• JK: Evakuasi Korban Gempa Sulteng Dihentikan 11 Oktober

    Date: 2018.10.09 | Category: Uncategorized | Tags:

    Wakil Presiden (Wakil presiden) Jusuf Kalla (JK) menyampaikan evakuasi pada korban gempa Palu serta sekelilingnya akan dihentikan pada tanggal 11 Oktober yang akan datang. Faktanya, kesempatan hidup dari korban yang tertimbun begitu kecil, bahkan juga tidak ada sebab telah sampai dua minggu sesudah gempa bumi.

    Baca Juga : KA Probowangi dan Harga Tiket KA Probowangi

    “Memang jika melalui tujuh hari bisa disebut peluang hidup itu telah kecil skali. Terkecuali ada mukjizat. Hingga butuh dihentikan evakuasinya,” kata JK di Istana Wakil presiden, Jakarta, Selasa (9/10).

    Dia menuturkan yang dihentikan cuma usaha mencari korban. Pekerjaan yang lain seperti tanggap darurat masih dikerjakan. Bahkan juga pekerjaan rehabilitasi serta rekonstruksi dikerjakan sesudah tanggap darurat tuntas.

    Baca Juga : Jadwal KA Probowangi dengan KA Lodaya‎

    “Tanggap darurat itu evakuasi yang sehat, service kesehatan, makanan, dan shelter atau rumah. Menjadi service tanggap darurat masih jalan,” jelas JK.

    Ia menyatakan mungkin ada banyak korban yang tertimbun, bahkan juga sampai 5.000 orang seperti dikemukakan penduduk ditempat. Akan tetapi tidak mungkin mencari semua masih tetap tertimbun. Sebab jika masih dicari, kesempatan hidupnya begitu kecil.

    Baca Juga : Harga Tiket KA Lodaya dengan Jadwal KA Lodaya

    “Jika dihentikan ya dipasrahkan untuk dikuburkan. Ingin diambil juga beresiko. Sebab tanahnya labil sekali. Cuma dapat dengan alat berat. Jika alat beratnya terbenam dapat juga korban semakin banyak lagi,” katanya.