• Pemudik Asal Sulawesi Lebih Memilih Kapal Pelni

    Date: 2017.09.21 | Category: Kapal Laut | Tags:

    Moda transportasi kapal laut lebih disukai beberapa pemudik yang datang dari Sulawesi. Mudik dengan kapal laut dipercaya lebih irit karna ticket pesawat menuju ke Sulawesi mendekati Lebaran begitu melambung.

    ” Umumnya memanglah kita pulang ke Palu naik pesawat, namun karna mendekati Lebaran ini begitu mahal, jadi lebih murah bila gunakan kapal hingga Makassar lantas lanjut sekali lagi bus, ” tutur Syahril (39), salah seseorang peserta mudik bareng TelkomselSiaga, Senin (6/9/2010) di KM Gunung Dempo.

    Menurut dia, harga ticket pesawat ke Palu dapat 2 x lipat harga nya bila dibanding hari umum. Untuk kepentingan mudik ini, Syahril yang datang dengan enam anggota keluarganya yang beda ini memprediksi cost mudiknya dapat menjangkau Rp 10. 000. 000 untuk biaya pulang pergi.

    ” Bila mudik untuk satu keluarga istri serta dua anak dapat, belum juga lebih sepupu juga turut itu tentu lebih dari Rp 2. 000. 000. Jadi, bila bolak-balik biaya dan sebagainya dapat sampai Rp 10. 000. 000, ” katanya pada Kompas. com.

    Bila dibanding dengan pesawat, Syahril mengakui tambah nyaman memakai pesawat. Pasalnya, kapal laut menelan saat hingga tiga hari perjalanan, sedang pesawat cuma tiga jam.

    Diluar itu, ia serta tiga anggota keluarga yang beda juga tidak kebagian tempat tidur hingga mesti sangat terpaksa tidur di kolong tangga. ” Namun ini masih tetap mending dari pada dahulu th. 2000 saya pulang naik kapal, saya sekeluarga hingga mesti tidur diluar kapal karna sangat ramai. Bila hujan mesti mencari tempat berlindung. Bila saat ini tambah lebih enak, ” kenang Syahril.

    Walau sekian, ia mengakui nikmati perjalanan kapal laut dengan keluarga, bahkan juga anak-anaknya ketertarikan berkeliling-keliling bermain di kapal. ” Yang perlu hingga kampung, lagian disini senantiasa ramean jadi happy-happy saja, ” tutur pria yang berwiraswasta di bagian perlengkapan bersihkan mobil itu.

    Jadwal SinabungHarga Tiket Sinabung – Jadwal Kapal

    Sama dengan Syahril, Tuti (31), pemudik asal Makassar, juga mengakui lebih suka memakai kapal laut dari pada pesawat maupun bus. ” Bila naik kapal minimum cocok hari umum ke Makassar Rp 400. 000 cocok Lebaran ini dapat 2 x lipat, ” katanya waktu didapati Kompas. com di ruangan kelas ekonomi KM Gunung Dempo. Tetapi, karna Tuti turut program mudik bareng TelkomselSiaga, ia juga cuma membayar Rp 216. 000 untuk hingga ke Makassar.

    Terkecuali problem cost, mudik dengan kapal laut juga dirasa mengasyikkan karna ada hubungan silaturahim antar-sesama penumpang. ” Berhari-hari kita di laut, ingin tidak ingin tentu kenalan, bercakap, pada akhirnya tukar-tukaran makanan, telah seperti saudara sekampung, ” ungkap Tuti.

    Berdasar pada pantauan, beberapa besar pemudik di KM Gunung Dempo adalah pemudik asal Sulawesi, terlebih Makassar. Pemudik asal Jawa dimana kapal ini bertumpu di Tanjung Perak (Surbaya) sedikit didapati.

    Hal itu disadari Corporate Akun Management Telkomsel Veronica Endah, sebagai penyelenggara mudik bareng kapal laut Telkomsel Siaga di KM Gunung Dempo. ” Waktu kita survey nyatanya pemudik asal Jawa lebih pilih jalur darat karna rutenya lebih dekat serta tiket-tiket moda transportasi yang beda juga masih tetap terjangkau, ” katanya.