Cara Memperbaiki Force Close Aplikasi

Cara Memperbaiki Force Close Pada Aplikasi Android – Terkadang aplikasi tidak selalu berjalan mulus. Ketika digunakan aplikasi tersebut akan memunculkan pop-up atau langsung keluar secara tiba-tiba. hal ini yang kerap disebut sebagai Force Close. Penyebab masalah tersebut sebagian besar dikarenakan cache yang menumpuk di dalam sistem dan aplikasi. Cache merupakan bagian yang tak terpisahkan dari sebuah aplikasi. Aplikasi yang berjalan akan menghasilkan residu dan jika menumpuk akan memberatkan kinerja ponsel beserta aplikasi itu sendiri.

Hal inilah yang menjadi penyebab utama mengapa aplikasi sering keluar secara otomatis. Selain cache, aplikasi yang sudah terlalu usang juga memungkinkan menjadi faktor penyebabnya. Hal ini disebabkan karena versi usangnya sudah tidak relevan dengan sistem android yang sedang berjalan saat ini. untuk mengatasinya, anda bisa mencoba beberapa cara sederhana berikut ini. di bawah ini akan diringkas cara selengkapnya untuk memperbaiki aplikasi yang mengalami force close.

Cara Memperbaiki Force Close Aplikasi

Cara Memperbaiki Force Close Pada Aplikasi Android

  1. Bersihkan Cache Setiap Aplikasi

Jika masalah force close pada aplikasi tertentu, bisa jadi penyebabnya karena banyaknya cache pada aplikasi tersebut. Anda hanya perlu menghapus cache yang menumpuk pada aplikasi tersebut. Masuk ke menu Settings kemudian pilih Application Management. Kemudian pilih aplikasi yang anda maksud dan tekan tombol Clear Cache. Jika masih bermasalah maka cobalah menekan opsi Clear Data dan coba masuk kembali ke dalam aplikasi.

  1. Install Ulang Aplikasi

Install ulang aplikasi bisa anda lakukan jika setelah melakukan cara diatas masih belum berpengaruh signifikan. Uninstall aplikasi yang bermasalah kemudian install kembali aplikasi tersebut langsung dari Google Play Store. Setelah diinstal kembali, cobalah restart perangkat seluler dan jalankan aplikasi tersebut. Aplikasi yang diinstal ulang akan membuatnya bekerja dengan peforma yang lebih baru.

  1. Restart Smartphone

Bisa jadi masalah Force Closed pada ponsel anda bukanlah karena faktor berat. Melainkan karena aplikasi memerlukan refresh sejenak. Tutup aplikasi yang bermasalah tersebut kemudian restart perangkat seluler anda. Poin satu ini bisa anda coba jika anda masih belum menemukan penyebab masalah aplikasi tersebut. selain itu dengan me-restart smartphone, peforma ponsel pun tetap terjaga.

  1. Factory Reset

Jika tiga cara diatas sudah anda lakukan dan tidak berdampak signifikan pada aplikasi, bisa jadi masalahnya ada pada smartphone android anda. Cobalah untuk melakukan factory reset guna merefresh kembali smartphone anda. ponsel akan kembali ke pengaturan pabrik sehingga kinerjanya membaik seperti semula. Namun jika memutuskan ingin melakukan factory reset, anda mesti melakukan backup data terlebih dulu agar tidak merugikan anda nantinya.

Demikian berbagai macam cara mudah yang bisa anda coba untuk memperbaiki masalah force close pada aplikasi. Semoga bermanfaat.

 

Sudah Tahu Belum 6 Aplikasi Android Buatan Indonesia Ini?

Sudah Tahu Belum 6 Aplikasi Android Buatan Indonesia Ini?

Aplikasi merupakan salah satu ‘bagian’ yang membuat sebuah handphone memiliki fungsi yang lebih luas. Hal itu tentunya tak lepas dari peran developer atau pengembang yang telah bersusah payah membuat aplikasi untuk perangkat Android tersebut. Banyak diantara aplikasi yang dibuat oleh para pengembang tersebut yang terbukti bermanfaat untuk user Android, misalnya aplikasi peta, aplikasi video call dan masih banyak lagi.

Aplikasi Android Buatan Indonesia

Dari sekian banyak aplikasi Android yang bisa diunduh di Google Playstore, beberapa diantaranya adalah buatan anak negeri. Bagi Anda yang belum menyadari atau tidak mengetahui mengenai hal tersebut, silahkan lihat nama aplikasi tersebut di bawah ini.

1. Aplikasi PicMix

PicMix adalah aplikasi Android untuk mengedit foto yang cukup populer. Mungkin masih sedikit yang mengetahui bahwa aplikasi ini adalah hasil kreasi anak Indonesia di bawah nama pengembang “Inovide Magna Global”. Di Google Palystore, aplikasi PicMix telah diunduh sekitar 10 juta kali dan mendapat rating lumayan tinggi di angka 4,2. Pada laman Google Playstore, alamat dev eloper ini tertulis di daerah Kelapa Gading Jakarta.

Aplikasi PicMix

2. Aplikasi POS Application dan Paw

oon Waiter

Aplikasi Pawoon: POS Application dan

Paw

oon Waiter merupakan sebuah aplikasi yang memungkinkan pengguna bisa memantau aktivitas pada kasir bisa dipantau secara online. Biasanya digunakan oleh pengusaha yang memiliki banyak gerai dan toko. Jika Anda adalah seorang pengusaha yang memiliki banyak tempat usaha, aplikasi buatan anak negeri ini cocok untuk Anda pakai untukmelihat transaksi pada seluruh usaha milik Anda secara realtime.

3. Aplikasi Ruang Guru

Aplikasi buatan Indonesia di urutan ketiga i

ni adalah aplikasi yang berfungsi untuk mencari seorang guru private secara online. Jika pada zaman dahulu orang mencari guru private melalui selebaran atau iklan di koran, sekarang sudah jauh lebih mudah hanya dengan menginstal aplikasi Ruang Guru, lalu carilah guru private yang dibutuhkan sesuai dengan bidang masing-masing.

4. Aplikasi Go-Jek

Siapa yang tidak kenal Go-Jek? Bagi Anda yang tinggal di daerah perkotaan, mendengar nama ini sudah pasti tak asing lagi, sebab Go-Jek ini hampir ada pada semua smartphone orang yang membutuhkan jasa angkutan online yang murah. Banyak yang tahu mengenai “Go-Jek”, tapi sangat sedikit yang tahu bahwa aplikasi Go-Jek yang diinstal pada smartphone pelanggan tersebut merupakan buatan anak Indonesia. Nama penegembang yang membuatnya adalah PT. Aplikasi Karya Anak Bangsa dan telah diunduh lebih dari 10 juta kali.

5. Aplikasi Traveloka

Traveloka merupakan aplikasi Android untuk memesan atau booking tiket pesawat dan hotel. Mungkin hanya sedikit orang yang tahu bahwa aplikasi Traveloka adalah buatan Indonesia. Cara menggunakannya cukup mudah, tidak diperlukan pengetahuan khusus karena tampilan user interface yang mudah dimengerti.

6. Aplikasi Babe

Babe merupakan aplikasi untuk mengetahui dan membaca berita dengan lebih simple. Aplikasi yang merupakan singkatan dari “Baca Berita” ini dibuat oleh developer bernama Mainspring dan telah diunduh lebih dari 10 juta kali juga. Ukuran file aplikasi Babe sendiri tidaklah besar, cuma sekitar 14 MB saja. Jika Anda tidak mau ketinggalan berita-berita yangs sedang hangat, jangan tunda lagi untuk segera mengunduh aplikasi buatan Indonesia ini.

Itulah enam macam aplikasi yang merupakan hasil kraesi anak negeri yang patut diapresiasi. Sebenarnya masih ada beberapa aplikasi Android lainnya yang dibuat oleh developer asal Indonesia, namun untuk sementara Admin hanya membahas yang enam itu saja, sebab 6 aplikasi tersebut Admin rasa yang cukup populer dan familiar bagi pengguna Android tanah air.

Aplikasi Pramuka Android Terbaik yang Layak Anda Download

Menjalani kegiatan pramuka mungkin sudah dirasakan masing – masing orang ketika berada di bangku SD, SMP bahkan SLTA. Akan tetapi tentu saja kegiatan pramuka setiap waktunya berkembang. Kegiatan pramuka yang dulu tentu saja berbeda dengan kegiatan pramuka masa kini.

Aplikasi Pramuka Android Terbaik yang Layak Anda Download

Bagi Anda yang suka dengan kegiatan pramuka bisa juga mengikuti kegiatan pramuka masa kini di android. Lho, kok bisa? Bisa kok karena sekarang sudah ada aplikasi pramuka android yang memberikan informasi pramuka dan mengajak Anda mengingat tentang seperti apa pramuka yang sebenarnya. Dan berikut ini beberapa aplikasi pramuka android terbaik yang layak Anda download!

Aplikasi Pramuka Android Terbaik

Beberapa aplikasi pramuka android terbaik ini memang cocok Anda miliki. Aplikasi tersebut diantaranya :

Aplikasi pramuka android buku saku pramuka

Didalam mengikuti kegiatan pramuka memang setiap anggota diharuskan mengerti akan sejarah dan berdirinya pramuka. Serta tokoh pendiri pramuka dan aspek lainnya seputar pramuka juga wajib untuk dimengerti. Dan yang menarik aplikasi bernama Buku Saku Pramuka ini bisa memberikan Anda informasi seputar hal tersebut dengan ukuran hanya 14 MB saja.  Tentu saja sangat ringan dan cocok untuk Anda miliki.

Aplikasi pramuka android simpul dan tali temali

Tidak hanya dalam pramuka saja sebenarnya simpul dan tali temali kita butuhkan bahkan terkadang dalam kehidupan sehari – hari pelajaran simpul dan tali temali juga Anda butuhkan. Misalnya ketika Anda camping dan mendaki  gunung kemudian akan mendirikan tenda pastinya ini akan Anda butuhkan. Karena itu baik Anda anggota pramuka atau bukan juga disarankan kok belajar simpul dan tali temali lewat aplikasi yang satu ini.

Aplikasi pramuka android saku pramuka

Aplikasi pramuka android yang satu ini juga cukup penting untuk Anda miliki. Aplikasi ini hanya memiliki ukuran yang cukup kecil dan memberikan banyak sekali pelajaran seputar kegiatan pramuka. Mulai dari informasi mengenai materi pramuka, informasi SAKA dan sandi bisa Anda temukan dari aplikasi ini. Anda tentunya akan semakin pandai dalam kegiatan pramuka dan akan banyak informasi pramuka serta pelajaran pramuka yang akan Anda serap.

Demikian sedikit informasi yang kali ini bisa kami berikan untuk Anda. Semoga informasi diatas mengenai Aplikasi Pramuka Android Terbaik bermanfaat. Yuk miliki aplikasi tersebut sedari sekarang dan mulai belajar pramuka dengan lebih semangat.

Spesifikasi Samsung Galaxy S7 Edge Ponsel Canggih Tahan Air

Samsung Galaxy S7 Edge adalah salah satu ponsel flagship yang merupakan upgrade fitur dari smartphone terdahulunya.  Menyasar segmen kalangan high-end yang dibekali spesifikasi berkualitas dan fitur menarik. Vendor Samsung yang telah dikenal dengan berbagai inovasi yang disematkan pada ponsel rakitannya, membuat ponsel tahan air ini diminati oleh pecinta gadget.

Spesifikasi Samsung Galaxy S7 Edge Ponsel Canggih Tahan Air

Mengadopsi layar sentuh bertekhnologi super AMOLED capacitive touchscreen dengan resolusi mencapai 1440 x 2560 pixels berkedalaman 16 juta warna pada setiap sisi. Bentangan layar seluas 5.5 inci berkerapatan layar hingga 534 ppi pixel density. Memiliki dimensi berukuran 150.9 x 72.6  dengan ketebalan 7.7 mm dengan berat 157 gram. Lapisan proteksi layar disematkan oleh Corning Gorilla Glass 4 yang mampu menahan goresan dan benturan benda asing. Layar ponsel semakin responsif dengan kehadiran fitur multitouch.

Akses koneksi ponsel Samsung Galaxy S7 Edge telah terhubung dengan jaringan tercepat saat ini yang mencapai 150/50 Mbps yakni 4G LTE. Lini konektivitas didukung oleh fitur wifi, dual-band, wifi direct, hotspot, bluethoot, NFC, radio, GPS dan microUSB yang mempermudah dalam berbagi jaringan.

Fitur fotografi pada kamera utama Samsung dibekali lensa berkekuatan 12 MP dengan fitur phase detection, OIS, LED flash, geo-tagging, auto HDR, touch focus dan video yang mampu merekam gambar hingga 4K 2160P@30fps. Sementara kamera depan ponsel disematkan oleh lensa berkekuatan 5 MP yang cocok digunakan untuk berfoto selfi dan video call.

Media penyimpanan ponsel yang menampung seluruh hasil unduhan dan hasil gambar dari kamera didukung dengan memori internal berkapasitas 32 GB dengan RAM berkekuatan 4 GB. Dan pilihan internal lainnya berkapasitas 64 GB. Memori internal dapat diperluas dengan slot microSD dari meori eksternal dengan kapasitas mencapai 200 GB. Kedua luas ini mampu menyimpan data dan aplikasi yang diperlukan oleh ponsel.

Sumber daya utama ponsel Samsung Galaxy S7 Edge yang mampu menyokong seluruh aktifitas didalam ponsel dibebankan pada baterai berkekuatan 3600 mAh dari Li-Ion berjenis non-removable. Kekuatan daya baterai dapat menemani keseharian pengguna. Ponsel Samsung juga dapat dioperasikan memainkan game HD yang dilengkapi fitur liquid cooling sehingga mampu meredam panas yang mungkin terjadi pada ponsel. Harga yang dibandrol untuk satu unit ponsel Samsung berkisar pada harga Rp 10 jutaan.