Berbagi Wawasan Keilmuan | Blog personal mahasiswa Universitas Brawijaya yang ingin berbagi wawasan keilmuan

Karut Marut Sistem Pendidikan Kedokteran Indonesia

Saatnya Kampus Harus Jadi Motor Penggerak Bangsa

Sekolah Vokasi Undip Buka Program Keahlian Khusus

Benarkah Samsung Akan RIlis Ponsel Android Murah

Kiat agar Semangat Saat Melakukan Penelitian Ilmiah

Tips Merintis Bisnis, Olahraga, hingga Keluarga

Dedi menyambung kalau tindakan di muka pintu keluar DPRD Sumatera itu dilaksanakan dengan membentangkan poster serta banner. Dalamnya, penyampaian seruan pencopotan Menteri Perdagangan, penurunan Walikota Medan, kekecewaan pada Presiden Jokowi, dan kurangnya peliputan yang dilaksanakan media tv pada tindakan yang diadakan pihaknya.

Baca Juga: pengertian pemasaran

Massa juga sudah sempat di terima oleh perwakilan anggota DPRD Sumatera Utara dari Fraksi PKS, Zulfikar, kurang lebih waktu 13. 46 WIB.

Baca Juga: supervisor adalah

Tapi, semenit berselang tindakan lempar-lemparan batu antarkubu simpatisan Jokowi serta mahasiwa berlangsung. Kericuhan antarkedua team dengan sama sama melempar batu kembali berlangsung waktu 14. 49 WIB hingga polisi ambil langkah pengendalian massa.

Artikel Terkait: algoritma pemrograman

Kader Kami Ditembak, RS serta Polisi Bungkam
Karena kericuhan ke-2 massa hingga sama sama lempar pada ke-2 group. Polisi juga lakukan tindakan persuasif dengan membubarkan semua massa. Tapi, cara tadi disikapi dengan tindakan sama sama lempar batu kerikil sampai mengakibatkan belasan orang alami luka-luka.

Dedi berkata, pihaknya juga mengamankan dua orang mahasiswa yang lakukan perusakan mobil dinas kepolisian Polrestabes Medan.

Awal kalinya, di social media tersebar beberapa mahasiswa yang diklaim jadi korban represif aparat kepolisian. Salah satunya, video mahasiswa berjas hijau terluka dengan darah mengucur dari kepala serta penuhi parasnya.

10 mahasiswa terluka serta dua yang lain diamankan polisi waktu lakukan tindakan ricuh lakukan unjuk perasaan di muka kantor DPRD Sumatera Utara.

Terkecuali itu, ada sekumpulan mahasiswa yang dimaksud hingga mesti berlindung di markas Kodim untuk berlindung dari perbuatan represif aparat kepolisian.

No tags

Sep/18

24

Dampak Adanya Demonstrasi Lalin di Ciputat Macet Parah

Situasi arus lalu lintas di jalanan kawasan Ciputat, Tangerang Selatan, Banten, pada Senin pagi ini mengalami macet parah. Salah satunya di Jalan Ir H Juanda. Hal ini disebabkan adanya massa demonstran di depan Kantor G4S.

Kendaraan bermotor di lokasi tersebut, baik roda dua maupun empat, tampak tidak bisa bergerak. Kondisi macet parah dilaporkan juga terjadi sampai Pasar Jumat.

Baca Juga: pengertian demokrasi 

Macet Parah di Ciputat, Pengguna Jalan Mengeluh Terjebak Berjam-jam
Lalin di Senayan dan Pancoran Terpantau Mulai Ramai. Senin Pagi, Lalu Lintas di Sejumlah Ruas Jalan Ibu Kota Macet.

Baca Juga: pancasila sebagai dasar negara  

“@TMCPoldaMetro @RadioElshinta jl. Ir juanda ciputat stuck…macet parah,” tulis akun media sosial Twitter @martinyosal, seperti dikutip Okezone, Senin (24/9/2018).

Artikel Terkait: pengertian hukum

Jalanan macet total di IR. H Juanda Ciputat. Ternyata ada demo di pasar jumat… 😩

08.40 – 24 Sep 2018

Lihat Tweet Titi_Razak lainnya. Info dan privasi Iklan Twitter.
Hingga berita ini ditayangkan, massa demonstrasi tampak masih menutupi sebagian jalan. Petugas yang berada di sana pun segera memberikan pengaturan agar kendaraan masih bisa melintas.

No tags

Mempelajari bahasa Indonesia, tidak perlu repot lagi. Utamanya, saat belajar tentang majas. Semakin mudah, berkat peran mahasiswa Universitas Muhammadyah Malang (UMM), yang telah berhasil menciptakan aplikasi online berbasis android 1001 Majas.

Aplikasi ini dapat membantu pelajar memahami jenis-jenis majas atau gaya bahasa. Majas biasanya menjadi salah satu materi di pelajaran Bahasa Indonesia untuk siswa SD, SMP, dan SMA.

Baca Juga: implementasi adalah 

Ide awal pembuatan aplikasi ini, muncul dari Dini Anggita Sumantri, dan Wulan Ria Anggraini. Keduanya, merupakan mahasiswi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UMM.

Baca Juga: Resume adalah 

Dalam perjalanannya, kedua mahasiswa ini akhirnya melibatkan teman mahasiswa lainnya, yakni Shodiq Imam Purnomo, dan Farih Nazihullah yang merupakan mahasiswa Program Studi Teknik Informatika Fakultas Teknik UMM.

Artikel Terkait: pengertian analisis 

Sementara, untuk konsep isi aplikasi maupun komik yang menjadi salah satu metode pembelajaran dalam aplikasi tersebut, mereka dibantu oleh Faisal Hidayat, mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi UMM.

Dini mengaku, pembuatan aplikasi majas ini berawal dari melihat kebutuhan para pelajar, yang membutuhkan penunjang dalam proses pembelajaran. “Melalui aplikasi ini, mereka diharapkan semakin mudah mengenali berbagai majas dalam pelajaran Bahasa Indonesia,” kata dia, Selasa (29/5/2018)

Aplikasi berbasis android menjadi pilihan, karena pelajar saat ini sangat akrab dengan gadget berbasis android, dari pada buku. Dini dan Wulan, menggandeng Shodiq, Farih, dan Faisal untuk mewujudkan inovasi ini, karena dinilai memahami tentang aplikasi online berbasis android.

Kolaborasi para mahasiswa lintas program study di UMM tersebut, mampu mewujudkan aplikasi pembelajaran yang enak dipelajari. Wulan menyebutkan, ada tiga menu utama di aplikasi ini, yakni materi, permainan, dan komik.

Dia mengaku, tiga menu tersebut sengaja dikemas dalam satu aplikasi guna membuat pengguna betah belajar majas. Dalam menu permainan terdapat tiga pilihan yaitu, Sang Jagoan, Teka-Teki Silang, dan Jodoh Kata. Sedangkan dalam menu komik disediakan jenis lain yang tak kalah menarik.

Tim ini, sedang menyiapkan 20 cerita untuk dimasukkan dalam aplikasi komiknya. Komik yang sudah terangkai nantinya akan disusun dalam aplikasi. “Aplikasi ini kami ajukan dalam PKM 2018 Bidang Karsa Cipta. Kami juga mengusahakan aplikasi ini bisa di download di play store dan app store segera,” imbuh Wulan.

No tags

Sep/18

24

Semangat Belajar Anak Rohingya

Tinggal di pengungsian yang penuh dengan keterbatasan tidak mengikis semangat anak-anak Rohingya untuk belajar.

Tanpa seragam ​sekolah dan alas kaki, beralaskan tanah dan belajar di ruang kelas yang terbuat dari anyaman bambu, anak-anak pengungsi Rohingya tetap antusias dalam menuntut ilmu di sekolah darurat yang berlokasi di kompleks field hospital Indonesian Humanitarian Alliance (IHA) di kamp pengungsian 15 Jamtoli di Cox’s Bazar.

Field hospital Indonesia yang dibangun oleh IHA, gabungan dari 11 lembaga kemanusiaan Indonesia yang diresmikan Kementerian Luar Negeri, pada awalnya hanya dioperasikan untuk memberikan pelayanan kesehatan.

Namun, melihat kebutuhan pendidikan khususnya untuk anak-anak pengungsi, sejak tahun 2018 kompleks IHA juga memberikan akses terhadap pendidikan walaupun masih dalam skala yang kecil.

Baca Juga: pengertian bahasa 

​​Di bangunan bambu seluas 5×7 meter berlantai tanah, pembelajaran untuk anak-anak dilakukan oleh seorang tenaga pengajar non-profesional pengganti yang juga merupakan pengungsi, demikian dikutip dari laman Kemlu.go.id, Minggu (9/9/2018).

Baca Juga: Kurikulum 2013 

Beberapa materi pelajaran seperti Matematika, Bahasa Inggris, dan Bahasa Myanmar menjadi materi yang diberikan oleh pengajar dalam kegiatan belajar mengajar bagi anak-anak Rohingya.

Artikel Terkait: pengertian motivasi  

Tidak hanya kedua Bahasa tersebut, pengajar bernama Jahangir juga mengajarkan beberapa kosakata Bahasa Indonesia kepada murid-muridnya.

Bahkan, sebagian besar muridnya dapat memahami percakapan dasar dan mampu berhitung dalam Bahasa Indonesia, karena seringnya berinteraksi dengan para relawan Indonesia.

No tags

Sep/18

8

Negara dengan Sistem Pendidikan Terburuk di Dunia

Pendidikan adalah aspek yang sangat penting dalam kehidupan setiap orang.

Faktanya, ini adalah satu-satunya kekayaan dan senjata paling kuat yang bisa dimiliki seseorang untuk menghadapi medan perang kehidupan yang sesungguhnya.

Baca Juga: konflik

Oleh karena itu, setiap orang harus diberi kesempatan untuk menerima pendidikan agar dapat menaiki tangga menuju kesuksesan.

Baca Juga: media pembelajaran

Sayangnya, tidak semua orang cukup beruntung untuk memiliki kesempatan emas ini, terutama jika mereka yang tinggal di 6 negara dengan sistem pendidikan terburuk di dunia ini.

Artikel Terkait: pengertian belajar 

Dilansir TribunTravel.com dari laman ourtripguide.com, 6 negara dengan sistem pendidikan terburuk di dunia.

Burkina Faso

Sayangnya, anak-anak yang tinggal di negara ini tidak seberuntung orang lain yang dibesarkan di negara maju dengan sistem pendidikan tinggi.

No tags

Sep/18

8

Kiat agar Semangat Saat Melakukan Penelitian Ilmiah

Setiap tugas yang dikerjakan memiliki tingkat kesulitan masing-masing. Ada yang mudah, sedang, dan sulit. Tetapi jangan terpaku pada satu tugas yang sedang Anda kerjakan saat ini. Apalagi jika Anda menemukan kesulitan saat mengerjakannya.

Beralihlah ke tugas yang lebih mudah jika Anda menemukan kesulitan saat mengerjakan tugas yang sebelumnya. Tapi ingat, Anda harus kembali ke tugas yang sulit tersebut saat tugas yang mudah sudah terselesaikan. Alhasil, tugas yang mudah maupun sulit sekalipun dapat terselesaikan tepat waktu dengan hasil maksimal.

Baca Juga: metode penelitian 

7. Selalulah Berpikir Positif

Anda akan menghadapi berbagai macam masalah saat mengerjakan tugas. Tetapi, jangan biarkan masalah tersebut membuat Anda down dan tidak bersemangat. Sebaliknya, bangun kembali energi positif dalam diri agar Anda juga dapat bertindak secara positif.

Baca Juga: stakeholder adalah

Ingat, tidak ada masalah yang tidak bisa diselesaikan. Luangkan waktu untuk menelaah setiap masalah yang muncul, guna menemukan akar penyebabnya. Setelah itu, pikirkan solusi terbaik agar masalah tersebut cepat selesai.

Solusi yang diambil sebaiknya dilihat dari segala sudut pandang, jangan sampai solusi tersebut justru merugikan diri sendiri maupun orang lain.

Artikel Terkait: variabel penelitian 

Cintai Apa yang Anda Kerjakan dan Lakukan yang Terbaik

Apapun yang Anda kerjakan, usahakan untuk mencintai pekerjaan tersebut. Segala sesuatu yang didasarkan atas cinta akan membuat Anda ikhlas saat mengerjakannya, termasuk saat harus bekerja di hari pekan.

Dengan menikmati apa yang dikerjakan, maka hasil yang diperoleh juga pasti lebih positif. Jadi, cintai apa yang Anda kerjakan, dan lakukan yang terbaik, niscaya Anda juga akan peroleh hasil yang maksimal.

No tags

Sep/18

8

Tips Merintis Bisnis, Olahraga, hingga Keluarga

Kemarin, Joko Widodo telah mengumumkan Erick Thohir menjadi ketua tim pemenangan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2019. Erick Thohir adalah seorang pengusaha sukses yang memiliki gurita bisnis di Indonesia. Mulai dari bisnis restoran hingga bisnis media.

Adik dari Bos Adaro Garibaldi ‘Boy’ Thohir ini menduduki posisi Direktur Utama di PT Intermedia Capital Tbk (IMC) induk usaha dari PT Cakrawala Andalas Televisi (ANTV).

Disarikan dari beberapa sumber, pria yang lahir 30 Mei 1970 ini memiliki bakat bisnis yang menurun dari ayahnya. Ia dulu memulai bisnis kuliner berbentuk restoran dengan merek Hanamasa dan Pronto pada periode 1993-1998. Kedua bisnis itu adalah warisan dari ayahnya Teddy Thohir.

Setelah lulus kuliah dan mendapatkan gelar bachelor, Erick mulai menggeluti bisnis trading bersama teman kuliahnya M. Lutfi, Wisnu Wardhana dan Harry Zulnardy.

Pada 1996 – 1997 Erick mulai membentuk perusahaan trading yang bisnisnya semen, pupuk, beras, kapur dan bahan kebutuhan lain.

Memasuki tahun 2000, Erick masuk ke bisnis media. Ia membeli perusahaan billboard dan radio hingga media cetak Republika dan Golf Digest yang berdiri di bawah bendera Mahaka Media.

Erick kini memiliki dua bendera bisnis besar seperti Mahaka Media dan Alif yang bergerak di bidang hiburan.

Ia juga menggandeng anak Aburizal Bakrie, Anindya Bakrie untuk bergabung di TVOne, meskipun hanya memiliki saham minoritas.

Sebelum membeli klub sepak bola Intermilan, Erick juga sudah mengakuisisi klub olahraga melalui sebuah konsorsium seperti klub NBA Philadelphoa 76ers pada 2012 lalu dan ia menjadi co owner klub DC United bersama Jason Levien.

Baca Juga: pengertian etika 

Di Indonesia, Erick memiliki saham di tim basket Satria Muda BritAma di Indonesia Warriors.Pada 2012 Erick menjadi Chief de Mission kontingen Indonesia di Olimpiade London.

Baca Juga: pengertian bisnis

Dari situs imc.co.id berikut pengalaman kerja Erick Thohir ia menjabat sebagai Presiden Direktur Perseroan sejak tahun 2013 berdasarkan Akta No. 115/2013. Menjabat pula sebagai Presiden Direktur PT Cakrawala Andalas Televisi dan Komisaris PT Asia Global Media (2013-sekarang), Komisaris Utama PT Redal Semesta (2012-sekarang), Komisaris PT Beyond Media (2011-sekarang).

Artikel Terkait: siklus akuntansi 

Komisaris PT Mahaka Media Tbk. (2008-sekarang), Komisaris Utama PT Entertainment Live (2008-sekarang), Direktur PT Trinugraha Thohir Media Partners (2011- sekarang), dan Presiden komisaris di PT Mahaka Radio Integra Tbk. (2016 – sekarang).

Beliau menjabat sebagai Komisaris Utama PT Visi Media Asia Tbk. (2014-2017), Komisaris PT Viva Media Baru (2012-2017) dan Komisaris PT Lativi Mediakarya (2012- 2017).

No tags

Jul/18

26

Sambas Siapkan Sistem Informasi Untuk Layanan Berbasis Online

Asisten I Bagian Pemerintahan serta Kesejahteraan, Sunaryo menyampaikan, inspirasi mengakomodir service pencairan dana hibah serta pertolongan sosial, yang digabungkan dengan info tehnologi lebih dilandasi ingin memberi banyak keringanan buat orang-orang.

Dikatakannya, skema IT-nya telah disusun team tehnis Pemkab Sambas. ” Nanti aplikasi pencairan dengan cara on-line, bisa dibuka lewat website sah Pemda Kabupaten Sambas, ” tuturnya.

Berita terkait : sistem informasi 

Website Pemda, content Dana Hibah serta Bansos memberi info yang pasti buat orang-orang. Menurut Sunaryo, dari mulai pengertian, basic hukum, operator info sampai contoh format dokumen, bisa dibuka dengan ringan.

” Keinginan kita, aplikasi service ini bisa meminimalkan persoalan yang sampai kini diketemukan dalam service konvesional awal mulanya. Mudah-mudahan orang-orang bisa mensupport ini, ” tuturnya.

Awal mulanya di beritakan, Pemerintah Kabupaten Sambas memiliki komitmen service umum yang akan datang bisa dibuka lewat jaringan internet berbasiskan dalam jaringan atau on-line.

Sekretaris Daerah Kabupaten Sambas, Uray Tajudin mengutarakan, Kabupaten Sambas memiliki tujuan spesifik untuk aplikasi itu. Uray Tajudin menyatakan, satu langkah terpenting telah diawali.

Baca juga : pengertian sistem

” Saat ini kita tengah menyiapkan service umum, berkaitan pemberian hibah serta pertolongan sosial dikerjakan lewat aplikasi dengan cara on-line, ” katanya waktu sosialisasi taktik percepatan pencairan dana hibah, serta pertolongan sosial lewat skema info tehnologi di Kantor Bupati Sambas, Rabu (18/7/2018).

Sekda Uray Tajudin menuturkan, menyertakan info tehnologi sudah jadi kewajiban. Perubahan segi pembangunan serta segi sosial budaya demikian cepat, menggerakkan penyelenggaraan pemerintahan selalu bereksperimen.

” Tentulah ini selalu kita sosialisasikan. Arah pemerintah merupakan memberi keringanan. Orang-orang tak perlu bertatap muka dengan petugas di kantor, cukup hanya media tehnologi, proposal dapat diserahkan ke pemerintah daerah, ” terangnya.

Ulasan lainnya : sistem operasi

Lanjut Uray Tajudin, Pemda Kabupaten Sambas memberi ruangan gerak yang besar, untuk semuanya OPD bereksperimen memakai skema info tehnologi. Uray Tajudin yakini, banyak faedah yang bisa di terima dengan aplikasi info tehnologi.

” Dinas service terpadu satu pintu serta kominfo kita telah buka ruangan, supaya yang akan datang aplikasi info tehnologi dapat terintegrasi dengan OPD yang lain. Insya Allah selekasnya yang akan datang semakin banyak service umum yang dapat dibuka lewat skema info tehnologi berbasiskan on-line, ” sambungnya.

No tags

Jul/18

26

Pemkab DIY Luncurkan 3 Sistem Informasi Manajemen

Dalam rencana wujudkan misi ‘Sleman Smart Regency’, Pemerintahan Kabupaten Sleman meluncurkan tiga skema info berbasiskan situs. Ke-3 skema info ini merupakan SIMARDA, SIKOMEN, serta e-Retribusi.

SIMARDA atau Skema Info Manajemen Arsip Daerah merupakan skema pengelolaan surat keluar, surat masuk, disposisi, dan pengarsipan surat/dokumen aktif, inaktif lembaga yang dikelola oleh Dinas Perpustakaan serta Kearsipan. Adalah aplikasi yang didesain untuk mengurus arsip dinamis manfaat mengurus pemberkasan serta persuratan supaya administrasi pengelolaan surat bisa berjalan dengan baik.

Maksudnya adalah untuk wujudkan Smart Government menuju Sleman Smart Regency. Diinginkan juga aplikasi ini bisa wujudkan teratur arsip piranti daerah pemkab Sleman dalam rencana tingkatkan service untuk orang-orang.

Artikel terkait : sistem informasi manajemen

Skema ini akan diimplementasikan pada semuanya piranti daerah di lingkungan pemerintah Kabupaten Sleman pada tahun 2019.

SIKOMEN atau Skema Info Referensi Menara merupakan skema info yang didesain untuk memudahkan dalam pengelolaan referensi menara telekomunikasi di Kabupaten Sleman dengan cara on-line. Proses referensi lebih cepat. Sikomen. slemankab. go. id.

Aplikasi ini bisa dipakai untuk lihat zonasi urban, sub-urban, serta rural. Dalam aplikasi ini dapat juga dipakai untuk lihat sebaran menara di lokasi Kabupaten Sleman, hingga proses permintaan bisa jadi lebih efisien.

Simak juga : pengertian data

Bila memakai skema lama, pemohon mesti hadir secara langsung ke kantor Kominfo. Dengan skema baru ini, semuanya bisa dikerjakan dengan cara on-line. Pemohon tinggal masukkan data serta mengupload surat-surat yang diisyaratkan. Pemkab Sleman lantas akan lakukan survey lapangan, apabila di setujui, pemohon tinggal ambil surat di dinas berkaitan.

e-Retribusi merupakan skema info manajemen retribusi pasar. Lewat aplikasi ini, membayar retribusi pasar jadi makin ringan untuk pedagang pasar. Pembayaran bisa dikerjakan lewat ATM BPD DIY.

Lewat skema ini, Pemkab Sleman mengklaim jika pembiayaan untuk kartu/karcis retribusi ditiadakan, cost juga lebih transparan hingga menghilangkan celah pungutan liar, cost secara langsung masuk ke kas daerah.

Ke-3 aplikasi ini bisa dibuka lewat computer, laptop, serta telephone genggam yang terkoneksi dengan internet. Di luncurkan berbarengan dengan pembukaan Pameran Kemampuan Daerah Sleman 12 Juli 2018 lantas, tiga aplikasi berbasiskan situs ini dapat makin lengkapi skema info yang telah ada awal mulanya, serta semakin memperkuat Sleman Smart Regency.

Berita terkait : pengertian informasi

“Kita memakai skema serba elektronik ini harapannya makin memberi keringanan orang-orang Kabupaten Sleman. Supaya mereka tidak menjumpai kesusahan, ” jelas Sri Purnomo, Bupati Sleman, di sela-sela menilik booth daerah waktu PPD 2018.

No tags

Jul/18

26

Mengulas Sejarah Internet di Indonesia

Perkembangan Internet di Indonesia awalnya bermula di ranah akademis dan kelompok hobi. Internet pertamakali dikembangkan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serika pada 1969 sebagai sebuah proyek rahasia. Sebagai sebuah jaringan, Internet hanyalah teknologi yang menghubungkan satu komputer dengan komputer lain.

Bersama dengan Internet, teknologi lain yang menjadi landasan bagi apa yang kita kenal sekarang sebagai “Internet” adalah the World Wide Web (www), yaitu medium publikasi elektronik global yang dapat diakses melalui jaringan Internet. Teknologi terakhir ini ditemukan baru pada tahun 1990 oleh Tim Berners-Lee.

The World Wide Web merupakan medium yang memungkinkan kita menikmatai beragam konten di dalamnya seperti gambar, foto, video, surat kabar, radio, hingga televisi. Di Indonesia, kisah mengenai sejarah Internet umumnya merujuk pada disertasi Merlyna Lim yang ia pertahankan di Universitas Twente, Belada, @rchipelago Online: The Internet and Political Activism in Indonesia. Lim menyebut, Internet di Indonesia awalnya muncul di ranah akademis. Jaringan Internet awalnya merupakan proyek penelitian yang dilakukan para peneliti di Universitas Indonesia.

Koneksi pertama Internet di Indonesia tecatat dilakukan oleh Joseph Luhukay pada tahun 1983 yang mengembangkan jaringan UINet (University of Indonesia Network) di kampus Universitas Indonesia. Indonesia tercatat sebagai negara pertama di Asia yang terhubung dengan jaringan Internet global ketika UINet yang dikembangkan Luhukay secara resmi terhubung dengan jaringan Internet global yang saat itu masih bernama UUNet pada tahun 1984.

Baca : Sejarah internet

Lim juga mencatat, di luar dunia kampus, Onno Purbo dicatat sebagai sosok yang paling berpengaruh dalam pengembangan jaringan Internet di Indonesia. Bersama teman-temannya penghobi aktivitas radio amatir, Onno mengembangkan jaringan komputer melalui frekuensi radio pada tahun 1993.

Motivasi Onno dan kawan-kawan pada waktu itu adalah mencari cara berkomunikasi secara murah di luar jaringan Telkom yang waktu itu memonopoli industri telekomunikasi di Indonesia. Onno kemudian mempublikasikan sejumlah artikel tentang bagaimana membangun jaringan telekomunikasi murah melalui Internet.

Selanjutnya, perkembangan Internet di Indonesia yang semula merupakan aktivitas penelitian dan hobi bergeser ke ranah komersil ketika PT Indo Internet (Indonet) berdiri sebagai Internet Service Provider (ISP) pertama di Indonesia pada September 1994. Setelah Indonet, sampai akhir tahun 1990 berdirilah sejumlah ISP antara lain PT Rahardjasa Internet (Radnet) (1995), Wasantara Network yang dikembangkan PT Pos Indonesia (1996), IndosatNet (1996), dan Telkomnet (1998). Pada tahun 1998, menurut data APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia) jumlah pelanggan ISP di seluruh Indonesia tercatat hanya 138.000 pelanggan dengan perkiraan pengguna Internet sebanyak 512.000 pengguna.

Namun, kemunculan sejumlah ISP bukan faktor signifikan yang membuat Internet tersebar luas di Indonesia. Sebabnya, ISP hanya diakses kelompok sosial tertentu di masyarakat yang memiliki komputer dan mampu membayar tagihan pulsa telepon. Menurut Lim, aktor penting penyebaran akses Internet di tahun-tahun awal perkembangan Internet di Indonesia adalah merebaknya “warnet” (warung Internet) pada tahun 1996.

Artikel terkait : Pengertian internet

Kehadiran warnet membuat Internet semakin mudah diakses karena masyarakat cukup membayar biaya koneksi per jam tanpa perlu memiliki komputer atau membayar biaya koneksi telepon di rumah. Internet dan Reformasi 1998 Di sekitar tahun 1998, sebelum dan sesudah jatuhnya rezim Orde Baru Soeharto, Internet semakin populer. Internet menjadi ruang perlawanan terhadap rezim orde baru yang sangat ketat mengawasi ruang-ruang media.

Di Internet, utamanya di mailing list, diskusi-diskusi politik dan diseminasi informasi yang tak mungkin dilakukan di media-media arus utama berlangsung sangat intens bahkan disebut sebagai salah faktor yang tak bisa dilepaskan perannya dalam penggulingan rezim Orde Baru. Pada tahun 1998, di ujung pemerintahan Soeharto, Internet memegang peranan penting dalam pergolakan aktivis reformasi. Pada tahun itu Internet merupakah salah satu alat perjuangan penting dalam menurunkan rezim soeharto.

·

Older posts >>

Theme Design by devolux.nh2.me