• Pelni – Pertamina Kerjakan Kapal Pesiar Indonesia

    Date: 2017.07.24 | Category: Kapal Laut | Tags:

    PT Pelayaran Indonesia (Pelni) bekerja bersama dengan Patra Layanan anak perusahaan PT Pertamina (Persero) untuk membuat satu kapal pesiar dalam rencana mensupport industri pariwisata di Indonesia. ” Kami telah kerjakan penandatanganan perjanjian atau MoU untuk bersama membuat satu kapal pesiar dalam rencana mensupport industri pariwisata di Indonesia terutama di 10 tujuan wisata yang telah disadari, ” kata Kepala PT Pelni Cabang Kupang, Adrian di Kupang, Sabtu (10/6/2017).

    Dia menyebutkan, sekarang ini kapal pesiar itu tengah dibuat di Korea Selatan yang diprediksikan juga akan rampung pada 2018 kelak serta juga akan segera dipakai. Terlebih dulu, Pelni serta anak perusahaan Pertamina itu merencanakan juga akan beli kapal pesiar. Tetapi, hal itu terhalang dengan larangan yang menyebutkan kalau lembaga pemerintah dan BUMN dilarang untuk beli kapal-kapal sisa dari luar negeri.

    Baca : Jadwal Kapal Bukit Raya, Harga Tiket Kapal Pelni Bukit Raya, Rute Kapal Pelni, Harga Tiket Pelni

    ” Oleh karenanya Pelni serta Pertamina setuju untuk membuat saja serta memerlukan saat sekira satu tahunan untuk membangunnya, ” katanya. Pembangunan kapal pesiar itu, direncanakan juga akan beroperasi untuk 10 tujuan wisatayang sudah diputuskan oleh pemerintah. Ke-10 tujuan itu satu diantaranya di NTT yaitu Tujuan Labuan Bajo dan tujuan bahari bawah laut di Riung.

    Pelni sendiri, sekarang ini bukan sekedar konsentrasi pada kapal-kapal penumpang, namun juga tengah konsentrasi pada kapal-kapal usaha yang lain seperti kapal pengangkut ternak dan satu diantaranya konsentrasi pada usaha pariwisata. Hal semacam ini karena pemakai kapal laut sekarang ini makin alami penurunan karena semakin banyak memakai transportasi udara.

    ” Bekas Menteri Perhubungan Pak Jonan juga telah pernah mengemukakan pada kami supaya telah waktunya Pelni konsentrasi ke usaha yang beda, tetapi problem kapal penumpang tetaplah digerakkan, ” katanya. Perihal ini pula yang menurut dia jadi argumen kenapa hingga pembangunan kapal pesiar begitu perlu. Terlebih sekarang ini lanjutnya industri pariwisata di Indonesia tengah digenjot.