Gandeng Microsoft Indonesia, Universitas Klabat Siap Tingkatkan SDM Sulut

MANADOPOSTONLINE.COM – Dalam rangka mempersiapkan lulusan yang kompeten dalam menghadapi persaingan global yang semakin kompetitif, Universitas Klabat (Unklab) telah menandatangani Nota Kesepahaman dengan Microsoft Indonesia (Microsoft).

Kerjasama ini dibentuk untuk bersama membangun kompetensi sumber daya manusia di Sulawesi Utara.

Penandatanganan Nota Kesepahaman dilakukan oleh Rektor Unklab Marthen Sengkey MBA PhD dan Presiden Direktur Microsoft Indonesia Haris Izmee di Pioneer Chapel Universitas Klabat.

Sebagai salah satu bentuk kerja sama, Unklab kini menggunakan aplikasi Microsoft 365 untuk kegiatan perkuliahan serta memiliki pengajar-pengajar yang bersertifikasi Microsoft Certified Educator yang diakui secara global.

Unklab juga menggunakan kurikulum pembelajaran resmi Microsoft Office Solution dan Computer Science dari Microsoft International.

Selain itu, perjanjian kerja sama ini juga mengatur penyediaan Unklab Test Center untuk mempersiapkan para mahasiswa mengikuti ujian sertifikasi resmi dari Microsoft International yang juga diakui secara global.

“Meningkatan kualitas lulusan kami merupakan pekerjaan rumah yang tidak pernah selesai bagi kami di Universitas Klabat,” beber Reggy Sarmita Dekan Fakultas Unklab Business School.

Tahun ini, Fakultas yang membawahi program studi Manajemen dan Akuntansi ini akan melaksanakan program UBS International.

Program UBS International bertujuan mengirim pelajar untuk melanjutkan studi di Griffith University Australia dan Samyook University Korea Selatan.

Kedepannya, program UBS International juga akan bekerja sama dengan salah satu universitas di Taiwan sebagai salah satu mitra.

Haris menuturkan, kerjasama ini menjadi salah satu bentuk komitmen untuk terus berbagi pengetahuan, pengalaman dan solusi kepada masyarakat dalam 23 tahun perjalanan kami di Indonesia.

“Kami menyadari bahwa sumber daya manusia memiliki peran penting dalam pembangunan dan kami bangga menjadi mitra Unklab dalam memberikan pendidikan digital skill yang tepat bagi siswa didiknya untuk mewujudkan pembangunan ekonomi digital Indonesia,” bebernya.

Unklab akan menjadi salah satu mitra Microsoft untuk merealisasikan program-program Corporate Social Responsibility (CSR) yang bertujuan untuk menyebarluaskan edukasi teknologi digital termasuk pemahaman pengunaan aplikasi Microsoft Office seperti Word, Excel, dan Powerpoint bagi civitas akademika dan bagi masyarakat luas khususnya di bumi Nyiur Melambai.

Kedua belah pihak optimis kerja sama ini akan bermanfaat bagi para mahasiswa pada khususnya, dan pembanguna Sulawesi Utara pada umumnya. (mpo)