Praktikum Koefisien Sedimentasi

Comments Off on Praktikum Koefisien Sedimentasi

Sel merupakan unit terkecil dalam organisme hidup baik dalam dunia tumbuhan maupun hewan. Sel umumnya memiliki bagian-bagian yang memiliki fungsi tersendiri namun saling berhubungan. Adapun bagian-bagian tersebut adalah : Membran sel, sitoplasma, intisel, retikulum endoplasma, ribosom, badan golgi, mitokondria, plastida, vakuola dan sitoskeleton sel (Postlethwait, 2005).

Terkait mengenai penelitian serta perkembangan ilmu yang semakin pesat maka dalam melakukan penelitian serta observasi mendalam mengenai satu organel pada sel tersebut dilakukan menggunakan karakterisasi dan pada karakterisasi digunakan metode fraksionasi dengan memperhatikan faktor dari sedimentasi. Fraksinasi merupakan suatu proses pemisahan kuantitas tertentu dari campuran yang dapat dibagi dalam beberapa jumlah kecil (fraksi) komposisi perubahan berdasarkan kelandaian (Hendra, 1989). Fraksinasi sub seluler merupakan metode pemisahan organel menggunakan teknik sentrifugasi. Sentrifuge digunakan dalam metode fraksionasi dikarenakan sentrifuge memiliki kegunaan sebagai pemisah makromolekul organel seluler ( Boyer, 2000 ). Sedangkan proses sedimentasi merupakan suatu proses pengendapan yang digunakan untuk memisahkan, memurnikan, dan menganalisis semua spesies selular yang berada di dalam sel. Manfaat yang didapatkan dari metode sedimentasi ini  adalah dapat menghapus metode invariant-waktu yang terlalu rumit dalam pengamatan dengan mata telanjang secara aljabar (Philo, 2006). Dalam pembahasan mengenai proses sedimentasi, dikenal suatu konstanta yang disebut koefisien sedimentasi (s), yang nilainya :

s = kecepatan molekul

gaya sentfifugal

Terdapat dua jenis metode yang digunakan untuk mengukur besarnya suatu koefisien sedimentasi, yaitu dengan cara memutar larutan homogen pada sentrifuse dan dengan menghitung zona sedimentasi (Tinoco, 2002). Kecepatan sedimentasi dapat dihitung bedasarkan perpindahan posisi radial batas sedimentasi (rb) dengan waktu (t), dari koefisien sedimentasi s, (Svedberg, dimana 1 S = 1013 s) (Scott, 2005).

Pentingnya  melakukan praktikum ini adalah untuk mengetahui serta memahami teknik yang digunakan dalam mengukur koefisien sedimentasi serta dapat mengetahui secara langsung bentuk morfologis kloroplas yang diperoleh melaui karakterisasi dengan metode fraksionasi.

Fungsi kloroplas adalah sebagai tempat fotosintesis. Kloroplas adalah plastida yang berwarna hijau yang terdapat dalam sel tumbuhan lumut (Bryophyta), paku-pakuan (Pterydophyta) dan tumbuhan berbiji (Spermatophyta). Kloroplas berwarna hijau karena mengandung klorofil (Biggs, 2008 ).

Kloroplas memiliki struktur membran ganda, yaitu membran luar (outer membrane) dan membran dalam (inner membrane) yang dipisahkan oleh ruang intermembran. Membran dalam kloroplas mengalami modifikasi struktur yang disebut dengan tilakoid (thylakoid) dan selanjutnya tumpukan tilakoid disebut grana. Matrik yang ada di dalam kloroplas merupakan struktur gel yang disebut dengan stroma (Campbell, dkk., 2002).

 

Sedimentasi

Category: Ilmu Pengetahuan