan, Jakarta adalah salah satu tujuan wisata yang bisa dijadikan referensi untuk libur panjang. Selain terkenal dengan ragam wisatanya, Jakarta merupakan pusat kuliner yang kaya akan cita rasa khas.

Baca juga: curug saderi ciasmara bogor jawa barat dan rute curug saderi

“Jakarta itu, kulinernya tidak hanya masakan Betawi. Namun seluruh masakan dari penjuru negeri dan dunia ada di Jakarta. Menariknya, bagi kami cita rasa kuliner di Jakarta tidak kalah dengan racikan dari kota asalnya. Ini potensi yang terus kami kembangkan,” terangnya saat dijumpai SP di kawasan Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

Melihat hal ini, Disparbud Jakarta semakin yakin bahwa wisata kuliner bisa menjadi daya tarik untuk meningkatkan jumlah wisatawan yang tadinya 2,1 juta di September 2018, menjadi 2,8 juta hingga akhir tahun, sesuai dengan target.

Baca juga: curug saderi bogor jawa barat dan curug saderi alamat

Selain itu, saat ini Jakarta fokus mengembangkan menjadi wisata halal, untuk menggaet para wisatawan dari Timur Tengah. Menurut Alberto, wisatawan Timur Tengah senang menghabiskan waktu lama untuk berwisata ke sebuah tempat. Mereka juga tipe wisatawan yang sangat royal, dan sangat peduli akan mutu, terutama soal makanan. “Kami melihat ini adalah peluang yang besar, untuk mengejar target di akhir tahun. Kami telah melihat, pengembangan wisata halal bisa dimulai dari makanan,” kata dia.

Baca juga: curug saderi bogor

Dia mengatakan, berbagai program telah dilakukan, yaitu pembinaan dan pelatihan kepada para pelaku kuliner untuk meningkatkan pelayanan, higienitas, dan kejujuran diri. Selain itu, rutin melakukan sertifikasi produk makanan di restoran kawasan Jakarta.

Dengan begitu, Disparbud Jakarta berkomitmen untuk terus mengajak seluruh stakeholder, terlibat dalam memajukan wisata kuliner di Jakarta. Salah satunya mengajak para industri kreatif dan penulis atau blogger untuk menyebarkan informasi secara masif ke khalayak luas melalui media sosial.

Salah satunya adalah mendukung penerbitan buku yang ditulis oleh food writer, culinary author, dan self-taught chef, Kevindra Prianto Soemantri, yang berjudul Top Tables: A Food Traveller’s Companion. Menurut Alberto, semakin maraknya informasi yang disebarkan melalui berbagai sarana, akan membuat wisata kuliner di Jakarta semakin terdepan.

Buku ini berisi rekomendasi kuliner di Jakarta, bersumber lebih dari 30 orang yang memiliki berbagai personality di Jakarta. Mulai dari chef, kritikus kuliner, arsitek hingga seniman seperti Mike Lewis, Laksmi Pamuntjak, William Wongso, Reino Barack, Eva Celia, Vidi Aldiano, Petty Elliott, Santhi Serad, dan juga chef Yuda Bustara.

Kevindra yang merupakan kontestan termuda di Asia dalam ajang Masterchef di tahun 2011- mengatakan bahwa dirinya sebagai food writer sering membaca buku dan artikel kuliner di luar negeri. Salah satu topik yang disukainya adalah tren dan makanan sebuah kota, seperti New York, Paris, dan Tokyo yang ditulis atau diambil dari sudut pandang manusianya.

“Saat itu saya langsung sadar kalau pada waktu itu belum ada buku yang isinya menulis tentang ragam kuliner Jakarta dari sudut pandang warga Jakarta sendiri. Ketika bertemu dengan Studio Geometry, saya dan Natasha Lucas pun langsung brainstorm mengenai ide ini yang rupanya juga cocok. Jadilah kami mengerjakan Top Tables bersama-sama,” terang Kevin.

Diceritakan Kevindra yang sebelumnya pernah melahirkan dua buku masakan Adiboga Khas Eropa serta Jakarta Streetfood, mereka yang berkontribusi dalam penulisan buku ini juga sepakat bahwa dibutuhkan karya tulis yang membuat masyarakat jadi “melek mata” kalau Jakarta itu kota makanan.

“Bukan dari sudut pandang kami tapi dari sudut pandang warganya sendiri. Apalagi konsep buku ini juga cocok sebagai food travel guide yang memang sekarang ini topik tersebut cukup digemari oleh banyak orang di seluruh dunia mulai dari traveller sampai orang biasa yang rupanya masih butuh panduan untuk melakukan eksplorasi rasa di Ibu Kota,” ungkapnnya.

Secara konsep, buku ini mengulas dan membagi kuliner per kotamadya di Jakarta. Lalu dibagi lagi dengan kategori yang cocok dengan wilayah tersebut. Misalnya di Jakarta Selatan ada banyak kategori lifestyle seperti after hours dan fine dining atau di Jakarta Utara dan Barat banyak yang didominasi comfort food.

Pod Place, Kamar Kapsul Pertama dengan Konsep Tradisional

December 17th, 2018

JAKARTA – Hotel dan kamar kapsul mulai banyak diminati kalangan traveler khususnya millennial dan belakangan sudah menjadi tren di mancanegara. PP Hospitality, manajemen hotel milik PT PP Properti Tbk melirik peluang tersebut. Mereka akan mengembangkan Pod Place, kamar kapsul pertama di Nusa Tenggara Barat (NTB).

Pod Place rencananya dibangun di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat pada awal 2019. Pod Place menawarkan konsep yang berbeda dengan kamar kapsul lainnya yaitu memadukan unsur tradisional dan seni digital pada dekorasi hotel. Sentuhan tradisional Lombok akan ditampilkan pada dekorasi kamar. Sedangkan unsur seni digital akan tampak pada koridor kamar dan area publik berupa Dynamic Artwork atau lukisan digital yang tampilannya terus menerus berubah dan bergerak dinamis.

Baca juga: puncak kaisanti dan valentine hills tomohon

“PP Properti selalu melakukan inovasi pada setiap proyek yang dikembangkan. Kamar kapsul pertama kami menyasar generasi millenial dan alpha yang hobi travelling. Umumnya, generasi ini memilih tempat menginap yang praktis dengan harga ekonomis dan nyaman. Pod Place menjawab kebutuhan tersebut karena tempatnya unik dan instagenic,” ujar Sinur Linda Gustina, Direktur Komersial dan Hospitality PT PP Properti Tbk.

Pod Place berlokasi disalah satu lantai PRIME PARK Hotel & Convention Lombok, hotel bintang empat milik PP Properti yang ditargetkan beroperasi pada akhir 2020. Pod Place dilengkapi dengan ruang komunal atau ruang terbuka dengan desain yang minimalis dan eyecatching. Fasilitas yang cukup lengkap dan nyaman tersedia di ruang komunal ini seperti kamar mandi, co-working space dan mini pantry.

Baca juga: kaisanti woloan dan puncak valentine tomohon

Kamar di Pod Place memiliki desain yang praktis dan minimalis. Setiap kamar hanya memuat satu tempat tidur untuk satu orang. Meskipun minimalis, kamar dirancang senyaman mungkin agar tamu tetap dapat leluasa bergerak. Setiap kamar juga dilengkapi dengan ruang menggantung pakaian, tempat menyimpan barang pribadi serta TV LED.

Hotel atau kamar kapsul merupakan kamar yang disewakan yang memiliki ukuran dan desain minimalis berisi kasur ukuran satu atau untuk dua orang. Penempatan kasurnya ada yang berupa ranjang bertumpuk dua atau kamarnya yang ditumpuk. Kamar sengaja dibuat berukuran kecil, misalnya menjadi sebuah peti modular yang terbuat dari plastik, fiberglass atau mutiplex, menyediakan tempat yang cukup untuk tidur. Adapun barang seperti meja, kursi, televisi, termasuk kamar mandi dan toilet, umumnya ditempatkan di luar kamar. Fasilitas semacam itu biasanya ditempatkan di ruang komunal untuk dipakai bersama.

Yuk, Ngadem di 5 Tempat Wisata Alam Kota Bogor Ini

October 24th, 2018

LELAH karena kegiatan keseharian yang kuras tenaga serta pikiran? Sekarang waktunya Anda bersantai sesaat dengan nikmati hawa fresh serta hijaunya panorama alam yang menentramkan.

Bogor adalah salah satunya daerah dengan daya tarik wisata alam yang memikat. Di sini Anda dapat temukan beberapa obyek wisata alam yang asik didatangi bersama dengan keluarga serta rekan-rekan. Ingin tahu? Yuk, intip lima referensi obyek wisata alam di Bogor di bawah ini.

Baca juga: taman pelangi jurug dan tiket masuk taman pelangi jurug

1. Kampoeng Wisata Cinangneng

Kampoeng Wisata Cinangneng adalah tempat yang pas untuk ajak anak bermain serta belajar dari alam. Tempat wisata alam memiliki nuansa pedesaan ini berada di daerah pinggir Kota Bogor, persisnya di Jalan Babakan Kemang, Ciampea.

Anda dapat larut sesaat dalam nostalgia keceriaan waktu kecil dengan kembali bermain di hamparan persawahan yang luas sekaligus juga ikut belajar menanam padi serta memandikan kerbau. Tidak cuma belajar bercocok tanam serta memproses hasil pertanian, Anda juga bisa nikmati alunan musik gamelan dari beberapa seniman lokal.

Baca juga: taman lampion jurug dan harga tiket masuk taman pelangi jurug

2. Gunung Pancar

Ingin bersantai di dalam pohon-pohon yang tinggi menjulang? Hadir saja ke Taman Wisata Alam Gunung Pancar. Obyek wisata alam yang tempatnya bersisihan dengan The Jungle Land ini mendatangkan panorama hamparan rimba pinus yang mengagumkan. Bukan sekedar pohon pinus yang menempati Taman Wisata Alam Gunung Pancar. Beberapa macam pohon lainnya yang bisa Anda jumpai di sini salah satunya Puspa, Rasamala, Rotan, Saninten, serta Jamuju. Apa sich kegiatan yang dapat Anda lakukan di sini? Tidak hanya mengadakan tikar untuk berpiknik, Anda juga dapat haiking atau kamping sekalian hirup hawa fresh.

Baca juga: fasilitas taman jurug dan harga tiket taman pelangi jurug

3. Curug Cigamea

Curug Cigamea banyak dinobatkan menjadi salah satunya air terjun terindah di Bogor. Predikat itu tidak terlalu berlebih, karena curug yang ada di lokasi wisata Gunung Salak ini mempunyai dua air terjun setinggi 50 meter yang dikelilingi pohon-pohon hijau yang ikut menegaskan pesonanya. Harga ticket masuk Curug Cigamea juga begitu murah; cukup dengan Rp3.500, Anda bisa menelusuri lokasi seputar curug yang mengagumkan sekaligus juga bermain air dibawah deburan air terjun.

4. Fly Indonesia Paragliding

Nikmati wisata alam sekalian menguji nyali pada ketinggian dengan paragliding bisa jadi pengalaman tidak terlewatkan. Anda akan dibawa terbang dengan ketinggian 1,3 km diatas permukaan laut sekalian lihat hijaunya ruang Puncak. Janganlah cemas, Anda akan didampingi pelatih profesional saat terbang. Tertarik? Anda dapat hadir langsung ke ajang paragliding di Jalan Raya Puncak Kilometer 87, Bukit Paralayang, Puncak.

5. Danau Quarry

Danau yang terdapat d Desa Tegallega, Kecamatan Cigudeg ini mempunyai panorama yang tidak kalah indahnya dengan Situ Gede. Danau Quarry konon adalah ruang pertambangan pemecah batu yang ditutup bertahun-tahun yang lalu. Karena kelamaan dilewatkan, sisa ruang pertambangan itu juga pada akhirnya membuat cekungan air yang terlihat seperti danau alami. Hijaunya air Danau Quarry terlihat memesona karena gagahnya bebatuan raksasa yang ada di pinggirnya.

Bagaimana, telah siap menelusuri kekayaan alam Bogor yang tidak ada habisnya? Sebelum mengawali penjelajahan, yakinkan Anda miliki tempat bermalam yang nyaman serta dapat memberi agunan sarana komplet. Airy Rooms ada menjadi jalan keluar hotel murah di Bogor untuk penuhi keperluan wisata Anda.

Makin Banyak Traveler Kepo Soal Liburan di Malang

October 15th, 2018

Waktu berencana berlibur, seringkali mencari info tujuan dahulu di Google. Salah satunya kota yang masuk 10 besar banyak dicari ialah Malang.

Google melaunching trend industri perjalanan paling baru yang tunjukkan bagaimana orang Indonesia mencari serta beli produk perjalanan. Pencarian traveler Indonesia mengenai perjalanan di Google sendiri bertambah 30% semenjak Januari 2017.

Baca juga : wisata serang purbalingga dan kebun selfie bukit sikopyah

Untuk tujuan berlibur domestik, ada 10 besar kota yang seringkali dicari di Google, yakni Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Badung (Kuta), Surabaya, Malang, Semarang, Bogor, Medan serta Bandung Barat (Lembang).

8 dari 10 tujuan domestik itu berada di Pulau Jawa. Nah, dari 10 tujuan itu, yang sangat banyak dicari lewat Google ialah Jakarta, tetapi yang pertumbuhannya sangat cepat ialah Malang di Jawa Timur.

Baca juga : agrowisata lembah asri purbalingga dan wisata purbalingga

“Malang jadi tujuan yang sangat growing dalam 2 tahun paling akhir. Banyak tujuan di Malang yang tengah popular,” tutur Zulfi Rahardian, Industry Manager Google Indonesia dalam Alat Briefing: Tren Digital Traveling Indonesia di Jakarta, Selasa (9/10/2018).

Dalam situs serta aplikasi pemesanan perjalanan Traveloka, Malang termasuk juga salah satunya tujuan yang perubahannya cepat.

“Malang, Labuan Bajo, Sumba itu ikut sebagian dari fastest growing destination. Jika untuk berkaitan Malang, memang cukup interesting. Di Jawa Timur, Malang ikut gampang dijangkau,” kata Kurnia Rosyada, VP Marketing Traveloka.

Apa Kabar Pemulihan Lombok Setelah Gempa Palu?

October 8th, 2018

“Yang sangat terlihat ya dari kegiatan di pasar. Jika dahulu tidak ada yang jualan, saat ini telah mulai ramai.”

Demikianlah info Bambang Suprayogi, masyarakat Lombok, Nusa Tenggara Barat masalah keadaan terbaru di Lombok. Tidak cuma pasar, dia menyebutkan ladang serta sawah memulai dikerjakan masyarakat.

Walau gempa berkekuatan 3 taraf Richter (sR) masih tetap sering berlangsung, tetapi Bambang menyampaikan masyarakat Lombok sekarang ini berangsur tinggalkan pengungsian. Mereka mulai tempati rumah sesaat yang terbuat dari bambu atau tripleks.

“Pembangunan memang setahap. Untuk sisa-sisa puing-puing bangunan ikut masih tetap selalu dibikin bersih,” kata pria yang setiap harinya profesinya di bagian layanan travel itu pada Tirto, Rabu (3/10/2018).

Baca juga : villa gardenia lempasing lampung dan harga penginapan villa gardenia lampung

Walau telah mulai sembuh, Bambang mengatakan, gempa serta tsunami di Palu serta Donggala, Sulawesi Tengah, pada Jumat (28/9/2018), membuat masyarakat kembali kuatir.

Tuturnya, beberapa orang belumlah seutuhnya sembuh dari trauma karena gempa berkekuatan 7 sR pada 5 Agustus 2018. Mereka cemas gempa kembali berlangsung.

Dengan keadaan demikian, apa pemerintah kesusahan mengatasi pemulihan pasca-bencana sekaligus juga?

Tidak Ada Pengurangan Perhatian

Kepala Pusat Data, Info, serta Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho menjawab “tidak” dengan tegas. Musibah di Palu serta Donggala tidak membuat konsentrasi pemerintah terpecah. Dia mengklaim, team BNPB sekarang ini masih tetap ada yang bekerja di Lombok. Mereka masih bersiaga serta tidak dipindah.

Baca juga : fasilitas villa gardenia lampung dan lokasi villa gardenia bandar lampung

“Di Lombok saat ini dalam perlakuan perubahan darurat ke pemulihan. Ground breaking rumah serta pertolongan untuk korban selekasnya dicairkan,” kata Sutopo di Kementerian Komunikasi serta Informatika, Jakarta, Selasa (2/10/2018) tempo hari.

Sutopo menyebutkan dana darurat siap gunakan untuk pemulihan musibah alam di Lombok sudah diidentifikasi untuk dipakai pada step rehabilitasi serta rekonstruksi. Banyaknya sampai Rp16,6 triliun.

“Menjadi tidak ada pengurangan perhatian serta intensitas dalam percepat rehabilitasi serta rekonstruksi,” tegasnya.

Baca juga : harga villa gardenia lampung dan alamat villa gardenia lampung

Staf Pakar Menteri Sosial Syahabuddin ikut memberikan info sama. Menurut dia, perihal ini bisa saja sebab perlakuan kondisi pasca-bencana tidak hanya dilakukan pemerintah pusat. Dalam keadaan semacam ini malah peranan pemerintah daerah, lebih persisnya Dinas Sosial, semakin besar.
Peranan Dinas Sosial ditempat begitu menolong pemerintah pusat dalam mengatasi musibah di dua daerah yang berlainan.

“Dinas Sosial di kabupaten/kota itu ‘tangan kanan’ Kementerian Sosial. Mereka yang tetap memantau perubahan rehabilitasi. Akan tidak mungkin turun pertolongan jika tidak ada info atau referensi dari Dinas Sosial,” jelas Syahabuddin di kesempatan yang sama.

Tidak hanya BNPB serta Dinas Sosial, kepolisian ikut miliki terlibat dalam perlakuan musibah di dua daerah itu. Polisi tidak lalu mengubah perhatian dari Lombok ke Palu-Donggala sebab mereka ada juga di setiap daerah.

Kadiv Humas Polri Irjen Pol Setyo Wasisto menyampaikan polisi makin gampang menolong sebab keadaan di dua lokasi itu telah berlainan.

“Yang [berdinas] di Palu ialah team tanggap musibah seperti DVI [Disaster Victim Identification] sebab tetap harus mengidentifikasi mayat, sedang di Lombok telah lebih pada rehabilitasi serta rekonstruksi, mulai bangun serta merehabilitasi pengungsi,” kata Setyo.