0

Manajemen Produksi dan Operasi Dalam Perusahaan Agribisnis

Manajemen Produksi dan Operasi Dalam Perusahaan Agribisnis dapat memberikan ketrampilan mahasiswa agar mampu mengaplikasikan manajemen produksi dan operasi dalam sistem agribisnis. Materinya lumayan banyak, perlu nalar dan banyak hafalan. Praktikumnya hanya wawancara ke perusahaan, namun setiap pertemuan selalu ada tugas yang bersifat kelompok, begitupun tutorialnya. UAP nya bebas las vegas.

Materi Kuliah MPO
Materi Praktikum MPO
Materi Tutorial MPO
Tugas Kuliah MPO
Tugas Praktikum MPO
Tugas Tutorial MPO
Apikasi PSPP
Aplikasi Eviews
Aplikasi QM

0

Metode Penelitian Sosial Ekonomi

Metode Penelitian Sosial Ekonomi dapat memberikan pemahaman kepada mahasiswa mengenai kedudukan Metode Penelitian dalam Metode Ilmiah. Sehingga diharapkan mahasiswa dapat membengun ketrampilan dasar yang diperlukan untuk memahami dan mengelola program penelitian. Pemahaman tentang tahapan proses penelitian, termasuk didalamnya adalah membangun pertanyaan penelitian dan aplikasi metode yang sesuai dengan permasalahan penelitian spesifik. Membangun pemahaman alur logika yang diperlukan untuk memecahkan permasalahan dan mencapai tujuan penelitian secara efektif dan mengevaluasi secara kritis berdasarkan data yang dikumpulkan secara representatif. Diharapkan mahasiswa dapat menyusun proposal pra proposal penelitian skripsi yang siap dikonsultasikan pada Dosen Pembimbing.

Materi Kuliah MPS
Materi Tutorial MPS
Bahan Bacaan MPS
Kuesioner Praktikum
Tugas Praktikum MPS
Tugas Tutorial MPS
Mini Proposal Skripsi

0

Teknologi Produksi Tanaman Perkebunan

Teknologi Produksi Tanaman Perkebunan merupakan mata kuliah pilihan yang tergolong baru. Sama seperti Teknologi Produksi Tanaman dan Teknologi Produksi Tanaman Hortikultura, Teknologi Produksi Tanaman Perkebunan membahas tentang peran tanaman perkebunan bagi perekonomian nasional serta teknik budidayanya. Teknologi Produksi Tanaman Perkebunan memiliki ruang lingkup yang lebih sempit, yaitu hanya membahas sebatas tanaman Perkebunan. Kuliahnya enak, presentasi tiap pertemuan. Praktikumnya ruang lebih banyakdari pada praktikum lapang, tiap hari ada pre test dan post test. Karena ini termasuk mata kuliah yang tergolong baru, jadi praktikumnya agak kurang teratur dan terkoordinasi dengan baik. Asisten praktikumnya rolling, jadi satu asisten hanya menjelaskan satu tanaman perkebunan. Setiap pertemuan harus mengerjakan soal yang ada di modul dan tulis tangan.

Modul Praktikum Teknologi Produksi Tanaman Perkebunan
Presentasi Praktikum Teknologi Produksi Tanaman Perkebunan
Tugas Praktikum Teknologi Produksi Tanaman Perkebunan
Laporan Praktikum Teknologi Produksi Tanaman Perkebunan

0

Teknologi Produksi Tanaman Hortikultura

Teknologi Produksi Tanaman Hortikultura membahas tentang peran tanaman hortikultura bagi perekonomian nasional serta teknik budidayanya. Teknologi Produksi Tanaman Hortikultura hampir sama dengan Teknologi Produksi Tanaman, namun lingkupnya lebih sempit, yaitu hanya membahas sebatas tanaman Hortikultura (buah, sayur, tanaman hias). Kuliahnya enak, presentasi tiap pertemuan. Praktikumnya banyak, tiap hari harus melakukan perawatan dan tiap minggu harus melakukan pengukuran.

Materi Kuliah Teknologi Produksi Tanaman Hortikultura
Tugas Kuliah Teknologi Produksi Tanaman Hortikultura
Laporan Praktikum Teknologi Produksi Tanaman Hortikultura

0

Manajemen Pemasaran Agribisnis

Manajemen Pemasaran Agribisnis adalah mata kuliah pilihan yang tergolong baru untuk angkatan 2014, bahkan di buku pedoman pendidikan perkuliahan program sarjana pun belum tertulis. Manajemen Pemasaran Agribisnis lebih mempelajari pendekatan dasar untuk menelaah manajemen dan keputusan manajemen pada perusahaan agribisnis. Kalau menurut saya, mata kuliah ini gabungan Manajemen Agribisnis dan Pemasaran Hasil Pertanian. Materi yang ada didalamnya hanya diulang-ulang kembali, karena sebagian besar sudah didapatkan waktu semester-semester awal. Kalau kalian mempunyai ingatan yang cukup kuat, mungkin kalian nggak perlu belajar lagi, hanya perlu mendalami studi kasusnya saja. Sebenarnya mata kuliah ini ada sesi tutorial, tapi saya lupa nge-save modul tutorialnya, yang jelas setiap kali pertemuan pasti ada tugas tutorial yang harus dikerjakan secara berkelompok.

Materi Kuliah Manajemen Pemasaran Agribisnis

0

Metode Kuantitatif

Metode Kuantitatif mempelajari bagaimana membentuk model penelitian dari data yang diperoleh. Model penelitian harus sesuai dengan alat analisisnya agar menghasilkan interpretasi yang tepat untuk mendukung pencapaian efisiensi pengelolaan bisnis atau kebijakan. Metode kuantitatif memerlukan pemahaman statistik, matematik, dan juga teori ekonomi sebagai dasar pembuatan model. Mata kuliah ini sangat penting, karena bakal kalian gunakan di semester 8. kalau kalian nggak mencerna dan memahami mata kuliah ini dengan baik dan benar, semester 8 nanti kalian bakal nyesel dan kesusahan. Awalnya materi di mata kuliah ini sangat mudah, namun lama kelamaan sangat menyenangkan dan mengasah otak.

Materi Kuliah Metode Kuantitatif
Materi Tutorial Metode Kuantitatif
Kumpulan Tugas Tutorial Metode Kuantitatif
Aplikasi SPSS 21
Aplikasi Lindo 61
Aplikasi Stata 14

0

Proposal Magang Kerja

Proposal magang kerja lebih fokus kepada rencana kegiatan yang akan dilakukan kedepannya. Rencana kegiatan yang akan dilakukan selama magang kerja yaitu menggali informasi secara mendalam mengenai profil, sejarah, dan struktur organisasi perusahaan.Rincian rencana kegiatan magang kerja akan disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang ada di tempat magang sesuai dengan arahan pembimbing lapangan.

Proposal Magang PT. Lotte Shopping Indonesia
Proposal Magang di PT. Syngenta Indonesia

0

Logbook dan Reflective Journal

Laporan Mingguan Kegiatan berupa Logbook dan Reflective Journal. Logbook berfungsi untuk melaporkan detail kegiatan harian dari magang yang telah dilakukan dalam bentuk tabel yang telah ditetapkan sebelumnya.  Reflective Journal berfungsi untuk melaporkan detail kegiatan mingguan dari magang yang telah dilakukan dalam bentuk kalimat dengan format yang telah ditetapkan sebelumnya.

Logbook Minggu 1
Logbook Minggu 2
Logbook Minggu 3
Logbook Minggu 4
Logbook Minggu 5
Logbook Minggu 6
Logbook Minggu 7
Logbook Minggu 8
Reflective Journal Minggu 1
Reflective Journal Minggu 2
Reflective Journal Minggu 3
Reflective Journal Minggu 4
Reflective Journal Minggu 5
Reflective Journal Minggu 6
Reflective Journal Minggu 7
Reflective Journal Minggu 8

0

Magang Kerja

Magang kerja merupakan kewajiban bagi mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya selama menempuh studi. Magang kerja ialah kegiatan praktek akademik dengan tujuan untuk menerapkan, membandingkan, dan menelaah ilmu pengetahuan yang didapat selama perkuliahan dengan aplikasi praktis di lapangan. Kegiatan magang kerja membidik penguasaan kompetensi kerjasama dalam kelompok, profesionalitas dalam bekerja, dan adaptasi terhadap lingkungan. Kegiatan magang kerja merupakan langkah awal bagi institusi tempat magang dalam membangun hubungan dengan calon tenaga potensial dan profesional yang telah menunjukkan kinerja saat mahasiswa. Instansi dapat memanfaatkan tenaga terdidik untuk pengembangan program pelatihan yang efisien. Magang kerja merupakan solusi yang tepat dalam tahap meniti karir di bidang pertanian yang sangat dinamis bagi mahasiswa Fakultas Pertanian.

Presentasi Kegiatan Magang Kerja di PTPN XII Kebun Kalisepanjang
Presentasi Kegiatan Magang Kerja di PTPN XI Pabrik Gula Pagottan
Presentasi Kegiatan Magang Kerja di PT. Lotte Shopping Indonesia
Presentasi Kegiatan Magang Kerja di PT. Syngenta Indonesia Malang
Presentasi Kegiatan Magang Kerja di PT. Incasi Raya Edible Oils
Presentasi Kegiatan Magang Kerja di PTPN XII Unit Kerja Kalisepanjang
Presentasi Kegiatan Magang Kerja di Perum Bulog Subdivre Banyuwangi
Presentasi Kegiatan Magang Kerja di PT. Petrosida
Presentasi Kegiatan Magang Kerja di PT. Syngenta Indonesia
Presentasi Kegiatan Magang Kerja di PTPN XII Unit Kerja Kertowono

0

Laporan Akhir Magang Kerja Di PT. Lotte Shopping Indonesia

Cikal bakal berdirinya PT. Lotte Shopping Indonesia dimulai dari terbentuknya PT. Karabha Unggul. Pada 19 Oktober 1989 SHV Belanda dengan PT. Astra Internasional melakukan joint venture dan membentuk PT. Karabha Unggul yang kemudian beroperasi dengan merk dagang Makro. Pada 12 Oktober 1992 PT. Karabha Unggul resmi berubah nama menjadi PT. Makro Indonesia, yang 7 tahun kemudian tepatnya pada 1 September 1999 diakuisisi oleh SHV Belanda, sehingga statusnya adalah PMA. Sejak awal berdirinya PT. Makro Indonesia hingga tahun 2004 telah mengoperasikan 15 toko. Kemudian pada tanggal 28 Oktober 2008, PT. Lotte International milik Lotte Group dari Korea Selatan mengakuisisi 100% saham PT. Makro Indonesia dan namanya berubah menjadi PT. Lotte Shopping Indonesia. Merk dagang Makro resmi berganti menjadi Lotte Wholesale pada April 2010.

Lotte Wholesale merupakan pusat perbelanjaan yang melayani penjualan dalam skala besar dengan konsep swalayan modern pertama di Indonesia yang menjual produk makanan dan non makanan secara lengkap dalam satu atap, sehingga memungkinkan untuk melihat aktivitas pasar secara lengkap hanya pada satu tempat. Lotte Wholesale menggunakan konsep swalayan yang menerapkan sistem keanggotaan (membership) dan komputerisasi. Lotte Wholesale mampu menawarkan harga yang murah dengan kualitas yang baik dengan cara menekan biaya operasional, manpower, dan membeli barang dalam jumlah besar. Professional Customer yang dimiliki Lotte Wholesale Store 02 Sidoarjo adalah retail, hotel, restoran, catering, dan service yang keseluruhannya berjumlah 40.000-50.000 customer. Customer yang menjadi anggota Lotte Wholesale Store 02 Sidoarjo akan mendapatkan kiriman majalah/katalog, dan flyer serta informasi promosi melalui telfon, sms, dan whatsapp. Lotte Shopping Indonesia telah membuka 32 toko di Indonesia terhitung mulai tahun 1992-2016 dengan merek dagang Lotte Grosir. Lotte Grosir Sidoarjo merupakan toko ke-2 yang dibuka di Indonesia setelah Lotte Grosir Pasar Rebo tepatnya pada tanggal 29 September 1993. Lotte Grosir Sidoarjo terletak di Jalan Raya Pepelegi Indah Kav. 4 Waru, Sidoarjo, Jawa Timur. Lotte Grosir merupakan perusahaan dagang yang melayani penjualan dalam skala besar.

Proses penetapan tujuan, pengembangan kebijakan, perencanaan, dan alokasi sumberdaya merupakan fokus dari manajemen strategi. Dalam rangka mengimplementasikan manajemen strategi yang akan, sedang, dan telah dilakukan oleh sebuah perusahaan diperlukan Visi dan Misi sebagai pedoman. Dukungan dari berbagai pihak, baik internal maupun eksternal sangat mempengaruhi operasional perusahaan. Hubungan kerjasama yang professional, bertanggungjawab, dan berkomitmen menjadi kunci utama berkembangnya suatu perusahaan. Visi Lotte Wholesale adalah menyediakan kebutuhan usaha untuk para pelanggan profesionalnya. Misi Lotte Wholesale adalah memenuhi kebutuhan mitra usaha dengan menyediakan produk-produk berkualitas dengan harga bersaing. Sehingga bisa membentu, melayani, serta mengembangkan para pemilik usaha kecil dan menengah di Indonesia.

Laporan Akhir Magang Kerja
Presentasi Kegiatan Magang Kerja