• Observasi Tentang Sistem Informasi yang Digunakan SMA Widyagama Malang

    Date: 2018.06.01 | Category: Uncategorized | Tags:

    Abstrak

    Sistem Informasi Manajemen adalah suatu sistem yang digunakan untuk mengolah serta mengorganisasikan data dan informasi yang memiliki manfaat dan berguna untuk mendukung pelaksanaan tugas atau kinerja dalam suatu organisasi.

    Di dalam observasi kali ini, kelompok kami mengadakan observasi penelitian pada salah satu sekolah yang ada di kota Malang yaitu SMA Widya Gama Malang, Sistem Informasi yang dimiliki SMA Widya Gama diantaranya adalah:

    Finger Print

    Finger Print digunakan guna memudahkan siswa maupun guru untuk melakukan presensi online. Penggunaan Finger Print ini cukup mudah, siswa dan guru cukup meletakkan jarinya di atas Finger Print tersebut, maka secara otomatis alat tersebut akan langsung membaca dan menerima data yang sesuai dengan siswa dan guru tersebut. Sistem ini sudah digunakan selama 4 tahun.

    Mengenai batas waktu guna mendisiplinkan siswa maka maksimal pukul 07.00 seluruh siswa wajib melakukan Finger Print, jika siswa terlambat maka akan diberi sanksi.

    LCD Proyektor

    Penggunaan LCD Proyektor sangat membantu dalam kegiatan belajar mengajar Dalam proses pembelajaran  bisa menggunakan PPT, video, lagu agar proses belajar lebih menarik. Saat pembelajaran juga bisa menggunakan LCD proyektor jadi pembelajaran tidak membosankan. Contoh penggunaannya yakni :

    Presentasi materi pembelajaran.

    Penayangan video penunjang pembelajaran

    Computer Based Test

    Computer Based Test digunakan pada saat Ujian Akhir Semester maupun Ujian Nasional. Sistem ini mulai digunakan pada tahun 2017 sampai sekarang, sistem ini dilakukan guna memudahkan siswa dalam mengerjakan ujian dan bagi guru dapat menilai hasil ujian dengan akurat. Pada saat siswa mengerjakan soal ujian , siswa tidak dapat mencontek siswa lain karena soal sudah teracak sistem secara otomatis. Khusus untuk Ulangan Harian tidak menggunakan Computer Based Test pelaksanaannya tidak serentak di seluruh lingkungan sekolah dan tidak terjadwal.

    Penerimaan Peserta Didik Baru.

    Dalam hal PPDB , di SMA Widya Gama masih menggunakan sistem offline, namun terdapat rencana untuk menggunakan sistem online selanjutnya.

    Kendala yang dialami di SMA Widya Gama :

    Saat ada pemadaman tidak bisa menggunakan fasilitas seperti LCD, laptop, dll.

    Jenset hanya digunakan jika saat UASBN terjadi pemadaman.