• Pasca-Tsunami Palu, Penanganan Darurat Terus Dilakukan

    Date: 2018.09.29 | Category: Uncategorized | Tags:

    Gempa berkekuatan magnitude 7,7 yang lalu dimutakhirkan oleh BMKG jadi magnitudo 7,4 sudah mengguncang lokasi Kota Palu serta Donggala, Sulawesi Tengah pada Jumat (28/9) jam 17.02 Wita. Pascagempa, tsunami menerjang beberapa permukiman serta bangunan di pantai. Sekarang ini perlakuan darurat selalu dikerjakan.

    Baca Juga : Kapal Jakarta Batam dan Harga Tiket Kapal Jakarta Batam

    “Kepala BNPB (Tubuh Nasional Penanggulangan Bencana) pergi ke Palu saat malam ini lewat Makassar lalu meneruskan ke Kota Palu serta Donggala memakai helikopter,” kata Kepala Pusat Data Info serta Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangannya, Jumat (28/9).

    Mengenai Bandar Hawa Mutiara Sis Al Jufri, Palu ditutup mulai Jumat (28/9) jam 19.26 Wita sampai Sabtu (29/9) jam 19.20 Wita. Sesaat Team Reaksi Cepat BNPB juga sudah berjalan ke arah Donggala lewat Balikpapan memakai helicopter water bombing. “Team ini membawa perlengkapan komunikasi satelit serta perlengkapan yang lain,” kata Sutopo.

    Baca Juga : Jadwal Kapal Jakarta Batam dengan Kapal Jakarta Medan

    TNI akan mengerahkan pasukan untuk menolong perlakuan efek gempa serta tsunami di Kota Palu serta Doggala. TNI menggerakan 7 SSK dari Yonkes, Yonzipur, Yonif, serta Yonzikon memakai dua pesawat Hercules C-130.

    Sesaat Basarnas menggerakkan 30 personil bererta perlengkapan memakai pesawat Hercules. Polri akan turunkan personil serta perlengkapan untuk memberi support perlakuan darurat.

    Baca Juga : Harga Tiket Kapal Jakarta Medan dengan Jadwal Kapal Jakarta Medan

    Menurut Sutopo, komunikasi yang lumpuh sekarang ini mengakibatkan kesusahan untuk pengaturan serta laporan dengan daerah. “Keadaan listrik padam juga mengakibatkan gelap gulita di Palu serta Donggala,” kata Sutopo. Petugas BPBD, TNI, Polri, Basarnas, SKPD, serta relawan lakukan evakuasi serta pertolongan pada korban. “Korban yang luka-luka diakukan oleh petugas kesehatan,” katanya,