Blog Archives

Hari Kedua Di “COLEK CINEPLEX”


Hehehe……….kali ini judulnya COLEK CINEPLEX. Menurut readers COLEK CINEPLEX itu apaan??????. Sebagian orang mungkin akan berpikir bahwa COLEK CINEPLEX itu suatu event yang berhubungan dengan Cinema. Tapi………Cinema apaan yang ada “COLEK-COLEK”nya?????. Kalau gitu……………jangan bosan buat baca kata per kata, kalimat per kalimat, hingga paragraph per paragraph yang aku posting, OKE 😉 .

Jadi, tanggal 16 November 2013, adalah hari kedua untuk ospek jurusan Ilmu Komunikasi 2013. Nah………….di hari itu para panitia sudah mempersiapkan sebuah event buat para Maba. Tau nggak eventnya apaan??????. Pada awalnya, para maba tetap melakukan urutan kegiatan ospek seperti biasanya, yang didahului oleh mentoring. Setelah mentoring, para Maba harus berjuang (lagi) menapak tangga-tangga untuk sampai di puncak keberhasilan  ( lantai 7 maksudnya….. 😀 ). Saat sampai di lantai 6 menuju tangga lantai 7, ada sekitar 3 poster film yang (menurutku) lucu banget kalau seandainnya itu benar-benar dijadikan sebuah film 😀 . (Seingatku) ada poster yang berjudul 2013, Gu-Yon, Ada Apa Dengan Firma?. (sesekali aku tertawa ketika membayangkan jika Ada Apa Dengan Firma? benar-benar di tonton.)

Setelah sampai di lantai 7, para maba harus menunjukkan tiket “COLEK CINEPLEX” yang telah didapatkan dari hasil foto bersama kelompok+panitia, untuk dapat memasuki ruang “CINE”. Seperti biasa, sebelum memulai event utama, setiap kelompok harus mengumpulkan tumpukan Koran yang minggu lalu masih kurang. Tapi kali ini, tumpukan Koran harus setinggi 3 bolpoin. Pembahasan tentang tujuan membawa koran kali ini ternyata agar para maba (khususnya jurusan Ilmu Komunikasi) dapat membedakan rasa dari tiap koran-koran yang berbeda-beda. Rasa disini maksudnya adalah cara per media membuat ciri khas dari berita yang dibuat. Seperti gaya bahasa, jenis tulisan, pembahasan, angle, dan lain-lain. Karna suatu saat akan sangat dibutuhkan bagi para maba komiunikasi yang khususnya memiliki keinginan menjadi jurnalis atau pemilik suatu media massa.

Selesai pengumpulan dan penjelasan Koran, para maba pemanasan dulu dengan senam “COLEK”nya yang dipimpin oleh seorang maba. Sumpah……….itu orang lucu banget 😀 . Yang awalnya ngantuk, melek seketika ketika melihat gayanya. Sesudah pemanasan, materi dulu dari AJI (Aliansi Jurnalis Independen) – sebuah organisasi jurnalis yang menjunjung tinggi etika jurnalisme dan berusaha untuk memberikan informasi secara transparan kepada masyarakat. Pematerinya diisi oleh Bapak Ihsan Fauzi dan salah satu dosen Komunikasi UB (lupa namanya ). (sedikit kesal karna nontonnya nggak segera dimulai). (SKIP) Akhirnya yang ditunggu-tunggu tiba juga . (dalam pikiranku, mudah-mudahan aja yang diputar adalah film AADF )…………….ternyata……………. GUBRAK …………………… judulnya DIBALIK FREKUENSI.

Dalam hati dan pikiranku hanya ada satu kalimat yang selalu muncul. “APA ITU DIBALIK FREKUENSI??????????????????????????”. Sebelum filmnya di putar, kakak panitia didepan sebenarnya ngejelasin film yang akan ditonton, tapi aku nggak ngederin kakaknya (maaf ya, kak). Tibalah waktu film diputar. (SKIP) selama film diputar, aku benar-benar bingung maksud dari film. Apa hubungannya seorang jurnalis protes ke pemilik media?. Kehidupan keluarga si jurnalis?. Demo yang dilakukan si jurnalis?. Seorang korban lapindo yang melakukan aksi jalan kaki, tiba-tiba mengatakan maaf?. Semua itu benar-benar jadi pertanyaan besar di pikiranku (mungkin karna efek nggak terlalu suka nonton film, jadinya bingung mau nyimpulin apaan :/ ).

(SKIP) nonton film (sudah)  ishoma dengan waktu 20 menit  penjelasan tentang IMIKI (Ikatan Mahasiswa Ilmu Komunikasi Indonesia)  pemberian tugas minggu depan  and………pulang. Hah……………………..waktu benar-benar berjalan dengan cepat, walaupun kita merasa waktu itu sangat lambat. Satu detik yang lalu tidak bisa kita kembalikan lagi, seperti itu juga keadaan satu detik kita yang lalu. So………..jangan jadikan satu detik berhargamu menjadi satu detik yang tidak berguna (abaikan). Ok……..……karena keadaan ku kurang sehat, jadi kali ini hanya itu yang bisa aku posting. Thank’z buat para readers yang sudah mau baca postingan ku, walaupun rada membosankan, aku harap kalian bisa mengerti.

HIMANIKA……………..!!!!!!!!!!!!!!
BANGKIT BERGERAK SATU HIMANIKA!!!
BANGKIT BERGERAK SATU HIMANIKA!!!
BANGKIT BERGERAK SATU HIMANIKA!!!
HIMANIKA……….BANZAI…!!!!!!
COLEKHIMANIKA 

Category: Uncategorized

Hari Pertama Di “COLEK”


Apaan sih maksud judul di atas????????? kok judulnya di “colek-colek” gitu. Bagi orang yang bukan berasal dari UB dan pertama kali baca judul ini, pasti ngartiinnya kemana-mana 😀 . Maka dari itu jangan pada asal ngartiin dulu, ya!!!!! 😉 .

Ini postingan pertamaku, sekalian buat nyelesain tugas. Bingung mau buat cerita apaan di postingan ini. Nggak ada ide buat ngawalin cerita :D. Jadi, asal buat aja dan nggak berharap banyak dapat penilaian yang bagus 🙂 .

COLEK itu salah satu kegiatan ospek jurusan yang dipersiapkan buat Maba UB jurusan Ilmu Komunikasi 2013. Katanya sih………….ospek jurusan tahun ini adalah ospek jurusan pertama yang FISIP adakan selama 9 tahun berdirinya FISIP. Wah………kebayang nggak tuh enaknya Maba FISIP jurusan Ilmu Komunikasi tahun sekarang yang bisa ngerasain kegiatan ospek jurusan pertama kali 😀 . COLEK itu sendiri singkatan dari Communication Orientation and Learning Weeks, dimana kegiatannya dilaksanakan selama 4 kali pertemuan setiap hari sabtu. Dan tepat tanggal 9 November 2013 kemarin, adalah hari pertama dilaksanakannya kegiatan COLEK tersebut, sekaligus sebagai pembuka dari kegiatan ospek jurusan.

Acaranya menurut penilaianku pribadi, cukup menyenangkan. Karna untuk mengikuti kegiatan ini, ada 2 syarat yang harus dipenuhi yaitu, pertama, kita harus membawa tumpukan koran setinggi 2 bolpoin, dan yang kedua, kita harus membawa sebuah telur mentah. Nah………..pada bingung kan kenapa kita harus bawa banyak koran dan sebuah telur mentah?. Menurut penjelasan dari panitia pelaksana, tujuan kita membawa koran agar kita mengetahui berita-berita yang sedang dibicarakan oleh masyarakat saat ini. Itu juga karena kita adalah Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi. Jadi, kesannya kita diharuskan mengetahui apa saja yang ada di sekeliling kita. (tapi tau nggak sih……aku sendiri hanya bawa satu bendel, dan itu pun bukan koran, tapi majalah 😀 . Dan parahnya lagi, isi majalahnya tentang MOTOR, dan pastinya nggak bakalan aku baca tuh majalah :D. Tapi, menurutku koran ataupun majalah sama saja. Toh isinya juga berita-berita).

Lalu tentang telur mentah. Apa hubungannya acara ospek jurusan dengan telur mentah???????. Dan menurut penjelasan panitia (lagi), telur mentah itu diibaratkan diri kita yang baru menjadi mahasiswa, dan suatu saat akan keluar menjadi penghuni dunia. Jadi, maksudnya itu, kita diibaratkan telur yang baru keluar dari induknya. dan selama menjadi telur, kita akan diproses menjadi suatu yang hidup, dan kemudian menetas atau keluar dari cangkang telur menuju luasnnya dunia luar. (ngerti nggak apa yang aku jelasin???. #berharap pada ngerti 😀 ).

Awal kegiatan pada hari itu dimulai dengan mentoring dan dilanjutkan dengan absensi. Selesai absensi, para maba IK menuju gedung A lantai 7. (wah…….kebayang capeknya jalan kelantai 7 -_-“). Ditengah perjalanan, banyak maba yang mulai kelelahan. Untung saja aku sudah terbiasa naik-turun tangga, jadinya biasa saja 😀 . Tapi setelah sampai di lantai 7, para maba mulai merubah ekspresi lelahnya. Langsung pada inti acara. Acara awal diisi oleh perkenalan maba IK lain dengan para kakak-kakak fasil. (Nah lho…….kenapa harus kenalan lagi????. Memangnya para maba belum saling kenal???????). Jawabannya, tidak secara keseluruhan saling mengenal. Rata-rata para maba hanya mengenal teman kelompok ospek fakultas, dan teman sekelas. Dan kali ini, tujuannya saling mengenal maba IK saja. Acara dilanjutkan dengan materi atau pengenalan jurusan Ilmu Komunikasi oleh Bapak Bambang. (aku lupa nama lengkap beliau dan posisi beliau di FISIP. maaf…….). Kegiatan selanjutnya adalah ishoma (yang sayangnya tidak ada konsumsi dari panitia, jadinya kita makan bekal sendiri). Acara berikutnya pengenalan para anggota HIMANIKA serta proker-prokernya. (ditengah-tengah pengenalan, aku tertarik sama jaket vearsity IK. sumpah itu jaket keren banget. pengen banget punya, tapi sudah habis dan harus menunggu tahun depan :'( )

Acara selanjutnya adalah coret pipi menggunakan tinta orange. Ini sebagai pembuktian bahwa para maba 2013 telah menjadi keluarga IK dan FISIP khususnya. Dan acara terakkhir adalah pembekalan PKM. Aku lupa lagi siapa itu mentornya, tapi beliau bener-benar mentor yang jarang ditemui (hahaha….memangnya fosil). Mentornya super kocak dan nyenengngin. Sumpah……yang awalnya rada bosen sama acaranya, langsung melek seketika 😀 .

Itu serangkaian acara dalam kegiatan COLEK (semoga urutannya benar). Hari itu benar-benar hari yang melelahkan dan juga menyenangkan. Terima kasih atas acara atau kegiatan yang telah diadakan oleh panitia kepada para maba 2013. Semoga, kegiatan tersebut akan tetap dilaksankan di tahun-tahun kedepan. Dan pastinya jauh lebih menyenangkan.

HIMANIKA
BANGKIT, BERGERAK, SATU HIMANIKA!!!!!!!!
HIMANIKA………………………BANZAI!!!!!!!!!!!!!!!!
COLEK –> HIMANIKA 🙂

(moment q : karna harus naik ke lantai 7, sepatuku rusak 😀 , dan pulang dalam keadaan nyeker 😀 )

Category: Uncategorized

Hello world!

2

Selamat datang di Student Blogs. Ini adalah posting pertamaku!

Category: Uncategorized