Software Administrasi Perkantoran

Software Wajib Dikuasai Oleh Pekerja  Administrasi Perkantoran

Dalam Dunia perkantoran ataupun dunia bisnis, sudah sejak dahulu menggunakan aplikasi komputer untuk mempermudah segala administrasi.  Bukan hanya dalam mengurus sebuah dokumen-dokumen, namun juga dalam berbagai transaksi untuk perusahaan. Saat ini hampir setiap divisi perusahaan memakai software administrasi perkantoran dalam mengurus pekerjaan. Banyak sekali software yang sudah digunakan pada perusahaan, Tanpa memandang bidang yang mereka jalani.

Software pekantoran atau dalam bisnis biasanya menggunakan beberapa aplikasi yang terdiri dari mengolah kata, pengolah angka serta software untuk presentasi. Ketiganya ini pada dasarnya menjadi kebutuhan pokok perusahaan dalam mengolah setiap laporan. Hal ini memicu munculnya ilmu administrasi perkantoran, sebagaimana dengan ilmu ini kita akan mengetahui bagaimana mengorganisir sebuah perusahaan atau bisnis. Dan hal utama yang difokuskan adalah komunikasi, pelayanan customer, pendataan serta pengorganisasian.

 Microsoft Office

Seorang pekerja kantoranpaling tidak harus menguasai Microsoft Word untuk mengetik dokumen. Produk Microsoft ini menawarkan kemudahan mengetik dengan berbagai fitur pilihan font, pengaturan paragraf, dan sebagainya. Selain itu, karyawan juga perlu mempelajari Microsoft Excel untuk berjaga-jaga apabila diminta mengolah data numerik. Microsoft Excel membantu Anda untuk melakukan perhitungan dan membuat tabel.

Produk populer dari Microsoft yang lainnya adalah Microsoft Power Point. Dengan produk ini, Anda bisa mempresentasikan ide atau proyek di hadapan atasan dan klien. Presentasi yang menarik dan kemampuan penyampaian verbal yang baik akan membuat gagasan Anda dihargai.

PDF Reader

Jika sudah masuk dunia kerja, cepat atau lambat Anda akan menghadapi berkas dalam bentuk Portable Document Format. Maka, Anda perlu mengunduh, meng-install, serta mempelajari cara menggunakan software PDF Reader seperti Adobe Reader atau Foxit Reader. Selain itu, pekerja kantoran juga sebaiknya tahu cara convert file biasa ke dalam bentuk PDF atau sebaliknya.

Adobe Photoshop

Bekerja tidak hanya melibatkan data berupa tulisan dan angka saja. Terkadang Anda juga harus menggunakan gambar untuk urusan pekerjaan. Terkadang, atasan meminta Anda untuk mengedit gambar untuk keperluan publikasi atau acara kantor. Selain itu, mungkin Anda juga butuh kemampuan mengedit gambar ini untuk urusan pribadi terkait pekerjaan seperti membuat presentasi atau curriculum vitae.

Untuk itu, Anda perlu menguasai software seperti Adobe Photoshop. Dengan kemampuan mengedit gambar, maka Anda bisa menjadi karyawan yang diandalkan.

Microsoft Office Exel

Microsoft Office ini merupakan aplikasi yang berfokus pada pengolahan angka. Tidak hanya itu, namun aplikasi ini juga memiliki fitur kalkulasi, pembuatan grafik dan tersedia fitur-fitur yang sangat banyak. Banyak perusahaan yang menggunakan aplikasi ini sebagai alat untuk penghitung keuangan ataupun lainnya. Bagi anda yang ingin bergabung dalam sebuah perusahaan, memiliki ilmu akuntansi serta menguasai excel merupakan hal yang sangat penting.

Microsoft Office Power Point

Microsoft Office ini merupakan aplikasi yang biasanya digunakan untuk menyusun sebuah presentasi dalam bentuk slide. Aplikasi ini memiliki beberapa fitur diantaranya ada animasi, gambar, video dan lainnya. Microsoft powerpoint juga menyediakan berbagai template menarik, untuk memperindah presentasi anda. agar orang yang melihat atau membacanya tidak merasa bosan.

Penjelasan diatas merupakan sebagian dari Software Administrasi perkantoran yang sering digunakan dalam dunia bisnis. Dengan adanya aplikasi Microsoft Office anda dapat lebih mudah  bekerja serta menyelesaikan pekerjaan. apabila anda ingin mempelajarinya lebih dalam lagi Silahkan Mengikuti Kursus Administrasi Perkantoran bersama Flashcom Indonesia. Adapun mentor ahli yang akan mengajarkan beberapa software administrasi perkantoran ataupun materi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan peserta. Jika ingin menghubungi Layanan pelanggan kami yang fast response and service excellent melalui Hotline 0-811-3380-114 atau juga dapat melalui whatshap

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA

https://news.okezone.com/read/2018/07/28/65/1928558/ada-6-software-yang-wajib-dikuasai-pekerja-kantoran-ini-daftarnya

https://flashcomindonesia.com/software-administrasi-perkantoran.html