RSS
 

Apa itu Processor

21 Feb

Apabila teman teman pernah membongkar komputer kemudian menemukan komponent yang  ada dalam komputer yang tertutup dengan kipas pendingin disitulah letak komponen yang dinamakan Processor, Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba mengulas mengenai Processor yang merupakan otak dari sebuah perangkat elektronik komputer. OK kita akan mencoba mengulas lebih detile. Cekidot.

Processor juga bisa diartikan sebagai sebuah IC yang berguna untuk mengontrol sistem komputer yang berjalan dan digunakan sebagai otak dari komputer itu sendiri, secara mekanisme kerja processor bertugas untuk melakukan perhitungan serta menjalankan perintah – perintah yang di inputkan.

Gambar-Processor

Pada dasarnya fungsi dari processor hanyalah alat yang digunakan untuk memproses data aritmatika. seperti, halnya sebuah kalkulator, dimana dia berfungsi hanya untuk mengolah data yang dia diterima melalui input atau masukan dan kemudian, dia akan menghasilkan output atau keluaran. setiap data yang masuk akan melawati processor, kemudian diolah didalamnya dan keluaran yang dihasilkan berupa data-data yang diinginkan oleh user. tidak seperti yang kita bayangkan sebelumnya, pada prinsipnya processor hanya mengenali bahasa mesin yakni bilangan 0 dan 1.

Processor biasanya berada di matherboard dan diletakan pada socket yang telah disediakan, komponent komputer yang satu ini dapat diganti dengan jenis – jenis yang lain tetapi harus sesuai dengan socket yang terletak pada motherboard. Processor memepunyai pengaruh yang sangat besar terhadap kecepatan dari proces yang dilakukan komputer, hal ini dipengaruhi oleh jenis dan kapasitas dari processor itu sendiri.

Sumber : https://www.utopicomputers.com/pengertian-processor-fungsi-dan-jenis-jenisnya/

 

Tags: , ,

Leave a Reply

 
CAPTCHA Image
*