• Kapal Penumpang Pelni Mulai Berbenah

    Date: 2017.09.21 | Category: Kapal Laut | Tags:

    Kadang-kadang aroma cat masih tetap tercium saat menyusuri bagian luar Kapal Motor Kelud. Kapal buatan galangan Dockyard Jos L Meyer, Papenburg, Jerman, th. 1998, ini barusan usai diperbaiki di Semarang, Jawa Tengah. Tidak tanggung-tanggung, saat perbaikan yang umumnya cuma menelan saat dua minggu diperpanjang jadi sebulan. Akhirnya saat ini kapal punya PT Pelni (Persero) dengan rute Tanjung Priok, Jakarta, menuju Belawan, Medan, itu sudah bersalin rupa, luar serta dalamnya.

    Kapal yang memiliki 2. 000 tempat tidur itu terlebih dulu mempunyai lantai yang mengelupas, saat ini sudah ditukar dengan alas baru berwarna krem serta coklat. Tiap-tiap tempat tidur saat ini sudah diperlengkapi dengan stop kontak yang dapat dipakai untuk isi ulang baterai telepon genggam. Tv tabung yang ada di sebagian pojok ruang juga sudah ditukar jadi tv monitor datar.

    Bagaimana dengan toilet? Rupanya, toilet beralih keseluruhan. Dudukan yang terlebih dulu terbuat dari besi saat ini sudah ditukar dengan porselen.

    Menurut Direktur Paling utama PT Pelni (Persero) Sulistyo Wimbo Hardjito, perbaikan toilet jadi satu perhatian paling utama. Untuk melakukan perbaikan 90-an toilet menggunakan cost sekitaran Rp 3 miliar dari keseluruhnya cost Rp 8 miliar.

    ”Saat ini kami tidak bicara mengenai kiat tingkatkan jumlah penumpang, namun konsentrasi mengatur service hingga penumpang terasa nyaman melancong dengan kapal Pelni, ” tutur Corporate Secretary PT Pelni (Persero) Yahya Kuncoro.

    Terkecuali kenyamanan, penumpang akan dimanjakan dengan fasilitas hiburan. Satu kafetaria dengan furniture baru di dek 8 juga akan temani penumpang sembari nikmati laut terlepas.

    Diluar itu, satu taman bermain untuk anak serta ruangan permainan juga jadi fasilitas melepas capek sepanjang perjalanan. Bila menginginkan kesibukan yang hasilkan keringat, sarana berolahraga jadi pilihan yang dapat diperoleh dengan cuma-cuma.

    Pernyataan Wimbo diterima hangat Ketua Komunitas BUMN Marketeers Club Hermawan Kartajaya. Hermawan menyebutkan mengagumi akan dengan kebersihan kapal KM Kelud yang didalam benaknya terlebih dulu tidak sekian.

    Jadwal SangiangHarga Tiket SangiangJadwal Umsini

    Kesan Hermawan juga diamini sebagian CEO. Mereka terasa mengagumi akan dengan kebersihan serta terutama dengan sambutan yang ramah dari beberapa awak kapal.

    ”Perbaikan bukan sekedar pada fisik KM Kelud, namun juga untuk anak buah kapal (ABK), ” kata Wimbo.

    Rupanya, sesaat kapal diperbaiki, ABK juga memperoleh kursus kesamaptaan dari Instansi Pendidikan Rindam IV/Diponegoro. Diluar itu, mereka juga memperoleh kursus supaya dapat melayani dengan ramah saat berhubungan dengan penumpang.

    Sesudah KM Kelud, 24 kapal yang lain akan diperbaiki secara detail. Kurun waktu dekat, KM Tidar serta KM Pangrango selekasnya masuk galangan. ”Memperbaiki kapal itu gampang, namun yang lebih perlu yaitu melakukan perbaikan mental orang di dalamnya, ” kata Wimbo.