Programmable Peripheral Interface (PPI) 8255

Pengertian:

Programmable Peripheral Interface (PPI) 8255 adalah suatu komponen Paralel Input atau Paralel Output Port dalam suatu chip serbaguna yang dapat diprogram fungsi input / outputnya. PPI 8255 dibuat oleh Intel Co untuk digunakan bersama mikroprosesor buatan Intel. Tetapi karena komponen ini standart komplitable dengan IC TTL, maka dapat dimanfaatkan oleh prosesor yang lain.

Gambar PPI 8255

Chip PPI 8255 memiliki 40 buah pin, yang konfigurasi pin-pinnya diperlihatkan pada gambar diatas. PPI 8255 memiliki 3 buah port (port A,B dan C) dan sebuah bus data 8-bit. Bus data adalah penghubung antara mikroprosesor dengan PPI 8255, sedangkan port A, B dan C adalah penghubung antara PPI 8255 dengan rangkaian kendali/piranti luar

Karena bus data  pada PPI 8255 hanya satu buah sedangkan port PPI ada 3 buah, bus data tidak dapat terhubung dengan ketiga port pada waktu yang bersamaan. Oleh karenanya, untuk menghubungkan bus data dengan salah satu port dapat dilakukan dengan memberikan kombinasi data tertentu pada pin A0 dan A1 sebagai berikut.

Berikut ini penjelasan mengenai tiap pin :

1. PA0-PA07

Merupakan port A yang terdiri dari 8 bit, dapat diprogram sebagai input atau output dengan metode bidirectional input/output.

2. PB0-PB07

Port B dapat diprogram sebagai input/output, tetapi tidak dapat digunakan sebagai port bidirectional.

3. PC0-PC07

Port C dapat diprogram sebagai I/O, bahkan dapat dipecah menjadi dua, yaitu CU (bit PC4-PC7) dan CL (bit PC0-PC3) yang dapat diprogram sebagai I/O. RD dan WR Sinyal kontrol aktif rendah ini dihubungkan ke 8255. Jika 8255 menggunakan desain periferal I/O maka IOR dan IOW bus sistem dihubungkan ke kedua pin ini.

4. RD dan WR

Sinyal control aktif rendah ini dihubungkan ke 8255. Jika 8255 menggunakan desain peripheral I/O, IOR adan IOW dari system bus dihubungkan ke kedua pin ini.

5. RESET

Pin aktif tinggi ini digunakan untuk membersihkan Control Register. Ketika RESET diaktifkan, seluruh port diinisialisasi sebagai port input.

Deskripsi Fungsi 8255

A. Data bus buffer

Buffer bidirectional three state ini digunakan untuk antar muka 8255 ke sistem bus data,data dikirim dan diterima oleh buffer berdasarkan eksekusi input atau output dari CPU. Kata kontrol dan status informasi juga dikirimkan melalui buffer data bus.

B. Read/Write dan kontrol logik.

Fungsi dari blok ini adalah untuk mengatur semua pengiriman baik internal maupun eksternal dari data dan kata kontrol. Blok ini menerima input dari alamat CPU dan bus kontrol dan selanjutnya blok ini mengirimkan perintah ke kedua group kontrol.

C. Chip Select

Chip Select, logika low pada pin input ini maka komunikasi antara 8255 dan CPU akan enable.

D. Read

Read,logika low pada pin input ini maka 8255 akan mengirimkan data atau status informasi ke CPU pada bus data.

E. Write

Logika low pada pin input ini maka CPU dapat menulis data atau kata kontrol ke 8255

F. A0 dan A1

Port select 0 dan port select 1,sinyal input ini berhubungan dengan input RD dan WR, mengontrol pemilihan satu dari tiga port atau register kontrol pin tersebut umumnya dihubungkan ke least significant bus dari bus addres (A0 dan A1).

G. Port A, B dan C

8255 terdiri dari tiga buah port 8 bit (A,B dan C). semuanya dapat dikonfigurasikan dalam berbagai variasi fungsi bergantung pada sistem software yang diberikan.

Ø Port A. 8 bit data Output latch buffer dan 8 bit data input latch.

Ø Port B. 8 bit data Output latch buffer dan 8 bit data input latch.

Ø Port C. 8 bit data Output latch buffer dan 8 bit data input latch

Tiap 4 bit port terdiri dari 4 bit latch dan dapat digunakan untuk sinyal output kontrol dan sinyal input status.

Deskripsi Operasional PPI 8255

Ada tiga mode operasi yang dapat dipilih oleh sistem perangkat lunak untuk mengoperasikan PPI 8255 yaitu:

A. Mode 0 – Basic Input/Output

Ø Mode ini digunakan untuk input/output sederhana langsung ke port I/O. Peralatan luar yang dihubungkan selalu siap untuk mengirimkan/menerima data, sehingga mode ini tidak tergantung pada waktu.

Ø  Semua port A, B dan C bisa bekerja pada mode ini. Port-port PPI hanya bisa digunakan sebagai port input atau port output dari sistem mikroprosesor. Port A dan port B masing-masing dapat digunakan sebagai 8 bit masukan saja atau 8 bit keluaran saja. Sedangkan port C dapat digunakan sebagai empat (4) bit masukan atau empat (4) bit keluaran seperti port A dan port B.


B. Mode 1 – Strobe Input/Output

Ø Mode ini digunakan untuk peralatan luar yang mempunyai data valid pada saat – saat tertentu, sehingga diperlukan sinyal-sinyal pemicu (strobe) pada I/O agar data segera dapat dikirim, sehingga mode ini tergantung pada waktu.

Ø Pada mode ini port A dan port B bisa ditentukan sebagai port masukan atau keluaran data, sedangkan port C berfungsi sebagai pembawa sinyal status.Transfer data mode ini merupakan sinyal terprogram bersyarat.

C. Mode 2 – Bidirectional Bus

Ø  Mode ini mampu mengrim/menerima data dalam dua arah (bidirectional handshake data transfer).

Ø  Mode ini menyebabkan port A bisa berfungsi sebagai masukan sekaligus keluaran yang dilengkapi dengan sinyal jabat tangan 5 bit dari port C sebagai kontrol port A. Mode ini tidak tersedia untuk port B.

Dari ketiga mode tersebut, yang akan kita gunakan adalah mode 0, mode yang paling sederhana untuk keperluan antarmuka.

Pengaturan Control Word

Kata Kendali (Control Word) merupakan pendefinisian mode dan port yang akan digunakan dan prosesnya dilakukan oleh perangkat lunak.

Pengaturan Control Word bertujuan untuk menentukan fungsi dari setiap port pada PPI 8255. dengan menentukan data yang masuk pada pin D0 – D7, kita dapat menentukan fungsi dari port-port pada PPI 8255. Dengan fungsi masing – masing pin sebagai berikut:

Categories: Sistem Mikroprosesor


23 Responses to “Fungsi dan Operasional PPI 8255 dengan Mikrokontroler 8051”

  1. vender ouro says:

    An impressive share, I simply given this onto a colleague who was doing somewhat analysis on this. And he in reality purchased me breakfast as a result of I discovered it for him.. smile. So let me reword that: Thnx for the deal with! However yeah Thnkx for spending the time to discuss this, I feel strongly about it and love reading extra on this topic. If potential, as you change into expertise, would you mind updating your weblog with more details? It’s highly useful for me. Big thumb up for this weblog publish!

  2. Thora Keisel says:

    I seldom drop remarks, but after browsing a few of the comments on this page Fungsi dan Operasional PPI 8255 dengan Mikrokontroler 8051 INFORMATIVE BLOG. I actually do have 2 questions for you if it’s okay. Is it only me or do some of these comments look as if they are coming from brain dead visitors? :-P And, if you are posting on additional online social sites, I’d like to keep up with you. Would you post a list of the complete urls of your shared sites like your twitter feed, Facebook page or linkedin profile?

  3. French says:

    I think that everything composed was very logical. However, consider this, what if you added a little content? I mean, I don’t want to tell you how to run your blog, but suppose you added a headline that grabbed a person’s attention? I mean Fungsi dan Operasional PPI 8255 dengan Mikrokontroler 8051 INFORMATIVE BLOG is a little vanilla. You could peek at Yahoo’s home page and see how they create post headlines to grab people to click. You might add a related video or a pic or two to grab people interested about what you’ve written. Just my opinion, it might bring your posts a little bit more interesting.

Leave a Reply

*