WORLD CLASS ENTREPRENEURIAL UNIVERSITY


WORLD CLASS ENTREPRENEURIAL UNIVERSITY

 

Pada tanggal 2 Juni 2007 Universitas Brawijaya (UB) telah mendeklerasikan dirinya sebagai Entrepreneurial University (EU) yang disaksikan oleh Jusuf Kalla Wakil Presiden RI saat itu. Ini adalah langkah awal UB memantapkan dirinya menjadi salah satu World Class Entrepreneurial University (WCEU). Hal ini adalah cita-cita besar yang sudah sejak lama dicanangkan UB. Menjadi universitas yang unggul bertaraf internasional, dan berperan aktif dalam pembangunan bangsa adalah semangat dari World Class Entrepreneurial University (WCEU) ini. Adapun langkah-langkah lain yang sudah ditempuh UB adalah dengan cara menanamkan jiwa kewirausahaan kepada mahasiswanya melalui kegiatan Program Mahasiswa Wirausaha (PMW), Mata Kuliah Wajib Kewirausahaan sampai Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) Kewirausahaan yang didanai DIKTI.

Sebelum membahas lebih lanjut bagaimana kondisi UB dalam implementasi visinya menjadi World Class Entrepreneurial University terlebih dahulu saya ingin menyampaikan bagaimana pandangan Rektor UB, Prof. Dr. Ir. Yogi Sugito terkait dengan WCEU ini. Rektor UB Prof Dr Ir Yogi Sugito menuturkan untuk menjadi universitas bertaraf internasional memang tidak mudah. Selain karena perlu perubahan mindset di internal serta perbaikan kurikulum dan sarana prasarana, hampir semua perguruan tinggi lain juga tengah sibuk berupaya menjadikan institusinya bertaraf internasional. ”Semuanya tengah berlomba-lomba baik dengan kampus di dalam maupun luar negeri,” ungkapnya. Namun tentu saja World Class Entrepreneurial University tidak bisa dihindari dan perlu digarap sekarang. Selain faktor kompetisi antar perguruan tinggi kearah global, kementrian pendidikan dan kebudayaan juga terus mendorong perguruan tinggi bersaing di level internasional. Jika merunut pada kerangka masa depan yang dilaporkan rektor, saat ini UB sedang berada pada tahapan akselerasi menuju World Class Entrepreneurial University

Prof. Yogi menjelaskan bahwasanya untuk menjadi World Class Entrepreneurial University (WCEU)  tidak hanya menitikberatkan pada nilai kewirausahaan saja. Justru WCEU ini merupakan esensi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi dimana sebuah perguruan tinggi memiliki tiga fokus utama yaitu Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan pengembangan serta Pengabdian pada masyarakat. Jadi Universitas yang memiliki visi sebagai  World Class Entrepreneurial University (WCEU) sebelumnya harus melalui berbagai tahapan yakni Teaching University yang lebih menekankan pada pendidikan serta Research University yang lebih menekankan pada penelitian dalam bahan ajar pendidikan. Sedangkan Entrepreneurial University menekankan pada hasil penelitian yang bisa menciptakan ilmu pengetahuan baru dan inovasi teknologi yang bisa digunakan masyarakat.

Langkah UB saat ini semakin cepat saja dalam mewujudkan visinya sebagai World Class Entrepreneurial University. Selain menanamkan menanamkan jiwa kewirausahaan kepada mahasiswanya melalui mata kuliah Kewiraan dan adanya kegiatan Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) maupun Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM), yaitu Program Kewirausahaan yang didanai DIKTI jangan lupa bahwa UB telah memiliki Inkubator Bisnis. UB saat ini memiliki Inkubator bisnis (INBIS) dan Institut Bio Sains yang bisa digunakan sebagai kegiatan bisnis maupun penelitian.

Hal ini dibuktikan saat UB berhasil menjadi Juara Umum untuk ketiga kalinya dalam ajang PIMNAS (Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional) di Yogyakarta, Juli lalu. Kemenangan UB disumbang oleh emas paling banyak dalam hal penelitian dari mahasiswa kedokteran. Kebanyakan dari mereka meneliti tentang bagaimana cara mengobati berbagai penyakit seperti Sirosis Hati, Kanker Serviks dan Diabetes. Dari sini kita bisa melihat bahwa program World Class Entrepreneurial University sudah berkembang kepada mahasiswa di bidang penelitian. Mereka awalnya belajar di kelas, kemudian meneliti dan akhirnya menghasilkan obat untuk penyakit tersebut. Obat itu lalu diberikan kepada masyarakat. Hal ini menggambarkan bahwa Tri Dharma Pendidikan itu telah berjalan atau langkah UB menjadi WCEU semakin dirasakan oleh semua sivitas akademika.

Lalu bagaimana dengan UB. Sebelum berpikir terlalu luas mari kita mulai dari diri sendiri. Mari kita ubah mindset kita agar selalu memacu semangat setiap hari, selalu memotivasi diri, dan tersenyum dalam segala situasi. Entrepreneur akan melihat masalah sebagai suatu tantangan (sehingga tidak lagi mengeluh tentang kemacetan di dalam area kampus, keruwetan parkir, tidak on-time nya pelayanan dan lain sebagainya-misalnya- tetapi justru mencari solusi dan inovasi atas permasalahan yang ada. Semoga dengan semangat perayaan ultah emas UB, setiap civitas akademika UB mampu menjadi entrepeneur sejati sehingga UB benar benar menjadi World Class Entrepeneur University yang sesungguhnya.

Key word: World Class Entrepreneurial University

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA Image

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>