browser icon
You are using an insecure version of your web browser. Please update your browser!
Using an outdated browser makes your computer unsafe. For a safer, faster, more enjoyable user experience, please update your browser today or try a newer browser.

Cara Mengatasi Bad mood Di Diri Wanita

Posted by on 19 February 2022

Cara Mengatasi Bad Mood Di Diri Wanita – Wanita sering mengalami perubahan mood secara tiba-tiba. Perubahan situasi hati yang awal mulanya riang gembira menjadi bad mood seketika ini pastinya mampu mengakibatkan kerusakan komunikasi dan pertalian dengan orang lain, terhitung pasangan.

Berbagai langkah mampu dilaksanakan untuk mengatasinya. Namun, sebelum akan mengkaji langkah mengatasi bad mood terhadap wanita, ada baiknya Anda tahu faktor-faktor yang mampu menjadi pemicunya.
Faktor pemicu perubahan situasi hati terhadap wanita

Cara Mengatasi Bad mood Di Diri Wanita

Berbagai macam faktor mampu menjadi pemicu wanita mengalami bad mood secara mendadak. Apa sajakah itu?
1. Premenstrual syndrome (PMS)
Premenstrual syndrome berjalan 1-2 minggu sebelum akan seorang wanita memasuki jaman haid. Selain mengakibatkan perubahan situasi hati yang tiba-tiba, fase PMS biasanya disertai oleh gejala lain yang meliputi kelelahan, perubahan nafsu makan, perut kembung, sampai depresi.
Tingkat keparahan gejala PMS mampu berbeda-beda tiap-tiap bulan. Namun, gejala ini biasanya bakal membaik didalam 1 atau 2 hari setelah jaman menstruasi dimulai.
Anda terhitung bisa saja saja mengalami keluhan PMS yang lebih mudah atau justru makin lama gawat sejalan bertambahnya usia. Variasi ini mampu tidak serupa untuk tiap perempuan, menjadi langkah mengatasi bad mood terhadap wanita terhitung mampu berbeda-beda.
2. Premenstrual dysphoric disorder (PMDD)
Gejala premenstrual dysphoric disorder mirip dengan PMS, tetapi jauh lebih parah. PMDD mampu mengakibatkan perubahan situasi hati yang ekstrem, mengakibatkan Anda menjadi mudah tersinggung, sampai depresi yang parah.
Meski begitu, situasi ini terhitung jarang terjadi. Diperkirakan cuma ada lima % wanita di umur subur yang mengalaminya.
3. Stres
Ketika Anda mengalami stres, situasi hati bakal menjadi tidak menentu. Apabila tak ditangani dengan segera dan berjalan secara terus-menerus, situasi ini mampu mengakibatkan perubahan situasi hati yang gawat serta bervariasi persoalan psikologis lainnya.
Tak cuma berdampak tidak baik terhadap kesehatan mental, tekanan stres mampu pula pengaruhi situasi Anda secara fisik. Contohnya, tidak nasfu makan, sakit kepala, pegal-pegal, sampai ada problem tidur.
Karena itu, sebelum akan berpengaruh terhadap situasi fisik, langkah mengatasi bad mood terhadap wanita akibat stres sebaiknya diterapkan.
4. Gangguan psikologis
Gangguan psikologis mampu pengaruhi sikap Anda dan mengakibatkan bervariasi kemunculan gejala. Salah satunya perubahan situasi hati dengan sebutan lain bad mood.
Beberapa masalah psikologis yang mampu mengakibatkan bad mood secara tiba-tiba pada lain attention deficit hyperactivity disorder (ADHD), depresi, dan bipolar. Pada beberapa kasus, situasi ini mampu mengakibatkan perubahan mood yang ekstrem.
5. Ketidakseimbangan hormon
Tidak seimbangnya hormon estrogen selagi PMS mampu mengakibatkan perubahan situasi hati secara mendadak. Selain itu, hipotiroidisme mampu mengakibatkan situasi serupa.
Hipotiroidisme merupakan situasi yang berjalan saat kelenjar tiroid tidak menghasilkan cukup hormon tiroid. Akibatnya, tubuh bakal kekurangan hormon ini dan tidak mampu berfungsi dengan baik.
6. Pubertas
Pubertas adalah jaman perubahan fisik, psikologis, dan emosional bagi tiap-tiap orang, terhitung wanita. Ketika memasuki fase ini, Anda bakal merasakan pergeseran situasi hati dan reaksi emosional yang sukar untuk dijelaskan.
7. Kehamilan
Selama jaman kehamilan, kaum udara bakal mengalami fluktuasi kadar hormon didalam tubuhnya. Kondisi ini mampu mengakibatkan perubahan mood secara tiba-tiba dan terkadang cenderung parah.
8. Menopause
Penurunan kadar hormon estrogen terhadap jaman menopause mampu berujung terhadap perubahan mood maupun fisik. Misalnya, cepat marah, hot flashes, insomnia, sampai menurunnya gairah seks.
Bagaimana langkah mengatasi bad mood terhadap wanita?
Cara mengatasi bad mood terhadap wanita harus sesuai dengan penyebabnya. Perlu pemberian dokter untuk mendeteksi pemicunya secara akurat.
Namun ada pula bervariasi tindakan simpel yang mampu Anda terapkan peranan menunjang didalam melakukan perbaikan situasi hati. Beberapa di antaranya meliputi:

Tarik napas dalam

Saat dilanda bad mood, cobalah untuk menarik napas dalam-dalam. Cara mengatasi bad mood terhadap wanita ini mampu menunjang Anda yang awal mulanya hendak marah agar lebih tenang.
Setelah Anda cukup tenang, usahakan untuk lagi meninjau hal-hal yang mengakibatkan Anda marah. Cobalah untuk melihatnya berasal dari sudut pandang yang lebih bijak.

Bercerita dengan orang kepercayaan

Memendam apa yang sedang dirasakan mampu mengakibatkan mood Anda makin lama buruk. Jadi jangan malu untuk share cerita dengan orang kepercayaan Anda, seperti sobat maupun orang tua.
Mengobrol, bercerita, dan bertukar pendapat dengan orang terdekat niscaya mampu menunjang Anda untuk meredakan bad mood.

Rutin berolahraga

Rutin berolahraga mampu menjadi keliru satu langkah mengatasi bad mood terhadap wanita yang muncul tiba-tiba sekaligus mencegahnya. Kenapa?
Saat berolahraga, tubuh bakal menghasilkan hormon endorfin. Hormon ini bakal mengakibatkan perasaan senang, agar mampu menunjang didalam meredakan stres.
Maka berasal dari itu, usahakan untuk berolahraga dengan rutin, paling tidak 30 menit per hari dan lima kali didalam seminggu.

Istirahat dengan cukup

Cara mengatasi bad mood terhadap wanita selanjutnya adalah dengan cukup beristirahat. Jadi pastikan Anda tidur dengan durasi yang cukup terhadap malam hari.
Normalnya, orang dewasa normal butuh tidur sepanjang 7-9 jam tiap-tiap malam. Anda terhitung mampu memanfaatkan penutup mata selagi tidur agar lebih nyenyak.

Berkonsultasi dengan ahlinya

Bad mood memang mampu hilang dengan sendirinya. Namun, kecuali perubahan situasi hati ini berdampak negatif ke kebiasaan Anda, segera konsultasikan situasi dengan psikiater maupun psikolog.