Tugas 1 Ekonomi Pembangunan

Sebelum memberikan alasan tentang apa yang diinginkan dari proses pembelajaran ekonomi pembangunan sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu ekonomi pembangunan?

Ekonomi pembangunan adalah cabang ari ilmu ekonomi yang mempelajari aspek-aspek ekonomi dalam proses pembangunan di Negara berkembang (Wikipedia). Ekonomi pembangunan juga menitikberatkan perhatiannya pada berbagai mekanisme ekonomi, social dan isntitusional yang harus diciptakan demi meningkatanya standart hidup penduduk miskin di Negara- negara  berkembang (Michael P. Thodaro dan Stephen C. Smith)

Kita sebagai warga Negara yang hidup di Negara berkembang seperti Negara Indonesia, memanglah sangat perlu untuk mempelajari tentang ekonomi pembangunan karena ekonomi pembangunan mengajarkan tentang aspek- aspek yang perlu diterapkan untuk  pembangunan Negara dalam masalah ekonomi ke arah perekonomian yang lebih baik. Karena di Negara- Negara berkembang hususnya di Negara kita ini masih banyak masalah tentang perekonomian yang harus diperbaiki. Masih banyak daerah-daerah di wilayah Indonesia yang masih belum mendapatkan perhatian dari pemerintah sehingga daerah-daerah tersebut masih memliki perekonomian yang belum layak, masih banyak warga miskin karena tidak meratanya pendapatan, kesehatan yang masih kurang, banyak anak-anak yang tidak sekolah dan masih banyaknya pengangguran.

Sehingga saya sebagai mahasiswa yang sedang menempuh pembelajaran ekonomi pembangunan mengharapkan bahwa setelah saya mendapatkan pembelajaran tentang ekonomi pembangunan ini akan bisa menganalisis dan memahami masalah-masalah tentang perekonomian yang ada disekitar lingkungan sekitar kita dan dapat memberikan sosusi dari permasalahan- permasalahan tersebut dari apa yang sudah saya pelajari dari proses pembelajran ekonomi pembangunan, walaupun kita hanya menerapkannya di sekitar kita setidaknya hal tersebut dapat membantu untuk mengurangi angka permasalahan ekonomi yang terjadi di Negara kita ini.