• Penumpang Kapal Pesiar Wajib Ikuti Latihan Keselamatan

    Date: 2017.09.21 | Category: Kapal Laut | Tags:

    Untuk kapal pesiar seperti Costa Victoria, problem keselamatan tidak dapat ditawar-tawar. Harus dikerjakan sebelumnya pergi serta melibatkan semua penumpang. Waktu KompasTravel ikuti perjalanan dengan Costa Victoria rute Singapura-Phuket (Thailand) -Penang (Malaysia) -Singapura pada akhir th. 2015, Lily Chiu Lai Nam jadi Trade Marketing Manager Costa Crociere S. p. A menyebutkan beberapa peserta famtrip yang melibatkan media dari Indonesia, Malaysia serta Singapura supaya ikuti ” muster drill ” dengan kata lain ” fire drill ” atau latihan keselamatan diatas kapal.

    Kursus ini dikerjakan diatas kapal sebelumnya kapal meninggalkan Harbourfront Centre Terminal, Singapura, Kamis (3/12/20015) jam 22. 00 saat setempat. Tiga puluh menit sebelumnya Costa Victoria pergi, pengumuman bergema di semua kapal kalau penumpang disuruh bersiap ikuti latihan keselamatan di dek 6.

    Pengumuman di sampaikan dalam lima bhs yaitu Italia, Inggris, Mandarin, Indonesia serta Jepang. Penumpang diinstruksikan ambil jaket pelampung di almari serta ikuti panduan seperti yang terdaftar di kartu kabin semasing.

    Dibalik Costa Card yang sekalian jadi kartu pembuka pintu kabin terdaftar ” Muster Station ” A hingga F. Apabila terdaftar ” Muster Station ” A, C, E penumpang harus keluar ke dek 6 di samping kanan. Sesaat B, D, F di samping kiri kapal.

    Ahmad Wahyudin, warga Jakarta, tamatan Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid yang bekerja jadi room boy di Costa Victoria pada KompasTravel menyebutkan, aktivitas ini harus dibarengi semua penumpang.

    Penumpang dewasa, anak-anak, orangtua, lelaki ataupun wanita menuju lambung kanan serta kiri kapal di dek 6. Disana penumpang ditata staf Costa yang berdiri rapi. Ada pula penumpang yang cepat-cepat ke dek 6 tetapi tidak kenakan jaket pelampung. Pegawai kapal dengan cekatan serta telah siap sedia mengambilkan jaket pelampung yang ada.

    Harga Tiket Jakarta – AmbonHarga Tiket Jakarta – Medan, Harga Tiket Jakarta – BatamHarga Tiket Jakarta – Makassar

    Pengumuman langkah memakai pelampung kembali bergema lewat 5 bhs barusan. Ada pula penumpang yang masih tetap bingung, terlebih penumpang lanjut usia, karna jemu sangat lama berdiri.

    Untuk kurangi rasa jemu, terkadang mereka jalan mendekati pagar kapal untuk melihat-lihat kondisi pelabuhan pada malam hari. Tetapi petugas kapal melarang penumpang itu serta memohonnya kembali pada barisan. Pegawai kapal tetaplah memberi instruksi serta petugas beda memperagakan langkah menggunakan pelampung.

    Karna memakai 5 bhs, bermakna pegawai Costa juga 5 kali memeragakan langkah memakai jaket pelampung. Sesudah pengumuman dengan 5 bhs itu usai, baru beberapa penumpang disuruh kembali pada kabin semasing dengan memakai tangga. Pemakaian lift dilarang.

    Malam juga makin larut. Setelah itu kapal Costa Victoria berbobot 75. 200 ton dengan membawa sekitaran 1. 500 penumpang itu perlahan meninggalkan Harbourfront Centre Terminal Singapura menuju Phuket, Thailand.