• Serunya Mudik Dengan Kapal Laut

    Date: 2017.07.24 | Category: Kapal Laut | Tags:

    Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kembali membuat program mudik gratis untuk kendaraan bermotor di Lebaran 2017. Juga akan disiapkan tiga kapal untuk program mudik tahun ini. ” Ada, kita mudik gratis ada 3 kapal, 1 kapal kemampuan 1. 000 motor serta 2 kapal kemampuan 500 motor, ” ungkap Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Laut Tony Budiono di Pelabuhan Merak, Banten, Senin (15/5/2017).

    Disamping itu, pendaftaran pemudik kendaraan bermotor memakai kapal ini belum juga diputuskan tanggal tentunya. Tetapi, ia mengutamakan kalau juga akan lakukan sosialisasi pada orang-orang serta juga akan ada pula di situs Kemenhub bila telah ada tanggal tentunya.

    ” Kita juga akan blusukan ke sentra industi, kita infokan ada mudik gratis. Bila tahun lantas kan tidak ada (sosialisasi). Mungkin saja minggu depan juga akan mulai kita sosialisasikan. Kita lewat sosial media, media bikin, serta kita akan blusukan ke sentra-sentra industri, ” tuturnya. Disamping itu, operator serta kapal untuk mudik gratis ini juga akan dikerjakan lewat lelang.

    Apakah juga akan digerakkan oleh swasta atau BUMN. Sedang jalur yang juga akan dilalui juga cuma satu kota yaitu Semarang. ” Jakarta ke Semarang, serta Semarang ke Jakarta. Bolak-balik namun dari Semarang dia dapat nyebar kemana saja, ” tukasnya.

    PT Pelni masih tetap buka pendaftaran untuk mudik gratis memakai kapal laut dari Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, menuju Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang. Direktur Paling utama PT Pelni Elfien Goentoro menyebutkan, pendaftaran masih tetap di buka untuk keberangkatan pada Jumat (23/6/2017).

    Baca : Jadwal Kapal Ciremai, Harga Tiket Kapal Pelni Ciremai, Rute Kapal Pelni, Harga Tiket Pelni

    Dia menyebutkan, dari 2. 500 kuota yang disiapkan, sekarang ini masih tetap ada untuk 250 penumpang. ” Kemampuan untuk Pelni masih tetap ada tanggal 23, 10 % sekali lagi. Saat ini telah terisi 90 %, ” tutur Elfien, waktu didapati di Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjung Priok, Rabu (21/6/2017).

    Warga yang menginginkan mudik gratis ke Semarang memakai kapal dapat mendaftar on-line di mudikgratis. dephub. go. id.

    Pendaftaran dapat juga dikerjakan dengan off line di beberapa tempat seperti di GOR Bulungan Blok M, Jakarta Selatan, Dishub Kota Tangerang (Terminal Poris Plawad), Dishub Kota Tangerang Selatan (Kantor Dishub Serpong), serta Dishub Depok (Terminal Kota Depok), dan Dishub Kota Bekasi.

    Terkecuali untuk pergi mudik, orang-orang dapat juga memakai angkutan gratis itu untuk kembali pada Jakarta. Pendaftaran untuk arus balik berbarengan dengan pendaftaran keberangkatan. Mudik gratis itu terwujud karena kerja sama pada Kementerian Perhubungan dengan PT Pelni manfaat kurangi kemacetan serta kecelakaan jalan raya.