Merubah File .java Menjadi File .exe menggunakan Netbeans

Bismillah,
Salah satu hal yang dilakukan ketika kita telah selesai membuat program adalah bagaimana kemudian program tersebut bisa dijalankan tanpa menggunakan tool editor java seperti Netbeans, JCreator, Eclipse dan lain-lain, salah satu caranya adalah dengan mengubah program yang masih bereksistensi .java menjadi .exe. Untuk merubahnya yaitu dengan merubahnya ke file .jar terlebih dahulu, kemudian file .jar kita rubah ke file .exe. Berikut langkah-langkah mengubah file .java menjadi .exe menggunakan editor Netbeans.

  1. Setelah program yang kita buat selesai, usahakan sudah GUI, pastikan program yang kita buat merupakan main project pada netbeans, jika belum kita atur terlebih dahulu,yaitu dengan cara klik menu Run pada menu bar, kemudian sorot Set Main Project, dan kita pilih project dari program yang kita buat.
  2. Setelah itu, klik menu Clean and Build Main Project pada menu icon diatas atau tekan Shift+F11.
  3. Kemudian pada akan terbentuk folder dist pada project yang sedang kita buat. Dan di dalam folder tersebut terbentuk file .jar. Silahkan dirun file .jar tersebut jika program yang kita buat bisa berjalan maka konversi dari .java menjadi .jar berhasil.
  4. Langkah selanjutnya adalah merubah file .jar menjadi file .exe. Untuk merubahnya kita membutuhkan aplikasi J2EWizard. Jika belum punya silahkan download disini J2EWizard1.4.
  5. Jika aplikasi tersebut sudah terinstal dengan benar. Selanjutnya menjalankan aplikasi tersebut. Pertama kita cari file .jar yang sudah terbentuk tadi, klik Browse, jika sudah ketemu klik Next.
  6. Kemudian pilih Windows GUI Application, jika program yang kita buat adalah program GUI. Selanjutnya klik Next.
  7. Langkah selanjutnya adalah memasukkan kelas main dari program yang kita buat. Biasanya jika file .jar sudah benar pada langkah 5, akan terbentuk otomatis. Kemudian klik Next.
  8. Kemudian kita tentukan nama dari file .exe yang akan kita buat beserta direktori tempat menyimpannya. Kemudian klik Next.
  9. Aplikasi atau file .exe sudah terbentuk silahkan klik Finish. Dan kita buka file .exe ditempat kita tadi menyimpannya. Kita run. Bisa?

Jika bisa, Selamat Untuk Anda. Jika belum silahkan ulangi lagi. Kebanyakan kesalahan adalah pada setting Main Project.
Untuk lebih jelasnya silahkan lihat disini

2 thoughts on “Merubah File .java Menjadi File .exe menggunakan Netbeans

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CAPTCHA Image

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title="" rel=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Proudly powered by WordPress
Theme: Esquire by Matthew Buchanan.