browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Ini Dia Manfaat Daging Sapi Bagi Tubuh

Posted by on 24 February 2022

Ini Dia Manfaat Daging Sapi Bagi Tubuh – Sejak ribuan tahun lalu, daging sapi sudah dikonsumsi oleh manusia di seluruh dunia. Daging sapi yang tergolong daging merah sudah banyak diolah jadi bermacam produk makanan, tapi kandungan gizi dan nutrisinya tidak berubah.

Bagian-bagian daging sapi
Kelezatan daging sapi tentu tidak diragukan lagi, kita secara lazim di Indonesia biasa konsumsi didalam wujud masakan sup, steak, bistik, semur, rendang, sate, isian burger, dan masih banyak ulang masakan khas Indonesia atau daerah-daerah di Indonesia yang berbahan dasar daging sapi. Selain itu, nutrisi yang terdapat didalam daging sapi tidak main-main, meskipun kita juga perlu waspada didalam konsumsi daging sapi, konsumsilah dengan wajar, tidak terlalu berlebih serta memilih anggota daging sapi yang rendah lemak.

Ini Dia Manfaat Daging Sapi Bagi Tubuh

Apa saja bagian-bagian daging sapi yang perlu kita ketahui? Simak penjelasan berikut.

Daging Sapi Paha Depan (Chuck), biasa diolah jadi bakso premium atau soto
Daging Iga Sapi (Rib), sangat sesuai untuk dibikin sop
Has Dalam (Tenderloin), anggota ini biasa digunakan untuk bahan steak
Has Luar (Sirloin), selain jadi bahan utama pembuatan steak, anggota ini juga mampu diolah jadi kari daging.
Tanjung (Rump), anggota ini sangat sesuai untuk masakan rendang, pembuatan abon.
Lamosir, anggota ini merupakan anggota yang berlemak, biasa diolah untuk oseng mercon, semur lamosir
T-Bone, anggota ini merupakan anggota tulang bersifat T yang terbalut daging, sesuai untuk dijadikan steak atau bahan barbeque
Lidah sapi, sehabis diiirs-iris tipis anggota lidah ini siap diolah jadi lidah asap, lidah asam manis, oseng lidah cabe ijo, sate lidah dan sebagainya.
Ekor sapi, sangat sesuai dijadikan sop buntut yang lezat atau dibumbu pindang
Sandung Lamur (Brisket), biasa disajikan jadi isian cilok (jando) atau disantap dengan kuah bakso, dan sebagainya
Sengkel (Shank), sesuai untuk semur, empal, gulai
Hati sapi, mampu diolah jadi semur, rendang, sate, sambal goreng
Jeroan Sapi, yakni merupakan anggota didalam tubuh sapi yang terdiri berasal dari usus, limpa dan babat. Di tempat tinggal makan khas Sunda biasanya jeroan ini dibacem (ungkep) dengan rempah melimpah dan kemudian digoreng
Kaki Sapi, untuk anggota ini biasa diolah jadi sop
Kulit Sapi, paling sesuai dijadikan kerupuk rambak (kerupuk kulit sapi)
Tetelan, yakni anggota yang merupakan sisa daging yang menempel pada tulang, sesuai untuk sop, tambahan kuah bakso, oseng mercon
Kikil, sangat sesuai untuk dimasak gulai, oseng cabe hijau, soto
Kelapa (Knuckle), sesuai untuk dipanggang, sate, dan soto
Kandungan nutrisi daging sapi
Jika berbicara mengenai sapi, hewan ternak satu ini hampir seluruh anggota tubuhnya mampu diolah. Lalu bagaimana dengan kandungan nutrisi di dalamnya? Dan seperti yang sempat disinggung di awal, selain punyai protein dan zat besi tinggi, tersebut nutrisi penting yang terdapat pada 100 gram daging sapi dengan lemak sedang.

Air: 66,0 g
Energi: 201 kal
Protein: 18,8 g
Lemak: 14,0 g
Kalsium: 11 mg
Fosfor: 170 mg
Besi: 2,8 mg
Natrium: 105 mg
Kalium: 378 mg
Tembaga: 4,58 mg
Seng: 5,2 mg
Retinol (Vit. A): 9 mkg
Beta-karoten: 198 mkg
Thiamin (Vit. B1): 0,08 mg
Riboflavin: 0,56 mg
Niasin: 1,3 mg
Manfaat daging sapi bagi kesehatan tubuh
Dengan mengacu pada kandungan nutrisi di atas, maka tidak mampu dipungkiri bahwasanya daging sapi tawarkan begitu banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Bahkan kalau Anda sedang menggerakkan pola hidup sehat,
daging sapi mampu Anda masukkan pada menu harian, yang paling penting adalah memilih type daging yang baik dan rendah lemak. Bukankah tubuh kita juga butuh lemak didalam porsi tertentu? Namun, bagaimanapun kalau Anda juga yang menggerakkan diet gara-gara kondisi tertentu, Anda tetap perlu berkonsultasi dengan dokter gizi peranan mengerti jenis-jenis makanan yang mampu dikonsumsi dan yang perlu dihindari.

Berikut adalah manfaat-manfaat hebat daging sapi bagi tubuh kita.

Menjaga proses kekebalan tubuh
Kandungan zinc yang tinggi pada daging sapi menghasilkan antibodi yang baik untuk menjaga tubuh berasal dari bermacam penyakit dan infeksi.

Menjaga massa otot
Protein yang mempunyai kandungan asam amino essensial dibuuthkan tubuh untuk menunjang memperbaiki jaringan tubuh serta meningkatkan aktifitas otot.

Memelihara dan menjaga elastisitas kulit dan kebolehan rambut
Tokoferol dan vitamin E didalam daging sapi yang cukup tinggi menghasilkan kolagen yang baik untuk kulit dan rambut kita.

Meningkatkan performa latihan bagi atlet
Kadar carosene pada daging sapi adalah senyawa penting bagi manfaat dan massa otot, yang tentunya sangat penting bagi vitalitas dan performa seorang atlet.

Mencegah anemia
Berkat kandungan zat besi yang tinggi di didalam daging sapi, tentu sangat menunjang penderita anemia untuk mendapatkan HB darah yang normal.