MEMBABANGUN DESA DILIHAT DARI TRANSMIGRASI DAN URBANISASI

Pembangunan pedesaan adalah pembangunan berbasis pedesaan dengan mengedepankan kearifan lokal kawasan pedesaan yang mencakup struktur demografi masyarakat, karakteristik sosial budaya, karakterisktik fisik/geografis, pola kegiatan usaha pertanian, pola keterkaitan ekonomi desa-kota, sektor kelembagaan desa, dan karakteristik kawasan pemukiman. Transmigrasi, yaitu perpindahan penduduk dari pulau yang padat penduduk ke pulau yang jarang penduduknya di dalam wilayah republik Indonesia. Sedangkan, Urbanisasi adalah perpindahan penduduk dan desa ke kota atau dan kota kecil ke kota besar.

Program transmigrasi dapat membangun desa karena transmigrasi bertujuan untuk memeratakan jumlah penduduk dengan cara memindahkan penduduk di wilayah yang padat ke wilayah yang masih jarang penduduknya, namun hal ini diperlukan kontribusi penuh dari pemerintah. Pemerintah harus memberikan fasilitas-fasilitas yang mendukung untuk mengembangkan wilayh tesebut menjadi desa mandiri dan terpadu agar masyarakat tertarik untuk berpeindah ke wilayah tersebut dan persebran penduduk menjadi merata. Setelah banyak masyarakat yang berpindah ke wilayah tersebut diharapkan masyarakat tersebut dapat mengembangkan wilayah tersebut menjadi lebih mandiri sehingga pembangunan desa dapat terlaksana. Sedanngkan untuk urbanisasi, mempunyai dampak positif dan negatif untuk pembanguan desa, dampak positifnya antara lain: Meningkatnya kesejahteraan penduduk melalui kiriman uang dan hasil pekerjaan di kota, mendorong pembangunan desa karena penduduk telah mengetahui kemajuan dikota, bagi desa yang padat penduduknya, urbanisasi dapat mengurangi jumlah penduduk, mengurangi jumlah pengangguran di pedesaan. Namun dalam kenyataanya urbanisasi malah menimbulkan efek negatif karena dengan urbanisasi menyebabnya kota menjadi penuh dengan penduduk pendatang dari desa yang menyebabkan pemukiman kumuh dan lain sebagainya, dan kebanyakan orang yang berpindah ke kota, mereka akan menetap di kota dan tidak mau kembali ke desa karena mereka sudah mengetahui situasi yang membuat mereka lebih nyaman untuk tinggal dikota bukan di desa. Oleh karena itu desa makin menjadi desa yang tertinggal karena orang-orang yang semestinya bisa untuk membangun desa leih memilih untuk tinggal di kota. Jadi sebaiknya pemerintah memberikan peraturan supaya orang-ornag yang sudah sukses di kota agar kembali ke desa untuk membangun desanya dan pemerintah juga harus mendukung pembangunan desa dengan cara membangun program-program infrastuktur ekonomi, kesehatan,dan pendidikan bagi masyarakat pedesaan sehingga orang-orang di desa lebih memilih untuk tinggal dan bekerja di desa daripada berpindah ke kota.
Jadi kesimpulannya, program transmigrasi dan urbanisasi dapat membangun desa apabila program-program tersebut diatur dan dijalankan dengan baik dengan dukungan maksimal dari pemerintah.