Cara Paling Ampuh Mencegah Penyakit Jantung

Cara Paling Ampuh Mencegah Penyakit Jantung

Setiap orang tentu menginginkan jantung yang sehat. Bagaimana tidak, organ tersebut merupakan salah satu organ vital dari seluruh makhluk hidup (manusia dan hewan). Sekali jantung sudah berhenti berdetak, maka kondisi kritis akan langsung menimpan. Menakutkan sekali bukan? Karena itulah kita harus menjaga kesehatan jantung kita agar terhindar dari segala macam penyakit yang menyerang jantung.

Penyakit jantung adalah penyakit dimana jantung tidak dapat lagi berfungsi sebagaiman mestinya yang disebabkan karena adanya ketidaknormalan ataupun adanya kerusakan, sehingga jantung tidak dapat atau memompa darah dan mengalirkannya ke seluruh tubuh, dimana tubuh sangat memerlukan sekali akan darah yang kaya oksigen dan nutrisi.

Kita sudah mengetahui betapa pentingnya organ ini. Oleh karena itu, berikut ini adalah beberapa cara agar jantung kita tetap sehat dan terhindar dari segala macam penyakit jantung.

Cara Mencegah Penyakit Jantung

Sebelum kita membicarakan lebih lanjut mengenai cara mencegahnya, maka kita mengetahui terlebih dahulu ciri atau gejala yang timbul ketika seseorang mengalami masalah pada jantungnya. Berikut ini adalah sekilas informasinya:

  • mudah lelah
  • Sering pusing bahkan sampai pingsan
  • Sesak nafas
  • Jantung sering sekali berdebar-debar
  • Nyeri pada bagian dada sehingga menyebabkan sesak
  • Gangguan pada pencernaan

Dengan kita mengetahui ciri apabila jantung kita bermasalah, maka kita menjadi jauh lebih sensitif untuk segera mengatasinya. Bisa dibilang, mengetahui hal ini adalah langkah antisipasi agar tidak menjadikan pada kondisi yang parah, tetapi yang terpenting adalah cara paling ampuh mencegah penyakit jantung. Berikut ini adalah beberapa caranya:

  1. Tidak Mengkonsumsi Minuman Beralkohol

Meminum minuman beralkohol mempunyai potensi sangat tinggi untuk mengganggu kesehatan jantung kita, karena apabila alkohol sudah masuk ke dalam tubuh, maka timbulah kerusakan-kerusakan yang akan menjadikan fungsi organ tubuh kita tidak berfugsi normal dan apabila dikonsumsi secara berlebih dan terus- menerus maka sudah dapat dipastikan umur kita akan semakin singkat.

  1. Hindari Merokok

Rokok dan minum alkohol sama berbahayanya, karena mempunyai kandungan yang sangat berisiko untuk kesehatan jantung. Apalagi rokok, karena benda yang satu ini adalah faktor yang sangat berpengaruh terhadap munculnya penyakit jantung dan juga akan menyerang paru-paru. Asap rokok sangat merusak dan dapat menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah. Nah bagi yang sering sekali dan sangat ketergantungan dengan yang satu ini sebaiknya sesegera mungkin menghentikan aktivitas konyol ini.

  1. Mengkonsumsi Sayur dan Buah

Sayuran dan buah- buahan memang kaya sekali akan manfaat dan khasiatnya pun sangat tidak diragukan lagi termasuk sebagai pencegah penyakit jantung. Buah-buahan yang kaya akan vitamin C sangat bagus sekali untuk pemulihan serta mencegah penyakit jantung. Contoh buah yang banyak mengandung vitamin tersebut yaitu strawberry dan nanas, karena dua buah ini terbukti dapat menstimulir radikal bebas, sedangkan sayuran yaitu bayam yang terbukti memiliki kandungan yang kaya akan nitrat yang bisa memulihkan atau meningkatkan fungsi jantung normal kembali.

  1. Olahraga Secara Teratur

Tentu kita sudah tidak asing lagi dengan kegiatan yang satu ini. Olahraga memang sangat bermanfaat untyk menjaga kesehatan jantung. Cukup berlari setiap pagi hari selama 30 menit, kita sudah bisa menurunkan risiko terserang penyakit cukup tinggi.

Demikian pembahasan mengenai Cara paling ampuh mencegah penyakit jantung, mudah sekali bukan? Jadi mulai dari sejak sekarang, mari kita menyayangi jantung, sebelum jantung kita bermasalah. Semoga informasi ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CAPTCHA Image

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>