brand lokal rasa internasional

September 11th, 2018

Pengantar Bisnis dan Kewirausahaan

 

 

Disusun oleh

Viola Swara Nadaranty Savira

185020907111013

 

 

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Universitas Brawijaya

Malang

2018

 

 

 

  1. Pengertian Brand (Merek)

Menurut American Marketing Association (AMA) mendefinisikan merek sebagai: “Nama, istilah, tanda, lambang, atau desain, atau kombinasinya yang dimaksudkan untuk mengidentifikasikan barang atau jasa dari satu penjual atau kelompok penjual dan mendiferensiasikan produk atau jasa dari para pesaing.”(Kotler 2009;258).

Sedangkan menurut Kartajaya (2010;62), mendefinisikan merek sebagai: “Aset yang menciptakan nilai bagi pelanggan dengan meningkatkan kepuasan dan menghargai kualitas.” Salah satu hal yang memegang peranan penting dalam pemasaran adalah merek. Terdapat beberapa perbedaan antara produk dengan merek. Produk merupakan sesuatu yang dihasilkan oleh pabrik dan mudah ditiru oleh para pesaing. Sedangkan merek merupakan sesuatu yang dibeli oleh kosumen, memiliki nilai dan identitas atau ciri tertentu yang dilindungi secara hukum sehingga tidak dapat ditiru oleh pesaing. Merek mempengaruhi persepsi konsumen terhadap produk yang akan dibeli maka persaingan antar perusahaan adalah persaingan persepsi bukan produk (Tjiptono 2011;34).

Terdapat enam tingkat pengertian merek menurut Surachman (2008;3), diantaranya:

  1. Atribut
  2. Manfaat
  3. Nilai
  4. Budaya
  5. Kepribadian
  6. Pemakai

2.  Manfaat Brand (Merek)

  1. Memudahkan perusahaan dalam menangani produk
  2. Membantu dalam mengatur persediaan dan laporan keuangan
  3. Merek juga akan membantu memberikan perlindungan hukum untuk fitur atau aspek unik dari sebuah produk.
  4. Brand name dapat dilindungi melalui merek dagang yang terdaftar, proses produksi dapat dilindungi melalaui hak paten, kemasaran dapat dilindungi melalui hak cipta dan dasain-desain.
  5. Hak atas kekayaan intelektual menjamin perusahaan dapat dengan aman menanam modal dalam brand dan menuai keuntungan semua aktivitas yang berharga.

3. Brand lokal yang memiliki kualitas Internasional

  1. Makeover

Makeover merupakan brand kosmetik local yang dikenal mempunyai formula terbaik dibandingkan produk-produk sejenisnya. Makeover sering disebut sebagai brand high end-nya Indonesia. Makeover memiliki konsep packaging yang simple tapi classy, dengan warna hitam menegaskan ini adalah brand kecantikan professional. Bahkan, brand local yang baru didirikan pada tahun 2010 lalu ini sering dikira brand Internasional. Makeover juga menyediakan produk makeup yang lengkap. Mulai dari lipstik, eyeshadow, palet-palet, foundation, primer, hingga brush. Produk unggulan dari makeover adalah Intese Matte Lip Cream. Memiliki formula konsisten pada seluruh warnanya. Bahkan banyak yang beranggapan, brand ini adalah salah satu lipcream dengan formula yang terbaik. Intese Matte Lip Cream ini juga waterproof, transferpoof dan warnanya intens merupakan kelebihan dari produk ini.

 

 

  1. The Executive

The Executive pertama kali didirikan oleh Johanes Farial yang berdiri dibawah PT Delamin Garment Industries. Kehadiranya menandai awal dari kiblat fesyen untuk produksi celana pria secara domestic. Awalnya nama The Executive muncul pada tahun 1984 sebelumnya bernama Executive 99. Pada masa kemunculan awal, produk-produknya banyak dicari oleh para eksekutif pria di Indonesia. Mereka yang bekerja kantoran memilih untuk tampil rapih dan celana pria merek The Executive selalu jadi pilihan. Berdasarkan survey Indonesia original Brand (IOB) pada tahun 2014, The Executive berhasil menjadi busana kerja yang banyak diminati kaum pria. Saat ini The Executive sudah menghasilkan produk fesyen yang tak kalah bagusnya untuk para wanita. Merek yang banyak menyebar di mol di Indonesia juga mendagangkan Aksesoris, tas, dan dompet untuk para eksekutif tanah air.

 

  1. Buccheri

 

Buccheri merupakan produk sepatu dan tas yang terbuat dari kulit asli yang memilii kualitas terbaik. Produk ini berasal dari Indonesia. Buccheri sudah ada sejak tahun 1980. Banyak konsumen yang tertarik dengan merek sepatu ini. Buccheri menjadi salah satu merek paling berharga dalam negeri. Produk buccheri ditunjukan pada para pembeli berjiwa dinamis yang menyukai desain sepatu fashion ataupun formal. Buccheri terus mengembangkan desain produknya. Tidak hanya memproduksi sepatu dan sandal untuk wanita saja, saat ini Buccheri juga memproduksi untuk pria. Buccheri terkenal karena memiliki etos kerja yang tinggi, dan kepercayaan tinggi perusahaan dalam kualitas produknya.

 

  1. BLP Beauty

BLP Beauty rilis pada tahun 2016 yang di dirikan oleh Lizzie Parra, seorang makeup artist, dan beauty influencer yang sudah terjun kedunia industry kecantika sejak tahun 2009. BLP Beauty memiliki misi utama yaitu, membuat semua perempuan merasa cantik. Mau anak SMA, Mahasiswa, wanita karir, atau ibu ibu mereka semua bisa menggunakan produk-produk BLP. Produk yang dihasilkan oleh BLP Beauty seperti lip coat, lip stain, eyeliner, eyeshadow pen, face powder, dan masih banyak lagi. Desain dari produk BLP Beauty yang elegan, simple dengan perpaduan warna putih menambah kesan mewah dalam kemasanya. Tak heran banyak kaum wanita menyangka bahwa BLP adalah produk keluaran luar negeri.