co-working space

October 10th, 2018

The Amsterdam

 

1. hal yang menarik dan bisa diadaptasikan untuk mata kuliah kewirausahaan

The Amsterdam beralamat di Jl. Pahlawan Trip No.25, Oro-oro Dowo, Klojen, Kota Malang, Jawa Timur 65119. suasana yang disugguhkan yaitu suasana sepi dan tenang. suasana yang cocok untuk tempat ngumpul mengerjakan tugas. fasilitas yang tersedia ada wifi, di lengkapi juga dengan live music, tempat untuk meeting. dekorasi dari The Amsterdam sediri cukup menarik, kursi dan meja dengan berbahan kayu dan warna asli coklat menambah kesan minimalis. di dalam juga tersedia spot spot untuk berfoto dan menjadi tempat yang instagramable. The Amsterdam memiliki 2 area, dimana area di luar dan di dalam. walaupun kita duduk di area luar tetap dapat suasana tenang karena jalan rayanya cukup sepi. hal yang dapat di adaptasikan adalah suasana dan konsep dari The Amsterdam sendiri. dimana konsep tempatnya sudah pas dan menyediakan fasilitas yang baik.

 

2. mata kuliah kewirausahaan yang ideal

menurut saya mata kuliah kewirausahaan yang ideal adalah yang memberikan dampak memotivasi untuk para mahasiswa untuk berwirausaha. memberikan metode yang menarik seperti diskusi, praktek langsung, kunjungan perusahaan, menganalisa suatu permasalahan yang ada (ketenaga kerja, sumber daya alamnya), hukum dalam bisnis, memberikan tips dan cara dalam membranding suatu produk, dan cara memasarkannya. dengan mata kuliah kewirausahaan saya berharap setelah lulus, ilmu ilmu yang di dapatkan dapat di aplikasikan langsung dalam usaha.

motivasi dan pola pikir wirausaha

September 27th, 2018

motivasi masuk kewirausaha

salah satu yang membuat saya masuk dalam prodi kewirausaha adalah karena saya menyukai dunia bisnis. saya mulai mengenal jualan sejak TK. ketika TK dirumah teteh berjualan aneka snack atau makanan ringan. dari situ saya mulai menyukai berjualan. di sd pun saya berjualan seperti ikat rambut, melihat saya menyukai berjualan. orang tua saya menyarakan saya ketika masuk smp nanti masuk ke jurusan manajemen di kuliahnya. sejak smp saya sudah mulai ditanami tentang bisnis. saya juga suka dalam mengordinasi orang orang atau acara. saya suka ikut ketika ayah saya membuat suatu proposal atau sedang mengerjakan sesuatu acara. semakin dewasa semakin jiwa bisnis saya keluar. ketika sma saya mulai merambah kedunia berjualan online. saya harus paham betul bagaimana menarik konsumen agar ingin membeli produk saya. ketika akan mendaftar di universitas brawijaya, saya mencari cari dulu jurusan atau prodi apa yang memang benar benar bisa menjawab semua keingin tahuan saya dalam dunia  bisnis. di feb ub sendiri ada dua prodi yang menurut saya bisa menampung atau mejembatani keingin tahuan saya. yaitu prodi manajemen dan kewirausaha. namun karena saya memang benar benar ingin fokus untuk dunia bisnis khususnya menjualkan produk ataupun jasa, saya yakin untuk memilih prodi kewirausaha. dilihat dari namanya ‘kewirausaha’ membuat saya yakin bahwa dalam prodi ini bisa membantu dan menjawab semua tentang bisnis yang selama ini saya cari. motivasi yaitu saya yakin bahwa prodi kwu ini memang tempat yang pas buat saya dalam mencari tahu dan mengembangkan ilmu saya tentang bisnis atau berwirausaha. dan saya ingin membuat perusahaan dengan menerapkan ilmu ilmu yang saya dapatkan di prodi kwu ini.

 

pola pikir seorang wirausaha

seorang wirausaha harus memiliki pola pikir berani ambil resiko dan keputusan. seorang wirausaha juga di tuntut memiliki pola pikir yang kreatif, inovasi dalam mengembangkan usahaanya. seorang wirausaha harus berani ambil resiko, apapun resiko tersebut. jiwa pantang menyerah, walaupun gagal tetap bangun dan berusaha lagi. selalu optimis dalam menjalankan sesuatu. ketika seorang wirausaha tidak berani ambil resiko, bisa berakibat jelek kedepanya. karena kita tidak akan tahun resiko yang kita hadapi akan berbuah manis atau tidak. berani bertanggung jawab terhadap keputusan yang diambilnya. berani mencoba hal hal baru.

 

keinginan setelah lulus

ketika saya masih berkuliah saya ingin membuka sebuah usaha. usaha yang ingin saya jalankan adalah usaha rumah makan. dengan konsep jaman sekarang, makanan dan minuman yang dikemas dengan baik dan harga terjangkau. selain buka  bisnis ketika kuliah, saya juga bercita cita ingin mencoba di saham bursa efek. selain itu saya ingin berinvestasi untuk membangun sebuah PT. sendiri. menaikan kedua orang tua saya haji dan umroh bersama keluarga besar. saya ingin membuka lowongan yang banyak untuk para generasi muda yang lulus min sma. disamping membangun PT atau usaha saya juga ingin menikah dan membina rumah tangga. selain saya ingin membuka PT setelah lulus dan menikah, saya juga ingin membuka tempat penampungan bagi hewan hewan liar khusunya anjing dan kucing. agar tidak ada lagi kucing dan anjing yang mati karena kekejaman manusia. saya juga ingin membuka sekolah (pendidikan) gratis untuk anak-anak pemulung, pengamen atau orang orang tidak mampu dan anak anak yang tinggal di pendalaman atau perbatasan.

 

brand lokal rasa internasional

September 11th, 2018

Pengantar Bisnis dan Kewirausahaan

 

 

Disusun oleh

Viola Swara Nadaranty Savira

185020907111013

 

 

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Universitas Brawijaya

Malang

2018

 

 

 

  1. Pengertian Brand (Merek)

Menurut American Marketing Association (AMA) mendefinisikan merek sebagai: “Nama, istilah, tanda, lambang, atau desain, atau kombinasinya yang dimaksudkan untuk mengidentifikasikan barang atau jasa dari satu penjual atau kelompok penjual dan mendiferensiasikan produk atau jasa dari para pesaing.”(Kotler 2009;258).

Sedangkan menurut Kartajaya (2010;62), mendefinisikan merek sebagai: “Aset yang menciptakan nilai bagi pelanggan dengan meningkatkan kepuasan dan menghargai kualitas.” Salah satu hal yang memegang peranan penting dalam pemasaran adalah merek. Terdapat beberapa perbedaan antara produk dengan merek. Produk merupakan sesuatu yang dihasilkan oleh pabrik dan mudah ditiru oleh para pesaing. Sedangkan merek merupakan sesuatu yang dibeli oleh kosumen, memiliki nilai dan identitas atau ciri tertentu yang dilindungi secara hukum sehingga tidak dapat ditiru oleh pesaing. Merek mempengaruhi persepsi konsumen terhadap produk yang akan dibeli maka persaingan antar perusahaan adalah persaingan persepsi bukan produk (Tjiptono 2011;34).

Terdapat enam tingkat pengertian merek menurut Surachman (2008;3), diantaranya:

  1. Atribut
  2. Manfaat
  3. Nilai
  4. Budaya
  5. Kepribadian
  6. Pemakai

2.  Manfaat Brand (Merek)

  1. Memudahkan perusahaan dalam menangani produk
  2. Membantu dalam mengatur persediaan dan laporan keuangan
  3. Merek juga akan membantu memberikan perlindungan hukum untuk fitur atau aspek unik dari sebuah produk.
  4. Brand name dapat dilindungi melalui merek dagang yang terdaftar, proses produksi dapat dilindungi melalaui hak paten, kemasaran dapat dilindungi melalui hak cipta dan dasain-desain.
  5. Hak atas kekayaan intelektual menjamin perusahaan dapat dengan aman menanam modal dalam brand dan menuai keuntungan semua aktivitas yang berharga.

3. Brand lokal yang memiliki kualitas Internasional

  1. Makeover

Makeover merupakan brand kosmetik local yang dikenal mempunyai formula terbaik dibandingkan produk-produk sejenisnya. Makeover sering disebut sebagai brand high end-nya Indonesia. Makeover memiliki konsep packaging yang simple tapi classy, dengan warna hitam menegaskan ini adalah brand kecantikan professional. Bahkan, brand local yang baru didirikan pada tahun 2010 lalu ini sering dikira brand Internasional. Makeover juga menyediakan produk makeup yang lengkap. Mulai dari lipstik, eyeshadow, palet-palet, foundation, primer, hingga brush. Produk unggulan dari makeover adalah Intese Matte Lip Cream. Memiliki formula konsisten pada seluruh warnanya. Bahkan banyak yang beranggapan, brand ini adalah salah satu lipcream dengan formula yang terbaik. Intese Matte Lip Cream ini juga waterproof, transferpoof dan warnanya intens merupakan kelebihan dari produk ini.

 

 

  1. The Executive

The Executive pertama kali didirikan oleh Johanes Farial yang berdiri dibawah PT Delamin Garment Industries. Kehadiranya menandai awal dari kiblat fesyen untuk produksi celana pria secara domestic. Awalnya nama The Executive muncul pada tahun 1984 sebelumnya bernama Executive 99. Pada masa kemunculan awal, produk-produknya banyak dicari oleh para eksekutif pria di Indonesia. Mereka yang bekerja kantoran memilih untuk tampil rapih dan celana pria merek The Executive selalu jadi pilihan. Berdasarkan survey Indonesia original Brand (IOB) pada tahun 2014, The Executive berhasil menjadi busana kerja yang banyak diminati kaum pria. Saat ini The Executive sudah menghasilkan produk fesyen yang tak kalah bagusnya untuk para wanita. Merek yang banyak menyebar di mol di Indonesia juga mendagangkan Aksesoris, tas, dan dompet untuk para eksekutif tanah air.

 

  1. Buccheri

 

Buccheri merupakan produk sepatu dan tas yang terbuat dari kulit asli yang memilii kualitas terbaik. Produk ini berasal dari Indonesia. Buccheri sudah ada sejak tahun 1980. Banyak konsumen yang tertarik dengan merek sepatu ini. Buccheri menjadi salah satu merek paling berharga dalam negeri. Produk buccheri ditunjukan pada para pembeli berjiwa dinamis yang menyukai desain sepatu fashion ataupun formal. Buccheri terus mengembangkan desain produknya. Tidak hanya memproduksi sepatu dan sandal untuk wanita saja, saat ini Buccheri juga memproduksi untuk pria. Buccheri terkenal karena memiliki etos kerja yang tinggi, dan kepercayaan tinggi perusahaan dalam kualitas produknya.

 

  1. BLP Beauty

BLP Beauty rilis pada tahun 2016 yang di dirikan oleh Lizzie Parra, seorang makeup artist, dan beauty influencer yang sudah terjun kedunia industry kecantika sejak tahun 2009. BLP Beauty memiliki misi utama yaitu, membuat semua perempuan merasa cantik. Mau anak SMA, Mahasiswa, wanita karir, atau ibu ibu mereka semua bisa menggunakan produk-produk BLP. Produk yang dihasilkan oleh BLP Beauty seperti lip coat, lip stain, eyeliner, eyeshadow pen, face powder, dan masih banyak lagi. Desain dari produk BLP Beauty yang elegan, simple dengan perpaduan warna putih menambah kesan mewah dalam kemasanya. Tak heran banyak kaum wanita menyangka bahwa BLP adalah produk keluaran luar negeri.