Pengantar Bisnis dan Kewirausahaan

September 12th, 2018

Pengantar Bisnis dan Kewirausahaan

Brand Lokal Indonesia yang Memiliki Rasa atau Kualitas Internasional

  • Pengertian Brand

Brand adalah nama, atau logo yang menggambarkan sebuah perusahaan itu sendiri apapun itu perusahaannya. Brand juga merupakan ciri khas perusahaan untuk mebedakan produk produk dari perusahaan lain.

  • Manfaat Brand

Manfaat brand sendiri terbagi menjadi 5, antara lain :

  1. Mudah mendapatkan loyalitas pelanggan

Tidak mudah untuk membuat konsumen selalu mengingat produk atau produsen. Dengan melakukan branding, ada banyak hal yang biasanya dilakukan oleh produsen sehingga pelanggan akan memberikan kesan bahwa produsen tersebut selalu menawarkan produk yang selalu unggul sehingga konsumen akan merasa tidak rugi untuk kembali memilih produk dari produsen yang sama pada masa masa yang akan datang.

  1. Memberikan daya tarik bagi konsumen

Dengan melakukan branding, maka lambang produk, perusahaan otomatis akan tersimpan pada memori konsumen. Branding yang cukup baik, menarik, terpercaya dan dilakukan terus menerus akan membuat konsumen tertarik menggunakan produk yang ditawarkan produsen ybs.

  1. Memberikan peluang bagi pelaku usaha untuk melakukan diferensiasi usaha

Branding yang melekat pada konsumen akan memudahkan pelaku usaha dalam melakukan diferensiasi usaha karena logo produsen tentunya akan tetap melekat pada tiap produk yang berbeda. Ingatan konsumen pada logo produsen yang memiliki branding cukup kuat inilah memudahkan untuk mendiferensiasi produk.

  1. Memberikan ciri khusus yang dapat membedakan produk anda dengan produk pesaing

Branding yang kuat akan semakin memudahkan konsumen membedakan produk Anda dengan produk pesaing, baik dari logo produk, logo perusahaan bahkan hingga kepercayaan konsumen lainnya dalam menggunakan produk yang sama.

  1. Membuka peluang bagi produsen untuk menetapkan harga jual yang lebih tinggi

Ketika suatu produk sudah dikenal cukup baik oleh khalayak, maka produsen jauh lebih mudah untuk  menetapkan harga jual yang lebih tinggi. Harga tidak akan menjadi masalah yang berarti karena konsumen merasa bahwa produk yang ditawarkan pasti memiliki keunggulan.

 

Berikut ini adalah 5 brand lokal Indonesia yang memiliki rasa atau berlabel Internasional.

  1. KYT HELMET

Buat kalian yang hobi dengan motor helm merupakan hal terpenting dalam kelengkapan berkendara guna untuk keselamatan para pengendara motor.

Jika kalian tahu banyak brand helm lokal yang memiliki kualitas yang baik, salah satunya adalah KYT Helmet, helm yang di produksi oleh PT Tarakusuma Indah yang berlokasi di Delta Silicon II Lippo Cikarang, Jawa Barat ini memiliki kualitas yang tidak kalah dengan helm brand Internasional seperti AGV, HJC, SHOE, SHARK, dll. Pasalnya helm KYT ini juga masuk ikut meramaikan ajang bergengsi dunia balap motor apalagi kalau bukan MotoGP, helm KYT digunakan oleh pebalap MotoGP dari Pramac Ducati, Andrea Iannone dan Xavier Simeon pebalap Moto2 yang tahun ini secara resmi menjadi rider dari KYT.

Jadi mari kita bangga dengan produk lokal yang satu ini.

 

  1. SAKURA EXHAUST

Yang kedua lagi lagi tidak jauh dengan kendaraan bermotor roda dua, yaitu kenalpot racing. Jika di Indonesia kenalpot racing memiliki banyak peraturan perundang-undangan dalam ketertiban berkendara, namun itu tidak membuat brand lokal satu ini tidak di pakai dalam salah satu sistem yang sangat berpengaruh pada motor, malahan brand kenalpot ini memiliki kualitas dan rasa internasional, mantabb…, walaupun brand kenalpot ini memiliki nama yang berunsur Jepang tapi kenalpot ini buatan lokal Indonesia, yaitu  dari PT. SAKURA Java Indonesia. Produsen kenalpot ini memiliki pabrik yang tidak hanya bertempat di Indonesia saja tepatnya di Bekasi, namun juga memiliki pabrik di beberapa negara negara Asia Tenggara, India dan juga Brazil. Kenalpot ini juga di pakai di perlombaan juara MotoGP. Salutt…

 

  1. ACHILLES RADIAL

Menjauh sedikit dari dunia otomotif Motor kali ini berpindah ke produsen ban mobil yang memiliki rasa dan kualitas internasional yaitu Achilles Radial. PT. Multistrada Arah Sarana, Tbk (PT. MASA) terus menunjukkan performanya sebagai produsen ban nasional berkualitas internasional.

Olahraga balap mobil menjadi salah satu kategori yang digemari oleh masyarakat awam maupun para pecinta otomotif dari berbagai kalangan. Achilles sebagai merek ban lokal yang sudah mendunia ini selalu mendukung setiap kejuaraan mobil maupun motor baik didalam negeri hingga luar negeri seperti Formula Drift Asia dan USAMalaysia Club dan Achilles Motorshow Festival (AMF).

 

  1. DUA KELINCI

Setelah membahas beberapa tentang brand otomotif, jika kita ingin menonton televisi seperti halnya acara balap seperti MotoGP untuk melihat brand lokal yang di pakai oleh beberapa pebalap dunia, kita beralih ke makanan ringan sebagai teman nonton biar makin asik, yakni Dua Kelinci, oke siapa yang tidak tahu brand satu ini yang terkenal dengan kacangnya. Bemula dari Surabaya pada 1972, dengan melakukan pengemasan-ulang (repacking) untuk kacang garing dengan merek “Sari Gurih” berlogo dua kelinci. Produk kacang ini mulai berkembang menjadi industri pada 1985 dengan didirikannya PT. Dua Kelinci. Dengan selalu berinovasi dan megikuti perkembangan teknologi pada mesin-mesin produksinya, menjadikan Dua Kelinci salah satu produsen kacang yang terkenal di Indonesia. Kini PT. Dua Kelinci telah memproduksi beragam produk yang mencapai lebih dari 80 varian, dan telah pula menembus pasar dunia, seperti Singapura, Malaysia, Brunei, Amerika, Belanda, dan Saudi Arabia. Dan pada Agustus 2010, telah menanda tangani kontrak sponsor dengan salah satu klub sepakbola dunia terkenal Real Madrid.

 

  1. SOSRO

Tidak lupa untuk menyediakan minuman sebagai teman nonton dan ngemil, seperti di iklannya “apapun makanannya minumnya teh botol sosro”. Teh Botol Sosro merupakan produk inovasi teh dalam kemasan siap minum pertama di Indonesia dan di dunia yang di produksi oleh PT.SINAR SOSRO. Dikeluarkan perdana pada tahun 1970 dengan merek TEHCAP BOTOL SOFT DRINK SOSRODJOJO. Kini merek Teh Botol Sosro, melalui Rekso Group selama sudah dinikmati di luar negeri dengan tujuan ekspornya adalah Brunei Darussalam, Singapura, Malaysia, Australia, Amerika Serikat dan negara-negara Timur Tengah.

 

Mungkin itu saja beberapa review singkat mengenai 5 brand lokal Indonesia yang memiliki rasa dan kuwalitas Internasional, semoga bermanfaat dan selalu bangga dengan produk atau brand brand dalam negeri karena mampu bersaing di pasar Internasional, terus dukung brand brand lokal dalam negeri dengan selalu memakainya.. Jiwa gue Indonesia ..

Terima kasih…:)