Makanan Khas Lombok Yang Wajib Anda Cicipi

Makanan khas Lombok Yang Wajib Anda Cicipi. Lombok pernah dinobatkan sebagai tempat wisata halal terbaik dan tempat wisata halal bulan madu terbaik dalam ajang Internasional World Halal Travel Award 2015. Sebagai tempat wisata halal terbaik, tentu juga tidak boleh dilewatkan untuk mencicipi makanan khas Lombok.

Makanan Khas Lombok Yang Wajib Anda Cicipi

Buat kalian yang belum tahu makanan Khas Lombok yang wajib anda cicipi. Jadi langsung saja anda simak makanan khas dari Lombok.

Plecing Kangkung

Makanan khas Lombok ini berupa olahan tanaman air ini begitu populer di setiap rumah makan di Lombok. Rasanya belum ke Lombok jika belum makan kuliner Lombok yang satu ini.

Memang tampilannya sederhana, namun rasanya luar biasa. paduan cabai rawit, garam, tomat dan terasinya nikamt karena sensasi pedas.

plecing kangkung ini jelas sangat sehat dan membantu kesuburan karena ditambahkan tauge dan taburan kacang goreng untuk menambahkan rasa gurihnya.

Ayam Taliwang

Sudah pasti makanan khas lombok yang paling populer. Cobalah ayam Taliwang Bakar. Rasanya pedas sekali sampe ke bol-bol. Selain di bakar, ayam ini juga bisa disajikan dengan cara digoreng.

Ayam kampung yang dipilih merupakan ayam yang masih muda sehingga dagingnya sangat empuk dan mudah sekali di lepaskan dari tulangnya. Sensasi makanan pedas memang surganya kuliner lombok.

Jika sempat, tidak ada salahnya membawa ayam taliwang asli dari lombok untuk di bawa ke rumah anda. Rasa nikmatnya tetap bisa bertahan sampai anda tiba di tempat tujuan anda.

Sate Bulayak

Mungkin namanya sajayang kurang familiar. Namun, sate bulayak ini hampir sama dengan sate Madurya. Yang membedakan terletak pada lontong yang disajikan.

Keunikan sate bulayak karena lontongnya dibungkus dengan menggunakan daun aren dengan bentuk spiral. Cara membukanya pun unik karena harus mengikuti ulir daun arennya.

Untuk satenya menggunakan dagingf sapi yang dipadu dengan sambal khas suku sasak. kearifan lokal sate bulayak ini dimakan dengan cara tanpa menggunakan sendok atau garpu. Jadi, pastikan kalian sudah bisa menggunakan sumpit.

Ares

Makanan khas lokal ini benar-benar mengingat kita pada orang tua zaman dahulu kala. Sebabnya bahan utama ares adalah pelepah pisang. Pelepah pisang yang masih muda diolah menjadi makanan yang enak.

Sensasinya jelas bukan sensasi pedas. Siapa bilang rasa kuliner lombok semuanya pedas. Ares ini asanya perpaduan antara manis dan gurih karena menggunakan santan.

Jangan salah, Ares ini bisa dijadikan pendamping nasi oleh suku sasak asli Lombok pada acara-acara pernikahan.

Poteng Jaje Tujak dan Iwel

Makanan khas ini memang hanya muncul saat lebaram. Jadi, rasanya aak sulit menemukan di luar masa lebaran. Namun, sebelumnya kuliner ini cukup familiar.

Makanan Khas Lombok Yang Wajib Anda Cicipi

Poteng adalah tape ketan dan jaje atau tetel, mungkin lebih dikenal dengan gemblong. Poteng jaje tujak ini diolah dengan campuran daun daun sujui dan pandan.

Babalung

Penamaan bebalung mungkin sudah lekat dengan tulang. Bahan utaman kuliner ini adalah tulang igsa sapi atau kerbau yang dibumbui dengan cabe rawit, bawang putih, bawang merah, lengkuass dan kunyit ditambah jahe.

Makanan Khas Lombok Yang Wajib Anda Cicipi

Yang paling khas dalam penyajian bebalung taburan bawang gorengnya yang berlimpah. Bebalung yang paling populer terletak di depot kebelet pipis.

Rekomendasi Kuliner Legendaris Indonesia

Rekomendasi Kuliner Legendaris Indonesia. Tidak abis dimakan oleh waktu dan bercitarasa khas menjadi salah satu syarat sebuah kuliner legendaris. Kuliner tersebut harus tetap diminati di tengah gempuran banyaknya restoran baru yang modern dan inovasi kuliner berkembang.

Rekomendasi Kuliner Legendaris Indonesia

Pakar legendaris William Wongso bahkan menilai kuliner legendaris mesti bertahan hingga lebioh dari tiga generasi dengan mempertahankan rasa yang unik.

Baca Juga : Makanan Kaki Lima Nikmat di Surabaya

“Kuliner legendaris itu enggak bisa yang baru, harus yang sudah bertahan lewat dari tiga generasi setidak-tidaknya dan bisa menyajikan makanan yang khas dari daerah itu atau keluarga tersebut.”

Berikut ini kami rekomendasikan kuliner legendaris indonesua ala wolliam wongso. Sebagai berikut ini.

Warung Asem-asem Koh Liem, Semarang

Berdiri sejak 1978, rumah milik Piek Swie Liem ini sudah bertahab hingga tiga generasi.  Seperti namanya, rumah makan ini menyajikan menu andalan berupa asem-asem daging yang diracik dengan asem jawa, belimbing wulu dan tomat. William merekomendasikan warung makan ini lantaran reasa rebusan yang tidak berubah hingga saat ini.

Rekomendasi Kuliner Legendaris Indonesia

“Dari semua ini, saya tahu warung Koh Liem. Itu resbusan Semarang sudah sepuh dan banyak khas makanannya mengandung kecap, jadi favorit saya.”

RM Betawi Soto H Ma’ruf, Jakarta

Soto ini terkenal karena rasa rempah yang kuat didapat dari resep rahasia yang turun temurun. Rumah makan ini mampu bertahan hingga tiga generasi. Selain soto betawi, rumah makan ini juga menambahkan menu baru seperti laksa betawi. Ini lah yang menjadikan rumah makan ini selalu bertahan dan selalu banyak pengunjung yang masih menikmati citarasa yang khas ini.

Rekomendasi Kuliner Legendaris Indonesia

“Ini cikal bakal soto betawi dari dulu sampai sekarang. Yang menjadi cita rasa yang khas adalah selalu menjaga resepnya yang membuat rumah makan ini selalu reamai pengunjung.”

Gudeg Yu Djum, Yogyakarta

Dari Yogyakarta, William menyebut nama Gudeg Yu Djum sebagai salah satu rekomendasi kuliner legendaris. Warung makan spesialis gudeg ini sudah berdiri sejak 1950-an. Kini, rumah makan yang dirintis oleh Yu Djum yang bernama asli Djuwairiyah itu sudah memiliki beberapa cabang di Yogyakarta yang dikelolah oleh keturunannya. Cita rasa gudeg yang khas menjadi rahasia kesuksesan Gudeg Yu Djum.

Rekomendasi Kuliner Legendaris Indonesia

“Gudek Yu Djum Legendaris, sudah generasi ketiga dan Yu Djum banyak usahanya dan juga berkembang.”

Nasi Jamblang Mang Dul, Cirebon

Nasi jamblang merupakan makanan khas Cirebon yang menggunakan pembungkus daun jati. Aroma daun jati menambah cita rasa aneka lauk mulai dari tahu kuah, daging, pepes hingga telur dadar. Nasi Jamblang Mang Dul merupakan salah satu warung makan legendaris yang berdiri sejak 1968.

Rekomendasi Kuliner Legendaris Indonesia

“Nasi Jamblang Mang Dul ini cikal bakal legendarisnya nasi jamblang dari cirebon. Dimana masih mempertahankan cara penyajian makanannya sampai saat ini, yang membuat makanan ini unik dan menjadi legendaris.”

Rujak Shanghai Encim, Jakarta

Kuliner yang berlokasi di Glodok, Jakarta ini telah ada sejak 1950. Rujak Shanghai Encim ini tidak berisi buah melainkan sayuran seperti kangkung, lobak dan timun. Sayuran itu dipadukan dengan makanan laut seperti cumi besar dan ubur-ubur.

Rekomendasi Kuliner Legendaris Indonesia

Baca Juga : Tempat Makan Bakso Enak di Yogyakarta

Bumbu rujak ini berwarna kemerahan yang berasal dari kecap asin, aos dan sambal tomat. Bumbu Kacang tanah yang ditaburkan di atas kuah jadi pelengkap hidangan ini. Rujak Shanghai Encim ini sudah bertahan hingga tiga generasi.

Makanan Kaki Lima Nikmat di Surabaya

Makanan Kaki Lima Nikmat di Surabaya. Surabaya merupakan surga kuliner dari makanan murah hingga mahal. Mulai makanan aneh-aneh hingga tradisional juga semua tersedia di kota pahlawan ini.

Tidak hanya itu saja, untuk menemukan makanan lezat di Surabaya, tidak perlu harus ke restoran mahal. Cukup di warung pinggir jalan atau kaki lima, anda bisa mendapatkan cita rasa makanan yang bikin anda pasti ketagihan. Berikut maknan kaki lima nikmat di Surabaoya yang bisa anda ketahui, sebagai berikut ini.

Rawon Kalkulator

Rawon merupakan salah satu kuliner khas Surabaya yang sayang untuk anda lewatkan. Diantara banyak warung yang ada, anda harus mampir ke daerah Taman Bungkul Jalan Raya Darmo.

Harganya juga termasuk murah meriah RP 20.000,-. Anda bisa menikmati rawon dengan kuah hitam dan kental. Uniknya, anda akan disuguhkan pemandangan pelayanan yang menghitung tagihan tagihan secara cepat kalkulator.

Bakso Pak Djo

Warung bakso ini enggan mau sepi pengunjung walaupun lokasinya cukup terpencil. Adapun menu yang bisa anda pilih, ada bakso pentol, bakso isi telur puyu, tahu bakso, siomay dan gorengan. Harga rata-ratanya amat terjangkau, sekitar Rp 2.000 – Rp 3.000 perbutir.

 

Dijamin deh, dengan mencicipi bakso pak djo ini nggak cuma lapar anda saja yang akan hilang. Akan tetapi anda juga akan ketagihan karena dengan rasanya yang sangat nikmat.  Jika anda ingin menikmatinya anda bisa mendatanginya ke alamat yang satu ini. Jalan Manyar Tirto asri XII no. 2.

Bebek Tugu Pahlawan

Selain rawon, anda bisa menemukan banyak tempat kuliner dengan menu dasar utamanya adalah bebek. Salah satu yang wajib anda coba nasi bebek ini berada dekat dengan jalan Tembaan, sekitar Tugu Pahlawan.

Saking ramainya, anda harus rela antri untuk mendapatkan tempat duduk di sini. Harganya mulai dari Rp 11.000 hingga Rp 20.000 saja. Salah satu ciri khasnya yakni taburan serunden dan sambalnya yang pedas. Maka dari itu tempat ini selalu ramai oleh para pecinta rasa kuliner nusantara.

Nasi Cumi Waspada

Adalah sebuah warung nasi tenda pinggir jalan yang terletak di Jl Waspada samping Pasar Bom Atom Surabaya dengan menu andalan cumi masak tinta. Ini adalah street fighter yang cukup terkenal di Surabaya. Dibilang waspada karena terletak di Jl Waspada.

Makanan Kaki Lima Nikmat di Surabaya

Warung nasi cumi waspada ini buka 24 jam. Walaupu ini street fighter akan tetapi, buka setiap saat. Warung ini terletak di depan bangunan lain sehingga warung ini lebih ramai pada malam hari setelah toko lainnya tutup.

Pangsit Mie Ayam Kotamadya H. Mardju

Inilah mie ayam langganan para pegawai Kotamadya di jalan jaksa agungg suprapto no. 12. genteng. Bukanya dari jam 9 pagi, biasanya mie ayam ini sudah ludes ketika jam makan siang tiba.

Makanan Kaki Lima Nikmat di Surabaya

Satu porsi cukup banyak, sehingga anda akan puas untuk makan siang di sini. Harga yang di bandrol sangat terjangfkau untuk anda, hanya sekedar Rp 14.000

Lontong Balap Garuda Pak Gendut

Satu lagi kuliner khas Surabaya, yaitu lontong balap. Lontong ini merupakan salah satu kuliner yang diburu oleh banyak wisatawan saat berkunjungke Surabaya. Makanan ini terdiri dari iriasan lontong, tauge, tahuy, gorengan dan lainnya.

Makanan Kaki Lima Nikmat di Surabaya

Ada beberapa tempat yang menjanjukan menu lontong balap. Akan tetapianda patut datang ke tempat kuliner lontong balap garuda. Dijamin anda akan ketagihan makan yang satu ini.

Tempat Makan Bakso Enak di Yogyakarta

Tempat Makan Bakso Enak di Yogtakarta. Bakso adalaah salaah satu sajian kuliner yang bisa kita temui dimana saja. Tiap daerah bahkan memiliki sajian khas bakso yang lezat dan bikin rindu. Tidak terkecuali di kota Gudeg, Yogyakarta.

Tempat Makan Bakso Enak di Yogyakarta

Kali ini kami akan mengajak anda ke temapat makan bakso di Yogyakarta. Dimana tempat yang akan kami rekomendasikan ini menjadi salah satu tempat kuliner terbaik di Yogyakarta. Sebagai berikut ini.

Bakso Bethesda 74

Nama Bethesda ini diambil dari lokasi warung pertamanya yang terletak di jalan samping rumah sakit Bethesda Yogyakarta. Sajian yang menonjol dari bakso ini adalah bakso gorengnya yang krispi dan gurih.

Tempat Makan Bakso Enak di Yogyakarta

Kuahnya memiliki cita rasa segar dan nikmat, apalagi jika disantap bersama acar mentimun. Dijamin tidak akan menyesal mampir untuk makan bakso yang satu ini. Sekarang sudah berdiri tiga cabang bakso di Jogja. Jadi tidak perlu khawatir harus mengantri lama untuk menikmati baksonya.

Alamat:

Jend. Sudirman, Kotabaru, Gondokusuman, Yogyakarta.
Jagalan – Beji No.41, Purwokinanti, Pakualaman, Yogyakarta.
Gondosuli No.5, Baciro, Gondokusuman, Yogyakarta.
Harga Seporsinya: Mulai dari 5.000 IDR.

Bakso Lombok Uleg Pak Di

Bakso Lombok Uleg Pak Di ini sebenarnya merupakan sajian khas kuliner Tamanggung. Kuah yang segar berpadu dengan racikan lombok atau cabai langsung di atas mangkok baksonya..

Tempat Makan Bakso Enak di Yogyakarta

Daya tarik inilah yang membuatnya jadi salah satu bakso enak di Jogja. Pembeli pun dapat bebas menentukan tingkat kepedasan bakso yang diinginkan termasuk jumlah cabai yang digunakan. Kuliner pedas dan segar ini cocok dijadikan makanan pembangkit semangat.

Akamat:

Bantul No.64, Gedongkiwo, Mantrijeron, Yogyakarta.
Kaliurang Km 6,2 No.50 Kentungan Caturtunggal Depok, Sleman.
Godean No.209, Area Sawah, Nogotirto, Gamping, Sleman.
Harga Seporsinya: Mulai dari 11.000 IDR.

Bakso Tengkleng Mas Bambang

Tengkleng merupakan potongan daging sapi yang menyatu dengan tulangnya. Aneka sajian tengkleng memang sangat menggoda selera, salah satunya adalah bakso tengkleng.

Tempat Makan Bakso Enak di Yogyakarta

Di Jogja, ada satu warung bakso tengkleng yang terkenal yaitu Bakso Tengkleng Mas Bambang. Jangan kaget bila rasa bakso di sini sangat enak karena menggunakan 100% daging sapi asli. Campuran bakso dan tengkleng menjadi kombinasi pass untuk menuntaskan rasa lapar anda.

Alamat:

Affandi No.30, Soropadan, Condongcatur, Kec, Depok, Seleman.
Monjali No.80, Gemangan, Sinduadi, Mlati, Kabupaten Seleman.
Laksa Adisucipto No.4, Janti, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Seleman.
Wonosari No.5, Karang Anom, Srimulyo, Piyungan, Bantul.
Solo No.5, Glondong, Tirtomartani, Kalasan, Kabupaten Sleman.
Harga Seporsi: Mulai dari 20.000 IDR.

Bakso Kuning Gading

Kalau bakso yang satu ini merupakan salah satu bakso tertua sekaligus bakso terenak di Jogja. Mulai berjualan sejak tahun 1981, Bakso Kuning Gading berhasil merebut perhatian warga Jogja.

Tempat Makan Bakso Enak di Yogyakarta

Berbeda dengan hidangan bakso lainnya, satu porsi bakso di sini akan disajikan dengan topping suwiran daging ayam atau babat sapi. Tambahan topping inilah yang nampaknya menambah kelezatan semangkok bakso kuning gading. Belum lagi kuahnya yang bening, segar namun ringan di mulut.

Alamat: Magelang km 7,8 Mlati, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.
Harga Seporsi: Mulai dari 15.000 IDR.

Tempat Makan Yang Harus Anda Kunjungi

Tempat Makan Yang Harus Anda Kunjungi. Tidak hanya sate, ada banyak ragam masakabn kambing yang enak. Mumpung libur, anda bisa memesan online atau langsung datang ke restorannya. Langsung saja datang ketempat yang satu ini.

Tempat Makan Yang Harus Anda Kunjungi

Jika diolah dengan cara yang benar, daging kambing punya rasa yang enak. Daging Kambing yang empuk sangat enak diolah menjadi sate, nasi goreng hingga sup. Bagi anda pencinta daging kambing sepertinya harus mampir ke 5 tempat ini. Berikut ini tempat makan yang harus anda kunjungi jika anda sebagai pencinta makanan yang berbahan kambing.

Sate kambing Bu Yanti

Warung sate yang berada di kawasan Duren Tiga ini ini sudah ada sejak tahun 1970-an. Potongan sate kambing muda yang dibakar dengan selipan lemak yang sedap. Sate kambing dipadu dengan saus kecap yang manis gurih. Daging sate yang gurih sedap diberi perlengkapan kecap, cabai iris, bawang merah iris, jeruk limau, lada dan bawang goreng.

Nasi hangat tidaak hanya enak dipadu dengan sate, akan tetapi juga tongseng berkuah kemerahan yang mantap.

Sate Kambing Ibu Yanti
Jl. PLN Duren Tiga No. 11
(Sebelah Rumah Sakit Bersalin Duren Tiga)
Jakarta Selatan
Telp : (021) 7986225

Pondok Sate Kambing H. Paijo

Tempat Makan Yang Harus Anda Kunjungi

Disini ada sate kambing, gulai kambing, sop kaki kambing hingga nasi goreng kambing. Menu yang dijual cocok jadi hidangan di malam hari saat cuaca dingin. Daging kambing yang digunakan berusia dibawah 3 bulan sehingga empuk dan tidak berbau.

Satenya bertekstur empuk dengan paduan bumbu kecap yang manis gurih. Disantap dengan nasi hangat, gulai dan sate kambing tentu sangatlah enak.

Pondok Sate Kambing H. Paijo
Jl. Pondok Ranji Raya No. 10
Bintaro
Telp : (021) 7377333

Nasi Goreng Kambing Kebon Siri

Tempat Makan Yang Harus Anda Kunjungi

Tempat ini ada aneka macam nasi goreng. Akan  tetapi yang paling terkenal tentu saja nasi goreng kambing. Sudah melegenda sejak lama karena kambingfnya empuk dan tidak berbau prengus. Enak disantap bersama nasi berempah.

Nasi Goreng Kambing Kebon Siri
Jl. Kebon Sirih Barat
Menteng
Telp : 0811190775

Sop Kaki Kambing Dudung Roxy

Tempat Makan Yang Harus Anda Kunjungi

Sop Kaki Kambing disini bisa jadi pilihan untuk menikmati sajian hangat dan gurih. Kuah berwarna putihnya dipadu dengan potongan daging yang kenyal lembut, monyak samin, tomat daun bawang dan emping. Jangan lupa racik dengan campuran kecap, sambal dan juga perasan jeruk limau. Selain sop kaki kambing, anda juga bisa mencicipi soto betawi, sate dan nasi goreng kambing.

Sop Kaki Kambing Dudung Roxy
Loksem Biak No. 15-17
Roxy, Jakarta
Telp : (021) 7655125

Abu Lahap

Tempat Makan Yang Harus Anda Kunjungi

Ada di kemang, anda bisa mencicipi aneka hidangan daging kambing. Nasi goreng gule denbgan paduan daging kambing diracik sangat nikmat. Nasi yang gurih berempah juga enak dipadu bersama dengan lamb dabba dan sambal mentah. Selain bisa dipesan dengan makanan online, anda juga bisa langsung datang ke sana.

Abu Lahap
Jl. Benda No. 14
Kemang, Jakarta Selatan
Telp : (021) 7451369.

Mengenal Kuliner Khas Lombok Yang Bisa Menambah Stamina

Mengenal Kuliner Khas Lombok Yang Bisa Menambah Stamina. Anda ingin memiliki tenaga seperti kuda? Nah cobalah pergi ke Rumah Makan Masteng di Jalan TGH Faisal, Mataram, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Di rumah makan tersebut tersedia bebalung kuda, yang katanya bisa menambah stamina terutama untuk pria. Bebalung merupakan sup tulang khas Lombok, yang memiliki cita rasa kuah yang gutih dengan dagingnya yang lembut.

Umumnya, bebalung diolah menggunakan iga dan tulang sapi yang dimasak bersama bumbu dan rempah-rempah. Tapi berbeda dengan warung ini, dimana bebalung yang disajikan menggunakan iga dan tulang kuda.

Selain bebalung kuda, Rumah Makan Masteng juga menyediakan sate kuda. Anda hanya perlu merogoh kocek Rp 25.000, sudah bisa menikmati semangkuk bebalung kuda. Untuk seporsi sate kuda, cukup membayar Rp 20.000 saja.

Khaeriah, generasi kedua penerus rumah makan tersebut menuturkan, rumah makan bebalung kuda Masteng dirintis orang tuanya yaitu H Muhsin sejak 30 tahun silam. Usaha tersebut kemudian dilanjutkan sampai sekarang.

Baca juga: Makanan Yang Bisa Meningkatkan Kualitas Sperma

Nama ‘Masteng’ sendiri disematkan menjadi nama rumah makan karena dulunya banyak pembeli yang menyebut bebalung kuda dan sate kuda dengan sebutan Masteng.

Tidak hanya warga seputar Lombok yang menjadi pelanggan rumah makan satu ini, warga dari luar daerah dan beberapa wisatawan asing pun kerap mampir untuk mencicipu bebalung dan sate kuda ala Masteng.

Dalam sehari, Khaeriah bisa menghabiskan hingga 60 kilogram tulan dan daging kuda. “Kata orang yang beli, lebih sehat makan bebalung kuda. Lebih kuat katanya,” ujar Khaeriah.

Selain untuk penambah stamina, makanan ini juga diyakini warga sebagai obat penyakit malaria. “Banyak orang cari untuk obat malaria,” ungkap Khaeriah.

Berbeda dengan daging sapi, daging kuda memiliki tekstur serat lebih besar. Lemak pada daging kuda lebih sedikit jika dibandingkan dengan daging sapi. Untuk mengolahnya, dibutuhkan bumbu dan rempah dengan porsi lebih banyak agar memperoleh cita rasa yang nikmat.

Selain bebalung kuda, sate kuda di rumah makan ini juga tak kalah peminatnya. Satu porsi sate kuda disajikan bersama sambal kacang, menjadi pilihan lain para pembeli.

Penambah Stamina

Bagi masyarakat Indonesia, mengonsumsi masakan berbahan baku daging kuda terdengar tidak lazim. Namun bagi pelanggan setia Rumah Makan Masteng, makan bebalung atau sate kuda diyakini bisa menambah stamina.

Awaludin, salah seorang pelanggan mengaku, selain mengenyangkan bebalung kuda juga bisa menambah stamina. Sehabis makan bebalung kuda, ia measa kepercayaan dirinya sebagai lelaki bertambah.

Pria yang sehari-hari bekerja sebagai tukang bangunan itu menjadikan bebalung kuda sebagai makanan favoritnya. Tapi ia baru bisa mencicipinya kalau datang ke Mataram, sebab pedagang bebalung kuda masih sangat jarang.

“Saya kalau ke Mataram pasti mampir ke sisni (RM Masteng),” katanya.

Soal rasa daging kuda, menurutnya, tergantung cara mengolah dan racikan bumbu  yang digunakan. Tapi yang membedakan daging kuda dengan daging lainnya adalah tekstur.

Daging sapi lebih empuk, jika dibandingkan dengan daging kuda yang agak keras. Berbeda dengan daging sapi yang terasa panas kalau dimakan dalam jumlah banyak. Daging kuda lebih cepat terasa panas di badan.

Baca juga: Makanan Khas India Yang Mendunia

“Agak panas di badan, hangat,” katanya tersenyum, lalu menyantap semangkuk daging kuda lagi.

Pet Jonggat, rekan Awaludin juga mengaku hal yang sama. Mereka sama-sama penyuka daging kuda. Karena daging kuda jarang dijual, mereka biasanya membeli secara patungan satu ekor kuda yang khusus untuk disembelih.

Meski sebagian masyarakat tidak doyan karena daging kuda dianggap tidak lazim untuk dikonsumsi, mereka justru tertantang. Menurutnya, daging kuda lebih bagus dibandingkan sapi. Apalagi jika disantap bersama-sama.

“Sensasinya berbeda karena ada panasnya,” tutupnya.

Makanan Yang Bisa Meningkatkan Kualitas Sperma

Makanan Yang Bisa Meningkatkan Kualitas Sperma. Sudah lama menikah tapi belum juga dikaruniai momongan? Tenang, anda tidak perlu buru-buru ke dokter untuk mengecek kesuburan. Hal pertama yang harus anda lakukan adalah mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat.

Makanan Yang Bisa Meningkatkan Kualitas Sperma

Perbanyak olahraga, berhenti merokok dan perhatikan makanan yang anda konsumsi. Percaya atau tidak, ternyata ada beberapa jenis makanan yang baik untuk meningkatkan kualitas sperma anda. Berikut ini makanan yang bisa meningkatkan kualitas sperma.

Madu

Makanan Yang Bisa Meningkatkan Kualitas Sperma

Adalah salah satu produk alami yang punya banyak sekali manfaat. Selain menjaga kesehatan tubuh dabn membuat kita tidak mudah sakit, ternyata madu bisa meningkatkan kualitas sperma.

Baca Juga : Makanan Khas India Yang Mendunia

Kandungan Vitamin Zn, B dan E juga menjaga kejantanan para pria. Selain itu, madu juga membuat tekstur sperma tetap kental, sehingga ampuh menembus rahim dan membuahi sel telur. Anda dianjurkan minum madu sehari dua kali, jikja ingin kualitas sperma tetap terjaga.

Bayam

Makanan Yang Bisa Meningkatkan Kualitas Sperma

Sayuran hijau seperti bayam, selada atau brokoli mengandung antioksidan yang tinggi. Hal ini sangat baik untuk menjaga kualitas sperma, supaya tidak mudah rusak dan hidup lebih lama. Selain itu, sayuran sehat juga memicu pergerakan sperma, supaya lebih cepat sampai untuk segera membuahi sel telur.

Daging

Makanan Yang Bisa Meningkatkan Kualitas Sperma

Ingin makan enak sekaligus bisa meningkatkan kualitas sperma. Anda bisa makan daging sapi, ayam, kepiting, tiram hingga lobster. Daging-dagingan ini kaya akan kandungan Zinc. Manfaatnya bisa mencegah infertilitas yang diakibatkan oleh sperma yang menggumpal.

Tauge Atau Kecambah

Makanan Yang Bisa Meningkatkan Kualitas Sperma

Dalam 100 gram kecamba, bisa ditemukan 117-662 mg vitamin E. Vitamin E ini berperan aktif dalam pembentukan testosteron yang diperlukan oleh kaum adam. Anda bisa rutin mengonsumsi kecamba tiap hari kok. Supaya meningkatkan kesuburan sperma. Bahkan, kecambah bisa anda temukan di dalam banyak makanan enak, seperti rawon, soto atau bakwan.

Kacang-kacangan

Makanan Yang Bisa Meningkatkan Kualitas Sperma

Hobi ngemil kacang? Kabar baiknya, kacang mengandung asam folat atau vitamin B9 yang baik untuk meningkatkan kualitas sperma. Selain bisa ditemukan di dalam kacang, anda jufga bisa menemukannya di dalam sereal, sayuran hijau dan juga buah sitrus. Di antaranya seperti jeruk mandarin, lemon dan juga jeruk nipis.

Buah Berdaging Merah

Makanan Yang Bisa Meningkatkan Kualitas Sperma

Buah berwarna merah mengandung Lycopene yang tinggi. Lycopene ililah yang bisa memperbaiki kualitas sperma. Senyawa ini mudah ditemukan dalam jambu biji, semangka, tomat, buah naga, jeruk bali dan pepaya.

Baca Juga : Hidangan Paling Aneh Sedunia

Bahkan, senyawa lycopene juga dipercaya ampuh untuk mencegah radikal bebas yang menyebabkan ketidaksuburan sperma pria. Anda bisa rutin mengonsumsi buah berdaging merah, makin banyak mengonsumsinya, makin meningkat pula kualitas dan sprema yang anda hasilkan.

Telur

Makanan Yang Bisa Meningkatkan Kualitas Sperma

Jangan remehkan manfaat telur. Mengandung selenium dan sangt berguna untuk merangsang tubuh demi menghasilkan sperma yang sehat. Selain telur, kandungan selenium juga bisa anda dapatkan pada ikan tuna, oatmeal, nasi merah dan hati sapi.

Baca Juga : Makanan Khas Berbagai Daerah di Indonesia

Tentu ini semua tidak akan manjur kalau tidak diikuti dengan gaya hidup sehat. Jadi, segera ganti gaya hidup anda. Jikan ingin memiliki keturunan yang normal dan stabil.

Makanan Khas Berbagai Daerah di Indonesia

Makanan Khas Berbagai Daerah di Indonesia. Buat anda yang suka dengan acara jalan-jalan. Pastinya kurang suka jika kalian tidak mencoba makanan khas di berbagai tempat yang telah anda kunjungi. Mungkin dari sekian banyak traveling yang sering jalan-jalan ada beberapa yang belum anda ketahui.

Makanan Khas Berbagai Daerah di Indonesia

Atau mecoba mkanan khas berbagai daerah di Indonesia yang anda telah kunjungi. Kali ini di dalam artikel ini kami akan membahas mengenai makanan khas berbagai daerah di Indonesia yang harus anda ketahui. Jadi langsung saja sebagai berikut ini.

Mie Aceh

Makanan Khas Berbagai Daerah di Indonesia

Mie Aceh sangat jelas berasal dari daerah Aceh. Mie ini salah satu makanan khas daerah Aceh yang juga merupakan makanan khas Indonesia. Bahan dasar makanan ini berasal dari mie kuning tebal dengan diiris daging sapi, daging kambing ataupun makanan laut. Seperti udang dan cumi-cumi yang disajikan dalam bentuk sup dengan kuah sejenis kari yang gurih serta pedas.

Bika Biki Ambon

Makanan Khas Berbagai Daerah di Indonesia

Adalah makanan khas Indonesia dari daerah Medan, Sumatra Utara. Bika ini terbuat dari berbagai bahan seperti telur, gula serta santan yang umumnya beraroma pandan wangi. Bika Biki Ambon ini menjadi salah satu maknan favorit daerah Medan.

Rendang Padang

Makanan Khas Berbagai Daerah di Indonesia

Rendang atau dalam bahasa Minangnya lebih di kenal dengan Rendang makanan khas Indonesia yang berasal dari daerah Padang, Sumatra Barat. Rendang ini merupakan salah satu masakan tradisional Minangkabau yang menggunakan daging dan santan kelapa sebagai bahan dasarnya. Rendang ini biasanya mempunyai kandungan bumbu rempah-rempah yang sangat banyak.

Gulai Ikan Patin Jambi

Makanan Khas Berbagai Daerah di Indonesia

Masakan ini adalah masakan yang terkenal dan populer di masyarakat Jambi yang  menjadi salah satu masakan khas Indonesia. Gulai Ikan Patin dimasak dengan menggunakan tempoya, yaitu daging buah durian yang sudah difermentasi. Namun, ada juga banyak orang memasak Gulai Ikan Patin yang mengganti tempoyak dengan santan kelapa untuk menghindari bau dan rasa tempoyak yang sangat menyengat.

Pendap Bengkulu

Makanan Khas Berbagai Daerah di Indonesia

Pendap merupakan salah satu masakan khas Indonesia dari daerah Bengkulu. Makanan ini kerap diburu wisatawan sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang ke asal mereka, apa lagi saat musim lebaran tiba. Pendap terbuat dari bumbu-bumbu yang beraneka ragam seperti bawang putih, kencur dan cabai giling. Kemudian bahan-bahan tersebut dicampur merata dengan prutan kelapa muda.

Baca Juga : Makanan Khas India Yang Mendunia

Gulai Belacan Riau

Makanan Khas Berbagai Daerah di Indonesia

Gulai ini adalah masakan khas Indonesia yang berasal dari daerah Riau. Gulai ini seperti namanya tersebut dari bahan dasar Belacan yaitu masakan dengan bahan dasar kuah yang dicampur dengan trasi. Biasanya bahan dari Gulai Belacan yang lain adalah berupa daging ataupun dari udang dan ikan.

Empek-empek Palembang

Makanan Khas Berbagai Daerah di Indonesia

Sering dimakan dengan sebutan Pempek merupakan makanan khas Indonesia yang berasal daerah Palembang, Sumatra Selatan. Makan khas ini umumnya terbuat dari ikan dan sagu. Namun, makanan ini tidak hanya terdapat di daerah Palembang saja akan tetapi sudah banyak masyarakat Sumatra Selatan yang mempoduksinya.

Mie Bangka

Makanan Khas Berbagai Daerah di Indonesia

Mie ini merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang berasal dari daerah Bangka. Mie Bangka ini menggambarkan ciri khas masyarakat Pulau Bangka. Mie ini terbuat dari bahan dasar mie basah yang berwarna kuning yang biasanya disiram dengan kuah yang berbumbu. Kuah ini terbuat dari campuran ikan, udang, cumi-cumi atau kepiting. Adakalanya makanan ini ditambah dengan toge atau kacambah, mentimun serta kerupuk. Masakan ini biasanya dihidangkan dalam keadaan panas yang sangat lezat dengan sensasi pedas dari cabai.

Seruit Lampung

Makanan Khas Berbagai Daerah di Indonesia

Seruit merupakan salah satu makanan khas Indonesia dari daerah Lampung. Makanan ini terbuat dari ikan yang digoreng ataupun di bakar dengan dicampur terasi, tempoyak atau olahan durian yang sudah di fermentasi serta mangga. Jenis ikan yang digunakan adalah ikan yang besar-besar seperti beling, baung, layis dan lain-lain. Makanan ini akan menjadi sangat lezat jika dihidangkan dengan menggunakan lalapan seperti tomat ataupun mentimun.

Baca Juga : Hidangan Paling Aneh Sedunia

Kerak Telor Jakarta

Makanan Khas Berbagai Daerah di Indonesia

Makanan khas Jakarta yang satu ini sebenarnya merupakan perpaduan dari kuliner Portugis. Kerak telor mudah ditemukan di Jakarta terutama pada saat diadakannya Pekan Raya Jakarta bahkan kerak telor acap kali dijadikan simbol kuliner klasik budaya Betawi.

Hidangan Paling Aneh Sedunia

Hidangan Paling Aneh Sedunia. Kita pasti pernah makan hidangan yang aneh dan terkadang terkesang sangat menjijikan untuk kita cicipi. Tidak hanya cara penyajiannya, akan tetapi bahan-bahan yang digunakannya.

Hidangan Paling Aneh Sedunia

Maka dari ini berikut ini kami akan memberikan beberapa informasi mengenai hidangan paling aneh sedunia yang harus anda ketahui. Jika anda yakin untuk mencicipinya. Kami mempersilakan anda mencobanya, sebab makanan yang satu ini di yakini memiliki kandungan yang baik untuk tubuh kita.

Balut Filipina

Hidangan Paling Aneh Sedunia

Sebuah embrio bebek yang direbus secara hidup-hidup dalam angkangnya. Meski ini merupakan hidangan yang khas bagi masyarakat di filipina. Penampilannya sangat tidak menggugah selera untuk dikomsumsi bagi yang baru mencobanya. Akan tetapi makanan ini di yakini memiliki citarasa yang berbeda dan memberi stamina bagi yang mengkonsumsinya.

Surstömming Swedia

Hidangan Paling Aneh Sedunia

Ikan Haring dari laut Baltik yang difermentasi dengan garam supaya tidak basi. Cara penyajiannya ditempakan dalam kaleng, karena ketika dibuka akan mengeluarkan aroma yang sangat tajam sekali di hidung anda. Wajib anda ketahui untuk mengkomsumsinya anda di wajibkan menyantapnya di ruang yang terbuka lebar seperti halaman rumah anda.

Mata Tuna Japang

Hidangan Paling Aneh Sedunia

Berbahan dasar yang tidak lazim ini, yang dimana makan ikan tuna menjadi makanan yang sangat di negara matahari terbit ini. Diyakini oleh penduduk yang mengkomsumsi makanan yang satu ini, memiliki citarasa yang hampir sama dengan gurita loh. Maka dari itu jika anda pecinta gurita pastinya sudah tidak merasa jijik donk dengan makanan yang satu ini.

Telur Pitan Tiongkok

Hidangan Paling Aneh Sedunia

Setelah disimpan dalam campuran malam, abu dankapur mentah selama beberapa bulan. Sehingga telur di dalamnya mulai berubah warna juga. Kuning telurnya berubah menjadi hijau gelap atau hitam dan putih telurnya menjadi coklat gelap dan sepertiu jelly.

Casu Marzu Italia

Hidangan Paling Aneh Sedunia

Keju basi ini merupakan makanan tradisional yang berupa alok keju domba berisi laeva serangga yang masih hidup. Ternyata serangga tersebut berguna untuk memberikan rasa dalam kejunya, akan tetapi begitu serangga yang mengeliat dan bergerak pasti akan menurunkan selera makan anda.

Tarantula Kamboja

Hidangan Paling Aneh Sedunia

Di Kamboja, tarantula goreng merupakan snak yang biasa dikomsumsi masyarakat lokal. Cara masaknya dengan mencabut bulu-bulu kakinya. Kemudian direndam dalam MSG, gula dan garam semalaman. Lalu digoreng dalam bumbu bawang putih.

Shirako Japang

Hidangan Paling Aneh Sedunia

Merupakan nama bagian organ reproduksi binatang, shirako adalah kantung sperma ikan kod. Ternayata kekenyalan dan kelembuytan dari rasanya bisa disajikan secara mentah atau pun di goreng.

Escamol Meksiko

Hidangan Paling Aneh Sedunia

Dikenal sebagai caviar serangga hidangan ini dibuat dari sejumpulan larva dan kepompong semut yang di ambil dari tanaman. Dianggap sebagai sebuah hidangan khas. Rasanya seperti perpaduyan keju, mentega dan kacang-kacang.

Jing Leed Thailand

Hidangan Paling Aneh Sedunia

Snack khas penduduk Thailand ini adalah belalang yang sudah dibumbui dengan garam, ada dan cabai yang digoreng dengan wajan yang besar. Terasa seperti makanan popcron. Bedanya ketika digigit akan ada cairan yang muncrat dari dalam.

Baca Juga : Makanan Khas India Yang Mendunia

Blood Sausage Afrika

Hidangan Paling Aneh Sedunia

Meski bisa ditemui dimana-mana, banyak orang berpikir bahwa ini makanan yang menjijikan. Terbuat dari darah yang dibekukan, kemudian diberi bumbu-bumbu natural. Selanjutnya, akan dimasukan ke dalam kulit sosis. Siap disajikan dan dimasak dlaam bentuk apapun tergantung selera anda saat ingin menyantap kuliner yang satu ini.

Makanan Khas India Yang Mendunia

Makanan Khas India Yang Mendunia. untuk andayang suka dengan budaya India pasti sring menemukan berbagai makanan khas yang unik dan lezat. Baik lewat berbagai film atau drama Bollywood ataupun restoran India yang terkenal.

Makanan Khas India Yang Mendunia

Selain lezat, kuliner India juga mengandung komposisi bahan seperti rempah-rempah yang banyak di Indonesia sehingga banyak restoran India di Indonesia.Dikarenakanan bumbu masak serupa. Bahkan anda bisa memasak masakan India sendiri loh. Berikut ini makanan khas India yang mendunia yang wajib anda ketahui, sebagai berikut.

Kathi Roll

Street Food atau jajanan kaki lima khas India juga menyajikan cita rasa lezat yang wajib dicoba kalau anda pecinta kuliner dan budaya India. Kathi Roll ini merupakan salah satu jajanan kaki lima yang paling terkenal dan mempunyai rasa sederhana dan bisa diterima oleh lidah siapa saja.

Makanan Khas India Yang Mendunia

Sekilas makanan ini mirip dengan kebab ala timur tengah, akan tetapi yang membuat beda adalah roti yang membungkusnya. Kathi Roll menggunakan paratha sejenis flat bread atau roti ala India usali yang enak sekali.

Tikka Masala

Tikka Masala atau sering disebut kari ayam ini juga sangat terkenal dan bahkan menjadi makanan favorit bagi kebanyakan orang. Kari ayam ini dimasak berwarna yoghurt, cream dan tomay jadi lebih oranye.

Makanan Khas India Yang Mendunia

Tikka Masala juga punya rasa kari yang kuat banget dan cocok dimakan dengan nasi putih hangat. Maka dari itu membuat masakan satu ini sangat menjadi makanan khas sekaligus makanan pokok mereka sehari-hati.

Biryani

Makanan Khas India terkenal hampir di seluruh dunia dengan banyak sebutan, yaitu Biyani, Beryani, Biriani dan Bunyai. Nasi Biryani ini merupakan salah satu masakan rumahan ala India yang mengandalkan banyak rempah-rempah mulai dari ketumbar sampai kapulaga.

Makanan Khas India Yang Mendunia

Satu hal yang tidak boleh lepas dari nasi Biryani yaitu beras basmati yang punya ciri khas dengan bentuk panjang dan sedikit kering. Nasi Biryani yang sudah matang berikutnya ditambahkan dengan lauk pelengkap seperti daging dan sayuran.

Dosa

Pasti saat mendengar nama makanan khas India ini, sebagian masyarakat Indonesia akan bertanya-tanya, kenapa dinamakan dosa. Akan tetapi, apa itu makanan dosa dari India ini. Dosa apakah yang mereka perbuat sampai-sampai makanan yang satu ini ikut berdosa.

Makanan Khas India Yang Mendunia

Dosa merupakan makanan seperti lekker Crepes, rasanya enak, bentuknya kering dan Teksturnya Renyah. nDosa dibuat dari bahan dasar kacang dan beras yang sudah basi. Makanan ini juga bagus sekali untuk kesehatan karena mengandung kadar karbohidrat tinggi dan rendah kandungan lemak serti kalori yang tinggi.

Chole Bhature

Chole Bhature ini merupakan salah satu makanan khas India dengan bahan dasar kacang-kacangan. Chole sendiri merupakan kacang yang bisa ditemukan di India dengan mudah, bentuknya juga unik. Chole harus direndam terlebuh dahulu selama satu malam untuk kemudian dimasak bersama dengan beberapa bumbu yang juga dicampurkan dengan yoghurt.

Makanan Khas India Yang Mendunia

Sementara Bhature yaitu roti yangberbentuk lebar setelah melewati proses penggorenganyang begityu panjang. Ukuran Bhaature sukup besar akan tetapi di dalamnya ada isinya berupa kadal atau cicak bakar yang menggugah selera anda.

Lassi

Minuman smoothie ala India ini juga udah mendunia. Lassi ini cara pembuatannya mirip dengan milkshake. Bahan-bahan yang digunakan yaitu yoghurt dan rempah-rempah.

Makanan Khas India Yang Mendunia

Selain rempah-rempah ada juga Lassi yang dicampur dengan buah-buahan lainnya yang dijamin segar dan menyehatkan apalagi diminum di saat siang hari.