TUGAS STI

Posted: 19th October 2010 by satriyo lugas pambudi in Uncategorized
Comments Off on TUGAS STI

Pengertian DataBase Read the rest of this entry »

Open Solaris

Posted: 30th September 2010 by satriyo lugas pambudi in Uncategorized
Comments Off on Open Solaris

Read the rest of this entry »

Sejarah Open Solaris

Posted: 30th September 2010 by satriyo lugas pambudi in Uncategorized
Comments Off on Sejarah Open Solaris

Sejarah Opensolaris dari berbagai sumber memang tak lepas dari sejarah UNIX pada mulanya. Pada tahun 1969, Ken Thompson di Lab AT&T Bell menulis versi pertama dari sistem operasi UNIX. UNIX dari awal memang dirancang untuk multitasking dan multiuser dengan interaktif shell yang masih terlihat akrab untuk pengguna UNIX dan Linux sampai hari ini. Selama beberapa tahun, Ken Thompson dan Dennis Ritchie terus menyempurnakan UNIX, yang umumnya digunakan di dalam Lab AT&T Bell. Namun, pada pertengahan akhir tahun 1970-an, UNIX versi 6 dan 7 didistribusikan cukup banyak dan digunakan di berbagai instansi pemerintah dan akademik, termasuk Universitas California di Barkeley. Karena licensi nya yang ringan pada awal versi AT&T’s UNIX, organisasi lainnya secara signifikan mulai mengubah dan ikut meningkatkan sistem operasi tersebut. Project inilah yang menyebabkan beberapa cabang utama UNIX, dan yang paling relevan dengan Opensolaris adalah keluarga BSD (Barkeley Software Distribution).

Pada tahun 1978, Bill Joy dan rekan-rekannya di Berkeley menambahkan virtual memory, demand paging, dan lain-lain untuk UNIX Versi 7 untuk menciptakan sebuah versi UNIX yang disebut 3BSD. Joy dan rekan-rekannya terus meningkatkan BSD UNIX selama beberapa tahun, menambahkan TCP / IP networking, C shell, editor VI, dan fitur penting lainnya.

Pada tahun 1982, Bill Joy mendirikan Sun Microsystems dan pada 1984 telah menggunakan UNIX BSD sebagai dasar bagi sistem operasi SunOS yang dijalankan di Sun workstation.  Sementara itu, AT & T terus mengembangkan lini UNIX, yang biasa disebut System V, dan perusahaan lain mengembangkan distro mereka sendiri, seperti Microsoft Xenix (yang kemudian menjadi SCO UNIX).

Pada akhir tahun 1980-an, Sun dan AT & T mulai mengerjakan sebuah proyek bersama untuk remerge beberapa varian populer UNIX untuk menciptakan System V Release 4. Hasilnya, selesai pada tahun 1990, berisi fitur terbaik dari AT & T’s sebelumnya System V Release 3, Sun SunOS, 4.3BSD, dan Xenix 5, termasuk dukungan TCP / IP, Network File System (NFS), Unix File System (UFS), dan Virtual File System (VFS) interface. Selain itu, System V Release 4 (SVR4) benar-benar dipenuhi standar Portable Operating System Interface (POSIX), yang mendefinisikan pemrograman aplikasi interface, utilitas, dan aspek-aspek lain dari sistem operasi. Secara teori, sebuah program POSIX interface ditulis untuk dapat berjalan pada POSIX-compliant sistem operasi. Pada tahun 1992, SVR4 menjadi dasar dari Sun sistem operasi baru, Solaris 2.0.

Sejak itu, Sun terus-menerus memperkuat Solaris dengan fitur seperti kernel lab pengalokasi memori, multithreaded kernel dan dukungan proses multithreaded, kernel 64-bit dan banyak lainnya. Rilis terbaru Solaris, Solaris 10, memperkenalkan beberapa fitur baru yang menarik seperti dynamic tracing facility (DTrace), Service Management Facility (SMF), zone, dan ZFS file system.

Pada tahun 2005, Solaris menjadi sistem operasi proprietary pertama yang mau merilis versi opensource. Source code yang terbuka pada dasarnya adalah source untuk Solaris 10, yang telah pertama kali dirilis sekitar lima bulan sebelumnya. Sejak saat itu, beberapa pengembangan aktif di OpenSolaris telah backported dan dirilis di Solaris 10 pembaruan. Sangat penting untuk dicatat bahwa backports dari fitur OpenSolaris ke Solaris 10 hanya dapat dilakukan oleh Sun Solaris 10 karena sumber kode ini tidak open source.

Reference : Opensolaris Bible

Produk-Produk Apple Dari Masa ke Masa

Posted: 9th September 2010 by satriyo lugas pambudi in Teknologi
Comments Off on Produk-Produk Apple Dari Masa ke Masa


Apple Macintosh pertama diperkenalkan oleh Ridley Scott televisi komersial, ‘1984.
Apple datang dibundel dengan dua aplikasi yang dirancang untuk memamerkan user interface : MacWrite dan MacPaint.

● PowerBook 100

Quote:

Pada tahun 1991, Apple meluncurkan PowerBook 100. Itu adalah komputer portabel pertama dengan keyboard di belakang sandaran tangan, dan sebuah trackball di depan keyboard.

● Apple Newton

Quote:

Pada tahun 1993, Apple menciptakan MessagePad pertama, yang dikenal sebagai ‘Newton. ” Itu adalah salah satu asisten pribadi digital. Menggunakan baterai AAA dan memiliki buku alamat, kalender, catatan, dan dapat digunakan untuk faks dan email.

● IMac

Quote:

IMac, diluncurkan pada tahun 1998, adalah komputer Apple untuk milenium baru. Ini dirancang dengan internet dan dilengkapi 2 USB ports. Casing terbaru dibuat dengan plastik transparan.

● Mac G4

Quote:

Berbentuk kubus 8x8x8, Power Macintosh G4 Cube adalah produk yang terjun ke dalam pasar bisnis. Terdiri dari 450 MHz G4 processor, 20 GB hard drive, modem 56 kbps dan 64 MB RAM

● iPod

Quote:

Diumumkan pada tahun 2001, iPod Apple pertama bersaing ke pasar musik digital. Desain yang lebih tipis, lebih ringan, dan versi yang lebih murah pada tahun 2004 dengan sebuah klik roda.

● iPhone

Quote:

Diumumkan pada tahun 2007, Apple iPhone adalah ponsel pertama. Dengan layar sentuh dan pemutar MP3. Ini termasuk versi kustom Safari yang memungkinkan browsing penuh dari web dan terpadu akses ke YouTube dan Google Maps.

● MacBook

Quote:

MacBook Pro diperkenalkan pada tahun 2008. Memiliki gaya iMac glass screen, air-style surface, dan tidak ada tombol trackpad. Menggunakan Intel Core 2 Duo processor 2.4GHz dan berjalan pada 2.53GHz dan 320 GB hard drive. Juga menyimpan hingga 4GB RAM.

● iPad

Quote:

Mungkin iPad ini lagi hangat-hangatnya dibicarakan di tahun 2010 ini.iPad diluncurkan oleh Steve Jobs pada tahun 2010 untuk ‘menjembatani kesenjangan antara laptop dan ponsel’. Diaktifkan oleh 1GHz chip A4 Apple 16GB ke 64GB flash penyimpanan dan bekerja dengan Wi-Fi dan 3G. Tablet layar sentuh ini dirancang untuk menjelajahi web, menonton film, membaca buku dan berbagi foto.