UTS E COMMERCE

Posted: 23rd April 2010 by taufik ginting in Uncategorized
Comments Off on UTS E COMMERCE

1. Jelaskan bagaimana hubungan E-Commerce terhadap supply chain management?

Jawab : E-commerce merupakan proses pembelian, penjualan, atau pertukaran informasi, produk dan jasa melalui jaringan komputer. Dengan adanya E-commerce ini perusahaan memperoleh manfaat salah satunya adalah peningkatan dalam rantai pasokan (supply chain). Sebelum adanya E-commerce, supply chain dilakukan secara sederhana atau tradisional, dan terakhir Retailer ,Wholesaler ,Producer , yaitu dari Supplier adalah Konsumen. Namun dengan adanya E-commerce rantai tersebut tidak berlaku lagi karena beberapa elemen dapat dihilangkan oleh E-commerce, antara lain: Consumer, proses ini disebut Disintermediation Producer Supplier in Direct Marketing, karena menghilangkan atau mengeliminasi semua komponen pihak penyalur yaitu Wholesaler dan Retailer. Consumer, yaitu proses wholesaler , Producer , Supplier Disintermediation of the Retailer. Dalam proses ini, Retailer dihilangkan. Electronic Intermediation on the Internet Producer Supplier Consumer, disebut Reintermediaton. Dalam proses ini, komponen-komponen penyalur digantikan fungsinya dengan saluran internet. Dengan adanya model baru supply chain melalui E-commerce perusahaan memperoleh beberapa manfaat, yaitu:

a) Dapat meningkatkan hubungan atau relasinya dengan konsumen secara langsung,

b) Mengurangi biaya dalam pengiriman atau penyaluran barang dari produsen konsumen.

c) Mengurangi waktu menunggu (idle time) karena baik barang baku maupun barang jadi

memiliki waktu lebih cepat.

d) Mengurangi biaya-biaya lain, seperti biaya komunikasi.

2. Jelaskan bagaimana E-Commece dapat mengurangi siklus waktu, meningkatkan kinerja karyawan dan memberikan dukungan terhadap fasilitasi pelanggan?

Karena E-commerce dilakukan melalui jaringan komputer, waktu dan tempat bukan lagi menjadi halangan dalam melakukan perdagangan. Seperti yang sudah diketahui oleh banyak orang, dengan suatu jaringan komputer, apapun itu jenisnya, kita sudah dapat berhubungan dengan banyak orang seberapapun jauhnya orang itu. Bila jarak sudah bukan menjadi halangan, maka secara otomatis masalah waktu pun juga teratasi. Hal ini juga terjadi dalam dunia perdagangan. Dengan adanya E-commerce, kita dapat melakukan transaksi perdagangan dengan siapa saja dan di mana saja sehingga masalah waktu dan jarak pun teratasi .
Bagi pekerja, E-commerce pun sangat membantu dalam memperbaiki kualitas para pekerja. Mungjin sebelum adanya E-commerce, para pekerja harus berangkat ke kantor pagi sekali, dan pulang larut malam. Namun dengan adanya E-commerce, mereka tidak perlu berangkat pagi-pagi. Pekerjaan kantoran dapat dilakukan di rumah atau selama perjalanan ke kantor. Mereka juga tidak perlu lembur, karena pekerjaan dapat dilanjutkan di rumah atau dimana saja mereka terhubungolehinternet.
Bagi pelanggan, adanya E-commerce sangat membantu mereka di tengah-tengah kesibukan akitivitasnya. Dengan E-commerce, dalam memenuhi kebutuhannya, baik itu untuk keperluan sehari-hari atau keperluan untuk liburan, mereka tidak perlu repot-repot mendatangi langsung pasar atau toko atau supermarket yang menyediakan kebutuhannya. Cukup memesan di Internet, semua dapat terpenuhi. Mulai dari makanan, minuman, camilan, pakaian, mainan anak, keperluan rumah tangga, alat elektronik, gadget, hingga pemilihan paket liburan.

3. 3.Bandingkan antara “marketplaces” dengan “marketspaces”. Apa keunggulan dan keterbatasan masing-masing!

A. Marketplaces
Marketplaces ialah tempat di mana transaksi perdagangan dengan sejumlah uang atau pertukaran antara penjual dan pembeli atas barang dan jasa terjadi. Proses transaksi perdagangan terjadi secara langsung (face to face) dan komunikasi juga dilakukan secara langsung (2 arah).

· Kelebihan:
1) Pembeli dan penjual bertemu langsung dan bertransaksi secara langsung.
2) Tidak perlu menggunakan alat bantu dalam berhubungan seperti jaringan atau koneksi internet dalam melakukan transaksi.
3) Pembeli menerima barang dan penjual menerima uang pembayaran saat itu juga, ketika transaksi sedang berlangsung.
4) Mengurangi risiko terjadinya tindak kejahatan baik yang dilakukan pembeli ataupun penjual.

· Kelemahan:
1) Memakan cukup banyak waktu, biaya dan tempat. Dengan kata lain tidak efisien.
2) Tidak fleksibel, karena pembeli dan penjual wajib bertemu di tempat yang disebut sebagai pasar.

B. Marketspace
marketplaces yang dilakukan melalui media elektronik di mana terjadi perubahan dalam beberapa proses dalam perdagangan dan rantai persediaan baik transaksi, pertukaran informasi, maupun pembayarannya.

· Kelebihan:
1) Efisien dan fleksibel karena pembeli dan penjual tidak saling bertemu secara langsung. Atau dengan kata lain penjual dan pembeli dapat bertemu di mana saja, kapan saja.
2) Berazaskan kepercayaan yang tinggi.
3) Produk yang dibeli merupakan barang atau jasa dengan standar kualitas yang terbaik.
4) Kaya akan informasi
5) Mengurangi biaya perolehan atas suatu informasi yang berharga.

· Kelemahan:
1) Risiko terjadinya tindak kejahatan yang dilakukan bai k pembeli maupun penjual sangat tinggi.
2) Ketika transaksi sudah berlangsung, pembeli tidak langsung menerima barang yang dibeli, sedangkan penjual juga tidak menerima uang secara langsung.
3) Ancaman dari pihak-pihak luar sangat tinggi.
4) Perlu adanya tambahan biaya untuk alat-alat khusus sperti koneksi internet, modem, dan sebagianya.
5) Perlu adanya pihak ketiga.

4. Bandingkan harga Sony digital Camera pada: shopping.com, mysimon.com, bottomdollar.com, bizrate.com, dan pricescan.com. Situs mana yang memberikan harga terbaik? Dimana anda mendapatkan informasi terbaik?

Jawab : Pada situs shopping.com harga yang ditawarkan adalah mulai $108 – $274 dari kurang lebih 7 toko online. Dari mysimon.com harga yang ditawarkan adalah serendah-rendahnya $149,99. Sedangkan dari bottomdollar.com harga yang ditawarkan adalah serendah-rendahnya $135, yang sama dengan harga yang ditawarkan bizrate.com. Dan dari pricescan.com harga yang ditawarkan adalah mulai dari $135.

Seluruh situs ini merupakan situs-situs yang memberikan perbandingan harga dari online store satu dengan online store lain. Dan tentunya mereka menampilkan harga-harga terendahnya. Semua memiliki fitur pencarian barang, barang yang paling dicari, dan kategori-kategori barang. Namun secara layout, saya lebih menyukai berbelanja di shopping.com. Selain layoutnya yang lebih menarik, shopping.com juga memberikan opsi browse product by brand sehingga konsumen tidak perlu mencari-cari via seach engine di situs tersebut.

5. Jelaskan bagaimana trust, kepuasan, loyalitas konsumen pada E-commerce (Tunjukkan berdasarkan riset yang termuat di jurnal http://sciencedirect.com sebagai rujukan)

Cara mengukur trust, kepuasan, dan loyalitas konsumen pada E-Commerce, semua tergantung dari pengalaman konsumen ketika bertransaksi melalui internet dan pihak produsen atau situs yang menyediakan transaksi lewat internet yang dimaksud.Karena E-commerce adalah Space Market atau Pasar Maya maka yang menjadi satu kunci yang sangat penting adalah Kepercayaan yang tinggi.Jadi,apa bila satu kepercayaan dari konsumen sudah dilanggar oleh produsen maka konsumen dapat saja berali pada produsen marketspace yang lain atau bahkan bisa saja kembali ke Pasar Fisik.jadi disini dapat saya tarik kesimpulan Bahwa sebenarnya ada suatu faktor yang dapat mempengaruhi konsumen dalam melakuakn suatu transaksi E-commerce yaitu :

  • Bagaimana Produsen dapat memberikan suatu kepercyaan pada konsumennya untuk membeli produknya menggunakan E-cmommerce
  • Bagaimana keamanan dan Privasi yang diberikan pada konsumen dalam melakukan transaksi
  • Akses terhadap Internet masih relatif mahal bagi beberapa masyarakat
  • Kebanyakan dari Konsumen masih lebih memilih untuk bertransaksi menggunakan Pasar fisik dibandingkan dengan Pasar maya karena tingkat kejahatan bisa diminmalisir

6. 6. Jelaskan bagaimana penerapan segmentasi pada E-Commerce.

Dalam segmentasi bila diterapkan melalui e-commerce meliputi beberapa hal baik segmentasi produk,segmentasi pasar, segmentasi pelanggan dan lainnya. Proses segmentasi yang disain oleh vendor online pada pinsipnya sama dengan vendor offline yang telah ada. Tetapi dalam e-commerce ini dituntut untuk melakukan inovasi layanan mengenai kemudahan online yang ditawarkan oleh vendor online tersebut. Segmentasi pada e-commerce akan memudahkan para vendor online untuk bisa melakukan bidikan secara tepat dalam aktivitas B2B dan B2C yang telah mereka terapkan. Sehingga vendor tersebut bisa mempertahankan bisnis mereka secara terus menerus.

7. Cari contoh 3 situs yang menerapkan B2B menggunakan E-Commerce. Berikan gambaran tentang situs-situs tersebut.
ü www.alibaba.com
dalam situs tersebut memberikan penawaran baik untuk aktivitas sell or buy, serta untuk supplier yang akan bergabung. Kita bisa melakukan join secara free dan bisa melakukan cek barang yang tersedia dengan memasukkan barang yang akan kita cari dengan juga menentukan tempat barang tersebut tersedia. Baik secara region maupun semua negara. Dalam situs ini menawarkan berbagai keperluan, mulai keperluan agriculture, teknologi dan sebagainya.
ü www.eceurope.com
ECeurope dalam profilnya menyatakan bahwa mereka adalah sumber terbesar the international trade lead. Dimana lebih dari 560.000 bisnis telah terdaftar untuk meningkatkan penjualan mereka, menurunkan biaya supplier, dan menemukan kontak bisnis baru. Kategori Trade lead yang mereka tawarkan mulai aerospace sampai utilities. Berbeda dengan www.alibaba.com, situs ini dalam search engine mereka juga bisa mencari berdasarkan rating, public atau private sectore dan lain sebagainya. Sehingga informasi yang kita dapatkan lebih fokus dan terarah.
ü www.ecplaza.net
Dalam situs ini dasarnya sama dengan kedua situs diatas. Mereka menawarkan konsep B2B di site mereka. Tetapi dalam disain dan fitur webnya cukup sederhana dibandingkan dengan kedua site diatas. Akan tetapi dalam site ini memperlihatkan history dalam kegiatan B2B yang telah dilakukan dan dilengkapi dengan hot keywords yang tentunya memudahkan para pengunjung site ini. Kategori yang ditawarkan yaitu mulai dari animal&vegetables sampai services.