ayo belajar bersama saling berbagi ilmu

July 3rd, 2012

kunjungi expresipangan.blogspot.com

http://expresipangan.blogspot.com/¬† ūüėÄ

 

Nilai Akhir Praktikum Satuan Operasi dan Proses

July 1st, 2012

nilai praktikum jg dapat didownload di Nilai Akhir

 

Asisten M. Anjang

Nama Nilai huruf Nama Nilai huruf
Shintya Maharani

87.77

A Diannovi Sabati T. K.

81.51

A
Fatchul Rahman R.

81.7

A Dyah Intani Enggaela

78.71

B+
Rezza Wicaksono

78.62

B+ Dean Prastya Utomo

81.26

A
Maolita Masitaisya

87.16

A Alfian Prayoga

82.66

A
Aria Wahyu Kusuma

76.56

B+ Nur Susila Ahse

85.43

A
Fatati Nuriyana

79.33

B+ Achmad Bagus Cahyadi

81.11

A
Nurita Herdiaswati

76.41

B+ Ayu Rahma Putri Nury

76.32

B+
Ganggas Prasidya

77.72

B+ Nindya Nur Fajriyah

80.67

A
Ummi Mardiyah

85.91

A Ivana Puspa Dhuhita

81.67

A
Rachmita Permatasari

77.83

B+

 

 

 

Asisten Adistya M.

Nama Nilai huruf Nama Nilai huruf
rizkiyatul M.

81.35

A Rizqi Akbar Muharrom

71.35

B
Wandi tua

74.2625

B Rochmayati

78.975

B+
Qonita Rizki D

76.325

B+ Sella Kuswenda

78.7375

B+
Theresia Dyan T

82.325

A Ali Wafa

77.675

B+
Ummy Chulsum

75.7375

B+ Wenda Nico Saptanto

77.725

B+
Midya Putra P

70.125

B Ifandra Irfak Zainu

77.3875

B+
Rediana Novia Y

74.1625

B Dimas Yulius Puriant

77.0125

B+
Gisca Anisha R

84.425

A Mardika Nur Afida

82.3875

A
Inayah Wulandari

82.1375

A Noer Intan Nirmala H

81.95

A
Nyimas Ekinevita P

80.8

A Indah Maharani Miras

72.9125

B

 

 

 

Asisten Agil S

Nama Nilai huruf Nama Nilai huruf
Nurul Qomariyah

83.495

A Moh. Bagus Aji S

67.8325

C+
Dewi Apriliana

82.115

A Faradita N W

81.0775

A
Satria Agung Tunas M

68.2325

C+ Mamas Daniyar

72.4125

B
Hendri Cahya Aprilia

75.7375

B+ Reinhard Mangatur

73.0225

B
Irma Ayu Safitri

78.945

B+ Wawan Efendi

64.61

C+
Luluk Nur Indah Sari

81.8325

B+ Ana Fitriyah

78.4625

B+
Irfan Diar Anggoro

71.56

B Alvionita Revila

82.02

A
Candra Silvi Arinta

73.715

B Lutfiyatul Hasanah

82.1925

A
Reza Putra Susatya

65.955

C+ Rizky Bagus Ananta

76.4575

B
Prima Adi Surya Pris

80.82

A Widya Ika Erfiana

85.2825

A

 

 

 

 

 

Asisten Riska Devi N. A.

Nama Nilai huruf Nama Nilai huruf
Muhammad Idham Wihar

84.0875

A Citra Ayu Pratiwi

86.7625

A
Ade Rizky Ramadhan

78.55

B+ Vonia Dwi Anggraini

87.95

A
Vemy Suryo Q

87.825

A Anike Y P

90.425

A
Rohmad Eko P

86.95

A Tito Siendy Faulla

72.4125

B
Dimas Widiastara

84.8

A Leni Sumawati

88.025

A
Very wicaksono Nugro

85

A Ardiman Aziz Darajad

71.025

B
Shinta Eka L

93.15

A Hany Setyorini

85.1625

A
Rhamdani Widyo Utomo

74.8

B M. Lutfi Almer

85.8625

A
Ninik Wahyuningsih

86.3625

A Verdy Sunahwan

84.525

A
Yulia Dian Ningrum

91.75

A Alvinda Difa

79.375

B+

Asisten Shobirin

Nama Nilai huruf Nama Nilai huruf
Biasworo Adinata

81.06

A Hafizh Karisma Y

75.43

B+
Ekyl Putri M

10

E Windra Wisesa

71.03

B
Nur Amalia Ma’rufah

83.8

A Arinta Dea Puspita

78.95

B+
Moch. Ryan Insan

76.81

B+ Firman Fajariyanto

64.68

C+
Erwin Rahardianto

66.71

C+ Nizar Fahmi

81.87

A
Arul Pradana Aldi

72.92

B Bella Rahmawati K

81.71

A
Agdinal B. Indra K

72.41

B Laella Mallini

82.2

A
Sanditya Gunawan

74.46

B Yogi Damanik

84.33

A
Aprilia Dian P

77.58

B+ Bety Oktavianita

78.73

B+
Huzain Sani

62.6

C+ Agustran Nagara R

71.73

B

Asisten Irvan Adhin C.

Nama Nilai huruf Nama Nilai huruf
Saka Iman Grezico

81.64

A Junia Tri Ardianto

77.59

B+
Sukma Nan Tegar

74.54

B Dimas Ronggo R. B.

76.96

B+
Nike Shelvi Yanna S.

88.95

A Hery Setyo Rumawan

0

E
Areta Adiwidio

19.19

E Adha Dwi Pujo W.

85.24

A
A. Triyono

84.49

A Vicky Pratama Putra

83.21

A
Cucuk Agus Permana

73.29

B Raisyah

83.9

A
Ardi Firmansyah

76.8

B+ Lila Ana Rusmiani

82.56

A
I Gede Edy Ariyanta

86.75

A Laylatul Laurieka F.

94.75

A
Novie Ardimas Kinav

81.94

A Norma Julia Pradini

85.81

A
Sonar Melanesia Runa

61.86

C+ julia p

0

E

 

 

 

Asisten M. Midori

Nama Nilai huruf Nama Nilai huruf

Mahmud Nasapi

85.1875

A

Ayuningtyas Megawati

81.775

A

Devi Urianty M. R.

85.825

A

Fitra Syabania N

86.4375

A

Adhi Pradana P.

72.35

B

Alfred Petrus P.

82.1625

A

Devy Setyana

80.4375

A

Meryana Santya P.

83.4375

A

Fenti Andriyani

76.7375

B+

Akhmad Khamel

67.075

C

Jamaludin

69.425

C+

Didik Widianto

61.5625

C

Danang Priambodho

67.4375

C+

Aulia Fitria Fatma

76

B+

Irsha Septiema S.

79.05

B+

Dina Maya Anggraini

77.1875

B+

Diah Satiti

82.3

A

Soyanita Hernanda

68.35

C+

Cahyo Wibowo

51.5875

D+

 

 

Asisten Puji L.

Nama Nilai huruf Nama Nilai huruf
Devi Liana Rosa

78.225

B+

Elgadini Ayushima

81.525

A

Daud Madari

83.01

A

Lufi Tri Wahyu N.

80.5525

A

Galib Muttaqin

82.425

A

Mahendra Narpatmaja

73.2225

B

Merlyana Kusuma W

84.575

A

Yusuf Qordhowi

71.075

B

Alfien Aminul Islam

73.18

B

Achmad Firza Syafril

71.8125

B

Fani Bekti Pratiwi

74.95

B+

Shita Yusan Septyana

83.405

A

Riska Safitri M

84.19

A

Enggar Dwi Kartikasa

85.0375

A

Ismi Munajila

83.58

A

Kustania Probosuci

86.9125

A

Heru Eka Lodhita

72.1375

B

Muhammad Ridwan A.

82.5125

A

  Sigit Prayitno

82.3425

A

Septantrina Puspitas

78.48

B+

 

 

 

Asisten Sheila G.

Nama Nilai huruf Nama Nilai huruf
Faris Husnanto

74.5

B

Nurisya Alfiolena

79.5425

B+

Galuh Dian Paramita

74.46

B

Aditya Nugroho

0

E

Deddy Yuria Pranata

77.29

B+

Dhaniar P

78.44

B+

Anggara Prio Timur

75.26

B+

Kiki Mega

73.475

B

Achmad Idris Safi’i

77.49

B+

Qurrata a’yunin

81.04

A

Trisnoaji Wicaksono

77.36

B+

Adib Yabani

29.2625

E

Moch Hima Muchlasin

71.19

B

Gilang Pattangga F

78.0825

B+

Nisa Fadielah

82.34

A

Novi Rahmawati

79.85

B+

Octy Pamungkas S

62.75

C+

Nenah Absentia

78.2925

B+

Merinda Denok Nikita

73.88

B

Agung Wiyogo

76.84

B+

 

Asisten Wenda E.

Nama Nilai huruf Nama Nilai huruf
Putri Siska W

91.83

A

John Hardi Saragih

84.26

A

Novi Julian Pratiwi

90.02

A

Devie Cahaya N.

90.2

A

Ninggar Pramesti

86.13

A

Andreas Epenetus S.

83.1

A

Angga Dwi S.

78.55

B+

Nur Anas Firmansyah

80.88

A

Muhammad Adam Muharr

73.07

B

Priscilla Anggita D.

80.55

A

Heri Syahputra

87.125

A

Ayu Kurniawati P

80.28

A

Ayuniartika

88.61

A

Rida Hapsari

81.375

A

Sri Amalia Mandati

81.71

A

Priska Yovita

88.8

A

Novia Ayu Setiyaningt

85.95

A

Prima Sukmana Resma

89.46

A

Feri Surya Erlangga

82.71

A

Magiarso

79.33

B+

 

TUGAS PENGEMASAN – EKOLABEL

June 26th, 2012

KUIS

TEKNOLOGI DAN MENEJEMEN PENGEMASAN

Oleh:

                          Nama                  :  Wenda Enggartiani

                          NIM                     :  0911030061

                          Mata Kuliah     : Tekonologi dan menejemen pengemasan

                          Dosen pengampu: Ika Atsari Dewi, STP, MP

JURUSAN TEKNOLOGI INDUSTRI PERTANIAN

FAKULTAS TEKNOLOGI PERTANIAN

UNIVERSITAS BRAWIJAYA

MALANG

2012

 

 

PENERAPAN ECO-LABEL DI SEKTOR TEKSTIL & PAKAIAN DI TURKI

 

Peningkatan kompetisi global mendorong  administrasi bisnis untuk menerapkan strategi dan kebijakan customer-terpusat, sementara hal ini mendorong negara-negara untuk mempersiapkan peraturan baru untuk melindungi konsumen lokal pasar mereka. Sebagian besar peraturan penting ini melibatkan proses produksi, teknologi yang digunakan dan input fitur. Salah satu fitur nya dalah aplikasi eco-labeling, yang cepat menjadi luas dan lebih penting dalam kaitannya dengan ekonomi lingkungan. Industri tekstil dan pakaian jadi menghadapi kesulitan baru dalam menghadapi globalisasi ekonomi dunia dan persaingan yang berkembang pesat Pasar Asia. Perusahaan-perusahaan berusaha membedakan diri dengan merancang harga tekstil dan pakaian untuk bertahan di pasar ini. Dalam dunia yang menjadi lebih glabal dan lebih sadar tentang kesehatan dan lingkungan, setiap produk yang terbukti lebih mengutamakan lingkungan dan kesehatan yang ramah akan membantu perusahaan untuk memperoleh lebih banyak pelanggan.

Eko-label adalah instrumen yang sangat penting yang harus dipertimbangkan sebagai bagian dari tanggung jawab sosial perusahaan. Penelitian konsumen yang dilakukan di akhir tahun telah menunjukkan bahwa konsumen tidak konten dengan menuntut produk yang baik dan dapat diandalkan, tetapi juga mengharapkan perusahaan untuk mematuhi norma-norma tertentu perilaku sosial. Memang benar bahwa perilaku konsumen di Eropa telah dipengaruhi oleh kontribusi dan investasi yang dilakukan oleh perusahaan terhadap lingkungan, masyarakat dan aktivitas sosial mereka. Dalam cara yang sama, multinasional perusahaan tidak terbatas pada operasi lokal mereka, tapi pehormatan kepada mereka memperhatikan lingkungan selama kegiatan mereka berkembang atau negara terbelakang adalah salah satu kriteria konsumen. Kami memahami bahwa dalam praktek ekolabel yang bersangkutan merupakan aplikasi berbasis pasar dan sukarela atau dipaksa pada perusahaan oleh pasar, bukannya suatu pengaturan secara ketat hukum. Ini adalah logo yang menampilkan semua efek produk terhadap lingkungan, bersama dengan komposisi. Eropa eko-label yang mengevaluasi lingkungan kinerja produk tertentu dalam lingkup tertentu proyek-proyek pembangunan sosial. Penerapan label eko-adalah opsional, dan logo ini hanya indikasi terbuktinya  ekologi lingkungan. Kami melihat bahwa industri tekstil dan pakaian jadi, yang merupakan produksi utama Turki dan sektor ekspor, dan juga sudah menerapkan eko-label untuk memenuhi tanggung jawab sosialnya serta memperoleh keuntungan penting dalam persaingan global.

Eko-label yang dikembangkan di Uni Eropa pasar untuk konsep lingkungan dan produk tekstil sejak awal 1980-anmenerangkan pentingnya konsep lingkungan telah berkembang, yang melibatkan para produsen dan konsumen, dan hampir semua negara-negara industri telah membuat hukum untuk lingkungan yang sekarang berlaku. Kepekaan tumbuh terhadap lingkungan di negara-negara Uni Eropa yang mempengaruhi produk ekspor internasional dan eksportir. Sebagai hasil dari itu, pentingnya praktek produksi yang aman untuk lingkungan dan kesehatan manusia.Dengan demikian, di samping berbagai peraturan di Uni Eropa, label lingkungan sedang dikembangkan yang akan berlaku baik nasional maupun di seluruh Uni Eropa negara. Label lingkungan atau eko-label (Gambar 1) adalah alat yang menunjukkan kualitas lingkungan produk kepada konsumen. Juga menjawab kebutuhan konsumen untuk mendapatkan informasi tentang fitur lingkungan dari produk.  Penerapan Eco-label i merupakan fitur penting untuk perusahaan-perusahaan tekstil dan pakaian jadi yang menempatkan pentingnya lingkungan dan kesehatan. Saat ini penggunaan eko label ki menjadi kebutuhan bagi perusahaan karena tuntutan pelanggan. Dalam tulisan ini kita akan membahas struktur mengenai eko-label di negara-negara Uni Eropa bahwa Turki bertujuan untuk  mengintegrasikan, yang melibatkan studi penting dan peraturan, juga akan memberikan informasi tentang penelitian serupa dilakukan di Turki.

 

Gambar 1. Label lingkungan (ekolabel)

 

Standarisasi Internasional Organisasi:

Label lingkungan (eco-label), ditunjukkan pada Gambar 1 adalah label ditugaskan untuk produk yang dampak lingkungan akan dievaluasi berdasarkan kriteria ditentukan oleh pihak ketiga, dan yang opsional. Eko-label adalah ‘label ekologi’ yang menunjukkan bahwa dampak lingkungan yang merugikan yang diminimalkan selama instalasi, desain penggunaan dan pembuangan tahap produk. Ini menjamin kepada konsumen bahwa produk yang dimaksud adalah lingkungan yang handal, telah diproduksi dengan bahan environmentfriendly dan tidak mengandung bahan kimia berbahaya bagi konsumen. Label yang serupa digunakan di berbagai negara, misalnya di Jerman ada yang ‘Blue Angel’, di Eropa Utara yang ‘White Swan’, di Korea yang ‘Eco-tanda’ dan di Singapura yang ‘Green Label’. Para produsen yang mengekspor ke pasar Uni Eropa tidak terpatuh pada kriteria eko-label. Namun, mereka memenuhi kriteria ini dalam rangka mengambil keuntungan dari peluang yang timbul dari tren menuju konsumsi hijau di negara-negara Uni Eropa dengan menciptakan sebuah gambar yang sensitif terhadap lingkungan dan kesehatan manusia, dan dengan demikian mereka membedakan diri mereka sendiri dengan sering memanfaatkan eko-label sebagai alat pemasaran.

Tujuan dari aplikasi eko-label

Tujuan untuk mendorong desain, produksi, pemasaran dan penggunaan produk dengan dampak lingkungan diminimalkan selama hidup-rentang, dan untuk memperkenalkan konsumen dengan dampak lingkungan dari produkyang mereka gunakan (ini tidak diperlukan untuk makanan, minuman atau obat). Jerman adalah negara utama di Uni Eropa dalam hal minat populer di sensitivitas lingkungan, di mana mail order perusahaan memiliki saham mayoritas dalam lingkungan pasar tekstil dan pakaian jadi. Meskipun minat dalam lingkungan-sensitif produk meningkat, dan akibatnya pasar terkait tumbuh 15-60% per tahun, itu adalah sedikit penting dalam seluruh tekstil dan pakaian pasar. label tekstil ekologi di negara-negara Uni Eropa Negara-negara Uni Eropa telah mengembangkan Uni Eropa eko-label yang valid di seluruh Uni, sehingga menciptakan pelabelan sistem lingkungan sesuai dengan Peraturan Nomor 880 tanggal 23 Maret tahun 1992 dari Dewan Uni Eropa. Sistem ini melibatkan pemberian ramah lingkungan produk dengan label lingkungan. Bed-lembar dan T-shirt termasuk dalam kelompok produk yang akan diberikan. Menurut sistem pelabelan lingkungan Uni Eropa, berpendapat bahwa label lingkungan adalah opsional dan sukarela prosedur. Sejak Program Uni Eropa Ekologi Pelabelan telah gagal untuk berlaku, sebagian Eropa negara telah membuat kriteria sendiri untuk program serupa. Tidak seperti label ekologi (eco-label) dari Uni Eropa, ini simbol nasional tidak selalu akrab di negara-negara anggota lain, kecuali yang ‘Swan’ yang berlaku di Swedia, Norwegia dan Denmark, dan ‘SKAL’ label di Belanda dan Jerman. Program tersebut untuk simbol ekologi yang disiapkan oleh masing-masing negara menurut mereka kriteria sendiri diberikan di bawah ini secara singkat sedangkan beberapa label itu sendiri adalah ditunjukkan pada Gambar 2.

Gambar 2. Label ekologis tekstil lain di negara-negara Eropa

 

Ekologi label yang digunakan di Belanda Milieukeur label sebagai bagian perusahaan atas lingkungan konsep meningkat di Belanda, sistem pelabelan sukarela lingkungan telah dikembangkan pada tahun 1992. Ini program pelabelan sedang dilakukan oleh ‘Yang Stichting Milieukeur’, yang merupakan organisasi independen yang terdiri dari anggota pemerintah, konsumen, lingkungan kelompok, produsen dan pengecer. Kriteria label Milieukeur adalah bersangkutan terutama dengan finishing, pencelupan dan ukuran tekstil. Beberapa kriteria melibatkan partikel tersebar dalam udara dan air selama produksi proses. Penggunaan klorida mengandung bahan kimia tidak diperbolehkan dalam proses ¬†pemutihan, dan jumlah logam berat yang ada dalam produk akhir yang terbatas, seperti juga penggunaan beberapa, pewarna kimia dan formaldehida.

SKAL adalah organisasi mengawasi metode produksi organik, dan itu kewenangan yang oleh pemerintah Jerman dan Belanda menurut EU Nomor 2092/91. Ini melakukan pengawasan dan hibah nasional & internasional sertifikat. Perusahaan-perusahaan diawasi oleh SKAL berhak untuk menggunakan label ECO kualitas setelah mereka menerima sertifikat produk. Tanda-tanda simbol Kualitas ECO ‘yang diberikan oleh SKAL menunjukkan bahwa setelah pemeriksaan obyektif, produk tersebut telah ditemukan dihasilkan oleh metode produksi organik. Jadi SKAL memiliki hak untuk memberikan yang ‘Kualitas Simbol ECO’ menunjukkan bahwa produk tersebut sesuai dengan standar metode produksi organik. Para observasi sistem SKAL tidak hanya menetapkan produksi serat alami sesuai dengan standar tentang organik produksi, tetapi juga mencakup lingkungan kriteria tentang semua produksi tahap dan kemasan proses produk akhir . ECO ini simbol kualitas yang ditambah pada produk sebagai paket jaminan konsumen bahwa dihasilkan oleh metode alami dan environmentfriendly.

ekologi label yang digunakan di Jerman Label Blue Angel atau Malaikat Biru adalah label utama dalam

Jerman, dan tujuannya adalah untuk membimbing konsumen dalam pembelian baik kualitas produk serta mendorong para produsen untuk lingkungan-sensitif produksi. The Blue Angel memungkinkan industri untuk sertifikasi lingkungan dan kecukupan secara sederhana dan cara yang murah. Perusahaan-perusahaan yang menggunakan label ini memiliki kesempatan untuk meningkatkan. potensial pemasaran mereka untuk produk dan layanan mereka hingga batas tertentu. Selain itu, label ini membantu konsumen untuk preferensi pembelian.

SG Label (Schadstoffgepr√ľft-Zeichen) Label SG diberikan untuk produk tunduk pada pengujian bahan berbahaya. Ini menjamin pelanggan bahwa jumlah bahan berbahaya yang digunakan selama produksi berada pada tingkat minimum. Itu Nilai batas ditentukan untuk kulit, tekstil, kertas, kayu, gabus, plastik dan perekat produk, dan yang mengandung bahan berbahaya bawah ditentukan Nilai batas berhak mendapatkan label SG. Para ekologi label digunakan di Perancis. Di Perancis label ‘NF environnement diperkenalkan pada tahun 1992 oleh AFNOR (Asosiasi Fran√ßaise de Normalisasi), yang standardisasi nasional organisasi negara ini. Label ini adalah opsional, juga, seperti di negara lain. Para ekologi label yang digunakan di Swedia Falcon label Kelompok produk yang berada dalam lingkup label ini juga termasuk tekstil produk. Produk sesuai dengan kriteria terkait menanggung tanda yang “BRA Milj√∂val ‘tertulis (pilihan yang baik mengingat lingkungan). Selain itu, produk berhak untuk label ini adalah diterbitkan dalam Panduan Belanja oleh Swedia Asosiasi untuk Perlindungan Alam .

The Krav label Asosiasi Swedia Pertanian Organik) memberikan bantalan label sendiri nama untuk produk tekstil yang mengandung serat organik. Untuk mendapatkan Krav label, kesesuaian dengan kriteria mirip dengan Label ECO diperlukan. Para ekologi label yang digunakan di utara Negara-negara Eropa The ‘Nordic Swan’ ekologi label yang berlaku di Swedia, Norwegia, Finlandia dan Islandia yang diberikan kepada produk yang mencemari lingkungan untuk tingkat minimal, mirip dengan ‘Milieukeur’ label Belanda. Tekstil dan produk pakaian jadi termasuk dalam produk kelompok tertutup oleh label SWAN (Label Ekologis Nordic). Produk-produk adalah pakaian bayi, pakaian, pakaian luar, gorden, kain dan tempat tidur-lembaran. Cara mendapatkan eco-label Label ini juga digunakan dalam evaluasi dibuat untuk Lingkungan Eropa Awards, yang berlangsung setiap dua tahun dan yang merupakan salah satu dari berbagai metode yang diterapkan oleh negara-negara Uni Eropa untuk mendorong industri Eropa untuk mengembangkan kebijakan lingkungan yang efisien.

Manfaat dari eko-label yaitu Peningkatan peluang pasar ekspor: Para produsen tekstil dan pengecer mungkin akan memaksa lebih dan lebih sering menggunakan internasional eko-label. Memperoleh eko-label akan memfasilitasi peningkatan peluang di pasar ekspor. Peningkatan kualitas produk penghapusan material yang bisa berbahaya bagi konsumen dari kain akan meningkatkan kualitas produk. Peningkatan pabrik gambar dan efek positif pada motivasi dari personil. Produksi yang sensitif terhadap ekologi manusia dan lingkungan dan sertifikasi daripadanya tidak hanya meningkatkan kualitas produk, tetapi juga meningkatkan keandalan dan citra perusahaan pada publik pendapat. Lingkungan label seperti eko-label dapat dilihat sebagai ‘citra sosial’ baru yang diciptakan oleh perusahaan multinasional, dan sebagai arus masalah bagi peningkatan jumlah perusahaan di seluruh dunia. Itu peningkatan citra sosial dari perusahaan memperbesar pelanggan portofolio dan meningkatkan kompetitif kekuatan serta motivasi personil, mempengaruhi produktivitas positif. Peningkatan kinerja lingkungan: Sebagai akibat dari penurunan penggunaan air, energi dan bahan baku, jumlah dan tingkat potensi polusi dari berbagai emisi juga akan berkurang. Sebagai langkah untuk memperoleh ISO 14000 dan ISO 9000 sertifikat.

 

Penerapan eko-label di Turki

Pemeriksaan distribusi eko-label perusahaan di seluruh dunia ditujukan di Turki, negara di mana sektor tekstil dan pakaian jadi membuat kontribusi terbesar bagi bruto produk nasional, dengan produksi nilai sekitar US $ 40 miliar, tidak ada eko-label perusahaan, meskipun ada banyak yang sesuai dengan eko-tex standar. Alasan mungkin dijelaskan sebagai berikut:  presentasi tidak cukup ekolabel dibandingkan dengan label environmentfriendly lain (Eco-tex Standard 100 dll, biaya tinggi eko-label produksi,  kenyataan bahwa konsumen di pasar domestik tidak cukup sadar dan / atau sensitif tentang lingkungan, atau orang dengan pendapatan rendah menuntut produk tekstil murah, bahkan meskipun mereka mungkin lingkungan -Sensitif dan sadar bahwa produk ecolabelled lebih ekologis ini akan membuatnya tidak perlu untuk seperti perusahaan untuk mendapatkan eco-label, kebijakan yang tidak memadai dari pemerintah untuk mendorong eko-label produksi. Sebagai bagian dari dukungan pemerintah untuk biaya lingkungan, adalah mungkin untuk memulihkan sebagian uang yang dihabiskan untuk mendapatkan sertifikat menyetujui bahwa produk dari setiap perusahaan Turki sesuai dengan standar internasional. Ini berarti bahwa pemerintah mendorong perusahaan untuk mendapatkan dokumen-dokumen yang disebutkan di sini bawah ini, dan jumlah subsidi yang telah ditetapkan sebagai 50% dari biaya sertifikasi. Jumlah eko-label perusahaan dan eko-label perusahaan tekstil di dunia (April 2005). Adaptasi dengan kebijakan perdagangan umum dengan Uni Eropa, salah satu mata pelajaran yang paling penting bagi industri tekstil adalah pembatasan produksi, impor dan penggunaan bahan kimia berbahaya bagi kesehatan manusia. Di Jerman, Belanda dan Swedia, serta di beberapa negara Eropa lain ada peraturan hukum yang melibatkan bahan kimia berbahaya bagi kesehatan manusia, dan beberapa peraturan lainnya juga sedang dipersiapkan. Tekstil dan pakaian jadi Produk ini dikenakan sebagian besar pembatasan teknis dalam pasar internasional dan di Uni Eropa pada khususnya. Negara-negara Uni Eropa telah menempatkan lingkungan baru standar dalam praktek di seluruh dunia oleh sistem pelabelan lingkungan, yaitu Eco-label dan Eco-tex Standar ramah lingkungan produksi tekstil. Yang masuk produk ke negara-negara Uni Eropa tunduk pada standar ini. Kuota akan dibatalkan setelah 2005, dan selanjutnya pembatasan teknis akan dimanfaatkan untuk membatasi produk tekstil dan pakaian jadi dari negara-negara berkembang. Oleh karena itu, tekstil Turki dan industri pakaian jadi harus mengadopsi berkualitas tinggi dan lingkungan-ramah produksi agar mampu bersaing dengan negara-negara seperti China, dimana biaya produksi sangat rendah.

Kesimpulan

Sensitivitas terhadap produksi dan konsumsi sesuai dengan standar lingkungan yang berkembang dari hari ke hari di seluruh dunia. Sekarang produksi memenuhi internasional kualitas dan standar lingkungan sangat diperlukan agar dapat untuk bersaing di pasar internasional. Perusahaan Turki harus memenuhi standar, dan juga disertifikasi. Sektor yang memberikan kontribusi besar terhadap perekonomian nasional tentang lapangan kerja, nilai tambah pendapatan dan potensi ekspor, harus memenuhi standar internasional dalam rangka untuk dapat mempertahankan efisiensi dalam pasar internasional, serta posisinya sebagai sektor utama menciptakan pendapatan nilai tambah yang paling.  Akibatnya, selain dari kuota, perlu waspada terhadap teknis pembatasan yang dapat dikenakan oleh para negara industri, khususnya dengan tujuan melindungi lingkungan. Sementara mengintegrasikan dengan Uni Eropa, strategi yang benar untuk sektor untuk mengadopsi untuk meminimalkan kerugian adalah memenuhi teknis kebutuhan, mengawasi baru standar untuk perlindungan lingkungan diterima oleh Uni Eropa, dan menyesuaikan diri dengan mereka. Kebijakan seperti akan sangat menguntungkan dari Turki tekstil dan sektor pakaian jadi, yang akan dipaksa oleh internasional dalam persaingan dari beberapa negara (Cina, India, Pakistan dan negara-negara costcentred lainnya), dan itu akan memungkinkan sektor ini untuk membedakan sendiri. Itu Turki produk tekstil, ketika sesuai dengan petunjuk Uni Eropa dan dengan label lingkungan diterima oleh negara-negara Uni Eropa, tidak akan terbatas dengan pembatasan teknis, dan akan mendapatkan kekuatan kompetitif yang lebih tinggi di pasar internasional. Paling penting dari semua, dengan mengadaptasi sendiri ke label lingkungan diterima oleh Uni Eropa, tekstil Turki dan industri pakaian akan merek dagang, dan dengan demikian akan dapat meningkatkan harga produk-produknya. Oleh karena itu, perlu untuk meningkatkan peran pemerintahan untuk mendukung diberikan kepada perusahaan kecil dan menengah pada khususnya, dan untuk mendorong perusahaan untuk memproduksi sesuai dengan norma-norma Uni Eropa.

JURNAL EKOLABEL DAPAT DIDOWNLOAD DIPENERAPAN ECO-LABEL DI SEKTOR TEKSTIL & PAKAIAN DI TURKI

RE-DESAIN KEMASAN

June 6th, 2012

DESAIN KEMASAN

–¬†¬†¬†¬†¬†¬† Profil Produk

          Kookii adalah sebuah jajanan dari ayam yang di potong-potong dan diberi variasi rasa seperti garlic, cilli, blackpepper, original dan curry.  Kookii berdiri di beberapa stand  foodcourt di daerah malang. Pengamatan kali ini, kookii yang diamati adalah kookii yang berada di foodcourt Matos. Proses pembuatan Kookii yaitu ayam fillet pertama digoreng, setelah matang dipotong kecil-kecil dan diberi bumbu sesuai pesanan.  Produk ini masukkan ke dalam kemasan kantung kertas dan sebuah tusukan untuk memudahkan konsumen memakannya.

–¬†¬†¬†¬†¬†¬† ¬†Desain Lama

Kemasan kertas yang digunakan tipis sehingga minyak dari ayam mudah terserap, sehingga kertas kemasan menjadi basah karena minyak tersebut. Kemasan produk Kookii didominasi dengan warna putih dan orange, dilengkapi dengan gambar ayam di pinggirnya. Desain lama dari kemasan Kookii dapat dilihat di Gambar 1.

Gambar 1. Desain Lama Kemasan Kookii

 

Kelebihan dan kekurangan desain lama:

Desain kemasan lama yang terbuat dari kertas tipis ini lebih murah sehingga menekan biaya kemasan. Desain kemasan lama yang didominasi warna orange membuat kemasan terkesan monoton dan tidak menarik. Kemasan yang tipis dan terlalu tinggi ini tidak ergonomis saat dibawa karena minyak dari produk tembus ke kemasan meskipun kemasannya sudah dilapisi semacam kertas buram.

Desain baru

            Desain baru dari kemasan Kookii yaitu mempertebal ketebalan kertas dan kekakuan kertas, memotong panjang kertas sehingga tidak terlalu tinggi, memperkaya warna kemasan sehingga warna lebih menarik. Desain baru kemasan Kookii dapat dilihat pada Gambar 2.

Gambar 2. Desain Baru

 Kelebihan dan kekurangan:

Desain baru dari kemasan Kookii ini terbuat dari kertas tebal sehingga kemasan Kookii ergonomis saat dibawa karena minyak tidak tembus keluar kemasan. pembaharuan ukuran Kookii yang dijadikan lebih pendek dari semula sehingga mudah untuk mengkonsumsi ayam fillet. Desain kemasan diperkaya warna dan gambar sehingga lebih informatif dan menarik konsumen dari segi kemasan.  tetapi dengan banyak warna dan tebal kertas dipertebal membuat biaya kemasan lebih tinggi dari semula tetapi jika dibandingkan dengan kemasan lain dengan produk yang sama tidak berpengaruh karena kemasan lain dengan jenis produk yang sama menjual dengan harga yang sama dengan harga Kookii saat memakai kemasan lama. Perubahan desain ini hanya akan menurunkan sedikit keuntungan dari produsen tetapi jika produk bisa bersaing maka tidak akan rugi.

Cara produsen menentukan daya simpan produk.

Kookii yang merupakan  makan cepat saji yang berbahan baku ayam maka untuk menentukan daya simpan produk yang dijual produsen dari Kookii ini menetapkan daya simpan kookii yang masih mentah relatif lama jika disimpan di dalam freezer jadi produsen membuat produk jadi setelah ada pesanan. Produk yang sudah jadi bertahan satu hari disuhu ruangan, karena tekstur dari produk tersebut kering. Berdasarkan produk yang dibuat itulah Kookii memilih kemasan paper bag, karena produk yang dijual merupakan produk cepat saji yang bisa langsung dimakan. Agar mudah dibawa konsumen, maka digunakan paper bag yang tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil

Produsen menganggarkan untuk biaya kemasan sekitar 30% ini bisa dilihat dari kemasan kookii yang sederhana dan cenderung biasa saja dibanding dengan kemasan yang lainnya. Kemasan Kookii ini juga bahan kertasnya tipis dan desainnya tidak terlalu rumit yang melibatnya banyak warna atau garis.

untuk powerpoint presentasi pengemasan dapat mengirim pesan ke wendaenggar@ymail.com atau bisa didownload disini

KORELASI STATISTIK

April 9th, 2012

a. Pengertian

Korelasi adalah istilah statistik yang menyatakan derajat hubungan linier (searah bukan timbal balik) antara dua variabel atau lebih. Korelasi merupakan teknis analisis yang termasuk dalam salah satu teknik pengukuran asosiasi/ hubungan, korelasi untuk mengetahui hubungan antara variabel. Dua variabel dikatakan berasosiasi jika variabel yang satu mempengaruhi variabel yang lain. Jika tidak terjadi pengaruh, maka kedua variasi tersebut independen.

b. Karakteristik korelasi mempunyai karakteristik-karakteristik diantaranya :

a)      Kisaran korelasi

kisarana range korelasi mulai dari 0 sampai dengan 1. Korelasi dapat positif dan dapat pula negatif.

b)     Korelasi sama dengan nol

Korelasi sama dengan nol mempunyai arti tidak ada hubungan antara dua variabel. Jika dilihat dari sebaran data.

c)      Korelasi sama dengan satu

Korelasi sama dengan +1 artinya kedua variabel mepunyai hubungan linier sempurna membentuk garis lurus positif.

Korelasi sama dengan -1 artinya variabel mempunyai hubungan linear sempurna membentuk garis lurus negatif.

Keoefisien korelasi ialah pengukuran statistik kovarian atau asosiasi antara variabel. Besarnya koefisien korelasi berkisar antara +1 s/d -1. Koefisien korelasi menunjukan kekuatan hubungan linear dan arah dua variabel acak. Jika koefisien korelasi positif maka kedua variabel mempunyai hubungan searah. Artinya jika variabel X tinggi maka variabel Y tinggi pula. Sebaliknya koefisien korelasi rendah maka kedua variabel hubungan terbalik, artinya jika nilai variabel X tinggi maka nilai variabel Y rendah.

c. Interpretasi korelasi

Untuk melakukan interpretasi kekuatan hubungan antara dua variabel dilakukan dengan melihat angka koefisiensi korelasi hasil perhitungan dengan menggunakan kriteria sebagai berikut:

Jika angka koefisien korelasi menunjukkan 0, maka kedua variabel tidak mempunyai hubungan.

–¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬† Jika angka koefisien korelasi mendekati 1, maka kedua variabel mempunyai hubungan semakin kuat

–¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬† ¬†Jika angka koefisien korelasi mendekati 0, maka kedua variabel mempunyai hubungan semakin lemah

–¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬† Jika angka koefisien korelasi sama dengan 1, maka kedua variabel mempunyai hubungan linier sempurna positif

–¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬† Jika angka koefisien korelasi sama dengan -1, maka kedua variabel mempunyai hubungan linier sempurna negatif

d. Macam-macam Teknik Korelasi

‚ÄĘ Product Moment Pearson : Kedua variabelnya berskala interval

‚ÄĘ Rank Spearman : Kedua variabelnya berskala ordinal

‚ÄĘ Point Serial : Satu berskala nominal sebenarnya dan satu berskala interval

‚ÄĘ Biserial : Satu berskala nominal buatan dan satu berskala interval

‚ÄĘ Koefisien kontingensi : Kedua varibelnya berskala nominal

e. Nilai r

korelasi dilambangkan dengan (r), persamaan atau rumusnya yaitu

 

‚ÄĘ Nilai r terbesar adalah +1 dan r terkecil adalah ‚Äď1. r = +1 menunjukkan hubungan positip

sempurna, sedangkan r = -1 menunjukkan hubungan negatip sempurna.

‚ÄĘ r tidak mempunyai satuan atau dimensi. Tanda + atau – hanya menunjukkan arah

hubungan. Sebelum mencari r terlebih dahulu mencari nilai dari JXY, JXX, JYY yaitu dengan menggunakan rumus sebagai berikut:

DESKRIPSI PRODUK

March 19th, 2012

1.1  Minute Maid Pulpy Orange

       Minuted Maid Pulpy Orange (MMPO) merupakan produk minuman yang berbasis jus buah jeruk dengan penambahan bulir jeruk. Bulir jeruk pada minute maid pulpy orang diimpor dari Florida Foods Corporation. Komposisi dari produk ini adalah base juice, air, dan bulir jeruk. Minute maid ini merupakan salah satu produk keluaran dari The Coca-cola company. Produk ini diluncurkan pertama di indonesia tahun 2008. Kandungan dari minuted maid sendiri diantaranya yaitu:

Kandungan

Jumlah

Energi 164 kkal
Lemak Total 0 g (% AKG*)
Karbohidrat Total 41 g (14% AKG*)
Protein : 0 g (% AKG*)
Gula 32 g
Natrium 30 mg (1% AKG*)
Vitamin C : 118 mg (130% AKG*)

 

Minute maid pulpy orange dalam kemasan botol plastik ukuran 350 ml dengan harga yang terjangkau yaitu Rp 5200 per botol. Minuted Maid Pulpy Orange (MMPO) ini di kemas dengan menggunakan kemasan PET (Poly Ethylene Terephthalate) yang masih setengah jadi (preform) sehingga perlu adanya pengolahan preform hingga menjadi botol. Pembentukan preform menjadi botol menggunakan sistem tiup dan cetak. Blow mould merupakan mesin untuk pembentukan preform, sistem kerjanya adalah memanasi preform hingga preform menjadi lunak dilanjutkan dengan peniupan dengan pipa dan pembentukan botol. tahap terakhir dari sistem kerja blow mould adalah rinse, yaitu menyemprotkan air pada dasar botol bertujuan menjadikan botol kuat saat pengisian. Minuted Maid Pulpy Orange (MMPO) memiliki cari-ciri berbotol PET dengan label horisontal (tidak ada sekat pemisah) dan rekat dengan botol.

Gambar 1. Minute maid dengan bulir jeruk

1.2  Karakteristik botol PET (Poly Ethylene Terephthalate):

PET banyak digunakan dalam laminasi (pelapisan), terutama untuk bagian luar suatu kemasan sehingga kemasan memiliki daya tahan yang lebih baik terhadap kikisan dan sobekan. PET juga digunakan sebagai kantong makanan yang memerlukan perlindungan, seperti buah kering, makanan beku dan permen. PET memiliki sifat :

  • Transparan (tembus pandang), bersih dan jernih.
  • Memiliki sifat beradaptasi terhadap suhu tinggi (300¬įC) yang sangat baik.
  • Permeabilitas uap air dan gas sangat rendah.
  • Tahan terhadap pelarut organic, seperti asam-asam dari buah-buahan, sehingga dapat digunakan untuk mengemas produk sari buah.
  • Kuat, tidak mudah sobek. Botol plastik yang menggunakan PET mampu menahan tekanan yang berasal dari minuman berkarbonat.

Gambar 2.  preform

PENYIMPANGAN PRODUK

March 19th, 2012

2.1 Perubahan Produk secara Mekanis

Karena kemasan produk Minuted Maid Pulpy Orange (MMPO) ini terbuat dari PET (Poly Ethylene Terephthalate) yang masih setengah jadi (preform) sehingga perlu adanya pengolahan preform hingga menjadi botol.  Karakteristik utama dari PET adalah plastik, tembus pandang (transparan), permeabilitas uap air dan gas rendah sehingga kemungkinan terjadi kerusakan mekanis pada kemasan saat penyimpanan di pasaran meliputi:

  • ¬†Kemasan botol

Р     Botol PET ini peyok saat tekanan antar kemasan tersier melebihi kapasitas.

Р    Botol PET ini juga menggembung saat tekanan di luar sangat tinggi dan mengerut saat tekanan di luar lebih rendah.

  • ¬†Label pada kemasan

Р    Pelabelan pada Minuted Maid Pulpy Orange (MMPO) dilakukan dengan pelabelan horisontal sehingga menggunakan sensor,       jika terjadi penggembungan produk maka label akan pecah karena tidak ada sekat untuk mengelupas.

  • Penyimpanan beku

– Jika minute maid pulpy disimpan di suhu beku saat pengiriman akan terjadi penggumpalan produk. Pada saat pencairan akan berbeda produknya dari yang normal.

2.2 Perubahan produk secara kimiawi

Kerusakan kimiawi pada produk tergantung pada cara penyimpanan. Kemungkinan kerusakan kimiawi pada Minuted Maid Pulpy Orange yaitu

–¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬† Namun botol PET tidak tahan terhadap sinar ultraviolet, sehingga tidak mampu melindungi kandungan yang mudah rusak oleh sinar UV seperti vitamin C.

–¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬† Penyimpanan yang salah akan menjadikan rasa dan aroma serta penampakan dari Minuted Maid Pulpy Orange menjadi berubah. Minuted pulpy orange yang penyimpanannya dekat dengan benda berbau tajam membuat rasa produknya berubah.

–¬†¬†¬†¬†¬†¬†¬† Penyimpan yang berhubungan langsung dengan matahari membuat warna dari produk berubah kuning pudar sehingga penampakannya tidak semenarik produk normal.

2.3 Perubahan Produk secara Mikrobiologis

mikroorganisme pada produk makanan/minuman berasal dari : (1) Bahan baku (raw material ), semakin kompleks komponen penyusun pada bahan baku suatu produk semakin beraneka ragam jenis mikroba yang dapat ditemukan; (2) Lingkungan, mikroorganisme yang mengkontaminasi produk dapat berasal dari lingkungan air, tanah dan udara; (3) Peralatan, Jenis peralatan yang digunakan selama proses pembuatan minuman/makanan  dapat merupakan sumber kontaminasi mikroorganisme.

Perubahan produk karena mikroorganisme tidak begitu nampak oleh kasat mata. Perubahannya pada kandungan dari produk minute maid pulpy orange dan efek dari produk tersebut.

Mikroorganisme yang timbul akibat dari lingkungan produk yaitu  lingkungan yang  tidak sesuai seperti lembab, kotor dan lainya. Bakteri patogen dan salmonella sp akan akan tumbuh dibotol dan sekitar tutup botol sehingga kemungkinan bisa masuk kedalam disamping itu meskipun permeabilitas rendah untuk kemasan PET tetapi PET itu sendiri juga masih berpori sehingga juga menjadi tempat masuknya bakteri.

Upaya untuk mencegah pertumbuhan bakteri patogen yaitu dengan sistem dingin dengan Refrigerasi yaitu proses pengawetan dengan cara menurunkan suhu produk, proses pendinginan dapat menggunakan es-es balok maupun lemari es (refrigerator). Hal ini selain menghambat pertumbuhan bakteri akibat pemanasan produk karena matahari, juga menghindari kondisi lingkungan yang tidak baik.

PENUTUP DAN DAFTAR PUSTAKA

March 19th, 2012

3.1 Kesimpulan

            Minuted Maid Pulpy Orange (MMPO) merupakan produk minuman yang berbasis jus buah jeruk dengan penambahan bulir jeruk. Produk ini memiliki kandungan utamanya yaitu Vitamin C 118 mg (130% AKG*). Minute maid ini merupakan salah satu produk keluaran dari The Coca-cola company. Minuted Maid Pulpy Orange (MMPO) ini di kemas dengan menggunakan kemasan PET (Poly Ethylene Terephthalate) yang masih setengah jadi (preform) sehingga perlu adanya pengolahan preform hingga menjadi botol. Dimana karakteristik dari PET adalah transparan dan permeabilitas rendah.

Penyimpangan Produk dapat dilihat dari perubahan produk secara Mekanis, perubahan Produk secara kimiawi, perubahan produk secara biokimiawi dan perubahan produk secara mikrobiologis. Produk minute maid pulpy orange pada perubahan produk secara mekanis berakibat pada kemasannya yaitu peyok, label pecah dan pengerutan serta penggembungan produk. Perubahan kimiawi meliputi kehilangan vit c dan warna, rasa serta penampakan berubah. Perubahan mikrobiologis yaitu di terkontaminasi dengan salmonella sp dan mikroba patogen yang menyebabkan beralihnya fungsi menjadi sumber penyakit.

1.2    Saran

Perubahan produk sangat dipengaruhi oleh cara penyimpanan, baik dari perubahan karena mekanis, kimiawi maupun mikroorganisme sehingga untuk melengkapi makalah ini perlu dikaji  penyebab perubahan dan cara mengatasi kerusakan produk.

DAFTAR PUSTAKA

 Badan Standarisasi Nasional, 2009.  Standar Nasional Indonesia Batas maksimum penyebaran mikroba dalam pangan SNI 7388:2009

Yuyun a dan delli G. 2011. Cerdas Mengemas Produk Makanan dan Minuman. Hal 78-80. Penerbit PT Agromedia Pustaka. Jakarta

Blog resmi coca-cola amatil indonesia. http://www.coca-colaamatil.co.id/. tanggal akses 18 maret 2012

Expresi Dunia Pangan

March 16th, 2012
TAUKAH ANDA KENAPA IKAN YANG KITA MAKAN ADA YANG BERASA ENAK TETAPI JUGA ADA JUGA YANG BERBAU????
 Hal ini dikarenakan adanya perlakuan pendahuluan sebelum memanen ikan. Perlakuan pendahuluan yang salah menyebabkan peningkatan emosi dan kondisi fisik dari ikan sebelum dipotong. Hewan yang tidak banyak bergerak, diberi makanan yang cukup akan menghasilkan daging ikan yang baik. Demikian juga dengan ikan yang dikail akan menghasilkan olahan yang lebih baik dari pada ikan yang ditangkap dengan jaring.  LHA KENAPA DEMIKIAN??
Hal tersebut diatas disebabkan oleh karena perubahan kadar glikogen dalam jaringan. Segera setelah ikan mati akan terjadi perubahan biokimiawi dari
Glikogen            menjadi            asam laktat

Hewan yang dibunuh tanpa banyak mengalami penderitaan atau yang dipelihara dalam lingkungan yang tenang tidak banyak melakukan pergerakan maka pada saat dibunuh mengandung kadar glikogen yang tinggi. Glikogen tersebut akan diubah menjadi asam laktat sehingga asam laktat yang dihasilkan cukup banyak hal ini menyebabkan ph menjadi rendah. Pada hewan atau ikan yang dibunuh tanpa banyak pergerakan apakan menurunkan pH hinggs 1-8 uniy. Bila pH awal 7 makan phnya akan berkisaran antara 5,1 – 6,1. Rendahnya pH tersebut mempunyai dampak positif sebagai berikut:
– Struktur ikan terbuka
Р Warna merah terang
Р Bau enak bila diolah
– Tahan terhadap serangan mikro-organisme.

ikan tersebut mempunyai kualitas yang baik terutama bila akan dibuat bahan baku yang segera diolah.
YUKKK MARII _menenangkan ikan sebelum membunuhnya ūüėÄ
kunjungi blogku ya di¬†http://expresipangan.blogspot.com/¬†ūüôā trima kasih

Hello world!

March 12th, 2012

Selamat datang di Student Blogs. Ini adalah posting pertamaku!